Paguyuban Kelas

75 menit

Mengapa dipelajari    Penyelenggaraan PAKEM memerlukan berbagai sarana dan prasarana yang cukp berat untuk dikerjakan oleh guru. Penyelenggaraan PAKEM perlu mendapat dukungan dari masyarakat Paguyuban kelas merupakan salah satu dukungan masyarakat dalam pelaksanaan PAKEM .

Outcome    Daftar tujuan dan manfaat paguyuban kelas Daftar cara membentuk paguyuban kelas Daftar kegiatan paguyuban kelas .

Langkah Kegiatan     Kasus Penguatan Kerja kelompok Penguatan .

Kasus   P Suko seorang dosen. . beliau menyerahkan pengaturan kelas kepada wali kelas. Bu Lise hanya memberikan dukungan dana. Bu Lise adalah wali murid yang sangat sibuk. menjadi ketua paguyuban kelas. Pak Suko selalu menuntut agar kelas dan pembelajarannya sesuai dengan kehendaknya.

Paguyuban Kelas  Perkumpulan orang tua murid dari suatu kelas yang bertujuan untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran di kelas .

Paguyuban Kelas  Anggota paguyuban kelas merupakan orang tua murid di satu kelas .

Paguyuban Kelas  Paguyuban kelas dibentuk dengan sepengetahuan komite madrasah .

Manfaat Paguyuban Kelas  Kebutuhan guru untuk menyiapkan pembelajaran yang PAKEM terbantu dengan adanya paguyuban kelas .

Manfaat Paguyuban Kelas  Komunikasi antara madrasah dan orang tua murid menjadi lebih baik .

Manfaat Paguyuban Kelas  Orang tua murid lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan pencapaian program-program madrasah .

sarana kelas dll Membantu guru membiayai kebutuhan peningkatan kualitas pembelajaran di kelas Membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran di luar kelas atau luar madrasah Membantu guru mengelola kedisiplinan siswa (khususnya di kelas awal) . bahan dan sumber belajar di kelas Membantu pengadaan kebutuhan kelas seperti pajangan.Kegiatan Paguyuban Kelas      Membantu guru menyiapkan media. pojok baca.

Kerja Kelompok   Bagaimana cara membentuk paguyuban kelas? Hal-hal apa sajakah yang menjadi kendala pembentukan paguyuban kelas dan bagaimana solusinya? .

Presentasi  Satu kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok yang lain .

Dengan transparansi dan akuntabilitas. . madrasah mengkomunikasikan kepada stakeholder bahwa kualitas pendidikan menjadi tanggung jawab bersama Transparansi dan Akuntabilitas. Pelibatan Masyarakat.Strategi Pengembangan Paguyuban Kelas    Komunikasi. Stakeholde dilibatkan bahkan dalam penyusunan program madrasah. kepercayaan masyarakat pada madrasah akan tumbuh.

komite madrasah. tokoh masyarakat dan stakeholder yang lain Pembentukan pengurus paguyuban kelas Merancang program kerja paguyuban kelas Mengatur jadwal piket paguyuban kelas .Tahapan pengembangan paguyuban kelas     Rapat koordinasi madrasah.

. Meminta peran serta mereka dalam paguyuban kelas Membentuk paguyuban kelas Mengajak paguyuban kelas untuk studibanding ke madrasah yang lebih maju.Kiat-kiat pengembangan paguyuban kelas      Merancang dan membenahi lingkungan fisik PAKEM pada salah satu kelas. Meminta orang tua siswa mengamati kelas dan pembelajaran PAKEM.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful