P. 1
Definisi Norma Kesopanan

Definisi Norma Kesopanan

|Views: 3,419|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Ihsan Rizky Alfanda on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2013

pdf

text

original

Norma sopan santun adalah peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok itu.

Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau waktu. Contoh-contoh norma kesopanan ialah: 1. 2. 3. 4. 5. Menghormati orang yang lebih tua. Menerima sesuatu selalu dengan tangan kanan. Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan sombong. Tidak meludah di sembarang tempat. tidak menyela pembicaraan.

Norma kesopanan sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam bermasyarakat, karena norma ini sangat erat kaitannya terhadap masyarakat. Sekali saja ada pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan mendapat sanki dari masyarakat, semisal cemoohan. kesopanan merupakan tuntutan dalam hidup bersama. Ada norma yang harus dipenuhi supaya diterima secara sosial. Sanksi bagi pelanggar norma kesopanan adalah tidak tegas, tetapi dapat diberikan oleh masyarakat, yang berupa cemoohan, celaan, hinaan, atau dikucilkan dan diasingkan dari pergaulan serta di permalukan. Norma Kesopanan Norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing - masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. Akibat dari pelanggaran terhadap norma ini ialah dicela sesamanya, karena sumber norma ini adalah keyakinan masyarakat yang bersangkutan itu sendiri. Hakikat norma kesopanan adalah kepantasan, kepatutan, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Norma kesopanan sering disebut sopan santun, tata krama atau adat istiadat. Norma kesopanan tidak berlaku bagi seluruh masyarakat dunia, melainkan bersifat khusus dan setempat (regional) dan hanya berlaku bagi segolongan masyarakat tertentu saja. Apa yang dianggap sopan bagi segolongan masyarakat, mungkin bagi masyarakat lain tidak demikian. Contoh norma ini diantaranya ialah : 1. “Berilah tempat terlebih dahulu kepada wanita di dalam kereta api, bus dan lain lain, terutama wanita yang tua, hamil atau membawa bayi”. 2. “Jangan makan sambil berbicara”. 3. “Janganlah meludah di lantai atau di sembarang tempat” dan. 4. “Orang muda harus menghormati orang yang lebih tua”.

.ulang mengenai sesuatu hal yang sama.Kebiasaan merupakan norma yang keberadaannya dalam masyarakat diterima sebagai aturan yang mengikat walaupun tidak ditetapkan oleh pemerintah. yang dianggap sebagai aturan hidup. Kebiasaan dalam masyarakat sering disamakan dengan adat istiadat. Kebiasaan adalah tingkah laku dalam masyarakat yang dilakukan berulang .

Adat istiadat adalah kebiasaan . bersifat lokal. yang menilai adalah orang lain. . dan berinteraksi dengan orang lain. sedangkan kebiasaan tidak merupakan tradisi rakyat. kesopanan tercermin dari kita bersikap yang baik dan benar. dalam bergaul. Adat bersumber pada sesuatu yang suci (sakral) dan berhubungan dengan tradisi rakyat yang telah turun temurun. suatu hal yang mencerminkan kita pada baik dan buruk seseorang.kebiasaan sosial yang sejak lama ada dalam masyarakat dengan maksud mengatur tata tertib. kesopanan sendiri mempunyai arti penting. setiap kesopanan kita. Norma Kesopanan Kesopanan merupakan akhlak yang harus kita ketahui sejak dini. setiap orang memang harus mengerti tentang apa kesopanan itu. norma yang muncul dari suatu masyarakat tertentu. berbicara. bagi yang telah melanggar hal kesopanan adalah orang tersebut dikucilkan dan dicemoohkan. dan bergantung pada adat istiadat. akhlak yang ditaati untuk pedoman setiap manusia. Ada pula yang menganggap adat istiadat sebagai peraturan sopan santun yang turun temurun Pada umumnya adat istiadat merupakan tradisi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->