P. 1
Definisi cahaya

Definisi cahaya

|Views: 871|Likes:
Published by Mafiapala Undip

More info:

Published by: Mafiapala Undip on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2013

pdf

text

original

suatu bentuk radiasi elektromagnet yang dapat dideteksi mata manusia.

Cahaya dapat merambat tanpa medium, mempunyai frekuensi antara 4 x1014 Hz sampai 7,5 1014 hz. Panjang gelombang cahaya antara 400 nm (inframerah) sampai 700 nm (ultra ungu).

Besaran Fisis Cahaya
• Flux Cahaya : Banyaknya cahaya yang dipancarkan persatuan waktu. (satuan : Lumen, symbol : F) • Intensitas/Kuat Cahaya : besarnya flux cahaya persatuan sudut ruang. (satuan : kandela, simbol : I) • Kuat Penerangan : Besarnya flux cahaya yang dipancarkan persatuan luas. (satuan : lux, simbol : E) • Luminansi : kuat cahaya persatuan luas semu suatu sumber cahaya atau permukaan yang diterangi. (satuan : cd/m2, simbol : L) • Terang : kuat cahaya persatuan luas (semu) suatu sumber cahaya (sumber cahaya berupa luasan) (satuan : cd/m2, simbol : B)

•Sinar yang jatuh di retina mata di ubah menjadi sinyal-sinyal listrik dan diteruskan oleh syaraf-syaraf neuron ke sebuah bintik kecil di bagian belakang otak yang disebut pusat penglihatan. . sebenarnya kita hanya melihat efek-efek impuls yang sampai ke mata kita dan diteruskan ke otak kita setelah diubah menjadi sinyal-sinyal listrik. •Di dalam pusat penglihatan sinyal listrik ini diterima sebagai sebuah bayangan setelah mengalami sederetan proses. •“Kita melihat” sebenarnya kita hanya melihat sinyal-sinyal listrik di dalam otak kita.•Kumpulan cahaya (foton) bergerak dari benda menuju mata. •Cahaya menembus lensa mata selanjutnya membiaskan dan menjatuhkannya secara terbalik di retina mata – bagian belakang mata. •Saat mengatakan “kita melihat”.

Inframerah 780 nm merah 750 nm 700 nm 650 nm 600 nm jingga kuning Hijau 550 nm 500 nm 450 nm 400 nm 380 nm biru nila ungu ultraviolet .

Keadaan dimana intensitas cahaya terlalu besar yang melebihi daya tangkap mata manusia .

erambat melalui medium atau tanpa medium karena cahaya merupakan gelombang elektromagnetik Jika cahaya merambat melalui medium yang lebih tinggi maka cahaya akan dibelokan ke arah garis normal .Cahaya .

Refleksi Refraksi Interferensi .

. setelah menumbuk antarmuka medium.Refleksi atau pemantulan adalah perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi medium asalnya.

. posisi yang jelas lebih dangkal.Refraksi atau pembiasan dalam optika geometris didefinisikan sebagai perubahan arah rambat partikel cahaya Refraksi (pembiasan) gelombang-gelombang cahaya di air. Persegi gelap menunjukkan posisi sebenarnya sebatang pensil yang diletakkan dalam semangkuk air. Perhatikan bahwa ujungnya (X) seakanakan terlihat di Y. Persegi terang menunjukkan posisi tampak dari pensil itu.

Interferensi adalah penjumlahan superposisi dari dua gelombang cahaya atau lebih yang menimbulkan pola gelombang yang baru. .

Penerangan adalah banyaknya cahaya yg diterima oleh suatu benda atau objek Ukuran yg dipakai adalah : Lux 1 Lux adalah kuat penerangan suatu bidang seluas 1 m2 yg menerima cahaya dari sb cahaya berkekuatan 1 lilin. . Alat dipakai mengukur kuat penerangan adalah Luxmeter.

.

Layar penunjuknya akan menampilkan tingkat pencahayaan pada titik pengukuran. . Lux meter cukup diletakkan di atas lantai.Lux meter bekerja dengan sensor cahaya. Dan setelah pengukuran akan mendapat hasil yaitu Ep.

Sebuah lux meter bekerja dengan menggunakan sel foto untuk menangkap cahaya. Meter kemudian mengubah cahaya ini untuk arus listrik. Mengukur arus ini memungkinkan perangkat untuk menghitung nilai lux cahaya itu ditangkap. .

.

Ep I R Cosα : kuat penerangan (lux) : intensitas cahaya yang di cari (Candle) : jarak antara sumber cahaya dengan lux meter : sudut yang dibentuk dari sumber cahaya dan pengamat .

Mempengaruhi mood dan suasana . Meningkatkan produktivitas 2. Mempengaruhi kesehatan 3.1. Berarti lebih baik untuk keamanan 4.

tata cahaya yang lebih baik (tidak silau. dengan intensitas dan sudut yang tepat) dapat membuat kita bekerja lebih senang dan lebih keras lagi .

orang dapat merasa stress karena perubahan pencahayaan / pencahayaan yang tidak tepat. dan dapat dibantu dengan terapi pencahayaan .

pencahayaan yang terang diperlukan untuk pekerjaan yang berbahaya atau yang membutuhkan detail tingkat tinggi .

pada kasus yang lain. Mereka berkumpul dalam beberapa grup dan akhirnya volume suara pada saat mereka bicara juga lebih rendah . dipindahkan ke ruangan yang lebih redup. Grup yang sama. sejumlah besar orang dikumpulkan di suatu ruangan yang terang. Mereka lebih memilih untuk berbicara dalam grup yang besar dan volume suara pada saat mereka bicara akhirnya meningkat.

Jarak sb cahaya perlu diatur .pengaturan letak sb cahaya . Hindari sb yg timbul bayangan 5.1.benda tidak boleh mengkilat 4. Perbaiki kontras 2. Tidak boleh menyilaukan . Sb cahaya harus kuat 3. Sumber cahaya tidak timbul panas 6.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->