RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu Pertemuan Tahun Pelajaran

A. Standar Kompetensi
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu, Budha, dan Islam, keragaman, kenampakan alam, dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia. B. Kompetensi Dasar Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/ atlas/ globe dan media lainnya C. Tujuan Pembelajaran Setelah penyajian materi ini, peserta didik diharapkan dapat : 1. Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia; 2. Menggambar peta Indonesia dengan menggunakan simbol; 3. Menemutunjukkan pada peta persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah Indonesia; 4. Mengidentifikasi ciri dan sifat cuaca / iklim di wilayah Indonesia; 5. Menjelaskan perubahan cuaca/ iklim dan cuaca dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat; 6. Mengidentifikasi kenampakan buatan di wilayah Indonesia; 7. Menjelaskan keuntungan dan kerugian pembangunan kenampakkan buatan (waduk/pelabuhan, kawasan industri perkebunan) bagi masyarakat setempat; 8. Menjelaskan cara pembagian daerah waktu Indonesia; 9. Menjelaskan peta pembagian daerah waktu Indonesia; 10. Menghitung cara pembagian daerah waktu Indonesia; 11. Mengidentifikasi perbedaan waktu wilayah Indonesia. D. Materi Pembelajaran

: : : : : :

SDN Tatelu Ilmu Pengetahuan Sosial V/1 12x 35 menit 4 kali pert. 2010 / 2011

Peta Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia  Flora di Indonesia  Fauna di Indonesia 3. Cuaca dan Iklim di Indonesia  Iklim dan Angin di Indonesia  Pola Angin di Indonesia  Dampak Perubahan Cuaca dan Iklim terhadap Kehidupan Angin musim barat .Kenampakan Alam dan Buatan serta Pembagian Waktu di Wilayah Indonesia 1. Kenampakan Alam di Indonesia  Pegunungan  Gunung  Tanjung  Sungai  Danau  Teluk  Selat 2.

Kenampakan Buatan di Indonesia  Waduk/dam  Bandar Udara  Pelabuhan  Kebun Binatang  Perkebunan  Pabrik Pembagian waktu di Indonesia E. Diskusi . Model/metode Pembelajaran 1. Penugasan 3. Inkuiri 5.Angin musim timur 4. Ceramah 4. Tanya jawab 2. 5.

Kegiatan Awal  Guru bertanya-tanya tentang kenampakan alam dan buatan  Peserta didik menjawab sesuai dengan yang telah dipelajari waktu lalu 2. Kegiatan Akhir  Pemberian tugas  Pemeriksaan tugas Pertemuan 2 1.Demikian sebaliknya. Yaitu tentang kenampakan alam dan buatan di Indonesia  Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok denga tugas yang berbeda  Diskusi kelompok  Pelaporan hasil setiap kelompok. Kegiatan Awal  Guru bertanya-tanya tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia  Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan guru . mencatat hasil dari kelompok yang membacakan hasilnya. 1. Kegiatan Awal  Guru memajangkan peta Indonesia  Peserta didik menyanyi lagu “Dari Sabang sampai Merauke” 2. adalah flora dan fauna di Indonesia  Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok. sambil menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Kegiatan Inti  Guru memperlihatkan atlas persebaran flora dan fauna di Indonesia. Kegiatan Akhir  Pemberian tugas  Pemeriksaan tugas Pertemuan 3 1. sementara kelompok yang mendengar. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan 1. Kegiatan Inti  Peserta didik diarahkan untuk memperhatikan peta Indonesia  Guru bertanya-tanya tentang kenampakan alam yang ada di Indonesia  Guru memberikan penyampaian tentang materi yang akan dibahas.  Guru memperjelas tentang yang akan dipelajari saat ini.  Pembahasan diarahkan oleh guru  Kesimpulan 3.F.  Peserta didik memperhatikan atlas tersebut. dan diberi tugas  Diskusi kelompok  Penyampaian tentang hasil setiap kelompok  Pembahasan /kesimpulan/ penjelasan guru 3.

. 2. Kegiatan Inti  Peserta didik mengamati peta pembagian waktu di Indonesia  Guru mengajukan pertanyaan. Buku IPS BSE 3. Kegiatan Akhir  Pemberian tugas  Pemeriksaan tugas G. peserta didik menjawab sesuai pengamatannya pada peta.  Laporan hasil kelompok/ pembahasan/kesimpulan 3. pembagian waktu di wilayah Indonesia. serta dampaknya terhadap kehidupan. Kegiatan Awal  Guru mengajukan pertanyaan : jam berapa sekarang ?.  Guru mengarahkan peserta didik bahwa materi yang akan dikaji adalah tentang pembagian waktu di wilayah Indonesia  Pembagian kelompok serta pemberian tugas kelompok  Peserta didik mengerjakan tugas kelompok berdasarkan pengamatannya pada peta. iklim dan cuaca di Indonesia.2. V 4. 2. di Jakarta sekarang jam berapa ?  Peserta didik menjawab sesuai jam yang ada di dalam kelas. Peta / atlas kenampakan alam dan buatan. Kegiatan Akhir  Pemberian tugas  Pemeriksaan tugas Pertemuan 4 1. Buku yang relevan dengan materi. flora dan fauna. misalnya : Manado termasuk pembagian wilayah ? dst. Kegiatan Inti  Guru memperlihatkan peta angin musim  Guru bertanya-tanya tentang gambar. Buku IPS kls.  Guru mengarahkan siswa pada materi yang akan diajarkan yaitu tentang perubahan iklim dan cuaca. Alat dan Sumber 1.  Pembagian kelompok dan pemberian tugas  Diskusi kelompok  Laporan hasil kelompok /pembahasan/kesimpulan/ penjelasan guru 3.

Welly H.  Menggambar peta Indonesia dengan menggunakan simbol.Jelaskan jenis-jenis angin lokal! 11.  Menjelaskan peta pembagian daerah waktu Indonesia. tulislah nama jenis hewan dan tumbuhan sesuai daerah tempat tinggalnya ! 7.  Menemutunjukkan pada peta persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah Indonesia.  Menghitung cara pembagian daerah waktu Indonesia. Penilaian Teknik Tulisan Bentuk instrumen Perbuatan.  Menjelaskan keuntungan dan kerugian pembangunan kenampakkan buatan (waduk/pelabuhan. Apa yang menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan? Kepala Sekolah. September 2010 GuruKelas V. Lumataw. Menurut kalian. Mongi. S.  Menjelaskan cara pembagian daerah waktu Indonesia. adakah angin yang menguntungkan dan yang merugikan bagi kehidupan manusia? Jelaskan pendapat kalian! 8. Berilah contoh kenampakan alam! 4 Berilah contoh kenampakan buatan! 5. S.Pd NIP 19580531 198110 1 001 Sosana S.produk (LKS) Instrumen 1. Carilah dalam peta nama gunung. Tatelu. danau.  Mengidentifikasi kenampakan buatan di wilayah Indonesia.Pd NIP 19680921 199203 2 003 .  Menjelaskan perubahan cuaca/ iklim dan cuaca dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat. Jelaskan proses terjadinya angin darat dan sebutkan manfaatnya! 9. sungai. Apa perbedaan cuaca dengan iklim? Jelaskan! 10.  Mengidentifikasi perbedaan waktu wilayah Indonesia. dan selat yang ada Minahasa Utara ! 2. Sebutkan tujuan dibuatnya lingkungan buatan! 6. Perhatikan peta persebaran flora dan fauna. Penilaian Indikator pencapaian kompetensi  Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia. Jelaskan yang dimaksud kenampakan alam dan kenampakan buatan! 3.  Mengidentifikasi ciri dan sifat cuaca / iklim di wilayah Indonesia. kawasan industri perkebunan) bagi masyarakat setempat.H.

3. 2. 6. 2. 4. 3. 5. Nama Ibu Kota Provinsi WIB WIT WITA . Nama waduk Nama Kebun Binatang Nama Pelabuhan 1. No. 5.No. 4. 1. 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful