LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BIDANG HUMAS KOPERASI MAHASISWA INDONESIA MANDIRI (KOPMA-IM) PERIODE 2011-2012

A. KATA PENGANTAR Assalammualaikum wr.wb. Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,

karena kita masih diberikan kesehatan sampai saat ini sehingga kita dapat berkumpul dalam acara rapat anggota tahunan . tidak lupa shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW beserta keluaranya, sahabatnya yang setia sampai akhir zaman. Tidak terasa kepengurusan sudah menginjak satu tahun, banyak hal yang terjadi dalam kepengurusan di kopma, di kopma sendiri sekarang banyak terjadi perubahan baik dalam segi Kegiatan maupun dalam segi tampilan fisik(bangunan). Dalam segi Kegiatan peran anggota sangat berperan penting karena sukses tidaknya suatu Kegiatan ditentukan oleh adanya anggota, dan anggota merupakan elemen terpenting dalam sebuah organisasi. Untuk itu, kami dari pengurus Bidang Humas mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota atas partisipasinya dalam menjalankan program kerja pengurus. Semoga anggota kopma unsil setiap tahunnya dapat bertambah serta semakin semangat menjalankan aktvitas dalam KOPMA maupun tugas-tugas kampusnya. Akhirnya, kami sebagai pengurus meminta maaf yang sebesar-besarnya keapada anggota jika ada perlakuan, dan sikap kami yang tidak berkenan di hati para anggota. Semoga untuk kedepannya yang menjabat sebagai pengurus bisa menjalankan tugas dengan lebih baik, dan tentunya dibantu dengan patisipasi dari para anggota. Laporan pertanggungjawaban selama kepengurusan merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan, hal ini dipandang penting adalah untuk dapat diketahui dengan terperinci atas segala kegiatan, baik yang telah dilaksanakan maupun yang belum terlaksana. Disamping itu pelaporan pertanggungjawaban ini juga dipandang penting untuk kemudian dapat dilakukan evaluasi atas segala kegiatan yang telah dilakukan

Sebagai bentuk pertanggungjawaban saya selaku Bidang Humas Koperasi Mahasiswa Indonesia Mandiri (KOPMA-IM) akan menguraikan secara umum atas segala kinerja yang telah kami laksanakan selama kepengurusan. Karena kebersamaan merupakan sebuah kunci untuk suatu perubahan. sehingga setidak-tidaknya ada sebuah modal yang cukup berharga dalam rangka pengembangan KOPMA. Membantu PSDA dan PSDM dalam mengembangkan Sumber daya Mahasiswa ( Pengrekrutan anggota baru). 2. serta intervensi birokrasi terhadap Koperasi Kemahasiswaan secara internal sangat mempengaruhi perkembangan KOPMA-IM. Program Kerja d. . Kondisi Objektif c. Kata Pengantar b. Untuk mempermudah dalam menelaah laporan pertanggungjawaban ini. Penutup B. 4. Stagnasi perkembangan kampus. KONDISI OBJEKTIF Kurangnya koordinasi dan komunikasi adalah sesuatu hal yang lazim dalam sebuah organisasi. dan hal itu pula terkadang menjadi permasalahan yang kami hadapi selama kepengurusan ini. 3. Mendesain logo dan stiker untuk memberikan identitas terhadap KOPMA-IM yang baru berdiri.demi kedepan yang lebih baik lagi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kepengurussan kedepan. Menjalin kerjasama dengan KOPMA UNISBA. terkhusus kami bidang Humas. maka kami susun dengan format sebagai berikut : a. Pembuatan katalog menu yang dijual di KOPMA-IM. C. Namun masih ada hal yang patut di Syukuri bahwasanya kondisi Ukhuwah/Persaudaraan dilingkup lembaga ini begitu kental. PROGRAM KERJA Realisasi Program Kerja Humas Hingga Akhir Periode 1.

Namun inilah hasil maksimal kami untuk memberikan beberapa saran dan rekomendasi berdasarkan pada apa yang telah kami alami saat ini. orang tua kami tercinta. Wb . alumni. karyawan. Penciptaan hubungan kekeluargaan yang lebih erat dengan anggota. semoga itu semua menjadi bahan evaluasi bagi kita dan demi kemajuan Kopma Indonesia Mandiri di masa yang akan datang. para anggota. dan perangkat kopma secara umum 3. PENUTUP EVALUASI DAN REKOMENDASI Satu tahun perjalanan kami di bidang Humas mungkin tidak mampu memuaskan segala harapan seluruh anggota. pengurus. serta mohon maaf atas segala kekurangan yang kami miliki dan kami lakukan terutama kepada anggota Kopma Indonesia Mandiri yang kami cintai. pengurus. pengawas.D. pengawas. Wassalum’alaikum Wr. Pendekatan yang lebih terhadap perusahaan-perusahaan demi pencapaian sponsor guna kelacaran Perlu mengadakan Kegiatan yang melibatkan anggota lama sehingga anggota lama tidak merasa terasingkan Demikian laporan bidang Humas ini kami sampaikan semoga dalam menjalankan kepengurusan ini khususnya kami bidang Humas bisa memberikan manfaat kepada seluruh anggota maupun pihak-pihak yang terkait dalam kepengurusan KOPMA. karyawan besrta pihak internal maupun eksternal Kopma Indonesia Mandiri lainnya sehingga kami dapat menjalankan amanah dan tanggung jawab sebagai pengurus. Adapun evaluasi dan rekomendasi yang dapat kami berikan adalah sebagai berikut : 1. Perlu adanya pendidikan dan pelatihan perkoperasian dan entrepreneurship yang berkelanjutan 2. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Allah swt. Semoga dengan adanya evaluasi dan rekomendasi di bidang Humas khususnya dan KOPMA-IM secara umum dapat berbuat lebih baik.