P. 1
embwan gametogenesis

embwan gametogenesis

|Views: 674|Likes:
Published by decky19

More info:

Published by: decky19 on Apr 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2013

pdf

text

original

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM EMBRIOLOGI DAN REPRODUKSI HEWAN

Disusun oleh : DINA DYAH SAPUTRI K4309024 /A KELOMPOK 4

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET SURAKARTA 2012

Sedang pada hewan betina proses ini disebut oogenesis. JUDUL : GAMETOGENESIS : 30 Maret 2012 TANGGAL PELAKSANAAN TUJUAN : Mengetahui proses pembentukan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina melalui preparat histologi IV.1990:15) Spermatogenesis berlangsung pada dinding tubulus seminiferus testis. III. DASAR TEORI Gametogenesis merupakan proses pembentukan gamet/sel kelamin. Proses gametogenesis berlangsung di dalam gonad. b. Gametogonium (sel induk gamet) membelah menjadi 2 kemudian 2 menjadi 4 selanjutnya menjadi 8 dan seterusnya. Gametogenesis dibagi menjadi 2 tahap yaitu : a. Dinding tubulus seminiferus dibangun oleh sel-sel kelamin mulai . (Wildan Yatim.LAPORAN RESMI PRAKTIKUM EMBRIOLOGI DAN REPRODUKSI HEWAN I. II. Pada hewan jantan proses ini disebut spermatogenesis. Perbanyakan : tahap ini berlangsung secara mitosis berulang-ulang. Pertumbuhan : gametogonium akan tumbuh besar menjadi gametosis I. Spermatogenesis merupakan proses spermatozoa dan oogenesis merupakan proses pembentukan ovum. Pada hewan hermaprodit/monoceus memiliki sebuah gonad gabungan disebut ovotestis yang menghasilkan kedua jenis gamet (spermatozoa dan ovum).

dari spermatogonium sampai sperma tersusun secara berurutan mulai dari membran dasar ke arah lumen.W. Oogenesis merupakan peristiwa pembentukan ovum yang berlangsung di dalam gonad betina. Sperma dihasilkan di dalam testis oleh sel-sel khusus yang disebut spermatogonia.Kimball. meiosis dari setiap spermatosit menghasilkan 4 sel haploid ialah spermatid. Sel-sel ini dianggap memberi makanan pada spermatozoa dan membentuk rangka penumpu dari sel-sel germinativum. (J. Spermatogonia bersifat diploid yang dapat membelah diri secara mitosis membentuk spermatogonia atau dapat menjadi spermatosit. Sel sertoli : terdapat dalam tubulus seminiferus. Perkembangan sel kelamin dalam . Mitokondria mengelilingi bagian atas flagelum dan menyediakan energi untuk pukulan gerakan cambuk.1991:360) Di dalam testis.1993:135) Sel-sel sperma merupakan inti berflagelum. biasanya dikelilingi oleh spermatozoa yang masuk dimana kepalanya berkelompok. yaitu : 1. terdapat di daerah interestial testis. Salah satu sentriol merupakan badan basal dari flagelum yang merentang sepanjang ekor. 2. Spermatid ini dalam proses tersebut kemudian kehilangan banyak sitoplasma dan berkembang menjadi sel sperma. Sel leydig : merupakan selendokrin penghasil hormon testosteron. Dengan demikian oosit I mengalami istirahat yang panjang. (Sudarwati. terdapat sel lain yang bukan merupakan sel kelamin tetapi berperan dalam spermatogenesis. Sebagian besar oogenesis terjadi pada masa embrio yaitu sampai pada stadium oosit I. Sel sperma terdiri atas kepala (mengandung kromosom dalam keadaan kompak dan in-active) sentriol dan ekor.

(Harlita. Folikel de graff mempunyai bagianbagian folikel yang di bungkus oleh kapsula jaringan ikat dan the cafoliculi. Folikel ini diovulasi. Folikel de graff : disebut juga folikel masak.Sutoyo. dibangun oleh oosit I yang dikelilingi oleh selaput telur yaitu zona perusida dan beberapa lapis ini akan bersatu dengan yang lain.ovarium membutuhkan sel pembantu yang disebut folikel yang tersusun mengelilingi oosit. Oosit dengan sel folikel disebut folikel telur.2002:138) Telur dihasilkan di dalam ovari. Fetus dari mamalia (yang sedang berkembang) berumur 15 minggu dari multifikasi vagina yang hampir selesai.2000) Folikel de graff akan melingkari ovum pada masa akhir pertumbuhannya di dalam ovarium. aves dan mamalia proses tersebut berhenti lama sebelum lahir sebenarnya pada waktu itu. Folikel telur primer : terletak di gtepi korteks dibangun oleh oosit I dan selapis sel folikel disebut sel granulosit. Folikel telur sekunder : terletak lebih ke tengah ukurannya lebih besar. 2. (J. Pada mamalia pembentukan folikel telur dapat diikuti pada korteks ovarium. 3.W. (D. Sel-sel diploid memasuki proses profasi . sel-sel oogonia yang bersifat diploid membelah secara mitosis menghasilkan oogonia tambahan pada kebanyakan hewan aquatik dan amphibia proses tersebut terjadi sekali dalam satu tahun. Akan tetapi pada reptilia. Perkembangan oosit pada korteks ovarium sebagai berikut : 1.Kimball. Ukuran telur bertambah besar dan antrium telah berisi cairan folikel.1991:262) Pembentukan telur mulai terjadi ketika sel oogonia mulai tumbuh dan berubah menjadi oosit primer.

Alat Nama Alat Pensil Penghapus Kertas Penggaris Mikroskop B. Bahan makanan akan dialihkan dari sel-sel folikel ke oosit yang sedang tumbuh. PERBESARAN MIKROSKOP : 100 X VI. Mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan 2.dari pembelahan meiosis pertama dan sejak saati itu perkembangannya sampai hewan memasuki proses periode kegiatan reproduksi. ALAT DAN BAHAN A.W. CARA KERJA 1. Mengulangi langkah 3-4 hingga semua preparat teramati Jumlah Preparat 1 1 1 1 1 Jumlah 1 buah Secukupnya Secukupnya 1 buah 1 buah . Mengamati preparat awetan di bawah mikroskop 4. Bahan Nama Bahan Testis mamalia Ovarium Bufo sp Spermatozoa sapi Ovarium mamalia (mencit) Testis Bufo sp VII. (J. Mengatur perbesaran mikroskop 3.Kimball. kemudian ribuan oosit primer mulai pertumbuhan yang menyolok dan masingmasing terselubung dalam seberkas sel yang disebut folikel.1991:363) V. Menggambar preparat yang telah diamati 5.

Ujung ekor membentuk fibril sentral. Ekor untuk pergerakan menuju tempat pembuahan dan untuk mendorong kepala menerobos selaput ovum. HASIL PENGAMATAN DAN ANALISIS DATA 1. Flagelum ini memiliki rangka dasar yng disebut axonem dibagi atas 9 duplet dan 2 singlet mikrotubul.VIII. Testis terletak di dalam skrotum tubulus seminiferus merupakan penyusun utama testis yang dibalut oleh epitel . sembilan serabut pekat dan mitokondria yang mengitarinya. Akrosom mengandung berbagai enzim lisis. Ekor berporoskan flagelum. Akrosom adalah lisosom sperma protozoa untuk melisis lendir penghalang saluran kelamin betina dan selaput ovum. Ekor utama dengan fibril sentral berlanjut dikelilingi oleh selubung fibrosa. Spermatozoa sapi Gambar : Keterangan : Deskripsi : Kepala mengandung inti ditutupi oleh akrosom berisi enzim untuk menembus. Testis mamalia Gambar : Keterangan : Deskripsi : Testis merupakan kelenjar ganda karena secara fungsional bersifat endokrin dan eksokrin. Badan dengan fibria sentral. 2. akrosom inti mengandung bahan genetik. Ekor mengandung sepasang sentriol mitokondria dan serat fibrosa.

Testis Bufo sp Gambar : Keterangan : Deskripsi : Tubulus seminiferus penyusun utama testis. Sel sertoli berkembang dari sel penunjang yang tidak mengalami diferensiasi dari gobad prapubertas. Sel ini bersifat interaktif mengandung banyak RER. . Kamar-kamar tersebut dinamakan lobula testis. Spermatosit primer berada di pinggir dan berhubungan langsung dengan membran basalis sementara spermatosit sekunder berada di tengah. Diantaranya terkandung jaringan ikat. Lumen berfungsi sebagi ruang untuk berkontraksi dan otot-otot yang berada pada lapisan otot sehingga dapat menimbulkan kegiatan-kegiatan yang berguna bagi organ tersebut. Testis merupakan kelenjar ganda yang secara fungsional bersifat endokrin dan eksokrin. 3. Kedalaman testis terbagi atas sekitar 250 kamar bentuk piramid yang puncaknya berada di mediastinum. Sel-sel spermatogenik diseliputi oleh tonjolan-tonjolan halus sel pemelihara atau sel sertoli yang berfungsi memberi makanan dan melindungi sel-sel spermatogenik dari perubahan pH radiasi. Testis dibalut oleh epitel banyak lapis yang mengandung 2 jenis sel dasar yaitu sel sertoli dan sel spermatogenik. Di dalam setiap lobus terdapat 1-3 tubuli seminiferus (saluran penghasil mani) yang tergulung banyak sekali.banyak lapis yang mengandung 2 jenis sel darah yaitu sel sertoli dan sel spermatogenik. Sinar radio aktif dan serangkaian serangan antibodi yang terdapat di dalam darah / lumen tubulus.

Membran granulosa dibentuk sel-sel folikel yang hipertropi. nukleus jelas. berukuran kecil. 5. Folikel primer . Ovarium mamalia Gambar : Keterangan : Deskripsi : Folikel ovarium tertanam dalam stroma korteks. Ovarium Bufo disebut juga kandung telur. sementara oosit sekunder belum berkembang. mengitari dan membungkus atrium folikel. bulat inti tengah dengan jalan kromatin tipis. Bentuk oosit primer. Masing-masing folikel tertanam atas oosit yang dikelilingi oleh epitel pipih selapis dan folikel primordia. Folikel primer terdiri dari oosit primer. 4. Karena folikel antrum membesar dengan meningkatnya sitoplasma oosit terdesak ke arah tepi. Tubulus seminiferus merupakan tubulus panjang yang berkelok-kelok sehingga terlihat potongan dalam macam-macam bidang. Aparatus golgi mula-mula tersebar dalam sitoplasma kemudian terkonsentrasi dalam membran plasma. terletak di tengah / tepi korteks ovarium. Bila berada di tengah akan dilapisi medula yang berwarna merah. Oogonium relatif kecil.Sel leydig berbentuk bulat. Ovarium Bufo sp Gambar : Keterangan : Deskripsi : Merupakan alat perkembangbiakan Bufobetina. Dilapisi epitel yang terdiri dari beberapa sel.

Folikel telur primer terletak di tepi b. folikel masak siap diovulasi. Folikel sekunder. Spermatosit II d. terletak lebih tengah c. Sel granulosa terdiri dari 6-12 lapis sel. .muda dikelilingi epitel pipih selapis dan folikel primordia. Sperma 3. a. Pada betina : oogenesis 2. Spermatogenesis berlangsung dalam dinding tubulus seminiferus stadium sel darah dalam spermatogonesis : a. Pada jantan : spermatogenesis b. Gametogenesis merupakan proses pembentukan sel kelamin atau gonad. Spermatogonium b. Oosit primer c. Oosit sekunder d. Oogenesis berlangsung di dalam ovari. Perkembangan oosit : a. Pada daerah tertentu tidak dijumpai adanya epitel dan korteks karena epitel germinal menyatu dengan mesofil mesovarium tetapi dipisahkan oleh garis keturunan. Spermatid e. Stadium sel pada oogenesis : a. Folikel sekunder terdiri dari epitel banyak lapis dari sel-sel granulosa berbentuk polihedral dan mengitari oosit primer. Ovum dan badan sel kutub 4. Oosit mencapai besar maximal dan letaknya ekstrensik dalam folikel. Spermatosit I c. Oogonia b. KESIMPULAN 1. Folikel tersier ditandai dengan berkembangnya rongga sentral dalam folikel yang disebut folikel antrium. Folikel de graff. IX. Rongga ini berisi cairan liquar foliculi.

X. 2000. Perkembangan Hewan. SPH 3. 1991. 1984. Surakarta : UNS Press Yatim. Wildan. 1993.Kimball.W. Bandung : ITB Press Sugiyarto. Bandung : Tarsito . 2002. SPH III (Alat-Alat Tubuh). Surakarta :UNS Press J. DAFTAR PUSTAKA Harlita. 1996. Yogyakarta : UGM Press Sutoyo. Biologi Jilid I. Embrio. Jakarta : Erlangga Sudarwati. Perkembangan Hewan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->