Sejarah dan Pengertian E-Mail

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. DefinisiEmail Email adalah singkatan dari electronic mail yang berarti surat elektronik
Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: myname@mydomain.com.

Manfaat Email (Praktis dan Aman)
    

Kirim – terima surat elektronik Kirim terima file/dokumen Biaya murah tidak terpengaruh jarak Sebagai tempat konfirmasi bila mendaftar di situs lain seperti Facebook, Twitter, Blog, dsb Anda bisa membaca/mengirim email dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet/gprs

Kekurangan Email

Hanya bisa dibuka (kirim/terima) di Komputer/mobile/handphone yang terkoneksi dg internet/gprs

Hotmail 4. seperti di www. Mengetahui Username & Password dari email. Membuat alamat email contoh: info@g-excess.plasa. Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah: E-Mail: a.Yahoo 3. ³Account dan kata sandi´.Gmail 2.com 2. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+. penyedia layanan email terbaik antara lain adalah: 1. Mengetahui E-mail yang di tuju. Mail Pengertian dan Definisi dari Email: E-Mail adalah Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.telkom. 3.1 menit) . www. Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah: 1.yahoo.com. email tidak memiliki nada dering dan anda harus login serta mengecek kotak masuk (inbox) utk mengetahui adanya email baru Layanan Email terbaik Berdasarkan pelayanan da fiturnya. Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis.com.net. www. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+. Tidak seperti SMS.com.1 Menit). Anda bisa membuat email secara gratis di sana. www.gmail.

Pengalamatan Rumah / Kantor c. kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.com. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). misalnya: myname@mydomain. 6. . Definisi GPRS – General Packet Radio Service. Definisi Email – Electronic Mail. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah) c. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko). b. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas. Surat Biasa (Berperangko) a. Pesan. Keamanan Surat kurang terjamin Perbedaan lain antara Email dengan Surat biasa adalah: Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko). 5. Cukup dengan adanya jaringan internet d. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam. Dibandingkan dengan protokol WAP. termasuk aplikasi grafis dan multimedia. biasanya berupa teks. Keamanan data / surat terjamin. yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Membutuhkan waktu lama d.b.domain.

digunakan protokol POP. Sebutan untuk penyedia layanan internet 9. istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard. Untuk keperluan pengambilan email. namun dalam dunia internet. SMTP – Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. 8. Untuk keperluan pengambilan email. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. digunakan protokol POP. . 11. Chatting – Secara harfiah. 10. ISP – Internet Service Provider.7. SMTP – Simple Mail Transfer Protocol. chat dapat diartikan sebagai obrolan. Bandwidth – Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.