P. 1
Bioteknologi ( Bahan Ajar Biologi Sma Kelas Xii PDF )

Bioteknologi ( Bahan Ajar Biologi Sma Kelas Xii PDF )

|Views: 1,598|Likes:
Published by sandi68

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: sandi68 on Apr 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2015

pdf

text

original

Standar Kompetensi : 5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta Implikasinya pada salingtemas Kompetensi Dasar : 5.1.

Menjelaskan arti, prinsip dasar dan jenis-jenis bioteknologi

Materi

:

A. PENGERTIAN dan PRINSIP DASAR BIOTEKNOLOGI Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari, kita telah banyak mendengar atau bahkan memanfaatkan produk-produk bioteknologi. Baik yang berkaitan dengan makanan / minuman ( seperti : tempe, bir, keju, kecap, yoghurt ) , kesehatan ( seperti : penisilin, amoxylin, vaksin,hormone insulin ), pertanian ( tanaman trans genik, kultur jaringan, tembakau bebas virus ), peternakan ( seperti : domba dolly ), transportasi ( seperti biofuel ) bahkan sampai masalah sampah ( seperti : plastic biodegradable ). Namun, mungkin kita masih bertanya-tanya , apa sih bioteknologi itu ? Bagaimana bioteknologi itu ? Bioteknologi merupakan ilmu terapan biologi yang dalam praktiknya melibatkan berbagai disiplin ilmu , seperti : Mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi sel molekul dan lain sebagainya. Secara klasik atau konvensional, bioteknologi dapat didefinisikan sebagai teknologi yang memanfaatkan organisme atau bagian-bagiannya untuk mendapatkan barang dan jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan dalam perkembangan lebih lanjut, bioteknologi dapat juga didefinisikan sebagai teknologi pemanfaatan organisme atau bagian-bagiannya yang telah direkayasa secara in vitro untuk menghasilkan produk dan jasa pada skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dari kedua definisi tersebut dapat kita fahamkan bahwa dalam prosesnya, bioteknologi melibatkan beberapa unsure , yaitu adanya: Bahan mentah, agen hayati ( organisme atau bagian-bagiannya ), pendayagunaan secara teknologis dan industrial , dan produk / jasa yang diperoleh. Perhatikan bagan berikut ini.

Bahan mentah

Proses teknologis Dan industrial

Produk / jasa

Agen hayati
( mikroba/ molekul/ sel/ jaringan ) Dari bagan tersebut, dengan jelas dapat kita lihat bahwa suatu produk / jasa dapat dikategorikan sebagai produk bioteknologi bila produk / jasa tersebut dihasilkan melalui proses teknologis ( baik konvensional maupun modern ) yang melibatkan agen hayati di dalam proses produksinya. Perhatikan contoh berikut : Contoh 1 : biji kedelai direbus menjadi kedelai rebus Contoh 2 : biji kedelai direbus, setelah dingin diberikan ragi tempe kemudian dibungkus lalu disimpan. Setelah 2 – 3 hari menjadi tempe Dari kedua contoh tersebut, mana yang merupakan produk bioteknologi ? Contoh 2 merupakan produk bioteknologi karena dalam prosesnya menggunakan agen hayati, yaitu ragi tempe. Ragi tempe mengandung spora jamur Rhizopus sp. Aktivitas kehidupan jamur ini secara biologis menjadikan butiran-butiran kedelai rebus terangkai menjadi suatu

---bahanAjarBiologiSMAkelas12ipasemesterganjil……………………..

produk yang bernama tempe. Sedangkan contoh 1 bukan merupakan produk bioteknologi, karena dalam prosesnya sama sekali tidak memanfaatkan agen hayati ( meski teknologi perebusan yang digunakan modern sekalipun ). Bioteknologi dalam perkembangannya, memang tidak pernah terlepas dari sifat rasa ingin tahu dan rasa tidak puas manusia. Adapun tujuan utama pengembangan bioteknologi adalah untuk meningkatkan / memberi nilai tambah bahan mentah dengan memanfaatkan organisme atau bagian-bagiannya. Dengan memanfaatkan jamur Rhizopus, biji kedelai mempunyai nilai tambah. Misalnya : dari sisi ekonomi harga tempe lebih mahal daripada harga kedelai rebus, dari sisi nutrisi tempe lebih tinggi kandungan/nilai gizinya daripada kedelai rebus dll. COBALAH, Anda pasti bisa ! Berdasarkan uraian di atas. Coba anda tuliskan kembali dalam kertas anda : • • Apa pengertian bioteknologi ? Apa yang menjadi prinsip dasar bioteknologi ?

B. JENIS-JENIS BIOTEKNOLOGI Bagi manusia, bioteknologi sebenarnya bukan barang yang baru. Dalam kenyataannya bioteknologi sudah ada sejak zaman sebelum masehi. Misalnya orang Samaria dan Babilonia telah mengenal minuman bir sejak 6000 tahun sebelum masehi. Orang Mesir telah membuat adonan kue asam ( menggunakan bakteri asam ) sejak tahun 400 SM ( Sebelum Masehi ). Kemampuan mikroorganisme melakukan fermentasi ( “peragian” ) pertamakali ditemukan oleh Louis Pasteur ( 1857 – 1876 ). Fermentasi yang dilakukan oleh mikroorganisme tertentu menjadi prinsip dasar pengembangan bioteknologi tradisional atau konvensional, dengan produk-produk berupa : tempe, bir , tape, kecap, keju, susu asam, roti dan lain-lain. Perkembangan lebih lanjut di masa kini, bioteknologi sudah memanfaatkan organisme atau bagian-bagiannya yang telah direkayasa secara in vitro sesuai dengan keinginan manusia. Adanya rekayasa secara in vitro yang dilakukan manusia terhadap agen-agen hayati menjadi prinsip utama bioteknologi modern. Misalnya melalui teknik rekayasa genetic manusia dapat “ memaksa” mikroorganisme tertentu untuk memproduksi hormone insulin dalam skala industri. Melalui teknik kultur jaringan, manusia dapat memperoleh bibit tanaman yang seragam dalam jumlah besar dengan waktu yang singkat. Berdasarkan fakta-fakta di atas, pada dasarnya bioteknologi dapat dibedakan menjadi dua jenis , yaitu : bioteknologi konvensional / tradisional dan bioteknologi modern. Kegiatan Siswa : KEGIATAN 51.1. ARTI DAN PRINSIP BIOTEKNOLOGI TUJUAN : - Menjelaskan pengertian bioteknologi - mengetahui prinsip-prinsip dasar bioteknologi ALAT dan BAHAN : - skema proses pembuatan tape singkong dan singkong rebus - singkong rebus dan tape singkong ( secukupnya ) LANGKAH KEGIATAN : 1. buatlah kelompok dalam kelas anda ( satu kelompok terdiri atas 4 – 5 orang ) 2. Bersama-sama dengan teman dalam kelompok, amatilah singkong rebus dan tape singkong yang telah anda siapkan ! Bagaimana kualitas raza keduanya ? 3. Amati pula skema proses pembuatan singkong rebus dan tape singkong berikut ini ! Apa persamaan dan perbedaan antara Kedua proses tersebut ? 4. Sajikan hasil pengamatan kelompok anda dalam bentuk table !!

---bahanAjarBiologiSMAkelas12ipasemesterganjil……………………..

Skema A.Proses pembuatan singkong rebus Singkong mentah

Skema B.Proses pembuatan tape singkong Singkong mentah Dikupas kulitnya, lalu dicuci

Dikupas kulitnya, lalu dicuci Direbus Direbus
setelah dingin

Diberi ragi tape

Singkong rebus
Didiamkan di tempat tertutup
Setelah 2 – 3 hari

Tape singkong
Catatan : - ragi tape berisi spora jamur Saccharomyces cerevisiae - bila ada anda dapat mengamati sigkong rebus dan tape singkong Diskusikan dengan teman-teman Anda ! 1. Menurut anda, skema mana yang menggambarkan proses bioteknologi ? Jelaskan ! 2. Berikan contoh lain yang merupakan proses bioteknologi ! 3. Apa arti bioteknologi ? 4. Apa yang menjadi prinsip dasar proses bioteknologi ? =================================== KEGIATAN 51.2. JENIS-JENIS BIOTEKNOLOGI TUJUAN : - Menyebutkan macam-macam jenis bioteknologi - Mengetahui perbedaan jenis-jenis bioteknologi
LANGKAH KEGIATAN :

1. Buatlah kelompok dalam kelas anda ( satu kelompok terdiri atas 4 – 5 orang ) 2. Bersama-sama dengan teman dalam kelompok, bacalah informasi berikut ini ! A. Proses pembuatan Tempe Tempe merupakan salah satu produk bioteknologi yang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Proses pembuatan tempe sangat mudah, menggunakan bahan dan peralatan sederhana. Perhatikan tahapan proses pembuatan tempe berikut :
Kacang kedelai
dicuci bersih, lalu direndam dalam air dingin selama 1 hari

Kacang kedelai
Dikupas kulitnya, lalu direbus

Pemberian ragi tempe ( ragi tempe :
spora jamur tempe dari jenis Rhizopus sp )

---bahanAjarBiologiSMAkelas12ipasemesterganjil……………………..

TEMPE
Bagan 51.1.Tahap-tahap pembuatan tempe kedelai

Dibungkus/disimpa n ditempat tertutup

B. Proses Pembuatan Insulin Bioteknologi produksi Insulin ini dilakukan dengan memanfaatkan jasa Escherichia coli melalui suatu teknologi yang disebut dengan rekayasa genetic menggunakan peralatan modern.Adapun tahap-tahap rekayasa genetic dalam pembuatan insulin adalah sebagai berikut :
Identifikasi gen insulin manusia
Penyisipan gen insulin ke dalam plasmid ( terbentuk Plasmid rekombinan )

Injeksi plasmid rekombinan ke dalam sel E.coli

Membiakkkan E.coli yang mengandung plasmid rekombinan

Menginduksi E.coli yg mengandung plasmid rekombinan untuk memproduksi insulin

Isolasi plasmid dari sel E.coli HORMON INSULIN Mengisolasi dan memurnikan hormone insulin

Bagan 51.2.Tahap-tahap rekayasa genetic dalam produksi Hormon Insulin

3. Berdasarkan bacaan di atas diskusikan persoalan/pertanyaan berikut ! a. Pembuatan tempe dan hormone insulin menerapkan bioteknologi dalam prosesnya. Namun keduanya mempunyai perbedaan dalam hal prinsip dan konsep yang mendasarinya. Coba bandingkanlah kedua proses tersebut dalam hal-hal berikut : ( sajikan dalam bentuk table ) 1. Agen biologi yang digunakan 2. Pendayagunaan secara teknologi dan industrial dalam hal-hal berikut : i. cara kerjanya : sederhana / rumit ii. lama waktu pelaksanaan : singkat / lama iii. alat yang digunakan : sederhana / rumit iv. bahan utama yang digunakan : tingkat molekul / sel / jaringan / organ / organisme v. teknik yang dilakukan : fermentasi / rekayasa genetic vi. biaya produksi vii. orang yang melakukan 3. Produk / jasa yang dihasilkan : secara alamiah / ada campur tangan manusia b. Dari kedua proses bioteknologi tersebut ( pembuatan tempe dan pembuatan insulin ) manakah yang merupakan contoh bioteknologi konvensional dan mana yang bioteknologi modern ? jelaskan jawaban anda !

---bahanAjarBiologiSMAkelas12ipasemesterganjil……………………..

EVALUASI A. Pilihlah jawaban yang paling tepat ! 1. Pemanfaatan bakteri untuk mendapatkan insulin secara teknologi bagi kehidupan manusia dapat dilakukan dengan cara : a. Bioteknologi modern b. Bioteknologi Konvensional c. Bioteknologi Tradisional d. Bioteknologi kuno e. Bioteknologi 2. Pernyataan berikut termasuk bioteknologi, kecuali : a. Pemanfaatan Bakteri untuk produk antibiotic b. Pemanfaatan Jamur untuk produk tempe c. Pemanfaatan Jamur untuk produk tape d. Pemanfaatan Teknik mencangkok tanaman e. Pemanfaatan Bakteri untuk pengolahan limbah RT 3. Penerapan bioteknologi akan mungkin berhasil bila dilakukan integrasi dari berbagai ilmu, seperti : a. Biologi molekuler-kimia-ekonomi b. Biologi molekuler-kimia-mikrobiologi c. Sejarah-kimia-mikrobiologi d. Mikrobiologi-genetika-matematika e. Fisika-geografi-kimia nuklir 4. Produk makanan berikut ini yang bukan merupakan hasil bioteknologi konvensional adalah : a. Tempe b. Tahu c. Susu asam d. Keju e. Kecap 5. Produk berikut ini yang merupakan hasil bioteknologi modern adalah : a. Asam nitrat b. Hormon insulin c. Yoghurt d. Nata de Coco e. Mentega 6. Zat kimia produk dari mikroorganisme yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme lain, disebut : a. Antibiotic b. Antitoksin c. Antihistamin d. Antibody e. Antikoagulan 7. Dalam bioteknologi, Bacteri anaerob sering dimanfaatkan manusia untuk memproduksi makanan tertentu karena : a. Bersifat pathogen pada ulat hama tanaman b. Dapat melakukan fermentasi terhadap bahan makanan c. Parasit pada ulat hama tanaman d. Dapat melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan e. Bersifat anaerob fotosintetik

---bahanAjarBiologiSMAkelas12ipasemesterganjil……………………..

12. Bahan kimia tertentu yang dapat bertindak sebagai alat yang dapat mengenali dan memotong gen pada tempat-tempat tertentu disepanjang molekul DNA ialah : a. Enzim ligase b. Enzim lipase c. Enzim protease d. Enzim sakarase e. Enzim endonuklease 13. Ikatan benang DNA kecil yang terdapat di luar kromosom dalam sel bacteri yang dapat dimanfaatkan sebagai vector dalam teknologi rekayasa genetika adalah : a. Kromosom b. Gen c. Plasmid d. Sentrosom e. Plasma 14. Interferon yang merupakan senyawa yang mampu mengobati berbagai macam penyakit kanker dapat diproduksi secara rekayasa genetic melalui : a. Teknik cloning b. Teknik hibridoma c. Kultur jaringan d. Teknologi plasmid e. Transplantasi gen 15. Ciri yang dimiliki Spirulina sebagai salah satu sumber makanan baru adalah : a. Masa reproduksi singkat dan berkadar protein tinggi b. Pemanfaatan cahaya minimal dan berlemak tinggi c. Adaptif terhadap lingkungan ekstrem d. Mampu mendaur ulang limbah dan menghasilkan energi dlm jml besar e. Kandungan asam nukleatnya tinggi 16. Perhatikan table hubungan antara berikut ini :
No 1 2 3 4 5 Produk Makanan Krim asam Sosis kering Keju swiss Miso Sayur asam Bahan Susu Kedelai Susu Daging sapi Sawi hijau

produk makanan-bahan mentah-mikroorganisme
mikroba Streptococcus lactis Rhizopus oligosporus Lactobacillus Lactobacillus lactis Asetobacter xylinum

Hubungan yang benar adalah : a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 5 d. 3 dan 4 e. 4 dan 5 17. Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyisipkan: a. DNA bacteri ke dalam pancreas manusia b. Kromosom bacteri ke dalam DNA manusia c. Gen manusia ke dalam plasmid bacteri d. Gen virus ke dalam gen bacteri e. DNA virus kedalam DNA manusia 18. Bioteknologi mikroorganisme Methanobacterium omelianskii bermanfaat dalam proses : a. Pemecahan mineral sulfide menjadi ion sulfat b. Memisahkan logam tembaga dari batuan

---bahanAjarBiologiSMAkelas12ipasemesterganjil……………………..

c. Menguraikan limbah menjadi zat yang berguna d. Menguraikan limbah menjadi bahan bakar gas e. Menjadikan tanaman mampu mengikat Nitrogen 19. Proses bioteknologi merupakan teknologi dalam pertambangan yang memanfaatkan jasa mikroorganisme : a. Bacillus thuringiensis b. Thiobacillus ferrooksidans c. Pseudomonas d. Candida utilis e. Penicillium camembert 20. Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalan rekayasa genetic : 1. injeksi plasmid rekombinan ke dalam sel bacteri 2. penyisipan gen insulin ke dalam plasmid 3. pembiakan bacteri yang mengandung plasmid rekombinan 4. penyediaan plasmid bacteri 5. pemotongan gen penghasil insulin dari kromosom urutan tahap rekayasa genetic pembuatan hormone insulin adalah : a. 1 2 3 4 5 b. 2 4 5 3 1 c. 4 2 3 1 5 d. 5 3 1 2 4 e. 5 4 2 1 3 B. Jawablah dengan baik dan benar ! 1. Apa definisi dari bioteknologi secara umum ?

2. Sebutkan prinsip-prinsip pengembangan Bioteknologi ! 3. Apa perbedaan antara bioteknologi modern dengan bioteknologi konvensional ?

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan plasmid ? 5. Berikan 10 contoh produk bioteknologi dan jelaskan proses bioteknologi yang berperan di dalamnya !

---bahanAjarBiologiSMAkelas12ipasemesterganjil……………………..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->