RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( Model Pembelajaran Direct Instruction ) SMP Mata Pelajaran : SMP Negeri 15 Bandung : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas/Semester Alokasi Waktu : VIII (delapan) / 2 (dua). : 2 x 40 Menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi. B. Kompetensi Dasar : 2.4 Membuat dokumen pengolah angka sederhana. Karakter siswa yang diharapkan : Cermat/teliti, berani, berfikir logis, santun,

bekerjasama,

menghargai

pendapat,

demokratis, relegius, tangguh, peduli, kritis, kreatif, inovatif, mandiri dan bertanggung jawab.

C. Indikator Indikator pencapaian : 1. Memahami rumus dan fungsi. 2. Menggunakan rumus dan fungsi. D. Tujuan Pembelajaran : Setelah mengamati dan melakukan percobaan tentang membuat dokumen pengolah angka sederhana, peserta didik diharapkan mampu : 1. Mampu memahami rumus dan fungsi pada lembar kerja Excel dengan benar. 2. Mampu menggunakan rumus dan fungsi pada lembar kerja Excel dengan benar. E. Materi Pembelajaran : 1. Menggunakan Rumus (Formula). Rumus (formula) adalah salah satu bentuk perhitungan yang dibuat untuk tujuan tertentu, contohnya : penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. 2. Menggunakan Fungsi (Function)

1

Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.dan MIN. Pendahuluan :  Mengucapkan salam  Mengatur. guru :  Menyampaikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan mulai dari menjelaskan rumus dan contohnya sampe fungsi dan contohnya pada Ms. dan 10’ Demokratis seragam siswa  Guru mengecek kehadiran siswa  Me-review materi sebelumnya dan memberikan motivasi tentang materi yang selanjutnya akan dibahas  Menyampaikan tujuan pembelajaran 2 B. Metode.Excel.Fungsi (Function) adalah rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat untuk membantu proses perhitungan. F. MAX. Pendekatan. AVERAGE.langkah No 1 Uraian Kegiatan A. Contohnya : SUM. Bertanggung jawab. 2 . dan Model Pembelajaran  Model Pembelajaran Direct Instruction (DI)  Pendekatan : Pendekatan CTL  Metode Pembelajaran : Demonstration G. merapikan tempat duduk dan Alokasi Waktu Karakter yang diharapkan Santun. Strategi Pembelajaran / Langkah .

 Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.  Melibatkan peserta didik agar turut aktif.  Sedangkan siswa yang lain mencoba di komputer masing – masing tentang materi yang sudah dijelaskan.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. peserta didik:  Dipersilahkan untuk bertanya kepada guru apabila menghadapi kesulitan dalam pembelajaran  Menyebutkan secara keseluruhan mengenai pembelajaran yang sudah diamati dari awal hingga akhir 3 C. Excel yang telah disediakan. Penutup :  Bersama – sama menarik kesimpulan atas pembelajaran yang sudah berlangsung. demokratis dan menghargai pendapat orang lain. peserta didik:  Memperhatikan menganalisis  Beberapa analisisnya pengalaman yang demonstrasi dilakukan dan oleh Berpikir kritis. siswa dan mengemukakan juga siswa hasil menanyakan waktu mendemonstrasikan materi. temannya yang didepan kelas. menghargai 3 . 10’ Demokratis. dengan cara menyuruh maju kedepan kelas dan mempraktekkan yang sebelumnya disampaikan oleh guru. Mendemostrasikan berhubungan cara – cara yang Berani untuk 60’ mendemonstrasikan materi yang ditugaskan guru. dengan materi memakai media komputer dan Ms.

materi yang akan dibahas pada pertemuan yang akan datang  Mengucapkan salam H. Teknik : Unjuk kerja dan tanya jawab 4 . Penilaian A. Jenis Tagihan : Tugas individu dan mandiri 2. Software. Induk Kriteria Nama siswa A B C D Ket : No. Alat Bantu dan Media Pembelajaran 1. Sumber Bahan Pelajaran. Guru menyampaikan informasi mengenai pendapat teman lain. Penilaian Proses :  Rubrik Penilaian Untuk Diskusi Individu / Penilaian Partisipatif No. Keterangan: A B C D = = = = Sangat baik Baik Cukup Kurang B. Penilaian Hasil Belajar 1. dan LCD Projector I. Sumber Bahan Pelajaran: Buku paket dan lembar kerja Alat Bantu dan Media Pembelajaran: Komputer.

Indikator : No Soal Teknik Penilaian Bentuk Instrument Instrumen a. Bentuk Instrumen: Tes identifikasi dan tes lisan 4. Memahami rumus dan fungsi.Excel ! 1 Unjuk Kerja Tes identifikasi c. Menggunakan rumus dan fungsi. Tunjukkan cara menjumlahkan 2 cell 1. Sebutkan cara mencari nilai minimum ! 2 J.Excel ! b. Sebutkan cara menghitung jumlah total ! b. Tunjukkan cara menjumlahkan 2 cell pada Ms.Excel ! d. Tanya Jawab Tes Identifikasi menghitung rata – rata ! c. pada Ms. Penilaian  Tes Lisan 5 .3.Excel ! Indikator a. Sebutkan cara mencari nilai maksimum ! d. Tunjukkan cara menjumlahkan 2 cell pada Ms. Tunjukkan cara menjumlahkan 2 cell pada Ms. Sebutkan cara 2.

Excel !  Tes Identifikasi 2. Menambah garis tebal Mengatur shading Mengatur tampilan tanggal dan waktu JUMLAH 3 2 1 Nilai [(jumlah/8)x100] Keterangan : 4 3 2 1 = = = = Jawaban sangat tepat Jawaban tepat Jawaban Cukup tepat Jawaban Kurang tepat 6 . Tunjukkan cara mengatur format font ! c.1. Tunjukkan cara mengatur alligment ! d. Tunjukkan cara mengatur jenis dan ukuran huruf ! b. Mengatur format angka Memilih jenis dan ukuran huruf Mengatur format font Mengatur alligment 2. Tunjukkan cara menambah garis tebal ! e. Tunjukkan cara mengatur shading ! f. Sebutkan cara mengatur format angka pada Ms. Tunjukkan cara mengatur tampilan tanggal dan waktu !  Rubrik penilaian Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah ! Skala kuantitatif Aspek yang dinilai 4 1. a.

Mengetahui. Dosen Luar Biasa Bandung.K.Pd NIP. Kriteria No KD/Indikator Kompleksitas Intake Siswa Sumber Pendukung Ratarata KKM 2.19 Maret 2012 Guru PPL Mata Pelajaran TIK Toras Lubis Pathah Pajar Mubarok. Mengatur format sel pada Ms. 2. 0800777 7 . pengolah angka sederhana. Mengatur format angka pada Ms. 1. 19860720 201101 1 002 NIM. .Excel 73 2. PenentuanKriteriaKetuntasan Minimal SK : 2.4 Membuat dokumen 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi. S.Excel 73 73 80 75 73 80 75 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful