NAMA NIM PRODI

: : :

Ayu Lestari Saputri 063161111035 PGSD A

1. Pengertian Olahraga
Makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Sedangkan dalam Webster’s New Collegiate Dictonary (1980) yaitu ikut serta dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan kesenangan, dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic games di Amerika Serikat). UNESCO mendefinisikan olahraga sebagai “setiap aktivitas fisik berupa permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur-unsur alam, orang lain, ataupun diri sendiri”. Sedangkan Dewan Eropa merumuskan olahraga sebagai “aktivitas spontan, bebas dan dilaksanakan dalam waktu luang”. Definisi terakhir ini merupakan cikal bakal panji olahraga di dunia “Sport for All” dan di Indonesia tahun 1983, “memasyarakatkan olahraga dan mengolahragaka masyarakat” (Rusli dan Sumardianto,2000: 6). Menurut Cholik Mutohir olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensipotensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/pertandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila. Untuk penjelasan pengertian olahraga menurut Edward (1973) olahraga harus bergerak dari konsep bermain, games, dan sport. Ruang lingkup bermain mempunyai karakteristik antara lain: a. Terpisah dari rutinitas b. Bebas c. Tidak produktif d. Menggunakan peraturan yang tidak baku. Ruang lingkup pada games mempunyai karakteristik: a. ada kompetisi b. hasil ditentukan oleh keterampilan fisik, strategi, kesempatan. Sedangkan ruang lingkup sport yaitu permainan yang dilembagakan.

neuromuskuler. pelaksanaan pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan tersebut. untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh untuk tiap anak. dan afektif. tetapi untuk mengembangkan potensi siswa melalui aktivitas jasmani Pengertian / definisi Pendidikan Jasmani (penjas). . kognitif. Bucher. sosial. mengembangkan keterampilan motorik. terutama melalui pengalaman gerak. Tujuan pendidikan jasmani bukan aktivitas jasmani itu sendiri. sikap sportif. jasmani. psikomotorik. pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif. neuromuskuler.2. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan dan melalui gerak dan harus dilaksanakan dengan cara-cara yang tepat agar memiliki makna bagi anak. (1979) Mengemukakan pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu. dan Bermain menurut teori para ahli : Nixon and Cozens (1963: 51) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani didefinisikan sebagai fase dari seluruh proses pendidikan yang berhubungan dengan aktivitas dan respons otot yang giat dan berkaitan dengan perubahan yang dihasilkan individu dari respons tersebut. Pendidikan jasmani merupakan program pembelajaran yang memberikan perhatian yang proporsional dan memadai pada domain-domain pembelajaran. Olahraga. yaitu psikomotor. pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik. Lingkungan belajar diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah. dan afektif setiap siswa. Definisi Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani. dan emosional Ateng (1993) Mengemukakan. intelektual dan emosional. Pengertian Pendidikan Jasmani Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. kognitif. interperatif. dan kecerdasan emosi. Dauer dan Pangrazi (1989: 1) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani adalah fase dari program pendidikan keseluruhan yang memberikan kontribusi. adalah proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik.

Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. 2.Sepak Bola Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia Dalam pertandingan. bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar. sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. Selain itu. 4.Bola Basket Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. 3. Olahraga Tradisional * Benteng * Congklak * Egrang * Galah Asin * Gasing * Langga * Karapan Sapi * Main Hadang * Manggurebe * Maunti * Pacu Jalur : * Pathol * Pencak Silat * Perisaian * Patok Lele * Sampyong * Sebanting * Sepak takraw * Serimbang * Zawo-zawo * Geudeu-geude . dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan. Voli Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Macam-macam Olahraga 1.Tenis Tenis adalah sebuah permainan olahraga yang menggunakan raket dan bola dan dimainkan di sebuah lapangan yang dibagi menjadi dua oleh sebuah jaring. Masingmasing grup memiliki enam orang pemain. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful