http://edukasi.kompasiana.

com/2010/10/29/unsur-unsur-musik-iirama-danmelodi/

Unsur-unsur Musik I: Irama dan Melodi
OPINI | 29 October 2010 | 14:40 2610 2 Nihil

Dalam pengajaran seni musik,terutama pada anak Sekolah Dasar,yang terlebih dahulu harus dipelajari adalah mengenai unsur-unsur musik.Karena dengan anak mengetahui fungsi unsur-unsur musik dalan lagu yang dipelajarinya,maka pengajaran seni musik pada anak akan lebih bermakna. 1.Irama Pengetahuan dasar tentang unsur-unsur musik yang pertama-tama harus dimiliki seorang anak adalah pengetahuan tentang irama,karena pengetahuan tentang irama adalah dasar untuk mempelajari unsur-unsur musik yang lain,seperti melodi,harmoni,bentuk lagu dan ekspresi.Karena belajar musik itu harus berjenjang.Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar dalam musik yang terbentuk dari sekelompok bunyi dan diam dimana panjang pendek bunyi dan diamnya berbedabeda.Nantinya bunyi dan diam tersebut akan membentuk pola irama yang mengalun menurut pulsa dalam sebuah birama.Jadi dalam sebuah irama terdapat unsur-unsur bunyi,diam,pola irama,pulsa dan birama. Bunyi dan diam dengan panjang pendek yang berbeda-beda bergabung sehingga terbentuk susunan tertentu yang dinamakan pola irama.Untuk menuliskan bunyi dan diam dengan panjang pendek bunyi yang berbeda-beda digunakanlah notasi irama.Notasi irama terdiri dari not penuh,not tengahan,not perempat,not perdelapan,not perenambelas,tanda diam penuh,tanda diam tengahan,tanda diam perempat,tanda diam perdelapan dan tanda diam perenambelas.Dalam menuliskan notasi irama ada berbagai hal yang perlu diperhatikan antara

tiap not dapat bernilai dengan perbandingan 3:1 jika diberi tanda triot dan tanda legatura yang memperpanjang nilai not yang pertama menjadi jumlah nilai not-not yang dihubungkannya.berlangsung secara berulang dan teratur.Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa melodi terdiri dari nada-nada yang terangkai secara teratur.Melodi Melodi ialah rangkaian nada secara tunggal yang terdengar satusatu.Nada-nada tersebut terangkai secara teratur dengan tinggi nada tertentu dalam sebuah sistem nada yang membentuk tangga nada tertantu. 2. Birama ialah ayunan rangkaian gerak kelompok beberapa pulsa yang pulsa pertamanya mendapat aksen lebih kuat dari pulsa yang lainnya.Makna dari birama akan lebih kita rasakan saat kita sedang memimpin sebuah penyajian musik. .seringkali secara tidak sadar kita menghentak-hentakkan kaki kita ke lantai atau mengetuk-ngetukkan tangan atau benda yang berada di tangan kita.Tepukan tangan kita yang berulang-ulang dan teratur itulah yang dimaksud dengan pulsa.empat dan seterusnya.Saat kita sedang memimpin kelompok paduan suara menyanyikan lagu dengan birama dua berarti ayunan rangkaian gerak tangan terdiri atas kelompok dua pulsa.dimana pulsa pertamanya mendapatkan aksen/tekanan yang lebih kuat dari pulsa yang kedua. Pulsa ialah rangkaian denyutan berulang-ulang yang berlangsung secara teratur yang dapat dirasakan dan dihayati dalam musik.lain:titik di belakang not atau tanda diam menambah not atau tanda diam itu dengan setengah nilai dari nilainya.Ketukan yang berulangulang dan teratur itulah yang dinamakan pulsa.Demikian pula saat kita memimpin paduan suara saat menyanyikan lagu denga birama tiga.Pulsa dalam sebuah lagu juga dapat kita rasakan saat kita menyanyikan lagu dengan bertepuk tangan.Saat sedang mendengarkan sebuah lagu.misal saat kita memimpin paduan suara pada saat upacara hari senin.

Notasi melodi adalah lambang-lambang yang menunjukkan tinggi rendahnya nada dalam melodi dituliskan dalam beberapa cara.huruf dan angka. Aliran musik ini dibagi ke dalam kategori yang dikenal sebagai elemen.Pada umumnya guru-guru SD mengajar musik dengan menggunakan not angka atau huruf.Sekarang yang banyak digunakan sebagai dasar adalah tangga nada C mayor. Selain notasi melodi.karena not balok memiliki rentangan nada yang lebih luas.Tangga nada yang sering kita temui adalah tangga nada diatonik.Tangga nada diatonikadalah susunan rangkaian nada berurutan dengan dua macam perbandingan jarak nada/interval. http://infobebas.id/2011/elemen-dasar-musik.pertama-tama yang harus kita ketahui adalah mengenai notasi melodi.kita juga harus mengetahui tentang tanda-tanda kromatis.web. . tetapi mereka dapat dipilih tergantung pada persyaratan mereka. dan ini dianggap sebagai dasar dari setiap jenis musik. Dalam belajar melodi.padahal notasi yang paling baik digunakan untuk mengajarkan musik adalah not balok.Tanda-tanda kromatis terdiri dari tanda krois yang berfungsi untuk menaikkan not setengah nada lebih tinggi.Tangga nada diatonik menggunakan 7 nada pokok dengan nama tujuh huruf pertama dari abjad yaitu a-b-c-d-e-fg.yang disebut interval penuh dan interval setengah. selalu ada aliran terlihat musik seluruh itu.html Ketika Anda mendengar lagu atau sepotong instrumental. Ini bukan sebuah aturan untuk menulis dengan menggunakan semua elemen dasar dari musik.seperti menggunakan balok not. Namun.yaitu c-d-e-f-g-a-b-c’ yang sering disebut tangga nada natural.tanda nol yang berfungsi untuk menurunkan not setengah nada dan tanda pugar untuk mengembalikan not ke tinggi nada semula.

Lihatlah. tergantung pada jenis yang berbeda genre musik yang itu milik.ketika mereka digunakan. Unsur-unsur ini juga membantu musisi untuk datang dengan lagulagu yang besar serta menemukan kelemahan dalam komposisi tertentu. atau budaya apapun yang itu diambil dari. Jadi membaca dan mencari tahu. apa sebenarnya yang membuat musik sehingga merdu mendengarkan! APA ELEMEN DASAR MUSIK? Hal ini umumnya diketahui bahwa ada sekitar 7 unsur musik digunakan oleh komposer dan musisi yang paling. gaya ini telah diubah dengan menggunakan instrumen yang berbeda dan elemen. salah satu elemen paling dasar dari musik yang . ada urutan tertentu yang harus diikuti. budaya untuk menyusun bentuk-bentuk musik tradisional dan musik kontemporer modern. era waktu. Jadi. dan tergantung pada masing-masing daerah dan budaya. Bentuk musik ditentukan oleh wilayah geografis. karena mereka mungkin terbukti bermanfaat! BENTUK Bentuk dari setiap komposisi musik. kami telah mengumpulkan beberapa informasi yang berguna tentang mereka dalam paragraf berikut. Oleh karena itu. Unsur-unsur dasar dari bentuk musik yang dibahas dalam paragraf di bawah ini. Anda harus tahu bahwa musik memiliki berbagai gaya. Tapi ujung banyak dengan menggunakan hanya beberapa elemen karena tidak semua potongan musik mengharuskan semua elemen. Unsur-unsur musik digunakan dalam kedua bidang musik seperti. untuk membantu Anda menemukan yang elemenelemen penting dari musik. Sebagian besar unsur-unsur dasar musik yang berasal dari suara di alam dan masih merupakan inspirasi dari berbagai gaya musik.

Anda harus belajar untuk membaca musik sebagai yang mengajarkan Anda yang perhatikan kombinasi suara yang terbaik. Elemen ini mengacu pada kombinasi dari akord atau catatan musik dimainkan bersama.setiap karya musik membutuhkan. MELODI Melodi didefinisikan sebagai kerangka di mana komposisi dibangun. Namun unsur ini dibagi menjadi fase yang berbeda dan ketika semua ini ditempatkan bersama-sama potongan suara musik merdu. yang berarti ada akord. HARMONI Harmoni merupakan salah satu elemen dasar yang paling penting dari musik dan disertakan dalam setiap komposisi musik. Hal ini mengacu pada kelembutan atau kenyaringan terkait dengan suara musik. DINAMIKA Arti dinamika adalah ” untuk mengubah dengan mudah” . Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gradasi musik. Hal ini juga mengacu pada hubungan antara catatan dan . lagu dan vokal yang membentuk melodi lagu. Melodi meliputi musik dan lirik. Hal ini seperti keluarga yang musik milik. Bila Anda ingin memperbaiki melodi untuk lagu Anda. yaitu ketika suara dipindahkan dari lembut untuk keras. dan ini adalah apa prinsip unsur ini. Dinamika memutuskan yang sesuai tingkat suara yang terdengar merdu ke telinga dan membedakan dari kebisingan.

seri di mana mereka bermain. Ini pola bermain musik juga tergantung pada jumlah dan jenis lapisan yang dimainkan bersama selama komposisi. yang dimasukkan untuk membuatnya lengkap. yaitu: monofonik atau baris tunggal. Lapisan tersebut diakui oleh jumlah baris melodi yang dimainkan. Hal ini didefinisikan sebagai pengaturan spesifik suara dan istirahat di alirannya (celah atau diam). Harmony bergandengan tangan dengan melodi lagu. lagu homophonic atau utama dengan akord. IRAMA Irama lagu juga merupakan salah satu dari tujuh unsur utama musik. Ada berbagai sub-kategori yang merupakan bagian dari elemen ini dan mereka adalah: Mengalahkan Meter Aksen Sinkopasi Tempo Tekstur Tekstur mengacu pada pola disinkronkan irama dan catatan dimainkan satu demi satu. . polifonik atau lebih dari dua baris. dalam perkembangan suatu. karena mendukung kelompok catatan yang dimainkan untuk membangun melodi.

kita tentu mendengar tentang irama dan melodi.kompasiana. dan berkat mereka kita semua suka mendengarkan musik. harap Anda menemukan cara adalah musik dibuat! Elemen ini sangat berguna untuk menyusun potongan-potongan indah suara merdu. Irama sebagai gerak teratur yang selalu mengikuti jalan melodi akan tetapi irama akan tetap berjalan walaupun melodi berhenti. . Dengan bantuan ini berbagai suara alat musik yang dibuat dari individu. ini dikenal sebagai kayu. Namun tahukah kita apa yang dimaksud dengan dua kata tersebut? Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar musik.KAYU / WARNA NADA Ketika Anda dapat mengenali mana instrumen yang sedang dimainkan pada waktu tertentu dalam lagu. Anda dapat dengan mudah membedakan warna nada (sehingga nada warna). Dengan informasi ini besar tentang elemen dasar dari musik. kita dapat membedakan antara terompet dan suling. Melodi dan Unsur-unsur di dalam Seni Musik OPINI | 09 December 2010 | 16:59 2383 0 Nihil Dalam dunia musik.com/2010/12/09/irama-melodi-dan-unsur-unsurdi-dalam-seni-musik/ Irama. http://edukasi. atau gitar listrik dan satu akustik. Oleh karena itu.

irama tetap berjalan walaupun melodi berhenti. Triool berbentuk garis lengkung dan 3 angka di atas atau di bawah tiga buah not yang berfungsi mengubah not menjadi dua pertiga dari ketiga not tersebut. kemahiran dalam membaca tanda diam sama pentingnya dengan membaca not. Irama bisa berjalan tanpa adanya melodi (tinggi rendah). menyatakan irama sebagai gerak yang teratur. Akan tetapi. dengan panjang pendeknya ayunan. Irama merupakan urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar music dan tari ( Jamalus : 1989 ). Irama mempunyai keterkaitan erat dengan panjang pendeknya not dan berat ringannya aksen pada not. 3. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan irama. Sehingga. Sedangkan M. Kwintool berbentuk garis lengkung dan angka 5 di atas atau di bawah lima not yang berfungsi mengubah nilai not . dimana selalu mengikuti jalan melodi. namun secara umum memiliki makna yang sama. gerak. Soehartono (1986 ). Duol berbentuk garis lengkung dan angka 2 di atas atau di bawah dua nada untuk mengubah nada di bawahnya menjadi satu sentengah kali nilai ketukanya dari dua nada tersebut 2. notasi harus berharga sesuai tuntutan harmonisasi lagu walaupun sering tidak lazim misalnya sebagai berikut : 1. Kwartool berbentuk garis lengkung dengan angka 4 pada empat buah not yang mengubah keempat buah not yang ada di atas atau di bawah menjadi bernilai ¾ dari nilai not sebelumnya 4.Irama merupakan gerak musik yang teratur serta tidak tampak dalam lagu melainkan dapat dirasakan setelah lagu tersebut dialunkan. Demi tercapainya harmoni lagu.

Selanjutnya mari kita bahas tentang melodi. dan garis penutup. Birama juga mempunyai 4 notasi.tersebut menjadi bernilai 4/5 dari nilai keseluruhan not sebelumnya. garis birama. Birama juga dapat diartikan sebagai ayunan rangkaian gerak kelompok beberapa pulsa. berlangsung secara berulang. Birama merupakan ketukan. yang pulsa pertama mendapat aksen kuat. poliritmik. di dalam irama juga masih banyak unsur pendukung lain. ada beberapa pola irama.aba kepada segenap orang untuk menyajikan music atau menyanyi bersama. dan membirama. yaitu tanda birama. Selain itu. Dalam sebuah lagu. ruas birama. Melodi merupakan unsur pokok dalam music yang menjadi pusat perhatian bagi para pemerhati dan penikmat music. . Sedangkan membirama merupakan teknik dan seni memimpin permainan music bersama. pola irama. Seara sederhana membirama berarti memimpin atau member aba. sincope. yaitu birama. Melodi merupakan perangkaian bunyi nada menjadi suatu rangkaian yang mewakili ide musik yang kemudian akan menjadi sajian yang mantap dan teratur jika dilengkapi unsur irama. yaitu pola irama rata.sama.ulang dan teratur ( Jamalus : 1989 ). dan polimerik.ketukan yang datang berulangulang dengan teratur dalam waktu yang sama ( Atan Hamdja : 1989 : 26 ). Pola irama merupakan sekelompok bunyi yang dengan susunan irama tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang. sedangkan lainnya tidak. Membirama merupakan ketrampilan yang berwujud pola.ulang dan teratur.pola isyarat dengan menggunakan gerak tangan dalam memimpin sajian music secara bersama. pola irama tidak rata. pola suku bangsa.

pelog dan slendro. Misalakan notasi huruf John Curwen. sahingga anak akan mengalami hambatan jika mempelajari notasi musik sebenarnya. Notasi ini memiliki kelebihan yaitu mudah (khususnya untuk tiga oktaf). minor. Nada adalah bunyi teratur gerakan. nada inilah yang akan dirangkai menjadi sebuah lagu atau melodi. yaitu nada dan gaduh. Tangga nada disusun atas 8 nada. Kemudian oleh orang awam dianggap sebagai notasi yang dianggap pokok. Debussy.jarak tertentu diantara satu nada dengan nada lain. ataupun lambat. http://info-gudangilmu. notasi ini merupakan notasi pertolongan untuk mempermudah mempelajari notasi musik. Jika bunyi bergetar dengan cepat. terdapat beberapa unsure pembentuk yaitu bunyi.com/2012/01/tentang-unsur-unsur-dasarmusik. Selain itu ada pula notasi angka (Cheve).blogspot. tanda kromatik. akan tetapi tidak dapat digunakan dalam pengembangan dan penyajian musik pada tingkat yang lebih tinggi. sehingga menganggap notasi ini sebagai notasi musik. karena kemudahannya yaitu dengan menggunakan huruf pertama dari do – re – mi. yaitu tangga nada diantonis. dapat cepat. notasi ini merupakan notasi paling mudah yang didasarkan pada bunyi nadanya yaitu notasi tersebut dibaca dengan do re mi fa so la si do. Melodi tersebut kemudian dikembangkan menjadi notasi melodi untuk mempermudah dalam pembelajarannya. dan interval. Bunyi dapat di bagi menjadi dua. sebab tinggi nada hanya diperbandingkan antara satu dengan yang lain. pentatonis.nada yang memiliki jarak. Notasi ini juga terbatas untuk penyajian musik lanjut. Sedangkan tangga nada yaitu susunan nada.html . bunyi yang dihasilkan lambat. Sedangkan jika sumber getarnya lambat. notasi melodi. Notasi ini juga memiliki tinggi nada yang tetap. kromatis.Dalam melodi. baik lama maupun kecepatan getarnya. Notasi ini lebih tepat dikembangkan pada anak sekolah dasar. tangga nada. Bunyi merupakan peristiwa getaran. maka bunyi yang dihasilkan tinggi.

Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar musik. nada tinggilah yang biasanya dipergunakan orang. pola irama. Sedangkan M. Bila seseorang berada dalam kesedihan ia akan berbicara dengan nada yang rendah. Pola irama merupakan sekelompok bunyi yang dengan susunan irama tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang. Suatu perintah atau pertanyaan selalu disertai nada yang khas. sedangkan lainnya tidak. dan membirama. Irama bisa berjalan tanpa adanya melodi (tinggi rendah). menyatakan irama sebagai gerak yang teratur.ketukan yang datang berulang. maksudnya adalah suara atau bunyi yang memiliki frekuensi tunggal. Dengan nada yang berbeda. yaitu tanda birama. berlangsung secara berulang. yang pulsa pertama mendapat aksen kuat. Irama merupakan gerak musik yang teratur serta tidak tampak dalam lagu melainkan dapat dirasakan setelah lagu tersebut dialunkan. di dalam irama juga masih banyak unsur pendukung lain. Tinggi rendahnya arus-ujaran terjadi karena frekuensi getaran yang berbeda antar segmen.Tentang Unsur-unsur Dasar Musik "Tentang Unsur-unsur Dasar Musik" Nada adalah suara atau bunyi yang memiliki keteraturan. bidang arti yang dimasukinya pun akan berbeda. Sebaliknya bila berada dalam keadaan gembira atau marah. irama tetap berjalan walaupun melodi berhenti. Irama sebagai gerak teratur yang selalu mengikuti jalan melodi akan tetapi irama akan tetap berjalan walaupun melodi berhenti. namun secara umum memiliki makna yang sama. Irama mempunyai keterkaitan erat dengan panjang pendeknya not dan berat ringannya aksen pada not. Nilai frekuensi inilah yang menentukan tinggi rendahnya suatu nada. Birama juga dapat diartikan sebagai ayunan rangkaian gerak kelompok beberapa pulsa. Soehartono (1986 ).ulang dengan teratur dalam waktu yang sama ( Atan Hamdja : 1989 : 26 ). Selain itu. Birama merupakan ketukan. Nada dalam ilmu bahasa biasanya dilambangkan dengan angka misalnya /2 3 2/ yang berarti segmen pertama lebih rendah bila dibandingkan dengan segmen kedua. dengan panjang pendeknya ayunan. yaitu birama. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan irama. dan garis penutup. sedangkan segmen ketiga lebih rendah dari segmen kedua. gerak.ulang dan teratur ( Jamalus : 1989 ). dimana selalu mengikuti jalan melodi. Akan tetapi. ruas birama.ulang dan . Birama juga mempunyai 4 notasi. Irama merupakan urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar music dan tari ( Jamalus : 1989 ). garis birama.

pola suku bangsa. pola irama tidak rata. Dalam melodi. notasi ini merupakan notasi pertolongan untuk mempermudah mempelajari notasi musik. baik lama maupun kecepatan getarnya.aba kepada segenap orang untuk menyajikan music atau menyanyi bersama. Kemudian oleh orang awam dianggap sebagai notasi yang dianggap pokok.nada yang memiliki jarak. Sedangkan membirama merupakan teknik dan seni memimpin permainan music bersama. sahingga anak akan mengalami hambatan jika mempelajari notasi musik sebenarnya. akan tetapi tidak dapat digunakan dalam pengembangan dan penyajian musik pada tingkat yang lebih tinggi. Notasi ini juga memiliki tinggi nada yang tetap. Selain itu ada pula notasi angka (Cheve). Notasi ini juga terbatas untuk penyajian musik lanjut. sebab tinggi nada hanya diperbandingkan antara satu dengan yang lain. Seara sederhana membirama berarti memimpin atau member aba. Dalam sebuah lagu. Tangga nada yaitu susunan satu set nada. Melodi tersebut kemudian dikembangkan menjadi notasi melodi untuk mempermudah dalam pembelajarannya. dan interval. Notasi ini lebih tepat dikembangkan pada anak sekolah dasar. bunyi yang dihasilkan lambat. karena kemudahannya yaitu dengan menggunakan huruf pertama dari do – re – mi.jarak atauinterval tertentu diantara satu nada dengan nada lain. Membirama merupakan ketrampilan yang berwujud pola. . ataupun lambat. ada beberapa pola irama.sama. Notasi ini memiliki kelebihan yaitu mudah (khususnya untuk tiga oktaf). nada inilah yang akan dirangkai menjadi sebuah lagu atau melodi. tanda kromatik. yaitu nada dan gaduh. tangga nada. notasi ini merupakan notasi paling mudah yang didasarkan pada bunyi nadanya yaitu notasi tersebut dibaca dengan do re mi fa so la si do. Nada adalah bunyi teratur gerakan. sehingga menganggap notasi ini sebagai notasi musik. terdapat beberapa unsure pembentuk yaitu bunyi.pola isyarat dengan menggunakan gerak tangan dalam memimpin sajian music secara bersama. notasi melodi. sincope. dan polimerik. Melodi merupakan perangkaian bunyi nada menjadi suatu rangkaian yang mewakili ide musik yang kemudian akan menjadi sajian yang mantap dan teratur jika dilengkapi unsur irama. Sedangkan jika sumber getarnya lambat. Misalakan notasi huruf John Curwen. yaitu pola irama rata. Jika bunyi bergetar dengan cepat.teratur. dapat cepat. Bunyi merupakan peristiwa getaran. maka bunyi yang dihasilkan tinggi. poliritmik. Bunyi dapat di bagi menjadi dua.

Tangga nada disusun atas 8 nada. kromatis. Tangga nada kres atau mol mulai dari 1 kres/mol sampai 7 kres/mol. Simbol mol berbentuk seperti huruf ‘b’. Tangga nada minor berlaku hukum jarak yaitu : satu-setengah-satu-satu-setengah-satu-satu Sehingga di tangga nada dasar minornya adalah : A-B-C-D-E-F-G-A Pada gitar/bass gitar jarak dari satu fret ke fret berikutnya adalah setengah. Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya pada saat dimainkan dengan alat musik. E ke F = 1/2. dan B ke C lagi = 1/2. Dan dari tangga nada inilah semua perhitungan kres/mol dimulai. Pada tangga nada ini tidak ada kres/mol. jarak setengah adalah jarak dari tuts putih ke tuts hitam sesudah/sebelumnya. pelog dan slendro. Bagaimana sebuah tangga nada disebut mayor atau minor? Setiap tangga nada memiliki hukum yang namanya hukum jarak Pada tangga nada mayor berlaku hukum jarak yaitu : satu-satu-setengah-satu-satu-satu-setengah Bila dijabarkan menjadi jarak C ke D = 1. dan biasanya ditulis dengan abjad “A” sampai “G”. minor. Debussy. F ke G = 1. Tangga nada 1=C bila ditulis menjadi : C-D-E-F-G-A-B-ke C lagi (1 oktaf) Dengan menulis tangga nada yg ditulis “do sama dengan” bisa diartikan sebagai tangga nada mayor. melainkan umumnya “la sama dengan”. pentatonis. Tangga nada minor ditulis bukan dengan “do sama dengan”. yaitu tangga nada diantonis. cerah dan segar. D ke E = 1. Jadi bila ingin menaikkan satu nada. Tangga nada mayor bila didengarkan akan terasa keceriaan. Urutan nada nada yang tersusun secara bertahap atau berjenjang disebut Tangga Nada. Berbeda dengan tangga nada minor yang bila didengarkan . A ke B = 1. geser 2 fret. Tangga nada memiliki dua varian yaituyang biasa disebut “Tangga Nada Dasar” dan ada yang disebut dengan “Tangga Nada # (baca: kruis/kres) atau b (baca: mol). Pada orgen. keyboard atau piano. Yang berjarak setengah di tangga nada ini adalah dari E ke F dan B ke C. Tema yang akan saya coba angkat disini adalah tentang Tangga Nada Dasar Tangga Nada Dasar adalah tangga nada dengan nada dasar 1 (baca: do) = C. namun bila di antara 2 tuts putih tidak ada tuts hitam (B ke C dan E ke F) maka dihitung sebagai satu jarak. G ke A = 1.

Hal ini juga mengacu pada hubungan antara catatan dan seri di mana mereka bermain. Elemen ini mengacu pada kombinasi dari akord atau catatan musik dimainkan bersama. Penggunaan masing masing tangga nada ini tergantung dari “rasa” musik atau lagu yang ingin disajikan. Reference: berbagai . karena mendukung kelompok catatan yang dimainkan untuk membangun melodi.akan terasa suram dan kelam. Harmoni merupakan salah satu elemen dasar yang paling penting dari musik dan disertakan dalam setiap komposisi musik. Harmony bergandengan tangan dengan melodi lagu.