P. 1
RKM-4

RKM-4

|Views: 34|Likes:
Published by Azzam Prihandani

More info:

Published by: Azzam Prihandani on Apr 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2012

pdf

text

original

PENYUSUNAN PROGRAM

3.TAHAPAN 1. 4. Menentukan Sasaran Merumuskan Program dan Menetapkan Penanggungjawab Program Merumuskan Indikator Keberhasilan Program dan Kegiatan Menentukan Kegiatan dan Jadwal Kegiatan . 2.

Realistik 2.Menentukan Sasaran Tiga Kriteria: 1. Dapat Diukur 3. Spesifik .

49 menjadi 8) Menaikkan rata-rata nilai UN bahasa Inggris 1.Contoh Pembuatan Sasaran No 1 Tantangan Menaikkan rata-rata nilai UN Matematika sebesar 1.74 menjadi 8). Sasaran Nilai rata-rata UN matematika naik sebesar 1. Nilai rata-rata UN bahasa Inggris 1.74 menjadi 8).51 (dari 6.51 (dari 6.26 (dari 6.26 (dari 6. 2 .49 menjadi 8).

Perumusan program juga didasarkan pada kategori-kategori pada satandar nasional pendidikan.Merumuskan Program dan Menetapkan Penanggungjawab Program Sebagaimana identifikasi tantangan. atau bisa juga perorangan. Setelah program dirumuskan. maka perlu ditentukan siapa penanggung jawab program. dan penentuan sasaran. Penanggung jawab program bisa berupa suatu unit kerja. misalnya komite sekolah/madrasah. misalnya guru kelas 9 .

Menyediakan modul pembelajaran matematika. Melengkapi buku sumber yang sesuai Penanggung Jawab Kepala Madrasah .Contoh Perumusan Program dan Penanggung Jawab Sasaran Nilai rata-rata UN matematika naik sebesar 1. Sosialisasi kepada orangtua mengenai pentingnya memberikan dukungan belajar kepada anak. Meningkatkan kompetensi guru tentang strategi pembelajaran aktif (PAKEM).5.49 menjadi 8) Kategori/ Program Standar Kompetensi Lulusan: Peningkatan nilai rata-rata UN Kagiatan 1. 1.4.51 (dari 6. Mengirimkan 3 orang guru kelas 9 untuk mengikuti pelatihan bidang studi matematika.1. 1.2.3. 1. 1.

maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator program yang berkaitan dengan capaian akhir dapat mengacu pada harapan pemangku kepentingan yang telah dirumuskan oleh Tim Perencana Madrasah . maka program dapat dikatakan berhasil. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai.Merumuskan Indikator Keberhasilan Program dan Kegiatan (1) Indikator keberhasilan adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak.

Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator keberhasilan yang telah dirumuskan. Perumusan kegiatan dilakukan dengan cara membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program tersebut. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. dan dapat diperkirakan biaya atau anggarannya.Merumuskan Indikator Keberhasilan Program dan Kegiatan (2) Kegiatan adalah tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. .

51 dalam kurun waktu 3 tahun (2009-2012) .Contoh Penentuan Indikator Keberhasilan Program Sasaran Kategori/Program Indikator Nilai rata-rata UN matematika 8 pada tahun ajaran 2012 Nilai rata-rata UN untuk Standar Kompetensi bidang studi matematika Lulusan: Peningkatan ratanaik rata Nilai UN sebesar 1.

Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan sekolah/madrasah dapat dikontrol dengan lebih efektif. Tujuan Penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksana dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumberdaya dan dana yang dimiliki sekolah/madrasah.Menentukan Kegiatan dan Jadwal Kegiatan Jadwal adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. .

No Sasaran Program dan Kegiatan Kategori: Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran Program: Peningkatan nilai ratarata UN matematika Tahun 1 gjl gnp Tahun 2 gjl gnp Tahun 3 gjl gnp Tahun 4 gjl gnp 1 Nilai ratarata UN untuk bidang studi matematika sebesar 1.51 dalam kurun waktu 3 tahun (2008-2010) .

No Sasaran Program dan Kegiatan Kegiatan: Tahun 1 gjl gnp Tahun 2 gjl gnp Tahun 3 gjl gnp Tahun 4 gjl gnp 1. Pengiriman 3 orang guru kelas 9 untuk mengikuti pelatihan bidang pelajaran matematika 2. Melatih 3 orang guru kelas 9 tentang strategi pembelajaran aktif (PAKEM/CTL). .

No Sasaran Program dan Kegiatan 3. Sosialisasi kepada orang tua siswa tentang pentingnya memberikan dukungan belajar kepada anak. Tahun 1 gjl gnp Tahun 2 gjl gnp Tahun 3 gjl gnp Tahun 4 gjl gnp Dst .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->