Kata Pengantar

Dengan mengucap syukur pada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat begitu besar pada kita semua,sehingga Alhamdulillah, kami dapat menyelesaikan tugas mata pelajaran ekonomi yaitu tentang Proposal Kerangka Perencanaan Usaha Catering. Proposal ini kami susun dengan sungguh-sungguh sehingga pada akhirnya kami dapat mengetahui tentang proses pembuatan kerangka usaha, baik cara mendirikan maupun cara mengelolanya. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih pada pihak yang telah membantu untuk menyelesaikan proposal ini, semoga proposal ini dapat berguna bagi pihak manapun khususnya untuk pembaca ataupun yang hanya sekedar melihat hasil proposal yang kami susun ini. Akhir kata “Tidak ada gading yang tak retak” Tidak ada karya manusia yang sempurna selain karya-Nya.Demikian pula dengan proposal ini masih jauh dari apa yang kami harapkan, oleh karena itu segal kritik dan saran kami harapkan sebagai bahan evaluasi atau revisi dari proposal ini.

Cibadak , 24 November 2010

Penyusun

KERANGKA MAKALAH A. • Sudut pandang pendekatan terhadap permasalahan yang dibahas. c. JUDUL MAKALAH Judul makalah harus ditulis dengan huruf kapital dan disusun secara sistematis B. b. Pendahuluan Dalam bab pendahuluan Ditulis dengan diberi nomor bab I yang memuat hal-hal berikut: • • Batasan pengertian istilah. Permasalahan Dalam bagian permasalahan ini ditulis dengan memberi nomor bab II memuat uraian tentang: a. yakni batasan pengertian yang ada pada judul. Faktor Pendukung Memuat hal-hal yang dapat memperlancar usaha pemecahan masalah. 4. Pemaparan tentang arti pentingnya judul/topik sehingga judul/topik tersebut penting untuk dijadikan bahan pembahasan. KERANGKA MAKALAH 1. 3. Perumusan Masalah Masalah pokok yang akan dibahasa dirumuskan secara singkat dan jelas. biasanya dalam bentuk pertanyaan. . 2. maksud dan tujuan penulisan makalah. Latar Belakang Masalah Dalam sub bab ini diuraikan tentang keadaan dan suasana sekitar masalah tersebut. Kata pengantar Kata pengantar ditulis tanpa nomor bab berisi uraian singkat tentang alasan. Daftar isi Daftar isi ditulis tanpa nomor bab memuat pokok-pokok isi makalah secara kronologis.

Saran-saran Memuat saran-saran yang akan diajukan sehubungan dengan upaya pemecahan masalah tersebut. b. Faktor Penghambat Memuat hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran usaha pemecahan masalah. Cara Pemecahan Masalah Yaitu bagaimana konsepsi pemakalah yang diajukan untuk memecahkan masalah-masalah tersebut. 7. 6. Daftar Pustaka Memuat daftar buku/majalah/surat kabar/jurnal/karya tulis yang dijadikan sumber penulisan makalah tersebut.d. . c. Penutup Ditulis dengan member nomor bab IV memuat uraian tentang: a. Pembahasan Diberi nomor bab III memuat uraian tentang: a. Kesimpulan Memuat kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil pemaparan yang dibentangkan pada bab-bab sebelumnya. 5. b. Masalah Berupa uraian dari pokok masalah yang akan dihadapi dan diusahakan pemecahannya.

Lokasi : Raman Utara Lampung Timur . VI. pakaian. . sebagai output dari pengawasan camera sisi TV yang ada. minuman dingin. kebutuhan kantor atau alat sekolah.Computer Dingunan untuk pembayaran konsumen atas barang yang sudah dibeli kepada kasir yang bekerja dan digunakan untuk mengetahui stok barang yang ada dan barang yang sudah terjual. Pasar yang akan dituju : semua kalangan dari usia kecil sampai dewasa. mainan anak-anak. IV. Nama Usaha : Mini market II. Konsumen yang dituju : masyarakat kalangan bawah maupun kalangan atas V. Peralatan yang digunakan : . Komonditi yang diusahakan : Penjualan makanan ringan.I.Analisis lingkungan sekitar  Keadaan jalan yang kurang baik  Jumlah penduduk yang cukup padat  Penduduk kebanyakan kalangan menengah kebawah III.

o Kebutuhan masyarakat yang tak pernah habis “Manusia memiliki sifat yang tak pernah puas” kebutuhan manusia akan barang-barang yang .Camera sisi TV Sebagai keamanan atau pengawas luar maupun dalam mini market.Lemari pendingin Digunakan untuk penyimpanan minuman-minuman agar tetap dingin. Analisis SWOT : Analisis lingkungan  Peluang o Jumlah pesaing yang sedikit Pesaing yang sedikit merupakan peluang yang sangat bagus karena dengan sedikitnya pesaing maka besar pula keuntungan yang dapat diperoleh. . . VII.Mobil Digunakan untuk pengambilan barang-barang yang sudah dipesan untuk dibawa ke mini market..

kebawah juga jadi barang-barang kalangan yang untuk menengah .  Ancaman o Pendapatan masyarat yang sedikit Karena kebanyakan masyarakat yang ada adalah menengah ditawarkan kebawah.diperlukan dalam kehidupan sehari-hari mewajibkan mereka untuk mencukupinya. Mini Market terletak di pinggir jalan besar yang sering dilewati oleh kendaraan untuk sehingga memudahkan konsumen berbelanja disana. pola hidup masyarakat akan mengikuti perkembangan jaman tersebut. o Perubahan pola hidup masyarakat sesuai perkembangan jaman Jaman selalu berkembang sehingga mau tidak mau pola pikiran. Pola hidup masyarakat yang mengikuti jaman akan memilih tempat berbelanja yang bersih. aman. o Tempat yang strategis Tempat yang dipilih oleh seorang wirausaha akan sangat berpengaruh besar untuk kelangsungan hidup usanya. praktis.nyaman.

o Pesaing pesaing dalam usaha mini market ini seperti indomaret dan alfamart dan pedagang lain yang berjualan disekitar sana. o Peralatan yang canggih .o Kenaikan harga barang-barang Kenaikan barang-barang ancaman yang cukup serius alasanya dengan naiknya barang-barang maka naik pula harga satuan di masyarakat dengan pendapatan masyarakat yang menengah kebawah memungkinkan akan berkurang juga minat masyarakat untuk membeli barang-barang. Analisi internal  Keunggulan atau kekuatan o Barang-barang berkualias o Harga murah o Banyak investor Karena jumlah penduduk yang cukup padat dan jumlah pesaing yang rendah serta lokasi yang cukup strategis yang sering dilewati oleh kendaraan memungkinkan banyak investorinvestor berdatangan.

o Jauh dari perkotaan o Tenaga kerja yang kurang pendidikan .o Managerial yang handal Manager yang diperkerjakan di mini market adalah minimal lulusan S1 managerial o Lokasi parkir yang aman dan luas Lolasi parkir berukuran 30x60m yang terdapat kamera sisi TV sebagai pengawas dan pengaman kendaraan disekitar mini market  Kekurangan atau kelemahan o Kondisi jalan yang kurang baik Keadaan jalan yang kurang baik sering kali menjadi kendala pengambilan barang yang kurang tepat waktu ditambah lagi tempat yang jauh dari perkotaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful