P. 1
Konsep Cemas

Konsep Cemas

|Views: 10|Likes:
Published by Gezz Boepati

More info:

Published by: Gezz Boepati on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2013

pdf

text

original

KONSEP CEMAS

Pengertian  Cemas adalah perasaan tidak pasti/tidak menentu terhadap malapetaka atau ketakutan yang akan terjadi yang muncul tanpa alasan yang jelas. .

Tingkatan Cemas  Cemas ringan Terjadi dari hari ke hari dalam kehidupan. Cemas dapat memotivasi belajar & menghasilkan pertumbuhan & kreativitas . berhubungan dengan ketegangan dalam kekehidupan sehari-hari & menyebabkan seseorang waspada meningkatkan lahan persepsinya.

Sehingga seseorang mengalami perhatian yang selektif namun dapat melakukan sesuatu yang lebih rendah . Cemas Sedang Memungkinkan seseorang untuk memusatkan pada hal yang penting & mengesampingkan yg lain.

Memerlukan banyak pengarahan. . Cemas Berat Mengurangi lahan persepsi seseorang. Semua perilaku ditujukan untuk mengurangi ketegangan.

panic memperlihatkan disorganisasi kepribadian. Panik Berhubungan dengan kehilangan kontrol. Karena kehilangan kendali orang yang mengalami panik tidak mampu melakukan walaupun dengan pengarahan. menurunnya kemampuan untuk berhubungan dgn orang lain. Dgn panik terjadi peningkatan aktivitas motorik. . persepsi yang menyimpang & kehilangan pemikiran yang rasional. ketakutan & terror.

mengeluh. Aspek biologis/fisiologis Seperti peningkatan denyut nadi dan tekanan darah. termasuk di telapak tangan. berkeringat dingin. mual/muntah. tarikan nafas menjadi pendek dan cepat. sering buang air kecil. nyeri kepala. pembesaran pupil dan gangguan pencernaan.Gejala-gejala kecemasan a. tak bisa tidur. nafsu makan hilang. .

tidak bereaksi terhadap rangsangan lingkungan. . Aspek intelektual/kognitif Seperti ketidakmampuan berkonsentrasi. penurunan perhatian dan keinginan. pelupa.b. penurunan produktivitas. orientasi lebih ke masa lampau daripada masa kini/masa depan.

mudah tersinggung.c. mudah marah dan apatisme. Aspek emosional dan perilaku Seperti penarikan diri. . depresi. mudah menangis.

. yaitu ancaman pada perkembangan masa bayi. c. perubahan status sosial/ekonomi. yaitu ancaman terhadap konsep diri.Faktor yang Mempengaruhi Cemas a. Faktor perkembangan. berupa ancaman akan kekurangan makanan. b. anak. Faktor biologis/fisiologis. kehilangan orang/benda yang dicintai. Faktor psikososial. minuman. perlindungan dan keamanan. remaja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->