P. 1
Belajar Wing Chun Gratis

Belajar Wing Chun Gratis

5.0

|Views: 20,700|Likes:
Published by rizki saputera
bagi mereka yang ingin belajar wing chun

bagi orang indonesia
bagi mereka yang ingin belajar wing chun

bagi orang indonesia

More info:

Published by: rizki saputera on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/23/2015

pdf

text

original

PANDUAN GRATIS DAN MUDAH UNTUK BELAJAR

WENG CHUN / WING CHUN / WING TSUN / VING TSUN
Sifu Leung Ting berkata: “untuk disebarluaskan, walaupun itu berlawanan dengan keinginan pencipta wing chun”

PENGANTAR

Foto mahaguru besar Yip Man, foto ini biasanya dipajang di setiap perguruan wing chun aliran Yip Man atau aliran Hongkong di seluruh dunia. Beladiri wing chun sekarang adalah salah satu beladiri yang digemari banyak orang, setelah dunia perfilman dunia diguncang film IP MAN 1 dan 2. Film ini mengisahkan kehidupan mahaguru besar kungfu wing chun, Yip Man dalam menyebarkan beladiri ini. Dalam film ini juga dikisahkan, mahaguru Yip Man menggunakan beladiri ini dan belum pernah terkalahkan saat melawan penantangnya. Inilah salah satu sebab kenapa wing chun begitu digemari karena tidak terkalahkan dan yang pasti, beladiri ini gerakannya sangat cepat dan memukau banyak orang karena keefisienannya. Oleh karena itulah saya juga ingin mempelajari wing chun. Tapi sayang perguruan wing chun belum tersebar merata di Indonesia, jadi saya berpaling untuk belajar lewat internet. Atas dasar itu pula saya ingin berbagi dengan anda, jadi mempermudahkan anda yang ingin belajar wing chun. Banyak orang ingin mempelajari wing chun secara mendalam tapi belum tahu memulai dari mana. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengetahui lebih banyak tentang beladiri ini, baik sejarah dan konsep dasarnya. Karena itulah saya lampirkan salah satu artikel yang membahas wing chun. Silahkan baca artikel yang saya dapat dari salah website perguruan wing chun di Indonesia dengan seksama dan sesingkat-singatnya. Selamat berlatih dan semoga mendapat keberhasilan!!!

Sistem Ilmu WingChun

Ilmu Wing Chun adalah diciptakan oleh WuMei (Ng Mui), seorang bikuni dari Shaolin, sampai saat ini telah tiga ratusan tahun. Karena secara physiologis, kekuatan dan kemampuan badan semakin hari semakin berkurang, hal ini adalah proses yang harus dilalui oleh setiap orang, dan merupakan kenyataan yang tidak dapat dirubah. Jika berharap tehnik yang menggunakan tenaga, kondisi tubuh akan menurun mengikuti umur. Namun jika dapat menciptakan sebuah metode yang dapat menghemat energi, dapat mengurangi kelemahan akibat penuaan.

Setelah SiCo WuMei menyaksikan pertempuran antara Bangau dan Serigala, akhirnya beliau menyesuaikannya untuk manusia, sehingga terciptanya ilmu WingChun. Prinsip WingChun tidak tergantung pada kekuatan fisik dalam pertarungan, seni yang dikembangkan melalui karakteristik otot manusia, struktur rangka, teor kekuatan, dan kekuatan pikiran serta potensi kekuatan seseorang. Seni ini dinamakan setelah mengajarkan ke murid pertamanya seorang perempuan muda yang bernama Yim Wing Chun dan diwariskan melalui generasi sampai sekarang.

Karakteristik utama sistem WingChun adalah gerakan yang ekonomis, aksi kelangsungan, pukulan vertikal lurus, lengket tangan dan teori garis-tengah. Teori ini adalah berdasarkan fakta bahwa jarak tersingkat antara dua titik adalah sebuah garis lurus, sehingga teknik gerak dari garis-tengah badan. WingChun tidak menggunakan teknik yang melebar, arus atau teknik sirkular sehingga setiap serangan meliputi gerakan yang minimal. Sehingga menghemat energi dan jarak jadi singkat. WingChun juga kombinasi tangkisan dengan pukulan dan menyaring skill ini menjadi tingkat tinggi.

Dalam WingChun ada tiga bentuk jurus. Yang pertama adalah “Siu Nim Thao ”, yang artinya angan-angan kecil/niat kecil. Yang kedua adalah “Cham Khiu” (pencarian tangan) dan yang ketiga adalah “Piu Tzi” (Serangan jari). Siu Nim Thao adalah sebuah jurus yang terpenting karena memuat semua teknik tangan WingChun. Siu Nim Thao juga melatih kuda-kuda dan membantu mengembangkan Energi (Qi) nya. Para murid harus melatihnya paling kurang 15 menit.

Nilai Siu Nim Thao dalam mengembangkan tenaga dalam sebagai contoh, ketika GM Victor Kan umur 45 tahun, ia memutuskan untuk melatih bentuk jurus saat liburan di resort Ski Val d’lsere. Meskinpun suhu udara -15 derajat, ia membuka jaketnya untuk berlatih. Awalnya, jari kaki beliau mati rasa, lalu untaian tetesan air yang membeku pada ujung hidungnya! Dengan konsentrasi beliau mulai latihan bentuk jurus dengan beberapa menit ia merasa sirkulasi darah hangat melalui badannya sebagaimana energi mulai mengalir. Untain tersebut mencair, ia dapat merasakan jari kakinya lagi dan ia diliputi uap panas! Itu adalah feeling yang dahsyat sekali! Ia merasa begitu segar dan ia mampu ski melewati pohon. Dalam berlatih Siu Nim Thao, semua gerakan adalah digerakan oleh kekuatan pikiran, relax dan tanpa tenaga fisik. Pengaturan napas untuk setiap gerakan. Ini akan membuat struktur tubuh mampu mempertahankan tekanan besar dan menghasilkan energi yang besar. Ada yang menyebutnya dengan istilah “Nim Lek”, “Qi Gong”, “Loi Gong” (tenaga dalam) atau supranatural yang karena dianggap sebagai kekuatan yang luar biasa.

Setelah berlatih Siu Nim Thao, murid akan lanjut ke Chi Sao atau metode menempel tangan. Pertama menggunakan satu tangan (Tan Chi Sao), kemudian dilanjut dengan dua tangan (Sheong Chi Sao). Mewujudkan dengan latihan bentuk unik ini adalah prinsip inti WingChun dengan menggunakan tenaga lawan untuk melawannya. Wing Chun tidak melawan kekuatan dengan kekuatan karena yang kuat selalu menang. Malahan melalui latihan ChiSao/menempel tangan, para murid belajar mengembangkan sensitif pada tangan dan pergelangannya. Hal ini membolehkan mereka untuk prediksi apa yang akan dilakukan lawan, sehingga mereka dapat menanggapi ditahap paling awal. Latihan metode menempel tangan mengembangkan waktu sebagaimana reflex. Begitu murid telah mahir dengan ChiSao, berikutnya ia akan belajar bagaimana menggunakan ChiSao/menempel tangan untuk kedua serangan dan perlindungan terhadap partnernya. Ini dikenal sebagai “Kuo Sao ” dan akhirnya mengembangkan menjadi format pertarungan penuh. Dalam kelas semua teknik adalah digunakan dengan pengendalian. Bagaimanapun, tidak menjadi masalah untuk digunakan dalam keadaan memaksa. Setelah Kuo Sao, murid lanjut belajar bentuk kedua yaitu Cham Khiu yang merupakan bentuk membela diri, mengajar murid bagaimana memutar dan secara serentak menangkis serangan lalu membalasnya secara langsung.

Teknik Tendangan akan dilatih selanjutnya. Dua teknik dasar kaki WingChun adalah tendangan depan dan tendangan samping. Keduanya adalah ditendang melalui garis tengah badan dan gerakan pinggul. Jarang tendangan dilakukan diatas pinggang karena tendangan rendah adalah tercepat dilakukan dan paling praktis dalam situasi pertarungan yang sebenarnya. Orang Kayu (Mok Yan Cong ) dirangkai sebagai bentuk lawan dan digunakan untuk murid tingkat yang tinggi untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam pertarungan dengan pengendalian. Penggunaan Orang Kayu yang benar meliputi pemahaman skill dalam prinsip WingChun yang disebut sebelumnya. Orang baru belum menguasai benar tentang teori, cara mengatur kaki dan kudakuda WingChun dapat menggunakan Orang Kayu dan mesti menunggu sampai mereka memiliki skill yang cukup. Teknik yang digunakan terhadap Orang Kayu adalah diambil dari bentuk-bentuk jurus WingChun yang diseleksi karena teknik yang sangat efektif dan praktis. Bentuk tangan kosong terakhir adalah jurus Piu Tzi , tidak seperti Cham Khiu, Piu Tzi utamanya adalah sebuah jurus penyerangan.

Selain bentuk tangan kosong, sistem WingChun yang komplit meliputi dua jenis senjata yaitu Golok ganda Pa Cam Dou dan tiang kayu panjang Lok Tim Pun . Kayu panjang digunakan diruang yang luas menghadapi lawan yang banyak, sedangkan golok ganda adalah senjata jarak dekat. Zaman sekarang, para murid selalu meminta diajarkan bentuk-bentuk jurus yang tingkat lebih tinggi sebelum mereka belajar yang pertama. Mereka pikir bahwa jika mereka belajar lebih banyak bentuk dalam waktu yang singkat, mereka akan menjadi lebih baik. Tentu ini adalah omong kosong! Hal yang pokok adalah murid harus belajar dan memamahi bentuk jurus pertama sebelum kemajuan, jika tidak pengetahuan mereka yang mendalam akan dangkal dan mereka akan mengembangkan kebiasaan buruk. Sebuah pepatah Chinese mengatakan tiada artinya memiliki banyak pisau dalam satu saku jika tidak ada satupun yang dapat memotong. Banyak murid datang ke Club GM Victor Kan untuk latihan tingkat yang lebih tinggi. Mereka mengatakan bahwa mereka memahami semua bentuk jurus tetapi ketika mereka mengikutserta dalam latihan ChiSao, pengetahuan mereka yang dangkal akan nampakkan sendiri. Posisi tangan mereka salah, sensitif tangan mereka kurang dan respon juga sangat lambat, dan mereka tidak dapat menangkis serangan lawannya. Hal ini berbasis perkataan zaman dahulu bahwa ChiSao satu menit memberikan anda menentukan siapa pemain yang lebih unggul. Jadi sikap mental yang benar adalah inti untuk sukses. Untuk melihat apakah murid memiliki sikap tersebut, sifu/guru yang baik akan mengujinya dan mencari kerendahan hati, keinginan untuk belajar serta ketekunan. Tanpa karakter tersebut tidak dapat mengembangkan skill yang benar dalam sistem. Ingat, seribu jam latihan untuk pemakaian satu menit.

PERLENGKAPAN ELEKTRONIK
Yang dimaksud perlengkapan elektronik disini ialah alat yang membantu kita menyaksikan video pelajaran dan dapat dengan mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan. Perlengkapan ini wajib anda miliki, karena tanpa alat ini jangan harap anda mempelajari wing chun dengan tuntunan yang benar dan terarah. Perlengkapan elektronik yang dimaksud yaitu: 1. Komputer, flashdisc, laptop atau Hp, sebagai alat utama untuk menyimpan dan melihat video yang kita ingin pelajari. Tanpa alat diatas lumayan sulit untuk mempelajari wing chun ini. Selain itu, diperlukan juga software seperti GOM Player, winamp atau windows media player untuk menyaksikan video dan software seperti abode reader atau foxit pdf untuk membantu kita membaca buku-buku tentang wing chun. 2. Internet download manager, dan atau semacamnya, untuk melakukan download video latihan yang diinginkan secara cepat dan mudah. Tentu anda bisa mempelajari penggunaan software itu sendiri dan tidak perlu saya jelaskan disini. 3. Konverter video, bagi yang ingin menyimpannya di Hp, jadi format video yang mulanya FLV dapat dikonversi menjadi 3GP atau format lain yang dapat dibaca oleh Hp. Tapi bila anda punya komputer atau laptop, tidak diperlukan lagi software ini, ini khusus mereka yang ingin belajar menggunakan Hp saja. 4. Software kamus bhs inggris atau translator, yang mana akan membantu anda untuk mempelajari materi wing chun yang ada dalam bahasa inggris. Sebenarnya software ini tidak mutlak bagi anda yang yang bisa bahasa inggris, tapi jika anda tidak bisa berbahasa inggris bolehlah menggunakan software ini dengan beberapa pengetahuan dasar bahasa inggris, agar dapat memahami materi itu dengan baik.

PAKAIAN LATIHAN
Pakaian merupakan salah satu kunci utama yang memberi kenyamanan dan kemudahan dalam berlatih. Gunakanlah selalu pakaian yang nyaman, baik baju lengan panjang atau pendek, pakai celana lengan panjang atau pendek, diutamakan menutup aurat anda sekalian. Ini disesuaikan dengan pakaian diperguruan wing chun dimanapun, lebih banyak menggunakan pakaian kaus seperti kaus oblong dan celana panjang serta sepatu kungfu. Kemudian gunakanlah sepatu yang ringan dan tidak kesat jika diluar ruangan atau kaus kaki di dalam ruangan, mengapa? Karena sebagian besar gerakan pembentukan kuda-kuda dan gerakan kaki menggunakan teknik geser, dan nampak sekali dalam beberapa jurus seperti jurus chum kiu, yang banyak menggunakan teknik geser. Oleh karena itu tidak mungkin kita menggunakan kaki telanjang, jika tidak ingin kaki kita tidak bisa bergerak dengan nyaman atau mungkin terjadi luka, karena kaki kita yang telanjang. Membiasakan penggunaan pakaian yang kita gunakan sehari-hari dalam latihan dapat membantu anda nanti ketika melakukan pertarungan yang tidak terduga dan sebenarnya (bukan pertandingan) dengan pakaian yang sedang anda kenakan. Ini akan mempermudah anda melakukan perlawanan menggunakan beladiri ini sesuai pakaian yang sedang anda kenakan. Ini tidak seperti beladiri yang lain yang menggunakan seragam, akhirnya membuat penggunaan beladiri itu menjadi tidak memungkinkan dalam keadaan yang nyata. Oleh karena itu seragam bukanlah yang utama dalam beladiri, tapi pakaian yang sering anda pakai ialah “seragam” anda untuk membeladiri jika sewaktu-waktu digunakan nanti.

PERLENGKAPAN FISIK

Yang dimaksud dengan perlengkapan fisik ialah alat yang digunakan untuk melakukan latihan fisik dalam wing chun. Banyak alat-alat yang digunakan, tapi yang lebih mudah didapatkan dan lebih praktis serta penting diantara ialah: 1. Patung kayu wing chun (patung mok yan chong) digunakan untuk melatih kekuatan dan kecepatan tangan dalam melakukan tangkisan dan beberapa serangan. Untuk membuat patung ini, saya akan memberikan panduan untuk pembuatan patung itu, tentunya tidak secara penuh dibuat dari kayu, bagi anda yang tidak mampu membeli alat ini. 2. Kantong pasir (samsak) untuk melatih pukulan, terutama sekali melatih pukulan beruntun. Alat ini bisa dibuat sendiri atau membelinya pada orang yang menjual alat tersebut. 3. Pakaian untuk sparring atau latihan pertarungan bebas: Pakaian ini digunakan untuk melindungi bagian dada dan kepala yang kemungkinan bila terkena pukulan akan berbahaya bagi yang dipukul serta melindungi tangan dari luka-luka akibat melakukan pukulan keras. Oleh karena itu pakaian ini wajib digunakan bila sudah mencapai tahap latihan pertarungan bebas. Pakaian ini meliputi pakaian pelindung, sarung tangan dan helm pelindung, seperti yang digunakan dalam berbagai macam pertandingan beladiri seperti karate, taekwondo, dll.

LINK-LINK PELAJARAN
Ini adalah link-link download video dan ebook untuk anda yang ingin mempelajari beladiri wing chun. Semua website ini telah diperiksa tanggal 19 maret 2012 dan 100% masih aktif. Untuk 3-6 bulan ke depan setelah ebook ini diterbitkan, saya tidak bertanggungjawab dengan ada atau tidak ada lagi link-link ini yang mungkin karena dihapus atau tidak dapat diakses lagi.

Ebook wing chun gratis:
Ebook wing tsun kuen oleh Leung Ting http://www.4shared.com/office/GFuSAX4t/Martial_Arts_-_Wing_Tsun_Kuen_.htm Ebook 116 wing tsun dummy technique oleh Ip Chun http://www.4shared.com/office/Ty-ch8c7/116-Wing-Chun-Dummy-Techniques.htm Beginning wing chun oleh Alan Gibson http://www.4shared.com/office/Eeqj-Wmm/Why_Wing_Chun_Works_-_Beginnin.htm

Video dari ehow.com:
Dalam video ini anda akan mempelajari wing chun yang akan diperagakan oleh Todd Shawn Tei, secara singkat, padat dan jelas. Beginning wing chun technique http://www.ehow.com/videos-on_2316_beginning-wing-tsun-techniques.html advance wing chun technique http://www.ehow.com/videos-on_2317_advanced-wing-tsun-techniques.html

Video dari youtube
silahkan buka www.youtube.com tulis saja di pencarian: 1. How to do wing chun level 1 lesson 1-13, 19 yaitu video yang mengajarkan latihan untuk beladiri wing chun oleh Master Wong. Yang pasti anda dapat juga mendownload 46 video lain dari seri ini, tapi hanya 14 video saja yang saya sarankan pada anda.

2. Original wing chun yaitu peragaan jurus siu nim tau, chum kiu dan biu tze oleh mahaguru besar Yip Man.

Video dari beberapa perguruan wing chun
International Wing Chun Academy Ini adalah website perguruan wing chun milik guru besar Jim Fung di Australia, disini terdapat peragaan semua jurus yang ada di wing chun, jadi website ini bagus untuk referensi anda, dan silahkan klik: www.wingchun.edu.au Arizona Wing Chun Asociation Online Website ini memberikan beberapa pelajaran wing chunnya secara gratis dan menjual versi lengkapnya. Jadi saya merekomendasikan website sebagai bahan tambahan belajar wing chun anda, silahkan klik: www.awcaonline.com Wing Chun Online Ini juga website perguruan wing chun, tapi saya tidak tahu dimana. Website ini memberikan materi-materi tertulis tentang wing chun, jadi baik untuk anda yang ingin memperdalam teori wing chun. Dan ekstra komik tentang wing chun bagi anda yang mengunjunginya, silahkan buka: www.wingchunonline.com

VIDEO BELAJAR WING CHUN SECARA LENGKAP
Link-link yang ada dibawah ini berbeda dengan link-link di atas tadi. Link-link diatas akan mengajarkan anda secara singkat dan mendasar tentang wing chun hingga teknik pertarungan praktis. Sebenarnya link-link yang saya berikan sudah mencukupi untuk kebutuhan membeladiri sehari-hari, tapi jika anda mau berlatih lebih dari yang telah dipelajari, anda bisa mendownload link-link video dibawah ini. Video-video ini akan membahas secara lengkap dan mendalam tentang wing chun dipandu oleh Terence Yip, Austin Goh dan Randy Williams. Video ini cukup penting walaupun waktu untuk melakukan downloadnya sebenarnya sangat lama. Jadi video ini khusus mereka yang benar-benar ingin belajar dan kebelet belajar wing chun. Video ini terdiri dari satu film yang dipecah menjadi beberapa file rar. Jadi harus semuanya dikumpulkan jadi satu dan di ekstrak. Saya sudah mengumpulkan link-link sebelumnya dan sekarang juga ingin mengoleksi yang dibawah ini, jadi buruan download sebelum linknya ditutup. Sedot gan...!!! :-D Jadi selamat mendownload dalam waktu lama.....

Video wing chun dari Terence Yip Basic technique 1: www.filecrop.com/30661986/index.html www.filecrop.com/30661987/index.html www.filecrop.com/30661988/index.html www.filecrop.com/30661989/index.html Basic technique 2: www.filecrop.com/30661990/index.html www.filecrop.com/30661991/index.html Siu nim tau: www.filecrop.com/30661992/index.html www.filecrop.com/30661993/index.html www.filecrop.com/30661994/index.html www.filecrop.com/30661995/index.html Complete wing chun lesson: www.filecrop.com/30661996/index.html www.filecrop.com/30661997/index.html www.filecrop.com/30661998/index.html www.filecrop.com/30661999/index.html Chi sau 1: www.filecrop.com/30662000/index.html www.filecrop.com/30662001/index.html www.filecrop.com/30662002/index.html www.filecrop.com/30662003/index.html Chum kiu: www.filecrop.com/30662004/index.html www.filecrop.com/30662005/index.html www.filecrop.com/30662006/index.html www.filecrop.com/30662007/index.html Biu tze: www.filecrop.com/30662008/index.html www.filecrop.com/30662009/index.html www.filecrop.com/30662010/index.html www.filecrop.com/30662011/index.html

Mok yan chong:

www.filecrop.com/30662012/index.html www.filecrop.com/30662013/index.html

Penggunaan mok yan chong:

www.filecrop.com/31776894/index.html www.filecrop.com/31776895/index.html www.filecrop.com/31776896/index.html

Bart cham dao:

www.filecrop.com/31776897/index.html www.filecrop.com/31776898/index.html www.filecrop.com/31776899/index.html

Chi grek:

www.filecrop.com/31776900/index.html www.filecrop.com/31776901/index.html www.filecrop.com/31776902/index.html www.filecrop.com/31776903/index.html

Video jurus tongkst wing chun dari Austin Goh Jurus tongkat: www.filecrop.com/31405347/index.html www.filecrop.com/31405348/index.html www.filecrop.com/31405349/index.html www.filecrop.com/31405350/index.html www.filecrop.com/31405351/index.html www.filecrop.com/31405352/index.html www.filecrop.com/31405353/index.html www.filecrop.com/31405354/index.html Video chi sau wing chun dari Randy Wiliams Chi sao: www.filecrop.com/31776882/index.html www.filecrop.com/31776883/index.html www.filecrop.com/31776884/index.html www.filecrop.com/31776885/index.html

TATA CARA PELAJARAN
Ini adalah tata cara pengajaran wing chun yang standar yang diajarkan guru besar Leung Ting dalam buku Wing Tsun Kuen dan akan saya beri penjelasan sedikit tentang tata cara pelajaran ini menurut sudut pandang saya. Perlu mengikuti tata cara ini agar latihan menjadi sistematis dan dapat memberikan hasil yang lebih baik. Berikut ini tata cara pengajaran, yaitu:  Jurus siu nim tau, ini adalah jurus pertama dalam wing chun dan wajib dipelajari karena mengandung semua gerakan tangan wing chun. Ditiap latihan, jurus ini wajib digunakan setiap latihan, setelah pemanasan. Selain itu pula jika anda tidak menguasai jurus ini benar-benar, maka wing chun yang anda kuasai akan selama-lamanya cacat. Selain mempelajari video tentang siu nim tau, pelajari pula seluk beluk jurus siu sim tau yang diajarkan dalam buku Wing Tsun Kuen karya guru besar Leung Ting

 Latihan fisik pendukung, ini adalah latihan untuk membiasakan penggunaan teknik wing chun seperti teknik tamparan dan lain-lain. Video yang digunakan ialah video yang ditampilkan oleh Master Wong yang berjudul How To Do Wing Chun level 1 lesson 1-13 dan lesson 19 serta lebih baik lagi jika disertai pelajaran yang diajarkan dalam buku wing tsun kuen pada bab yang berjudul exercise training agar pemahaman anda tentang latihan ini lebih mendalam dan tepat guna.  Chi sau satu tangan, merupakan teknik yang utama setelah anda belajar jurus siu nim tau dan latihan fisik. Tanpa anda menguasai chi sau satu tangan, anda tidak akan pernah belajar wing chun secara lengkap. Oleh karena itu jika belum terjadi perkembangan dalam chi sau ini, anda tidak boleh melanjutkan ketahap selanjutnya. Lalu apa yang menjadi batasan perkembangan teknik ini? Yang pasti kepekaan tangan anda akan bertambah, hingga mempunyai kemampuan melakukan tangkisan dan serangan dengan pasti dan tepat. Pertama-tama lakukan teknik ini dengan cara berurutan seperti yang dipelajari, lalu lakukan dengan cara tidak tentu, jadi tidak berurutan lagi. Teknik ini ada dua versi, yang satu versi dari buku Wing Tsun Kuen dan satu lagi versi video dari Todd Shawn Tei, tapi tidak ada perbedaan. Karena teknik yang terakhir merupakan teknik yang dikembangkan dari teknik pertama.

 Jurus chum kiu, adalah jurus kedua yang dipelajari dan cukup penting, karena mengandung teknik melakukan kuda-kuda miring dan teknik maju serta tendangan. Jurus ini wajib anda pelajari dan kuasai setelah anda menguasai teknik chi sau satu tangan. Jika anda telah menguasai jurus ini, anda kemudian akan mempelajari teknik chi sau dua tangan dimana jika 2 jurus dan teknik chi sau sudah dikuasai dengan benar, anda dapat melakukan pertarungan dengan baik, walaupun belum menguasai jurus Biu Tze dan teknik Muk Yan Chong. Inilah mengapa wing chun disebut beladiri yang praktis dan efektif, karena dengan hanya penguasaan 2 jurus dan teknik chi sao saja dengan benar dan pengalaman dalam bertarung, anda sudah dapat melakukan pertarungan dengan baik dan dapat mengalahkan lawan anda dengan cepat. Jurus ini dapat anda pelajari dangan cara mengikuti gerakan video tentang jurus chum kiu dan mempelajari seluk-beluk jurus ini dalam buku Wing Tsun Kuen.

 Chi sau dua tangan, dapat dipelajari lewat video atau buku Wing Tsun Kuen.

 Pertarungan bebas, adalah latihan utama untu menambah jam terbang seseorang agar ia terbiasa melakukan pertarungan secara bebas. Sebuah beladiri akan berguna jika pemiliknya mengamalkannya, yang pasti bukan dengan cara membantai seseorang, melainkan melakukan latihan pertarungan yang bebas, tidak terskenario dan terkontrol. Oleh karena itu aspek keamanan dalam teknik ini penting, seperti penggunaan pakaian pelindung.

 Jurus biu tze, ini adalah jurus terakhir dan dikuasai jika sudah menguasai jurus lainnya. Dapat dipelajari lewat beberapa video tentang wing chun.

 Jurus muk yan chong, merupakan jurus yang sangat populer dalam dunia seni beladiri karena kekuatannya yang luar biasa. Tapi sayang, seseorang boleh menguasai jurus ini setelah menguasai jurus-jurus sebelumnya dengan baik dan mampu melakukan pertarungan dengan benar. Jika hal-hal itu terpenuhi maka anda bisa mempelajari jurus ini. Jurus ini sebenarnya melengkapi penggunaaan jurus-jurus sebelumnya hingga menjadikan beladiri wing chun menjadi lebih kuat daripada sebelumnya. tapi janagn berkecil hati, anda dapat berlatih dengan patung muk yan chong, tapi bukan jurus-jurus aslinya, tapi mempelajari penggunaan teknik 2 jurus yang awal. Ini akan membantu anda nanti saat mempelajari jurus ini, agar anda nanti tidak kikuk jika berhadapan dengan patung ini. Selain jurus tangan kosong, anda dapat juga mempelajari jurus bersenjata wing chun, yaitu Lok Dim Boon Kwun (jurus tongkat enam setengah) dan Bart Cham Dao (jurus pedang kupu-kupu) setelah anda menguasai semua jurus tangan kosong.

MEMBUAT PATUNG KAYU

Sebenarnya yang saya berikan panduan untuk pembuatan patung ini bukan 100% terbuat dari kayu, karena patung kayu yang asli harganya sangat mahal, yang paling murah saya 1,5 jt. Maklum karena harga kayu untuk pembuatan patung ltihan ini cukup mahal. Oleh karena itu banyak yang menyarankan untuk membuat sendiri patung ini, tapi bukan dari kayu, tapi dari PVC atau pipa air yang besar. Oleh karena itu ada sebuah panduan yang membantu anda membuat patung kayu tersebut. Sebelum anda membacanya, pilihlah dahulu bentuk patung yang anda inginkan, karena patung sendiri ada 3 tipe, berdiri dengan tubuh utamanya, dengan 2 tiang penyangga atau dipasang didinding, jadi saya sarankan yang murah yang berdiri dengan tubuhnya, yaitu gambar atas kiri atau bawah kanan, jadi tinggal memikirkan alas bawah patung agar dapat berdiri tegak dengan baik. Ini link menuju panduan untuk membuat patung latihan wing chun. How to Make a PVC Wing Chun Dummy http://www.ehow.com/how_5836347_make-pvc-wing-chun-dummy.html

Lalu setelah mengetahui cara pembuatannya, ada baiknya mempelajari ukuran-ukuran patung ini, agar mempermudah dalam membuat patung kayu dengan benar dan tepat. Jika anda perlu bisa melihat gambar diatas dan satuan yang digunakan inchi. Jika anda mau yang lebih detail lagi, silahkan download blueprint patung latihan dibawah ini. Blueprint wooden dummy www.wingchunonline.com/Wingchun/Wooden_Man_01.pdf www.wingchunonline.com/Wingchun/Wooden_Man_02.pdf

LATIHAN UNTUK PEREMPUAN
Untuk melatih beladiri ini, tidak mungkin anda melakukan latihan beladiri ini sendirian, terutama chi sau. Inilah yang membuat latihan beladiri ini lebih sulit daripada beladiri praktis lainnya seperti krav maga. Jadi anda perlu untuk mengajak minimal seorang teman anda yang suka pada beladiri ini agar bersama-sama mempelajari beladiri ini. Ini akan membantu anda untuk menguasai beladiri ini dan saling berbagi ilmu beladiri anda. Kemudian, hal yang perlu dipahami lagi ialah latihan untuk perempuan. Untuk laki-laki, kekuatan dan kecepatan dalam melakukan teknik dijalankan secara bersamaan, sedangkan perempuan menggunakan kecepatan dalam menghabisi lawannya. Inilah perbedaan antara laki-laki dan perempuan, karena kondisi tubuh perempuan lebih lemah, tapi dengan menguasai teknik wing chun, maka ia dapat mengalahkan laki-laki dengan mudah. Pada umumnya beladiri wing chun dapat dikuasai dalam waktu minimal 6 bulan. Tapi sebagian besar hal itu dilakukan oleh laki-laki. Sedangkan latihan untuk perempuan lebih lama daripada laki-laki. Ini bukan karena mereka tidak mampu menguasai teori dan praktek wing chun, tapi karena kondisi fisiknya. Oleh karena itu bagi para perempuan yang berlatih wing chun, jangan khawatir. Karena jika anda sudah mebguasai beladiri ini, hasil yang anda akan peroleh sama dengan hasil yang diperoleh oleh laki-laki, jadi tidak ada perbedaan besar.

PENUTUP
Akhirnya tibalah kita pada akhir ebook ini. Semua yang saya bicarakan dalm ebook ini juga saya sedang pelajari dengan sungguh-sungguh. Ebook ini muncul karena rasa ingin berbagi saya pada anda-anda sekalian yang ingin mempelajari wing chun dan kurangnya sumber berbahasa indonesia yang mengangkat cara berlatih wing chun. Walaupun begitu, ebook ini juga tidak luput dari kesalahan dan mohon dimaklumi. Dalam waktu dekat saya akan menyelesaikan sebuah eboom lagi tentang wing chun, yang saya kutip dari buku Wing Tsun Kuen. Oleh karena itu saya berterima kasih sekali kepada penulis buku tersebut, sehingga saya mempunyai pikiran untuk turut andil ikut menyebarkan beladiri ini. Doakan buku saya selesai dalam beberapa bulan kemudian. Terakhir saya akan memberikan saran, ada baiknya jika anda berlatih wing chun ini lewat perguruan resminya, mengapa? karena belajar lewat video atau buku juga ada kekurangannya, harus kita akui, tapi jika anda tidak mampu ikut latihan karena masalah dana atau tidak adanya perguruan wing chun di daerahnya, maka anda boleh berpaling pada ebook ini. Ebook ini bagus untuk menjadi panduan kita. Semoga ebook ini berguna bagi kita semua !!!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->