P. 1
PROSEDUR PEMASANGAN INFUS

PROSEDUR PEMASANGAN INFUS

|Views: 1,331|Likes:
Published by Nis Iskandar Alam

More info:

Published by: Nis Iskandar Alam on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

4/10/12

PROSEDUR PEMASANGAN Click to edit Master subtitle style INFUS

4/10/12

Oleh Rina Laleno Mirsana Pati Yuke Darado Marthen Kapoh Hartati Hulungo Enggelina Kaeng Theresia Pasulatan

4/10/12 PENGERTIAN Terapi IVFD (Intravenous Fluids infusion) adalah pemberian sejumlah cairan ( obat atau makanan ) ke dalam tubuh. melalui sebuah jarum. ke dalam pembuluh vena ( pembuluh balik ) untuk menggantikan kehilangan cairan atau zat-zat makanan .

4/10/12 TUJUAN  Mengembalikan dan mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh obat-obatan dan kemotherapi darah dan produk darah  Memberikan  Transfusi  Memberikan nutrisi parenteral dan suplemen nutrisi .

yang memungkinkan pemberian obat langsung ke dalam IV.4/10/12 INDIKASI  Keadaan emergency (misalnya pada tindakan RJP). ingin mendapatkan respon yang cepat terhadap pemberian obat.  Keadaan  Klien . yang mendapat terapi obat dalam dosis besar secara terus-menerus melalui IV.

4/10/12 INDIKASI (Lanjutan)  Klien yang mendapat terapi obat yang tidak bisa diberikan melalui oral atau intramuskuler yang membutuhkan koreksi/pencegahan gangguan cairan dan elektrolit yang sakit akut atau kronis yang membutuhkan terapi cairan  Klien  Klien .

4/10/12 INDIKASI (Lanjutan)  Upaya profilaksis (tindakan pencegahan) sebelum prosedur (misalnya pada operasi besar dengan resiko perdarahan. dipasang jalur infus intravena untuk persiapan jika terjadi syok. misalnya resiko dehidrasi (kekurangan cairan) dan syok (mengancam  Upaya . juga untuk memudahkan pemberian obat). profilaksis pada pasien-pasien yang tidak stabil.

kenyal. infiltrasi atau thrombosis yang berwarna merah.4/10/12 KONTRAINDIKASI Infus dikontraindikasikan pada :  Daerah yang memiliki tanda-tanda infeksi. bengkak dan hangat saat disentuh di bawah infiltrasi vena sebelumnya atau di bawah area flebitis yang sklerotik atau bertrombus  Daerah  Vena  Vena .

bekuan darah.4/10/12 KONTRAINDIKASI (Lanjutan)  Lengan  Lengan dengan pirai arteriovena atau fistula yang mengalami edema. atau kerusakan kulit pada sisi yang mengalami mastektomi (aliran balik vena terganggu) yang mengalami luka bakar  Lengan  Lengan . infeksi.

4/10/12 PEDOMAN PEMILIHAN VENA  Gunakan  Gunakan  Pilih  Pilih vena-vena distal terlebih dahulu lengan pasien yang tidak dominan vena-vena di atas area fleksi vena yang cukup besar untuk aliran darah adekuat ke dalam catheter vena untuk tentukan kondisnya. Selalu pilih vena yang lunak. penuh dan yang tidak tersumbat  Palpasi .

PEDOMAN PEMILIHAN VENA (Lanjutan)  Pastikan 4/10/12 lokasi yang dipilih tidak akan mengganggu aktivitas pasien sehari-hari lokasi yang tidak akan mempengaruhi pembedahan atau prosedur-prosedur yang akan dilaksanakan superficial yang sering digunakan untuk infus IV pada bayi. anak dan dewasa  Pilih  Vena-vena .

PEDOMAN PEMILIHAN VENA (Lanjutan) Bagian atas tangan  Metacarpal  Dorsal 4/10/12 GAMBAR 1 Veins Venous Arch Vein Vein antebrachial vein  Cephalic  Basilic Bagian bawah tangan  Median .

4/10/12 Gambar 1 .

informasi tentang lamanya infus dan pembatasan aktivitas) Jika pasien akan menggunakan anestesi lokal pada area insersi. tanyakan adanya alergi terhadap anestesi yang digunakan .4/10/12 PERSIAPAN PASIEN  Jelaskan pada pasien tentang prosedur yang akan dilakukan (meliputi proses pungsi vena.

jelaskan bahwa nanti akan muncul nyeri ketika jarum dimasukkan. tapi sensasi itu hanya akan terasa pada beberapa menit saja. tapi akan hilang ketika kateter sudah masuk. Jelaskan pada pasien bahwa jika ada keluhan/ketidaknyamanan selama pemasangan. supaya menghubungi perawat. Jelaskan bahwa cairan yang masuk awalnya akan terasa dingin.4/10/12 PERSIAPAN PASIEN (Lanjutan)  Jika pasien tidak menggunakan anestesi.  .

4/10/12 PERSIAPAN ALAT  Alcohol  Infus  IV set cathether sesuai ukuran infus sesuai instruksi  Pengalas  Cairan  Tourniquet  Handscoen .

kenalkan diri Menjelaskan tujuan dan prosedur tindakan keluarga dan pasien Berikan kesempatan pada pasien untuk bertanya sebelum dimulai pemasangan infus Perawat mencuci tangan  pad    Sepakati lokasi pemasangan infus sesuai priorita .4/10/12 PROSEDUR KERJA   Melakukan verifikasi program pengobatan Beri salam. panggil pasien dengan namanya.

pastikan vena .B)  Atur  Pakai  Pasang GAMBAR 2 torniquet 5cm dari area insersi.4/10/12 PROSEDUR KERJA (Lanjutan)  Menggantung cairan infus dan mengisi tabung reservoir sebanyak dua pertiga bagian/ sebatas tanda hingga posisi pasien. pasang pengalas handscoen tidak ada udara dalam selang (Gbr 2A.

turunkan posisi jarum 20 derajat dan tarik madrin 0.5cm.4/10/12 PROSEDUR KERJA (Lanjutan)  Menusuk vena dengan sudut 30 derajat dan lubang jarum menghadap keatas Setelah dipastikan jarum masuk. Lakukan teknik V saat melepas madrin dengan menekan port dan vena lalu segera sambungkan selang infus dengan catheter Lepas tourniquet dan masukan catether    .masukan catheter secara perlahan.

pasang bidai k/p (Gbr 2D) Atur tetesan infus sesuai program dan tulis     .4/10/12 PROSEDUR KERJA (Lanjutan)  Alirkan infus. selanjutnya lakukan fiksasi antara sayap dan lokasi insersi tanpa menu lokasi insersi Letakan kapas/kassa steril di atas area GAMBAR 2 insersi (Gbr 2C) Lepaskan handscoen Lakukan fiksasi (plester sampai menutup kassa steril).

4/10/12 Gambar 2 .

4/10/12 PROSEDUR KERJA (Lanjutan)  Pasang stiker bertuliskan tanggal dan jam respon pasien pemasangan infus  Observasi  Bereskan alat dan kembalikan pada tempatnya dalam keadaan bersih tangan  Cuci .

alergi) kelancaran tetesan dan jumlah tetesan  Observasi  Observasi area insersi (warna kulit/ pembengkakan/sakit) .4/10/12 TAHAP TERMINASI  Observasi terhadap kondisi umum (vitalsign. keluhan nyeri.

4/10/12 Thank u .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->