TUGAS KLIPING AGAMA

By : Hana Sie

5 bencana berbedayang sering terjadi di indonesia

penebangan pohon juga dapat menjadi faktor terjadinya banjir.a) Banjir Apa penyebab banjir? Banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibat hujan besar. Memfungsikan sungai dan selokan sebagaimana mestinya.bagaimana kita dapat menanggulangi banjir tersebut? 1.janganlah menebang pohon secara sembarangan.penebangan pohon dapat menimbulkan banjir.siapa lagi yang menyerap curah hujan kalau bukan pohon?maka itu. yang mendirikan rumah di dekat sungai adalah para pendatang yang yang datang ke kota besar hanya . peluapan air sungai. Biasanya. 2. jangan sampai fungsinya berubah menjadi tempat sampah. Karena sungai dan selokan merupakan tempat aliran air. Lalu. Larangan membuat rumah di dekat sungai.Karena. atau pecahnya bendungan sungai.

melarang membuat rumah di dekat sungai dan melarang orang-orang tanpa tujuan tidak jelas datang ke kota dalam jangka waktu lama atau untuk menetap. bila sebuah kota tidak memiliki pohon sama sekali. Menanam pohon dan pohon-pohon yang tersisa tidak ditebangi lagi. akan tetapi malah sebaliknya. merusak lingkungan. Akibatnya. Banyangkan. Karena pohon adalah salah satu penopang kehidupan di suatu ktoa. keberadaan mereka bukannya membantu peningkatan perekonomian. Itu sebabnya pemerintah harus tegas. bisa dibayangkan apa yang akan terjadi bila hujan tiba. Apa yang akan terjadi? Pohon selain sebagai penetralisasi pencemaran udara di siang hari. 3.dengan modal nekat. sebagai pengikat air di saat hujan melalui akar-akarnya. Bila sudah tidak ada lagi phon. .

Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut. yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak . gempa ini disebabkan adanya aktivitas tektonik.selain itu.gempa bumi ini dinamakan gempa bumi vulkanik. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempa bumi.b)Gempa bumi Apa penyebab gempa bumi? Gempa bumi dapat terjadi akibat adanya aktivitas magma. yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus.ada yang namanya gempa bumi tektonik.

 Hati-hati terhadap langit-langit yang mungkin runtuh.  Jauhi rak buku.itulah namanya alam. lemari dan jendela kaca.yaitu :  Jangan panik dan jangan berlari keluar. pusat listrik dan tiang listrik. papan reklame. dinding. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi. dsb.ada tips-tips untuk menghadapi gempa bumi.  Jangan menggunakan lift saat terjadi gempabumi atau kebakaran. getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi.tetapi.yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. pohon yang tinggi. maka tekanlah semua tombol c)tsunami .  Jauhi bangunan tinggi. Lalu. tebing terjal. benda-benda yang tergantung di dinding dsb. berlindunglah dibawah meja atau tempat tidur.bagaimana kita dapat menanggulangi gempa bumi tersebut? Tidak ada cara untuk menanggulangi gempa bumi. Lebih baik menggunakan tangga darurat  Jika anda merasakan getaran gempabumi saat berada di dalam lift.

yaitu : 1. Lalu. Namun. dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba. 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut.Melaksanakan pengelolaan pengungsi. yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang berada di atasnya.Melakukan terus pencarian orang hilang. misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau. secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. tsu = pelabuhan. nami = gelombang. longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi.Apa penyebab tsunami? Tsunami (bahasa Jepang: 津波. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut.Melaksanakan evakuasi secara intensif. Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air. yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami. seperti letusan gunung api. dan . 3. gempa bumi. 2. Gerakan vertikal pada kerak bumi.bagaimana kita dapat menanggulangi tsunami tersebut? Cara penanggulangan tsunami.

8.pengumpulan jenazah.Membuka dan hidupkan jalur logistik dan lakukan resuplay serta pendistribusian logistik yang diperlukan. 7.Menggunakan dana pemerintah untuk penanggulangan bencana dan gunakan pula dengan tepat sumbangan dana baik dari dalam maupun luar negeri.Membuka dan memulihkan jaringan komunikasi antar daerah atau kota. 4. 6.Menyambut dengan baik dan libatkan unsur civil society. d)tanah longsor . 5.Melakukan pembersihan kota yang hancur dan penuh puing dan lumpur.

tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut  gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang.bagaimana kita dapat menanggulangi tanah longsor tersebut? . hujan lebat dan aliran debu-debu  getaran dari mesin. penggunaan bahan-bahan peledak.apa penyebab tanah longsor?  erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan. misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju Lalu. dan bahkan petir  berat yang terlalu berlebihan. sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam  lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat  gempa bumi menyebabkan getaran. lalu lintas.

diperlukan proses.bila daerah tidak gersang.tanamlah pohon dari sekarang(reboisasi).sawah yang di tanami padi bertingkat-tingkat.Untuk menanggulangi tanah longsor.janganlah menebang pohon secara sembarangan.hal ini untuk menanggulangi tanah longsor.penyebab utama tanah longsor adalah daerah yang gersang.bila ada daerah yang gersang. .hal lain dalam penanggulangan tanah longsor adalah menggunakan sistem sawah sengkedan.coba lihat.

yakni diperkirakan lebih dari 1. Tidak semua gunung berapi sering meletus.e)gunung meletus apa penyebab gunung meletus? Gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Suhu lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700-1. usaha terbaik yang dilakukan hanya mencegah timbulnya korban jiwa. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 km atau lebih. sedangkan lavanya bisa membanjiri sampai sejauh radius 90 km. Gunung berapi yang sering meletus disebut gunung berapi aktif. Lalu. Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi.000 °C.200 °C. evakuasi penduduk dalam waktu secepat mungkin. tidak bisa menghentikan bencana alam yang bukan diakibatkan oleh manusia.itulah yg dinamakan alam .bagaimana kita dapat menanggulangi tanah longsor tersebut? secanggih apapun teknologi manusia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful