CREAM ( KRIM) Adalah bentuk sediaan setengah padat, mengandung salah satu/lebih bahan obatterlarut/terdispersi dalam

bahan dasar yang sesuai. Istilah ini secara tradisional telah digunakan untuksediaan setengah padat yang mempunyai konsistensi relatif cair diformulasikan sebagai air dalamminyak/minyak dalam air. Basis krim menggunakan bahan dasar yang dapat dicuci dengan air antara lainbasis emulsi atau cream tipe air/minyak ( A/M atau minyak/air ( M/A)Basis krim A/M dapat menyimpan lipid dan kelembaban dalam stratum korneum dan kemampuanmemperbaiki jaringan dari kekeringan karena mempunyai sifat emolien. Basis krim M/A dioleskan padakulit untuk mendapatkan :

Fase penguapan yang kontinyu

Menaikkan konsentrasi obat dalam air

Membentuk lapisan film pada permukaan kulit

■ BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEDIK VI ■ Farmasi Kedokteran 36 Laboratorium Keterampilan Medik FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM Keuntungan : oleh karena mengandung banyak air maka bisa berfungsi sebagai pendingin kulit.Kerugian : Karena banyak mengandung air maka mudah dibersihkan sehingga kontaknyadengan kulit singkat ( kerja obat singkat)Fungsi :

Pengobatan setempat

Pendingin

PelunakSediaan

Racikan Standart Non Generik / Obat dengan nama dagangContoh CreamRacikan= R/ Hidrocortison Asetat 0.e .1Basis Crem A/M ad.d.u.a creamsbDM met v.f.u.f Non Generik / Obat dengan nama dagang= R/Nerisona Cream tube ISsDM m.e.estandart= R/All Purpose Cream 25S.10m.l.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful