KONSEP CEMAS

Pengertian  Cemas adalah perasaan tidak pasti/tidak menentu terhadap malapetaka atau ketakutan yang akan terjadi yang muncul tanpa alasan yang jelas. .

berhubungan dengan ketegangan dalam kekehidupan sehari-hari & menyebabkan seseorang waspada meningkatkan lahan persepsinya. Cemas dapat memotivasi belajar & menghasilkan pertumbuhan & kreativitas .Tingkatan Cemas  Cemas ringan Terjadi dari hari ke hari dalam kehidupan.

Sehingga seseorang mengalami perhatian yang selektif namun dapat melakukan sesuatu yang lebih rendah . Cemas Sedang Memungkinkan seseorang untuk memusatkan pada hal yang penting & mengesampingkan yg lain.

. Cemas Berat Mengurangi lahan persepsi seseorang. Memerlukan banyak pengarahan. Semua perilaku ditujukan untuk mengurangi ketegangan.

 Panik Berhubungan dengan kehilangan kontrol. ketakutan & terror. Karena kehilangan kendali orang yang mengalami panik tidak mampu melakukan walaupun dengan pengarahan. menurunnya kemampuan untuk berhubungan dgn orang lain. panic memperlihatkan disorganisasi kepribadian. persepsi yang menyimpang & kehilangan pemikiran yang rasional. Dgn panik terjadi peningkatan aktivitas motorik. .

tarikan nafas menjadi pendek dan cepat. . termasuk di telapak tangan. tak bisa tidur.Gejala-gejala kecemasan a. sering buang air kecil. berkeringat dingin. Aspek biologis/fisiologis Seperti peningkatan denyut nadi dan tekanan darah. pembesaran pupil dan gangguan pencernaan. mengeluh. nyeri kepala. nafsu makan hilang. mual/muntah.

b. orientasi lebih ke masa lampau daripada masa kini/masa depan. Aspek intelektual/kognitif Seperti ketidakmampuan berkonsentrasi. tidak bereaksi terhadap rangsangan lingkungan. penurunan perhatian dan keinginan. pelupa. penurunan produktivitas. .

mudah marah dan apatisme. mudah tersinggung. .c. mudah menangis. Aspek emosional dan perilaku Seperti penarikan diri. depresi.

Faktor yang Mempengaruhi Cemas a. berupa ancaman akan kekurangan makanan. . Faktor biologis/fisiologis. remaja. yaitu ancaman pada perkembangan masa bayi. anak. minuman. Faktor perkembangan. b. kehilangan orang/benda yang dicintai. perubahan status sosial/ekonomi. Faktor psikososial. yaitu ancaman terhadap konsep diri. perlindungan dan keamanan. c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful