Dalam hidup sehari-hari kita tak pernah lepas dari sebuah struktur atau organisasi.

Struktur adalah bagaimana bagian-bagian dari sesuatu berhubungan satu dengan lain atau bagaimana sesuatu tersebut disatukan. Struktur adalah sifat fundamental bagi setiap sistem. Identifikasi suatu struktur adalah suatu tugas subjektif, karena tergantung pada asumsi kriteria bagi pengenalan bagianbagiannya dan hubungan mereka. Tubuh kita saja terdiri dari struktur organ-organ yang bekerjasama sehingga kita bisa hidup seperti sekarang ini. Ada organ untuk melihat, ada organ untuk mendengar, ada organ untuk bernafas, ada organ untuk mengecap dan lain sebagainya. Semua organ tubuh tersebut mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing. Namun, walaupun tugas dan fungsinya berbeda semuanya mempunyai satu tujuan yaitu untuk membuat kita hidup. Sebuah perusahaan juga tak lepas dari sebuah struktur. Struktur di dalam sebuah perusahaan dibuat agar dapat membagi tugas atau kinerja sebuah perusahaan sehingga pekerjaan tersebut dapat terfokus dan tertata secara rapi. Seperti sebuah file dan folder dalam flashdisk. Saat flashdisk masih baru atau masih kosong, kita bisa saja meletakkan file secara sembarangan. Copy paste copy paste terus tanpa ditata. Suatu hari kita memerlukan sebuah file penting di flashdisk tersebut. Karena tidak ditata secara rapi maka diperlukan waktu untuk mencari file tersebut. Akan berbeda jika kita meletakkan file tersebut secara rapi. Demikian juga sebuah perusahaan. Struktur perusahaan dibuat agar sistematik pekerjaan dalam perusahaan dapat tertata secara rapi. Ada bagian teknik, ada bagian keuangan, ada bagian mencatat, ada bagian HRD, ada bagian mengawasi, dan lain sebagainya. Sehingga setiap bagian dari perusahaan tersebut dapat bekerja secara fokus sesuai dengan bidangnya. Seperti pada organ tubuh manusia tadi, setiap bagian juga mempunyai satu tujuan yaitu membuat hidup perusahaan atau dengan kata lain mencari keuntungan. Kerjasama antar bagian tentu menjadi hal penting dalam sebuah perusahaan. Kali ini saya akan memberikan sebuah contoh struktur perusahaan yang bergerak di bidang multimedia, yaitu CV. Fokus Multimedia Sarana. FOKUS MULTIMEDIA SARANA merupakan sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam dunia desain presentasi dengan mengkonsentrasikan diri di bidang Multimedia, Video Produksi dan Architecture Development and Planing Design,

misalnya melalui jalur Tidar dan Dinoyo. Disini wewenang dan tanggung jawab berjalan lurus dan vertical melalui saluran tunggal dimana . Digital Magazine. telah memulai debutnya dengan prestasi yang gemilang. 3. Transportasi Lokasi studio mudah untuk dicapai dengan 2 alternatif jalur kendaraan. Pada dasarnya bentuk struktur organisasi itu ada empat macam : 1. Tenaga Kerja Tenaga kerja merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keberhasilan perusahaan. Perusahaan yang secara resmi didirikan pada bulan Februari 2003 ini.Malang. Struktur Organisasi Perusahaan Setiap perusahaan atau instansi harus mempunyai struktur organisasi yang sesuai dan tepat bagi perusahaan atau instansi yang bersangkutan. CV. Rencana tahun kedepan studio ini akan pindah di ruko Galunggung agar lebih dekat dengan pasar yang dituju. Fokus Multimedia Sarana berlokasi di dua tempat yaitu tempat sebagai office yang beralamatkan di Villa Bukit Sengkaling AE – 6. perusahaan ini telah sukses merealisasikan delapan produksi berturut-turut tanpa ada masalah dengan kepuasan konsumen yang menjadi prioritas utama perusahan ini.Malang dan tempat studio yang berlokasi di Bukit Cemara Tidar C5/16. Photography. Sehingga lokasi studio mudah untuk dicapai dari segala arah. Di daerah sekitar perusahaan banyak tersedia tenaga kerja dengan kemampuan yang potensial. Dalam periode tiga bulan dari peresmiaanya. Art Exebition. dan Event Planer. Dasar pertimbangan untuk memilih lokasi ditempat ini adalah karena faktor sebagai berikut : 1. 2. Dekatnya fasilitas pasar. Organisasi Lini Organisasi ini disebut juga organisasi militer. Advertising. Lokasi dekat dengan kota sehingga mudah untuk memasarkan jasa selain itu mempermudah jalannya proses kegiatan dengan kebutuhan jasa yang mudah didapatkan.Graphic Design.

Organisasi Fungsional Disini pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas. sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan. 3. Walaupun masing – masing bagian mempunyai wewenang dan tanggung jawab secara terpisah. 2. 4. Organisasi Staf dan Fungsional Merupakan kombinasi dari bentuk fungsional dan staf. . CV. Organisasi Lini dan Staf Dianut oleh organisasi besar dengan daerah kerja yang luas dan memiliki bidang tugas yang kompleks. Dalam menjalankan roda aktifitasnya. sepanjang ada hubungannya dengan fungsi diatas. Perintah berawal dari atas kebawah dan tanggung jawab bergerak dari bawah ke atas. namun kerja sama antar unit kerja tentunya dapat berjalan dengan baik dan lancar demi tercapainya tujuan perusahaan. Fokus Multimedia Sarana menggunakan struktur organisasi garis atau lini dan staf.masing – masing bagian dibawah pengawasan satu bagian dari jenjang yang fungsional dan staf.1. Bentuk dan struktur organisasi dapat dilihat pada gambar 3.

Yanuardi Kepala Divisi Properti Adoey P. J Tri Hastuti Gambar 3. Sekretaris Sekar Puspita Bendahara Khalimatus Sadiyah Kepala Divisi Multimedia D.1 Struktur Organisasi . Koord. Produksi Samid Team Leader Sonny Suryamadja Sindhu Paringka M. Bendahara II Yenny Dwi Astari Marketing Megawati Kusumadja Ondi M. Roem Arfan Bendahara I Maria Magdalena N. Koord.FOKUS MULTIMEDIA SARANA Direktur Adi Prabowo Wakil Direktur Dimas Prajaka Y. Lapangan Albert Dimas Taru Editor Adi “Pay” Diah Dimas Dani Y. P.STRUKTUR ORGANISASI CV. H.

sehinggga semua kegiatan dapat berjalan lancar. pengambil keputusan sekaligus penanggung jawab kegiatan Fokus multimedia Sarana.  Koordinasi Lapangan : Bertugas mengkoordinir segala bentuk aktivitas operasional harian rumah produksi “tranquil”.  Kepala Divisi Multimedia: Bertugas sebagai penanggungjawab penuh kegiatan multimedia dan membuat laporan hasil kegiatan multimedia kepada Direktur. kebijakan dan koordinasi kepada setiap divisi dengan menciptakan dan mempertahankan etos kerja yang baik kepada setiap anggotanya. .   Editor : Bertugas sebagai team kreatif semua produk multimedia. membuat laporan keuangan dan mengurus segala bidang keuangan lainnya. dan mengarsipkan segala dokumen.2  Tugas dan Wewenang pada CV.  Wakil Direktur: Bertugas sebagai wakil direktur dan mewakili posisi direktur apabila direktur sedang berhalangan. mengatur/membuat surat masuk dan keluar. Kepala Divisi Properti : Bertugas sebagai penanggungjawab penuh semua kegiatan property. mengimplementasikan aturan main.  Sekretaris: Bertugas sebagai time planner kegiatan direktur. Fokus Multimedia Sarana Direktur : Bertugas sebagai pemimpin.3.  Bendahara: Bertugas untuk mengatur aliran kas masuk dan keluar. semua output berbentuk karya maupun kebijakan kebijakan produksi melewati pertimbangan rapat koordinasi yang disetujui oleh director. notulen.  Koordinasi Produksi: Bertugas sebagai koordinator dan bertanggung jawab penuh pada kegiatan produksi audio visual dalam mengemas output produksi. mengiplementasikan program – program kegiatan produksi dan memvisualisasikan bentuk bentuk gagasan dalam bentuk rekomendasi yang harus melewati keputusan rapat koordinasi.

kontruksi bangunan. Namun ketika perusahaan tersebut mulai dibanjiri order atau pekerjaan (seperti banjir file di flashdisk) maka perusahaan tersebut akan kacau balau karena tidak tahu pekerjaan bagian ini harus dikerjakan oleh bagian apa dan siapa. Lalu bagaimana dengan perusahaan yang besar? Tentu saja struktur organisasinya lebih besar. Sebuah perusahaan yang tidak memiliki struktur yang kokoh pasti perusahaan tersebut akan cepat gulung tikar. publikasi. Dari struktur jabatan di atas kita bisa melihat bahwa setiap jabatan memiliki tugas dan fungsi masing-masing. perijinan dan pendistribusian produksi dengan membina hubungan kerja sama terhadap beberapa pihak yang mampu mendukung kegiatan produksi.  Bendahara I : Bertugas untuk mengatur aliran kas masuk dan keluar divisi properti. Saat perusahaan yang tidak memiliki struktur tersebut dibuka. Contoh perusahaan diatas hanya contoh perusahaan kecil. Dengan demikian maka pekerjaan dari perusahaan tersebut dapat tertata secara rapi dan tidak membingungkan. membuat Desain interior & exterior. membuat laporan keuangan yang kemudian akan dilaporkan kepada Fokus Multimedia sarana. Seperti perumpaan flashdisk tadi. Karena itu pemahaman yang baik mengenai struktur organisasi sebuah perusahaan harus dimiliki oleh setiap orang yang masuk ke dunia kerja. Team Leader : Bertugas mengembangkan kemampuan sumber daya produksi dengan memberikan masukan dan pertimbangan yang bersifat informatif dan membangun serta mendukung kegiatan properti dalam memberikan wacana dalam bentuk konsep perencanaan property.  Marketing : Bertugas sebagai ujung tombak perusahaan dengan melakukan kegiatan pemasaran.  Bendahara II : Bertugas untuk mengatur kas masuk dan keluar dilapangan kemudian melaporkannya kepada bendahara I. Draffter. Belum lagi . belum ada masalah berarti di awal-awal karena order atau job masih sedikit. RAB. serta pengawas lapangan.

.jika perusahaan tersebut mempunyai cabang atau anak perusahaan. yang pasti mereka semua bekerjasama demi memuaskan pelanggan dan mendapat keuntungan. Dan sekali lagi ditekankan bahwa dari berbagai jabatan dan bidang dalam sebuah perusahaan. Tentu saja ini membutuhkan struktur organisasi yang lebih besar dan mendetail. Sebuah struktur perusahaan selalu dibuat sesederhana dan seramping mungkin agar struktur tersebut mudah dipahami dan terfokus pada bidangnya. Struktur organisasi hanya merupakan satu elemen dari banyak elemen yang harus dipenuhi agar perusahaan itu sukses. Namun walaupun strukturnya dibuat lebih besar bukan berarti tidak sederhana.

Tugas ini menambah wawasan saya mengenai tugas-tugas dan wewenang dari tiap jabatan sehingga saya tahu kira-kira apa yang harus saya kerjakan saat ditempatkan pada suatu jabatan nanti.SIMPULAN & KESAN Melalui tugas ini saya dapat lebih memahami suatu bagian penting dalam sebuah perusahaan yaitu struktur organisasi sebuah perusahaan. Struktur organisasi dalam sebuah perusahaan dibuat bertujuan untuk membagi tugas dan wewenang sehingga pekerjaan tersebut tertata rapi dan fokus terhadap bidangnya. . Struktur perusahaan dibuat sesederhana dan seramping mungkin agar mudah dipahami strukturnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful