POLUSI 1.

Polusi Udara

Pencemaran yang terjadi karena pencampuran bahan pencemar di udara yang dapat merusak lingkungan. Bahan yang paling banyak berpengaruh sebagai berikut: Karbon Monoksida (Co), Nitrogen Oksida (Nox), Belerang Oksida (Sox), Hydro Karbon (HC), Partikel, dll. Contohnya: polusi dari asap kendaraan, pabrik-pabrik, dsb. Akibatnya: makin menipisnya lapisan ozon sehingga terjadi efek rumah kaca yang menyebabkan naik suhunya di bumi.

Hal ini diakibatkan oleh laju pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor yang tinggi. blerang dioksida dan partikel-partikel lain dan sisa pembakarannya. Kebakaran hutan dan industri juga turut berperan . emisi transportasi terbukti sebagai penyumbang pencemaran udara tertinggi di Indonesia. yakni sekitar 85 persen. Dari semua penyebab polusi udara yang ada. Sebagian besar kendaraan bermotor itu menghasilkan emisi gas buang yang buruk. Unsur-unsur ini bila mencapai kuantum tertentu dapat merupakan racun bagi manusia atau hewan. Nitrogen Oksida.Semua kendaraan bermotor yang memakai bensi dan solar akan mengeluarkan gas CO. SO2 dapat menimbulkan penyakit sistem pernapasan. Sebagai contoh gas CO merupakan racun bagi fugnsifungsi darah. baik akibat perawatan yang kurang memadai ataupun dari penggunaan bahan bakar dengan kualitas kurang baik (misalnya kadar timbal yang tinggi).

Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal. maupun global. dan tumbuhan. panas. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. . kimia. atau merusak properti. hewan. ataubiologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. mengganggu estetika dan kenyamanan. radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. regional.Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara.

gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar.Pencemaran udara adalah masuknya. . atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan. Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas. zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. Dari paru-paru.

. disamping kualitas bahan bakar yang masih mengandung timbel (Pb). Bukan hanya jumlah kendaraan bermotor yang kian meningkat pesat. baik dari kegiatan industri maupun terutama lalu lintas atau transportasi darat. tetapi juga banyak kendaraan yang tidak dirawat dengan baik. tumbuh-tumbuhan dan harta benda. binatang. sehingga menghasilkan emisi yang dapat mengganggu kesehatan.Udara kita telah tercemar oleh berbagai polutan udara kota. Polusi udara umumnya diberi batasan sebagai udara yang mengandung satu atau lebih zat kimia dalam konsentrasi yang cukup tinggi untuk dapat menyebabkan gangguan pada manusia.

badai. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. sungai. Pencemaran air dapat diartikan sebagai suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. . tapi dalam pengertian ini tidak dianggap sebagai pencemaran. Perubahan ini mengakibatkan menurunnya kualitas air hingga ke tingkat yang membahayakan sehingga air tidak bisa digunakan sesuai peruntukannya. sungai. Polusi Air Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan terhadap kualitas air. Pencemaran air saat ini semakin memprihatinkan. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Fenomena alam seperti gunung berapi.2. Danau. sungai.

air got berwarna kehitaman dan mengeluarkan bau yang menyengat. Didalamair got yangdemikian tidak ada organisme hidup kecuali bakteri dan jamur. menyumbat saluran air. nasi. dan botol yang hanyut terbawa arus air. dan jamur. Adapula bahan-bahan anorganik seperti plastik. air buangan manusia) yang terbawa air got/parit. Cacing ini merupakan petunjuk biologis (bioindikator) parahnya pencemaran oleh bahan organik dari limbah pemukiman. Dikota-kota. alumunium. kemudian ikut aliran sungai. Sampah bertimbun. Dari limbah rumah tangga cair dapat dijumpai berbagai bahan organik (misal sisa sayur. minyak. limbah rumah tangga di daerah perkotaan di Indonesia mencapai 60% dari seluruh limbah yang ada . dan mengakibatkan banjir. Dibandingkan dengan limbah industri. ikan. Bahan organik yang larut dalam air akan mengalami penguraian dan pembusukan. Akibatnya kadar oksigen dalam air turun dratis sehingga biota air akan mati. Bahan pencemar lain dari limbah rumah tangga adalah pencemar biologis berupa bibit penyakit. lemek. bakteri. kita dapat menemui cacing Tubifex berwarna kemerahan bergerombol. Jika pencemaran bahan organik meningkat.Limbah rumah tangga yang cair merupakan sumber pencemaran air.

yaitu penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat pada alga (Blooming alga).Polusi air dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar sebagai berikut : a. misalnya. Zn. sisa detergen mencemari air. Pembuangan limbah industri. tanaman di dalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari terhalang. Hg. dapat terakumulasi dan bersifat racun. b. Fosfat hasil pembusukan bersama h03 dan pupuk pertanian terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi. Buangan industri seperti Pb. . c. dan CO. dan pembuangan sampah domestik. sisa insektisida. Akibatnya. Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan 02 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air.

c. Pengamatan secara kimiawi. serta kebutuhan oksigen biokimiawi(Biochemical Oxigen Demand). aspek penyebab atau pelaku. energi. 1985). terutama ada tidaknya patogen. kebutuhan oksigen kimia (Chemical Oxogen Demand). perubahan suhu. Pengamatan secara fisis. Indikator atau tanda bahwa air di lingkungan telah tercemar adalah adanya perubahan atau tanda yang dapat diamati dan digolongkan menjadi : a. yaitu pengamatan pencemaran air berdasarkan zat kimia yang terlarut (perubahan pH). sehingga kualitas air turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya”. Indikator yang umum diketahui pada pemeriksaan pencemaran air adalah pH atau konsentrasi ion hydrogen. oksigen terlarut (Disolved Oxigen). dan atau komponen lain kedalam air oleh kegiatan manusia. b. Pengamatan biologis. Definisi pencemaran air tersebut dapat diuraikan sesuai makna pokoknya menjadi tiga aspek yaitu aspek kejadian. yaitu pengamatan pencemaran air berdasarkan tingkat kejernihan air. . dan adanya perubahan bau atau rasa.Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup. yaitu pengamatan pencemaran air berdasarkan mikroorganisme yang ada dalam air. zat. dan aspek akibat (Warlina. warna.

untuk memberantas hama tanaman dan serangga penyebar penyakit lain secara berlabihan dapat mengakibatkan pencemaran air. Belakangan ini musibah karena polusi air datang seakan tidak terbendung lagi disetip musim hujan. bahan-bahan yang banyak membutuhkan oksigen untuk pengurainya. Pembuangan sampah dapat mengakibatkan kadar O2 terlarut dalam air semakin berkurang karena sebagian besar dipergunakan oleh bakteri pembusuk.Sumber polusi air antara lain limbah industri. selain mencemari air. bahan-bahan yang tidak sedimen (endapan). Ada beberapa tipe polutan yang dapat masuk perairan yaitu : bahan-bahan yang mengandung bibit penyakit. dan bahan-bahan yang mengandung radioaktif dan panas. Pembuangan sampah organic maupun yang anorganic yang dibuang kesungai terus-menerus. Penggunaan insektisida seperti DDT (Dichloro Diphenil Trichonethan) oleh para petani. terutama dimusim hujan ini akan menimbulkan banjir. Terjadinya pembusukan yang berlebihan diperairan dapat pula menyebabkan pencemeran. . pertanian dan rumah tangga. bahan-bahan kimia organic dari industri atau limbah pupuk pertanian.

.3. Polusi Tanah Pencemaran Tanah atau Darat: pencemaran yang terjadi karena ada bahanbahan asing yang bersifat organik atau anorganik. Akibatnya: dapat mencemari tanah. dan pestisida di lahan pertanian (secara langsung). misalnya penggunaan insektida. gungisida. Kebanyakan limbah yang dihasilkan dari kegiatan manusia. herbsida. Asap kendaraan menjadi bahan polutan dan turun bersama dengan hujan lalu mencemari tanah (secara tidak langsung).

dan kaleng. kaca. Tanpa tanah yang subur.Pencemaran tanah adalah kerusakan lapisan tipis bumi yang bermanfaat yaitu tanah produktif untuk menumbuhkan tanaman sebagai sumber bahan makanan. . bahan-bahan itu akan mengalami proses pembusukan kemudian terurai dan menyatu dengan tanah sehingga tidak menimbulkan pencemaran. petani tidak bisa bercocok tanam dan menghasilkan makanan untuk orang di seluruh dunia Pencemaran tanah disebabkan oleh hasil pembuangan limbah yang mengandung bahan-bahan anorganik yang sukar terurai dalam tanah seperti plastik. Jika limbah atau sampah yang dibuang mudah terurai oleh mikroorganisme. Bahan-bahan ini sukar diuraikan oleh organisme dan mengakibatkan produktivitas tanah akan berkurang.

sisa makanan. Upaya untuk mengurangi penumpukan sampah adalah dengan melakukan daur ulang sampah anorganik. dan sisa pangkasan taman di halaman. kaleng logam. kaca. . plastik. Limbah padat dari rumah. dan limbah pertambangan yang diketahui sangat membahayakan dan merusak. dan toko disebut limbah padat perkotaan. Bahan-bahan yang tidak bisa terurai seharusnya dapat dipisahkan kemudian dimasukan dalam proses daur ulang. kantor. Limbah lainnya dibuang terdiri dari mobil. bahan sisa dari proses pertanian. Setiap tahun. Limbah padat mungkin merupakan bentuk yang paling terlihat dari Pencemaran. Limbah-limbah termasuk kertas. orang membuang miliaran ton sampah padat.Penyebab pencemaran tanah diantaranya sampah-sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri. Barang hasil daur ulang dapat berupa barang yang sama dengan asalnya ataupun dapat memproduksikan barang yang berbeda. besi tua. Proses daur ulang yang dilakukan membuat limbah diolah kembali menjadi barang yang dapat dipergunakan.

Limbah Pertanian Limbah pertanian berasal dari pemberian pupuk petani untuk tanamanya atau racun untuk pembunuh hama. . perak. 2) Limbah cair berupa sisa diterjen dari rumah. 1) Limbah padat berupa sampah anorganik. 1) Limbah Industri bisa berupa limbah padat yang bisa berupa Lumpur yang berasal dari sisa pengolahan misalkan sisa pengolahan kertas. botol plastik air mineral dan lain-lain. Pestisida. khrom. tempat usaha hotel dan lain-lain.Oli. boron adalah zat-zat yang dihasilkan dari proses industri pelapisan logam c.Jenis Limbah yang menyebabkan Pencemaran Tanah. a. tembag. tinja. perdagang-an. Jenis sampah ini tidak bisa misalnyalastik. Limabah Domestik Limbah domestik dapat berasal dari daerah pemukiman penduduk. Limbah industry Limbah Industri berasal dari lingkungan industri yang membuang limbah secara langsung ke tanah tanpa proses penetralan zat-zat kimia terlebih dahulu. gula. pasar. kaleng minuman." b. rayon. dan lain-lain yang meresap ke dalam tanah yang dapat membunuh mikro-organisme di dalam tanah. misalnya pupuk urea. plywood dan lain-lain 2) Limbah cairan yang berupa hasil pengolahan dari proses produksi industri seperti sisa hasil pengolahan industri pelapisan logam.

kemalangan pengankut minyak yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat. Selain itu terdapat beberapa simptom seperti sakit kepala. Akibatnya dapat memusnahkan pelbagai spesis primer dari rantai makanan sekaligus memberi kesan pada ekosistem. ia akan menguap. ia tetap merbahaya. letih. Perubahan kimia pada struktur tanah yang radikal walaupun bahan kimia hadir dengan dos yang rendah. siklodiena. organofosfat dan karmabat. Pencemaran tanah juga memberi kesan terhadap ekosistem. Apabila bahan kimia beracun menyerap masuk ke permukaan tanah. . Perubahan ini menyebabkan metabolism mikroorganisma endemik dan antropoda turut berubah. penggunaan pestisid. Pencemaran tersebut akan termendap sebagai zat kimia beracun secara langsung memberi kesan negatif kepada manusia apabila bersentuhan dengan tanah. kromium dan herbasid sangat berbahaya kepada kanak-kanak kerana menyebabkan kerosakan otak serta ginjal pada seluruh populasi. Pendedahan secara berterusan terhadap benzene pada kepekatan tertentu boleh menyebakan penyakit leukemia. Kesan pencemaran terhadap kesihatan manusia bergantung pada jenis pencemaran. Pencemaran ini terjadi akibat daripada kebocoran air kumbahan dan bahan kimia industri.Pencemaran tanah adalah di mana berlakunya perubahan struktur tanah apabila bahan kimia buatan manusia menyerap masuk ke dalam tanah. iritasi mata dan ruam kulit jikalau terdedah dengan merkuri. Jikalau pada dos yang besar ia bleh menyebabkan kematian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful