P. 1
Cara Mendaur Ulang Sampah

Cara Mendaur Ulang Sampah

|Views: 55|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Rian Hadiutama on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

Proses daur ulang sampah adalah penjaga kelestarian alam.

Sebenarnya sampah bukanlah limbah, melainkan sumber daya bahan baku untuk proses daur ulang yang menghasilkan humus atau kompos, pupuk ciptaan alam pelindung / pembangun kesuburan tanah. Terus berputarnya siklus daur ulang alam yang merupakan kunci keselamatan bumi, sebenarnya menjadi tanggung jawab manusia di lingkungannya masing-masing. Sehingga sampah menjadi tanggung jawab kita semua untuk mendaur ulangnya menjadi kompos demi keselamatan bumi.

CARA MENDAUR ULANG SAMPAH

Para ahli pertanian yakin bahwa kunci dari tanaman yang sehat adalah tanah yang sehat pula. Tanah yang sehat adalah tanah yang kondisi fisik, kimia dan biologinya baik, tanpa faktor penghambat yang berarti. Kondisi biologis yang baik berarti mempunyai populasi organisme tanah optimal dalam ekosistem biologis yang sehat seimbang, yang dijamin oleh kadar bahan organik tanah optimal + 5%. Mungkin kita akan berfikir 2 x untuk mengkonsumsi barang-barang yang tidak bersahabat dengan lingkungan, setelah kita mengetahui bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menghancurkan sampah adalah sebagi berikut :

Jenis Sampah
Kertas Kulit Jeruk Doos Karton Filter Rokok Kantong Plastik Kulit Sepatu Pakaian/Nylon Plastik Alumunium

Lama Hancur
2-5 bulan 6 bulan 5 bulan 10-12 tahun 10-20 tahun 25-40 tahun 30-40 tahun 50-80 tahun 80-100 tahun

Nama kelompok -prakasa tri prangga -eri pujiana -wahyu bagus b. yang juga berguna membunuh bibit hama. disiapkan untuk menggantikan komposter II bila sudah penuh. digantikan komposter II yang sudah disiapkan dan nanti setelah komposter I selesai dokosongkan. sampai komposter penuh.Demikian pengisian dilakukan setiap kali terkumpul sisa organik atau kotoran dapur baru. yang memakan waktu 1 bulan .2 bulan untuk keluarga sedang. Proses pengomposan terjadi sejak awal bahan organik dimasukkan. Disini akan terjadi proses fermentasi panas oleh bakteri termofilik. isinya diangin-anginkan. karena suhu dapat meningkat didalam komposter tertutup. dan merambat keatas mengikuti bahan organik baru. ditutup dan dibiarkan tidak dibalik-balik selama + 1 bulan yang diperkirakan pengomposan sudah selesai menjadi matang berupa kompos berwarna hitam. remah dan berbau segar. Setelah penuh.penyakit dan gulma. Komposter dikosongkan. langsung dapat dipergunakan sendiri atau disaring (saringan kawat kasa) dibungkus dan dijual.s -aldo adi s -kiki rizki . Komposter I yang sudah penuh dan sedang dalam proses pemasakkan. dst.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->