RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( Model Pembelajaran Direct Instruction ) SMP Mata Pelajaran : SMP Negeri 15 Bandung : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas/Semester Alokasi Waktu : VIII (delapan) / 2 (dua). : 2 x 40 Menit (1 x Pertemuan)

A. Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi. B. Kompetensi Dasar : 2.4 Membuat dokumen pengolah angka sederhana. Karakter siswa yang diharapkan : Cermat/teliti, berani, berfikir logis, santun,

bekerjasama,

menghargai

pendapat,

demokratis, relegius, tangguh, peduli, kritis, kreatif, inovatif, mandiri dan bertanggung jawab.

C. Indikator Indikator pencapaian : 1. Memahami rumus dan fungsi. 2. Menggunakan rumus dan fungsi. D. Tujuan Pembelajaran : Setelah mengamati dan melakukan percobaan tentang membuat dokumen pengolah angka sederhana, peserta didik diharapkan mampu : 1. Mampu memahami rumus dan fungsi pada lembar kerja Excel dengan benar. 2. Mampu menggunakan rumus dan fungsi pada lembar kerja Excel dengan benar. E. Materi Pembelajaran : 1. Menggunakan Rumus (Formula). Rumus (formula) adalah salah satu bentuk perhitungan yang dibuat untuk tujuan tertentu, contohnya : penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. 2. Menggunakan Fungsi (Function)

1

Strategi Pembelajaran / Langkah . guru :  Menyampaikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan mulai dari menjelaskan rumus dan contohnya sampe fungsi dan contohnya pada Ms. MAX.langkah No 1 Uraian Kegiatan A. Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. merapikan tempat duduk dan Alokasi Waktu Karakter yang diharapkan Santun. AVERAGE. F. Bertanggung jawab. dan 10’ Demokratis seragam siswa  Guru mengecek kehadiran siswa  Me-review materi sebelumnya dan memberikan motivasi tentang materi yang selanjutnya akan dibahas  Menyampaikan tujuan pembelajaran 2 B.Fungsi (Function) adalah rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat untuk membantu proses perhitungan. dan Model Pembelajaran  Model Pembelajaran Direct Instruction (DI)  Pendekatan : Pendekatan CTL  Metode Pembelajaran : Demonstration G.Excel. Contohnya : SUM. Pendekatan. 2 .dan MIN. Metode. Pendahuluan :  Mengucapkan salam  Mengatur.

peserta didik:  Dipersilahkan untuk bertanya kepada guru apabila menghadapi kesulitan dalam pembelajaran  Menyebutkan secara keseluruhan mengenai pembelajaran yang sudah diamati dari awal hingga akhir 3 C.  Melibatkan peserta didik agar turut aktif. menghargai 3 .  Sedangkan siswa yang lain mencoba di komputer masing – masing tentang materi yang sudah dijelaskan. siswa dan mengemukakan juga siswa hasil menanyakan waktu mendemonstrasikan materi. demokratis dan menghargai pendapat orang lain. Excel yang telah disediakan. temannya yang didepan kelas. dengan cara menyuruh maju kedepan kelas dan mempraktekkan yang sebelumnya disampaikan oleh guru.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. dengan materi memakai media komputer dan Ms. 10’ Demokratis. Mendemostrasikan berhubungan cara – cara yang Berani untuk 60’ mendemonstrasikan materi yang ditugaskan guru. peserta didik:  Memperhatikan menganalisis  Beberapa analisisnya pengalaman yang demonstrasi dilakukan dan oleh Berpikir kritis. Penutup :  Bersama – sama menarik kesimpulan atas pembelajaran yang sudah berlangsung.

materi yang akan dibahas pada pertemuan yang akan datang  Mengucapkan salam H. Jenis Tagihan : Tugas individu dan mandiri 2. Guru menyampaikan informasi mengenai pendapat teman lain. Sumber Bahan Pelajaran: Buku paket dan lembar kerja Alat Bantu dan Media Pembelajaran: Komputer. Penilaian A. dan LCD Projector I. Sumber Bahan Pelajaran. Alat Bantu dan Media Pembelajaran 1. Keterangan: A B C D = = = = Sangat baik Baik Cukup Kurang B. Penilaian Hasil Belajar 1. Teknik : Unjuk kerja dan tanya jawab 4 . Penilaian Proses :  Rubrik Penilaian Untuk Diskusi Individu / Penilaian Partisipatif No. Software. Induk Kriteria Nama siswa A B C D Ket : No.

Tunjukkan cara menjumlahkan 2 cell 1.3.Excel ! b.Excel ! 1 Unjuk Kerja Tes identifikasi c. Sebutkan cara 2. Tanya Jawab Tes Identifikasi menghitung rata – rata ! c. Tunjukkan cara menjumlahkan 2 cell pada Ms. Menggunakan rumus dan fungsi. Tunjukkan cara menjumlahkan 2 cell pada Ms. Bentuk Instrumen: Tes identifikasi dan tes lisan 4.Excel ! d. Tunjukkan cara menjumlahkan 2 cell pada Ms. Sebutkan cara mencari nilai maksimum ! d. Penilaian  Tes Lisan 5 .Excel ! Indikator a. Memahami rumus dan fungsi. pada Ms. Sebutkan cara mencari nilai minimum ! 2 J. Indikator : No Soal Teknik Penilaian Bentuk Instrument Instrumen a. Sebutkan cara menghitung jumlah total ! b.

1. a. Tunjukkan cara mengatur shading ! f. Excel !  Tes Identifikasi 2. Menambah garis tebal Mengatur shading Mengatur tampilan tanggal dan waktu JUMLAH 3 2 1 Nilai [(jumlah/8)x100] Keterangan : 4 3 2 1 = = = = Jawaban sangat tepat Jawaban tepat Jawaban Cukup tepat Jawaban Kurang tepat 6 . Tunjukkan cara mengatur format font ! c. Tunjukkan cara mengatur alligment ! d. Mengatur format angka Memilih jenis dan ukuran huruf Mengatur format font Mengatur alligment 2. Tunjukkan cara mengatur tampilan tanggal dan waktu !  Rubrik penilaian Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah ! Skala kuantitatif Aspek yang dinilai 4 1. Tunjukkan cara menambah garis tebal ! e. Tunjukkan cara mengatur jenis dan ukuran huruf ! b. Sebutkan cara mengatur format angka pada Ms.

2. Kriteria No KD/Indikator Kompleksitas Intake Siswa Sumber Pendukung Ratarata KKM 2. . 1. Dosen Luar Biasa Bandung. 19860720 201101 1 002 NIM.Excel 73 73 80 75 73 80 75 3.19 Maret 2012 Guru PPL Mata Pelajaran TIK Toras Lubis Pathah Pajar Mubarok. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi.4 Membuat dokumen 1. Mengatur format angka pada Ms. pengolah angka sederhana.Pd NIP.K. Mengetahui.Excel 73 2. 0800777 7 . PenentuanKriteriaKetuntasan Minimal SK : 2. S. Mengatur format sel pada Ms.