P. 1
Peran Pendidik Dalam Program Pengembangan Ketrampilan Motorik AUD

Peran Pendidik Dalam Program Pengembangan Ketrampilan Motorik AUD

|Views: 26|Likes:
Published by Elly Erlina D W

More info:

Published by: Elly Erlina D W on Apr 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2012

pdf

text

original

TUGAS METODE PERKEMBNGAN KEMAMPUAN MOTORIK

Soal : Jelaskan peran pendidik dalam program pengembangan ketrampilan motorik AUD. Jawab : Peran Pendidik dalam program pengembangan Motorik anak sangat penting dengan adanya pelayanan dari pendidik agar dapat berkembang dengan baik. Perkembangan motorik anak berhubungan erat dengan kondisi fisik dan intelektual anak. Selain itu Faktor gizi, pola pengasuhan anak, dan lingkungan ikut berperandalam perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik anak berlangsung secara bertahap tapi memiliki alur kecepatan perkembangan yang berbeda pada setiap anak. Untuk itu pelayanan dalam perkembangan anak usia dini tidak hanya di serahkan padapendidik di sekolah, hendaknya orangtua ikut berpartisipasi dan bekerjasama denganpendidik untuk memberikan pelayanan terhadap perkembangan anak. Sehingga perkembangan anak dapat dicapai secara optimal. Pendidik atau pembimbing anak usia dini adalah orang yang bertugas untuk mendidik dan membimbing anak kearah tujuan yang dicita-citakan. Untuk keberhasilan dalam kegiatan pengembangan motorik perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1. Pendidik dianjurkan mengenakan pakaian yang sesuai dengan situasi yang dihadapi. Sikap perwujudan dan pakaian merupakan salah satu syarat menanamkan kewibawaan pendidik. 2. Fasilitas dan alat-alat pengembangan keterampilan mororik. 3. Susunan pengaturan dan tempat pendidik agar poses pengembangan keterampilan motorik dapat berjalan dengan lancerdan tertib, perlu diperhatikan susunan anak dan tempat pendidik. 4. Persiapan yang perlu dilakukan adalah : Persiapan mental, kegiatan tertulis berbentuk program satuan kegiatan harian dan Persiapan lapangan dan alat-alat 5. Teknik penyajian. Dalam memberikan penyajian kegiatan pengembangan ketermapilan motorik,pendidik bukan berdiri di muka kelas, tetapi beridiri di antara anakanak. Karena dengan demikian maka kontak atau interaksi guru dengan anakanak menjadi kekhususan tersendiri. 6. Nada Suara guru merupakan alat kontak dengan anak. Suasana kegiatanpengembangan akan sangat dipengaruhi oleh nada guru.

7. Keamanan dan keselamatan . 8. Koreksi dapat dilakukan dengan dua cara : koreksi serentak (klasikal) dan koreksi perorangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->