P. 1
Data Sekunder

Data Sekunder

|Views: 213|Likes:
Published by Hafiz van Orange

More info:

Published by: Hafiz van Orange on Apr 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2015

pdf

text

original

1. Data a.

pengertian

menurut KBBI:“Sekumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan”“1 Keterangan yang benar dan nyata; 2 Keterangan atau bahan yang nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kajian); -KBBI-” pengertian umum: Kumpulan dari datum – datum biasa disebut dengan data.

b. Jenis data

berdasarkan cara penulisan:1. Data Kuantitatifdinyatakan dalam besaran numerik (angka), Misalnya : Data nilai kekerasan dari suatu material, data nilai kalor yang mampu diserap refrigeran dll. 2. Data Kualitatif dinyatakan tdk dalam bentuk angka, Misalnya : Kategori Mahasiswa berprestasi & kurang berprestasi Kategori Material mampu tekan & tidak

berdasarkan sumbernya:1. Data primer : data yg didapatkan atau dikumpulkan sendiri, misal dgn melakukan wawancara, observasi atau penelitian lapangan/laboratorium 2. Data sekunder : data yg didapat dari pihak lain, misal dari data penelititan terdahulu.

c. proses pengambilan data

Cara memperoleh data dapat dilakukan dengan : – melakukan percobaan- studi lapangan - survey - mempelajari dokumentasi terdahulu - wawancara

d. proses pengukuran data
 

Data yang dapat diukur langsung Data yang tidak dapat diukur secara langsung, menggunakan skala…

di beberapa titik permukaan yang telah diberikan perlakuan panas yang representatif dan mengambilnya secara acak. sampel sistimatis: Sampel sistematis adalah sampel yang pemilihannya dilakukan secara sistematis dari populasinya. • Proses pemilihan sampel mahasiswa yang akan diukur berat badannya. dalam artian ada pembanding dari suatu informasi yang diperoleh. Cara ini sangat mudah apabila telah terdapat daptar lengkap unsur-unsur populasi. Maka peneliti dapat mengambil sampel. Sampel a.Jarak = 1 cm skala ratio: Yaitu skala yang memberikan dua dimensi. Contoh : – Temperatur = 0°C. Dengan metode statistika induktif / inferensia dapat dilakukan generalisasi dari data statistik yang diperoleh.e. b. Contoh : – Nilai kekerasan suatu material A lebih besar dua kali dari pada nilai kekerasan material B 2. macam-macam skala     skala nominal: Pada skala ini digunakan untuk menentukan klasifikasi / katagori sehingga data yang diperoleh hanya berbentuk identifikasi sesuai kelompoknya skala ordinal: Skala ini memiliki ciri yang utama yaitu memiliki urutan / tingkatan skala interval: Yaitu sebuah skala yang memberikan satuan-satuan yang konstan. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara memilih mahasiswa yang nomor mahasiswanya berakhiran 5. pemilihan jenis sampel    sampel random: Pengambilan (Simple Random Sampling) sampel acak sederhana adl suatu cara pengambilan sampel dimana tiap unsur yg membentuk populasi diberi kesempatan yg sama utk terpilih menjadi sampel. Prosedur pemilihannya dilakukan secara random terhadap kelompok- . • Proses pengawasan kualitas Pemilihan sampel dilakukan dengan cara pemilihan dan menguji semua produk yang dihasilkan tiap-tiap interval satu jam. pengertian  Yaitu sebagian dari populasi yang apabila diambil dengan benar maka dapat merepresentasikan dari populasi Contohnya : Seorang peneliti akan meneliti nilai kekerasan dari suatu material baja yang telah diberikan perlakuan panas. c. tujuan     Memerlukan waktu yang relatif lebih singkat dalam hal pengumpulan data dibandingkan dengan menggunakan seluruh populasi Biaya lebih murah Data yang diperoleh justru lebih akurat. sampel luas: sampel random sederhana dengan sampling unitnya berupa kumpulan atau kelompok elemen.

3.provinsi. Gambar dibawah ini merupakan contoh dari tabel referensi. pengertian:  Yaitu sekumpulan data atau objek yang sedang diteliti (keseluruhan obyek yang sedang diteliti). Tabel-tabel yang terdapat dalam sensus umumnya merupakan tabel referensi. kemudian dilakukan pendaftaran rumah tangga pada setiap blok (RT) yang terpilih dan dilakukan penelitian. contoh:  Seorang peneliti akan meneliti nilai kekerasan dari suatu material baja yang telah diberikan perlakuan panas. Setelah Kabupaten ditarik. sampel bertingkat: Dilakukan kalau secara geografis populasi sangat menyebar dan meliputi area yang sangat luas. . Sebagai contoh.  kelompok. karena belum memenuhi kouta yang ditentukan. akan melakukan penelitian tentang pendapat masyarakat terhadap pelayanan masyarakat dalam urusan Izin Mendirikan Bangunan. Fungsi tabel seperti itu bersifat umum sekali karena data-datanya dapat digunakan sebagai input dari berbagai analisis statistik. maka penelitian dipandang belum selesai. Jumlah sampel yang ditentukan 500 orang. di beberapa titik permukaan yang telah diberikan perlakuan panas yang representatif dan mengambilnya secara acak. Maka peneliti dapat mengambil sampel. Populasi a. Kalau pengumpulan data belum didasarkan pada 500 orang tersebut. selanjutnya masing-masing provinsi diacak lagi kabupaten mana yang akan ditarik sebagai sampel (tahap II). akan tetapi merupakan suatu lingkup atau auatu himpunan yang menjadi suatu topik persoalan yang sedang dibicarakan b. Contoh : Prosedur pemilihan sampel dalam penelitian untuk membuat perkiraan rata-rata pendapatan per rumah tangga di suatu kota. Suatu populasi bukan merupakan suatu ukuran jumlah. kita akan meneliti puskesmas di Indonesia yang terdiri dari 27 Tahap pertama diacak dulu 5 provinsi dari 27 provinsi itu. tabel statistika  tabel referensi: Tabel referensi sebenarnya memiliki karakteristik khusus yaitu tabel ini bersifat gudang seluruh data. tahap III diacak lagi puskesmas mana yang akan menjadi sampel dari penelitian itu. Dalam hal ini kelompoknya terdiri dari beberapa rumah tangga dan disebut blok (dapat digunakan sebagai blok adalah RT). Kemudian dipilih secara random blok (RT). sampel kuota: Sampling kuota adalah teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Hal ini wajar karena tabel referensi memuat semua datadata yang terperinci dan disusun untuk kepentingan referensi. Misalnya.Populasi : Seluruh permukaan dari material baja yang telah di beri perlakuan panas 4.

Tabel ikhtisar biasanya datanya diambil dari tabel referensi tabel distribusi: adalah tabel yang biasanya mengelompokkan data berdasarkan jumlahnya. Grafik Statistik a. sederhana dan mudah dimengerti. pengertian grafik:  merupakan satu cara penyajian data secara ringkas biasanya menghubungkan antara variabel bebas (X) dengan variabel tidak bebas (Y). Contoh tabel distribusi :  tabel umum: adalah kumpulan data yang berupa angka-angka disusun secara baris dan kolom berdasarkan karakteristik yang dimilikinya 5. polygon dan histogram b.  tabel ikhtisar: Tabel ini umumnya berbentuk singkat. grafik lingkaran. Misal tabel pada perhitungan pemilihan umum. sehingga mudah dalm pengamatannya. Macam dari grafik yaitu grafik garis. Fungsi tabel sedemikian itu ialah memberikan gambaran yang sistematis tentang peristiwa yang merupakan hasil penelitian atau observasi. Ciri khas tabel ini menggunakan turus. grafik batang. macam-macam grafik: .

grafik batang menunjukkan keteranganketerangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batangbatang terpisah  grafik lingkaran: penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran . grafik garis: Penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus  grafik batang: umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu.

 poligon dan histogram:HISTOGRAM dan POLIGON FREKUENSI adalah dua grafik yang menggambarkan distribusi frekuensi. sedangkan tingginya sama dengan frekuensi masing-masing kelas interval.HISTOGRAM terdiri dari persegi panjang yang alasnya merupakan panjang kelas interval. POLIGON FREKUENSI adalah suatu garis putus putus yang menghubungkan titik tengah ujung batang histogram. . Biasanya ditambah dua segmen garis lain yang menghubungkan titik tengah ujung batang pertama dan terakhir dengan titik tengah kelas yang paling ujung dimana frekuensinya bernilai nol.

html http://matematika-ipa.com/statistika-diagram-batang-diagram-garis-mean-medianmodus-matematika/ http://tip-trik-spss.html http://bebas.blogspot.htm . sumber        http://www.id/v12/sponsor/SponsorPendamping/Praweda/Matematika/0401%20Mat%202-3b.com/2009/06/grafik-batang-clustered-dan-stacked-pd.html http://tip-trik-spss.com/2010/01/tabel-referensi-dan-tabel-ikhtisar.com/2009/07/grafik-lingkaran-pada-spss-seri-3.id/teknik-pengambilan-sampel-simple-random-sampling.ui.or.htm http://www.net/riswan78/teknik-pengambilan-sampel http://blog.re.ac.6.slideshare.blogspot.denggol.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->