Anatomi Fisiologi

1) Tulang anggota gerak bagian atas Tulang anggota gerak bagian atas terdiri atas gelang bahu,dua tulang lengan atas, dua tulang pengumpil,

dua tulang hasta, enam belas tulang pergelangantangan , sepuluh tulang telapak tangan, dan 28 tulang jari tangan. Tulang hasta dan tulang pengumpil

merupakan tulang lengan bawah. Tulang hasta letaknya searah dengan sisikelingking, sedangkan tulang pengumpil letaknya searah

dengan ibu jari. Tulang pengumpildapat digerakkan di atas tulang hasta (memutar).Perhati kan gambar 3.12.2) Tulang anggota gerak

dua tulangtempurung lutut.bagian bawah Tulang anggota gerak bagian bawah terdiri atas gelang panggul. dua tulang paha. dua tulang .

K . sepuluh tulang telapak kaki.kering. empat belastulang pergelangan kaki. dan 28 tulang jari kaki. dua tulang betis.

.aki atau tungkai memiliki fungsi utama untuk menopang berat tubuh dan mengatur gerak tubuh ketika berjalan.

Perhatikangambar 3. A .13. 4 . Sumsum Tulang Sumsum tulang mengisi rongga bagian dalam tulang.

yaitu:a.da dua macamsumsum tulang. merupakan tempat pembuatan . Sumsum tulang merah (medulla ossia rubra) .

sumsum merah terdapatantara lain . sumsum merah terdapat pada tulang tengkorak. Pada anak-anak. Pada orang dewasa.sel darah merah.

ruas tulang belakang. Sumsum tulang kuning (medulla ossia ???? ava) .pada tulang tengkorak. b. dan tulangrusuk.

terdapat padatulang anggota gerak orang dewasa. Sumsum kuning ini terbentuk daricampuran sel jaringan ikat. misalnya jaringan ..

Untuk kesehatan dan pertumbuhan selsel. Proses pembentukan vitamin D . tulang membutuhkan vitamin D.lemak dan sumsum merah.

Sinar ultraviolet yang jatuh mengenai kulit tubuhmanusia dapat mengubah provitamin D yang .dalamtubuh sangat dipengaruhi oleh sinar ultrviolet.

.terdapat pada tubuh menjadi vitamin D.

5 . Sendi .

Terbentuknya kerangka tubuh manusia dapat terjadi karena adanya hubungan antara tulang yangsatu dengan tulang yang lain. Hubungan .

antartulang dinamakan artikulasi . Hubungan antartulangyang memungkinkan pergerakan disebut persendian .

maka persendian dapat dibagi menjadi 3 macam.Dari sifat geraknya. Sendi mati (sinartrosis) adalah hubungan antartulang yang . yaitu:a..

Sinartrosis terdiri atas:Sinkondrosis: .sudah tidak dapat digerakkan lagi.misalnya persendian pada tulang tengkorak kepala.

Sin???? brosis: kedua ujung tulang dihubungkan dengan serabut. Sendi kaku (am???? artrosis) .kedua ujung tulang dihubungkan dengan kartilago. b.

adalah hubungan antartulang yang memungkinkan adanyasedikit gerakan (terbatas). Misalnya persendian pada pergelangan tangan dan kaki. .

dan hubungan tulang kemaluan. Sendi gerak ( diartrosis) .c.hubunganantara tulang rusuk dan tulang belakang dan tulang tulang dada.

Diartrosis memudahkan tulang untuk bergerak karena .adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan lebih bebas.

struktur tertentu dan juga karenaadanya bentukbentuk tertentu dari ujung-ujung tulang yang berhubungan yang disebut persendian .

. Mangkuk sendi berisi cairan . Diartrosis memiliki struktur yang terdiri atas bonggol sendi. tulang rawan sendi. danmangkuk sendi.

sendi (minyak sinovial) yang berfungsi sebagaiminyak pelumas.Sendi gerak dapat dibedakan sebagai berikut:1) Sendi engsel .

adalah persendian yang memungkinkan gerakan satu arah.2) Sendi peluru . seperti gerakan pada pintu. contohnya pada siku dan lutut.

sedangkan tulang yang lain berbentuk bonggol yang bersesuaian. .merupakan hubungan dua tulang. yang satu berbentuk mangkuk sendi.

Selain itu juga terdapat cairansendi (sinovial) yang berfungsi sebagai pelumas dan jaringan ikat sendi (ligamen) .

. Sendi pelurumerupakan persendian yang dapat bergerak ke segala arah. Misalnya persendian pada lengan atasdengan gelang bahu. .

tulang paha dengan gelang pinggul.3) Sendi putar merupakan persendian yang mengakibatkan salah satu tulang dapat .

serta tulang hasta .berputar terhadap tulang yang lain sebagai poros sendi. Misalnya persendian pada tulang atlas dan tulang pemutar.

Misalnya persendi .dan tulang pengumpil.4) Sendi pelana merupakan persendian yang memungkinkan gerakan ke dua arah.

an pada tulang telapak tangan dengan ibu jari. 5) Sendi ovoid/ellips kedua ujung tulang berbentuk oval. Misalnya pada .

. Info and Rating Asep Sopandi Share & Embed Related Documents PreviousNext 1. ANATOMI KERANGKA MANUSIA Download this Document for FreePrintMobileCollectionsReport Document This is a private document.pergelangan tangan.

p. . 2. p. p.p. p.

4. p. 3. p. p. .p.

p.p. p. p. p. 5. .

7. . p. p.p. p. 6.

22 p.p. More from this user PreviousNext 1. 17 p. Add a Comment c6b74e80ed89e2 .

com/scribd twitter. .com/scribd About Press Blog Partners Scribd 101 Web Stuff Support FAQ Developers / API Jobs Terms Copyright Privacy Copyright © 2011 Scribd Inc.com/scribd facebook.Submit share: Characters: 400 document_comme 4gen Upload a Document Search Documents                  Follow Us! scribd.

. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd.Language: English scribd. scribd. scribd. scribd. scribd. scribd.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful