P. 1
Diagram

Diagram

|Views: 904|Likes:
Published by Sri Wahyuni

More info:

Published by: Sri Wahyuni on Apr 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2013

pdf

text

original

1.

Pie chart Pada Diagram lingkaran, keseluruhan data di gambarkan dengandaerah lingkaran, sedangkan bagian dari data digambarkan denganmenggunakan juring atau sector. Diagram ini lebih cocok untukmenunjukkan perbandingandingan jika data tersebut terdiri atas beberapakategori Diagram lingkaran adalah diagram dari sekumpulan data yangdigambarkan sebagai lingkaran. Dalam lingkaran, daerah lingkarannyadibagi menjadi daerah-daerah juring lingkaran yang luasnya sebandingdengan jumlah data yang bersangkutan.Untuk membuat diagram lingkaran, gambarkan sebuah lingkaran, laludibagi-bagi menjadi beberapa sektor. Tiap sektor melukiskan kategoridata yang terlebih dahulu diubah kedalam derajat, titik pembagiandimulai dari titik tertinggi lingkaran. Diagram ini digunakan untukmelukiskan data atribut. 2. Diagram lambang (piktogram) Piktogram adalah penyajian data statistikdenganmenggunakanlambang-lambang. Meskipun penyajian data dengan piktogram itusederhana, akan tetapi pemakaiannya sangat terbatas. Biasanyapiktogram dipakai untuk menyajikan data yang nilainya cukup besardengan nilainilai data yang telah dibulatkan.Diagram ini sering dipakai untuk mendapatkan gambaran kasar suatuhal dan sebagai alat visual bagi orang awam. Setiap satuan jumlahtertentu dibuat sebuah simbol sesuai dengan macam datanya. Kesulitanyang dihadapi pada diagram lambang ini adalah ketika menggambarkanbagian simbol untuk suatu hal yang tidak penuh.Gambar-gambar atau lambang-lambang yang digunakan dibuatsemenarik mungkin, sehingga lebih jelas dan mampu mewakili jumlahtertentu untuk satu gambar dan lambang tersebut. Kelemahan daridiagram ini adalah kurang efisien tempat, serta sulit dalampenggambaran untuk nilai yang tidak penuh. 3. Diagram peta Diagram ini juga dinamakan kartogram. Dalam pembuatannya digunakanpeta giografis tempat data terjadi. Diagram ini melukiskan keadaan dihubungan dengan tempat kejadian. Salah astu contoh ketika kita melihatbuku peta bumi yang terdapat peta daerah/pulau dengan mencantumkangambar-gambar kelapa, jagung, kuda, sapi ,dan lain-lain

. Diagram batang biasanya disusun secara vertikal. Kelebihan Diagram garis biasanya digunakan untuk menaksir atau memperkirakan data berdasarkan pola-pola yang telah diperoleh. 3. Diagram batang tidak dapat menampilkan datum dari tiap orang atau benda yang dicatat(sebut saja data individual. Macam-macam Diagram : Diagram Lingkaran Diagram Batang Diagram Garis Diagram Batang Daun Diagram Kotak Garis Diagram Gambar 1.DIAGRAM LINGKARAN Penyajian data statistik yang dinyatakan dalam persen atau derajat dapat menggunakan diagram lingkaran. Contoh Diagram lingkaran 2. Kelebihan Paling sederhana dan paling umum Kekurangan Dengan diagram batang hanya disajikan data yang telah dikelompokkan atas atribut dan kategori.DIAGRAM GARIS Diagram garis digunakan untuk menyajikan data yang berkesinambungan.seperti suhu badan pasien rumah sakit.tinggi permukaan air laut dan lain-lain.      Pengertian DIAGRAM Diagram merupakan gambar-gambar yang menunjukkan secara visual suatu data yang berupa angka yang biasanya berasal dari tabel yang telah dibuat. Kelebihan Tempat untuk membuat diagram lingkaran tidak terlalu besar Diagram lingkaran sangat berguna untuk menunjukkan dan membandingkan proporsi dari data Kekurangan Diagram lingkaran tidak dapat menunjukkan frekuensinya.curah hujan.DIAGRAM BATANG Diagram batang sangat baik untuk menggambarkan perkembangan nilai-nilai suatu obyek penelitian dalam kurun waktu tertentu.

DIAGRAM BATANG DAUN Kelebihan Dapat menyarikan suatu kumpulan data tanpa kehilangan informasi semua data individual Diagram batang daun secara efektif dapat menampilkan penyebaran(distribusi) data.apakah penyebarannya terpusat atau tersebar. Misalnya. data berkisar antara 42 dengan 45. penggunaan diagram ini menjadi kurang tepat. Misalnya.DIAGRAM KOTAK GARIS Diagram kotak garis adalah diagram berbentuk kotak persegipanjang yang berekor ke kiri dan ke kanan Kelebihan Digunakan untuk menggambarkan letak nisbi berbagai statistik.seperti statistik lima serangkai Kekurangan Lebih sulit untuk membuatnya dibanding dengan diagram batang Tidak simple Diperlukan banyak ruang untuk menggambarnya .Diagram garis ada yang tunggal dan majemuk.datum terkecil dan datum terbesar. 5. kalau kisarannya kecil. Diagram ini juga dapat menampilkan datum yang paling banyak muncul. Sebaliknya. Diagram garis majemuk biasanya digunakan untuk membandingkan dua keadaan atau lebih yang mempunyai hubungan.diagram garis majemuk yaitu dalam satu gambar terdapat lebih dari satu garis. Kekurangan Sulit menyusun diagram ini pada kasus data sangat menyebar. data berkisar antara 0.5 dengan 1122. Kekurangan Hanya digunakan untuk data yang berkala.tidak bisa data yang lainnya Harus sangat teliti dalam membaca diagram ini Contoh diagram garis 4.

6. Kelebihan Lebih mudah dalam menjumlahkan karena setiap gambar mewakili jumlah tertentu Kekurangan Diagram gambar adalah bila harus menunjukkan sebagian dari skala yang telah ditetapkan. Perlu kekreatifan untuk membuatnya . Tiap gambar mewakili suatu jumlah tertentu.DIAGRAM GAMBAR Diagram gambar (piktogram) atau diagram lambang. Misalnya gambar orang menyatakan 1000 orang. Pada diagram ini banyak sesuatu dinyatakan dengan gambarnya atau lambangnya. gambar tabung menyatakan 100 liter minyak goreng.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->