sastra. pendapat – pendapat umum. teknologi komunikasi phsikologi dan komunikasi lingkaran sosial.Komunikasi yang efektif itu apa ? Adalah ilmu multidisiplin. genetica. berkaitan dengan jurnalistik. Semua ilmu mempelajari perilaku manusia . pertanian . tehnik ilmukimia. Mula – mula adalah monodisiplin. berdiri sendiri.

Bayi yang menangis karena lapar. Gadis yang mengirim surat pada seorang pria. artinya ia sedang berkomunikasi. ia berkomunikasi. ia berkomunikasi. ia berkomunikasi. .  Komunikasi aspek kaitan hubungan antar manusia. Bila di suatu tempat terdapat dua manusia atau lebih pasti komunikasi manusia.  Seorang mahasiswa tidak dapat mengerjakan soal ujian ia bersungut – sungut. kendati bisa terjadi tidak terdapat komunikasi. Keterampilan utama untuk berkomunikasi efektif. Istri menyambut suami di depan pintu.

perasaan kepada orang lain. Ini disebut message. Orang yang menyampaikan pesan disebut komunikator. . yang memberikan pesan disebut komunikator atau komunikate. pikiran.Mengapa orang perlu berkomunikasi? Karena perlu menyampaikan sesuatu.

.Masih ada rincian lain: Komunikasi memiliki karakteristik yang didasari atau tidak . Karakteristik disadari banyak manfaatnya meningkatkan efektivitas.

orang lain. kerjakan tak selalu ditafsirkan sama yang dimaksudkan. Berkomunikasi alasan – alasan Menhibur diri sendiri. Apa yang diucapkan. menunjukkan minat. .  Komunikasi disengaja: Menghasilkan akibat yang tidak disengaja. membujuk dan lain – lain. ramah tamah. Perlu komunikasi efektif terutama mahasiswa kedokteran setelah ada motifasi – awareness – partisipasi dalam tugas. mencari informasi .

Vokalisasi 3. 1. Dapat dipahami bila ada isyarat isyarat tidak berminat dalam komunikasi. Gerak isyarat orang lain memberi informasi timbal balik . dokter atau guru dengan mahasiswa dengan masyarakat. Ini masuk dalam pranatah sosial. Hasil efektif mahasiswa dengan mahasiswa. Ekspresi . Hubungan kominikasi dokter pasien timbul kepercayaan dan sebagainya. Monopoli komunikasi ? 2. Komunikasi timbal balik.

internet.telepon. Lebih efektif bila diterjemahkan oleh orang – orang yang terlibat. .Ada komunikasi masa.  Komunikasi melibatkan sekurang – kurangnya dua orang yang saling mempengaruhi tindakan masing – masing. facebook dan Sebagainya antara lain surat menyurat Komunikasi tatap muka adalah lebih baik.

Para komunikator bersama – sama menciptakan makna Kata sehingga terjadi produk dari tanggapan dua belah pihak. Komunikasi yang terjadi tidak selamanya berhasil. . Menangis karena frustasi – tidak berkomunikasi.

Komunikasi adalah apa yang dilakukan saat menyampaikan pikiran dan perasaan secara verbal. . nonverbal kepada orang lain. apakah secara efektif / masalah lain.

Inilah 6 rincian cara Reardon. Misalnya sementara pidato atau kuliah ada hadirin yang menguap karena mengantuk. ditafsirkan salah bahwa pidato. gerak. isyarat adalah simbol mencerminkan pikiran dan perasaan. kuliah membosankan. . Komunikasi menjadi efektif – bermakna yang disepakati dari simbol – simbol yang digunakan. Komunikasi dengan simbol – simbol Kata . Tantangan: Komunikasi manusia orang Memberi makana berbeda terhadap simbol yang sama.

Dengan akibat bagaimana yang terjadi.Menurut Harold Lasswel: Komunikasi adalah who says what. Siapa mengatakan 2. Kepada siapa pesan disampaikan 5. Dipilih – pilih lima unsur komponen: 1. . Apa yang dikatakan 3. In which channel to whom with what effect. Media apa yang digunakan 4.

.Cara ini berjalan searah dengan komunikator dan komunikan.

termasuk suara pembicara. Fisis adalah tanda atau pesan terjadi deruman mobil yang lewat sementara kuliah. Ruangan panas. . Phsicologis c. Suara berisik dari dalam maupun dari luar ruangan. a. Semantik a. audo visual tak jelas. Pembicara memakai kaca mata hitam bukan karena sakit mata.Lanjutan hambatan komunikasi Noise : selalu ada pada setiap komunikasi. Fisis b. Menyimpan dan merima peasan.

b. dokter dan pasien saling curiga. bahasa yang tak dikenal / Asing untuk komunikan. Gangguan Phsicologis: Ada prasangka komunikator dan komunikan sehingga proses terganggu.Artikulasi pembicara tak jelas. . Contoh klasik ketertutupan. Membandingkan tempat pendidikan komunikator yang lebih canggih dan mereemehkan tempat pendidikan komunikan.

Menggunakan semboyan yang muluk – muluk.c. pasien dan masyarakat). Gangguan semantik: pemakaian bahasa yang berbeda. . menggunakan tehnik yang rumit – rumit yang tak dimengerti oleh pendengar (mahasiswa.

.Tehnik berkomunikasi perlu pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang mempunyai bakat pengalaman yang cukup apalagi dalam ilmu kedokteran atau pendidikan kedokteran yang berkelanjutan yang tidak terlepas dengan ilmu – ilmu yang lain.

.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful