ABSTRAK

DESY RAFIKA RAHMA SIREGAR, NIM: 819172178, “Penggunaan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Perkalian Kelas III SD Negeri 013831 PADANG PULAU.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan siswa dalam memahami materi perkalian dan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode bermain. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 013831 Padang Pulau tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 27 orang . Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada perkalian kelas III SD Negeri 013831 Padang Pulau. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah test yaitu tes awal, pos tes I, pos tes II, wawancara dan observasi.Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Upaya yang dilakukan memahami materi perkalian, peneliti memberikan pembelajaran secara berkelompok dengan menggunakan alat peraga yang disertai dengan demonstrasi. Dari pemberian tindakan dengan pembelajaran menggunakan metode bermain pada siklus I dan II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa. Pada tes awal nilai rata-rata siswa 5,6, pada saat pos tes I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 6,4 dan pada waktu pos tes II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 7,7. Berarti hasil yang diperoleh siswa pada pos tes II sudah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal.

v

Juni 2011 penulis v . Semoga bantuan dan jasa baik yang telah diberikan kepada penulis mendapat balasan dari ALLAH SWT. Dalam menyusun dan menulis skripsi ini. karena berkat rahmat dan hidayah-NYA lah sehingga penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang direncanakan. semoga Karya Ilmiah ini berguna bagi kita semua khususnya para pembaca. untuk itu penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun dari kesempurnaan Karya Ilmiah ini. Penulis menyadari bahwa tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan. penulis banyak mendapat bantuan dan bimbingan serta pengarahan dari berbagai pihak. Oleh karenanya penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhorDosen Mata Kuliah Karya Ilmiah dan teman sejawat sehingga tugas Karya Ilmiah ini dapat selesai pada waktunya. Akhirnya penulis mengucapkan terima kasih. Aek Songsongan.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT. Skripsi berjudul penggunaan metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada perkalian kelas III SD Negeri 013831 Padang Pulau tahun ajaran 2010/2011 disusun untuk tugas Karya Ilmiah .

1...………… BAB II METODOLOGI ………………………………….3.3. Saran ……………………………………………………………………………………………………… DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………………………………. KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………………. 1.. Pembahasan …………………………………………………………………………………………… BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN ……………………………………………………………………………. Lokasi dan Waktu ……………………. Metode dan Rancangan Penelitian …………. 3.. Instrument Penelitian …………………………………………………………………………….………………………………. BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………………. Kesimpulan ……………………………………………………………………………………………. Pembatasan Masalah ……………………………………………………………………………… 1..1.DAFTAR ISI Hal. Identifikasi Masalah ………………………………………………………………………..6.5. 4.. Latar Belakang Masalah ………………………………………………………………….4...4. 2... 4. i ii v 1 1 4 4 4 4 5 6 6 6 6 7 7 9 9 13 18 18 18 19 v . 2..………………. Teknik Analisis Data ……………………………………………………………………………….. 3.. 2. Tujuan Penelitian …………………………………………………………………………….. BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN ……………………………………………………………………………. Manfaat Penelitian ……………………………………………………………………….5. Lokasi dan Sampel …………………………………………………………………………………. 2. Hasil Penelitian ……………………………………………………..1.2. DAFTAR ISI ………………………………………………………………….2.…………………………………………………………….2.……………………… 1. ABSTRAK …………………………………………………………………………………….… 1.……… 1.……………………………………………..……………………………………………………………… 2.……… 1..…………………………….….2.…….…………………………. Rumusan Masalah ……………………………………………………………………………….1..