BEBERAPA

SOAL LA TIHAN

Jawablah soal Bagian A, B, C, dan D dengan cara melingkari salah satu di antara huruf a, b, c, dan d, yang menurut pendapat saudara paling tepat untuk dihubungkan dengan kalimat yang mendahuluinya. Bagian A

s
o
K 'ZJs.w.

1. Dengan kurva penawaran SSz dan kurva permintaan DDz kita menemukan bahwa medan kemungkinan transaksinya ialah : a. c. a. c. SBA SED kelebihan penawaran kelebihan harga b. d. b. d. SEH OKED. kelebihan permintaan baik, a, b ataupun c tidak ada yang betul.

2. Pada harga setinggi OA, BC merupakan :

3. Kalau OA merupakan harga tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah, maka transaksi jual beli yang terjadi dalam satuan fisiknya akan sebanyak : a. c. AB AC b. d. BC HE

4. Kalau tidak ada campur tangan pemerintah nilai transaksi jual beli ekulibrium yang terjadi akan sebesar : a. c. OK X OH baik a maupun b adalah betul b. d. OHEK baik a maupun b adalah salah

158

06 D + 20 di mana Z = jumlah barang Z yang diminta atau yang ditawarkan. PH c. ataupun c tidak ada yang betul. Dari persamaan C dapat diturunkan sebuah kurva permintaan barang Z. maupun c tidak ada yang betul. barang bebas b. hubungan subtitutif c.200 + 5 Hz Persamaan B : Z = 800 . Bagian B : Diketahui tiga persamaan fungsi : Persamaan A : Z = . b. baik a. Hy = harga barang Y. Dari persamaan C dapat disimpulkan bahwa antara barang Y dan barang Z terdapat: a. Persamaan fungsi kurva permintaan tersebut ialah : a.06D + 20 d. baik a. maka dalam keadaan ekuilibrium transaksi jual-beli yang terjadi dalam satuan fisiknya akan sebanyak : a.10 Hz Persamaan C : Z = . hubungan netral d. barang normal d. maupun c tidak ada yang betul. FG b. 10. kurva permintaan barang Z b. 6. kurva permintaan barang Z b. baru dapat diturunkan apabila diketahui nilai HY dan nilai D 9. b. 8. Dari persamaan C dapat pula disimpulkan bahwa barangZ merupakan : a. D = pendapatan. Persamaan fungsi A adalah yang paling memenuhi syarat untuk disebut sebagai : a. fungsi permintaan barang Z d. fungsi permintaan barang Z d. 7. hubungan komplementer b.7 1 5. HE d. Hz = harga barang Z. Apabila pemerintah menetapkan harga tertinggi barang Z setinggi OF. barang inferior c. Persamaan fungsi C adalah yang paling memenuhi syarat untuk disebut sebagai : a.2 Hy + 0. baik a. Besardasarkan data di atas . Z=-0. kurva penawaran barang Z c.2Hz . kurva penawaran barang Z c. kurva tak-acuh barang Z.2HY+20 c.0. Z=-2HZ+20 b. barang giffen. Z = 0. 159 . b.

Caris atau kurva yang paling memenuhi syarat untuk disebut sebagai kurva tak-acuh indifference curve) ialah : (= a. kurva tak-acuh kurva konsumsi-pendapatan 12. c. b. Dengan memperhatikan gambar di atas dapat dikatakan bahwa: 15. a. kurva BB2 kurvaCc. maupun c tidak ada yang betul. a. pemyataan a dan b ke dua-duanya betul.Bagian C : Xls. b. 11. c. b. baik a. kurva NN kurvaMM kurva penawaran kurva kionsumsi-nya b. incomeeffect atau pengaruh pendapatan substitution effect atau pengaruh substitusi. Perubahan kombinasi konsumsi dari F ke G biasa disebut: price effect atau pengaruh harga. Dengan memperhatikan gambar di atas dapat disimpulkan bahwa: 160 . d. d. a.w. b.w. c. B Y/s. b. pemyataan a dan b ke dua-duanya salah. kurva C2C2 menghasilkan kepuasan yang Iebih tinggi daripada kurva CICI. a. d. kurva permintaan barang X adalah elastis kurva permintaan barang X adalah inelastis 14. Kurva MM adalah paling memenuhi syarat untuk disebut sebagai: 13. d. c. garis B B2 menunjukkanharga barang Y yang Iebih rendah daripada yang ditunjukkan oleh garis BBl.

baik a. 161 . b. b ataupun c tidak ada yang betuI. 18. Kurva tak-acuh konsumen yang satu berbeda dengan kurva tak-acuh konsumen yang lain disebabkan oleh :L a. Kurva penawaran merupakan: a. selera konsumen yang berbeda-beda. a. c. maksimum dari segi kuantitas dan minimum dari segi harga. 20. d. c. b. maka elastisitas permintaan pada titik T setinggi : a. menggunakan asumsi kepuasan seseorang dapat diukur.c. Sebuah garis pennintaan memotong sumbu harga pada titik A dan sumbu kuantitas pada titik B. 17. AT/AB TBI AT b. untuk mengetahui inelastik ataukah elastis perlu diketahui lereng garis penawaran serta letak titik kedudukan pada kurva penawaran terse but. minimum dari segi kuantitas akan tetapi maksimum dari segi harga. d. 8agian D 16. d. Teori konsumen dengan pendekatan kurva tak-acuh : 19. c. c. d. pendapatan dan selera konsumen yang berbeda-beda. menggunakan asumsi guna ordinal. menggunakan asumsi guna kardinaI. b. konsepsi konsepsi konsepsi konsepsi maksimum baik dari segi kuantitas maupun dari segi harga minimum dari segi kuantitas maupun harga. c. b maupun c tidak ada yang betuI. pemyatan a. c. ATffB baik a. kurva pennintaan barang Y adalah elastis kurva pennintaan barang Y adalah inelastis. b dan c tidak ada yang betuI. d. Garis penawaran yang memotong sumbu harga pada daerah negatif : adalah inelastis elastis untuk mengetahui inelastis ataukah elastis perIu diketahui lereng atau slope kurva penawaran tersebut. b. a. pendapatan konsumen yang berbeda-beda. Kalau titik T terIetak padagaris permintaan AB.

tali sepatu dan sepatu. garis anggaran pengeluaran konsumen. satu satuan barang B mendatangkan kepusan sebanyak 20 sakep.000. meliputi baik alat pemuas kebutuhan yang berwujud maupun juga yang tidak berwujud. maka berarti bahwa pengkonsumsian satu satuan barang A dan satu satuan barang B bersarna-sarna tidak perlu menghasilkan kepuasan sebanyak 30 sakep.Gabungan daripada uang A dan uang B adalah Rp 8. goods = * Barang Komplementer. bahkan dapat pula lebih kecil dari 10 sakep. Consumption goods untuk memenuhi kebutuhan hidup barang yang langsung dapat dipergunakan konsumen. = * = Barang Konsumsi. jasa atau kegunaan suatu barang ataujasa Pendekatan atribut adalah teori perilaku ekonomi konsumen hasil pemikiran Kelvin Lancaster yang mengasumsikan bahwa tingginyakepuasan konsumen tidak langsung ditentukan oleh kombinasi barang dan atau jasa yang dikonsumsi melainkan lebih ditentukan oleh atribut barang dan atau jasa yangdi konsumsinya.-. consumptionpossibility line = garis yang menunjukkan berbagai kombinasi dua barang atau lebih yang dapat terbeli oleh seorang konsumen dengan menggunakan seluruh penghasilan yang diperolehnya atau dengan menggunakan seluruh uang yang disediakan untuk membeli barang-barang tersebut.contoh nonadditive: satu satuan barang A mendatangkan kepuasan kepada seorang konsumen 10 sakep.000. alat pemuas kebutuhan manusia yang berwujud catatan : dalarn buku ini kata 'barang' dipergunakan dalarn artian yang luas. Kalau kepuasan yang dihasilkan oleh kedua barang tersebut nonadditive. Dapat lebih dari 30 dapat kurang dari 30. consumer's budger line. uang B Rp 3. 162 . Contoh : mobil dan bensin. complementary goods dua barang atau lebih yang dalarn memenuhi kebutuhan yang sarna dipergunakan bersama-sarna. elastisitas silang di antara dua barang atau lebih yang mempunyai hubungan komplementer adalah cukup berarti dan mempunyai tanda negatif. yang biasa disebut 'jasa' atau 'service'.000. attribut = * Barang. Anggaran Konsumen. Atribut.KOSA KATA (GLOSSARY) Additive = * * * mempunyai sifat dapat dijumlahkan lawan additibve ialah nonadditive contoh additive: uangA Rp 5.

'asumsi ceteris paribus' merupakan asumsi yang mengandaikan semua faktor yang mempengaruhi nilai variabel-variabel eksogen tidak berubah. peradilan dan sebagainya. teori ekonomi makro. substitute goods dua barang konsumsi atau lebih yang dari segi konsumen dengan lainnya sebagai alat pemuas kebutuhan yang sarna dapat saling menggantikan. yang tersedianya dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi dengan menggunakan benda terse but. free goods = * = * = Benda Ekonomi. kearnanan.Barang PribadilSwasta. bekerjanya Barang Produksi. macroeconomic mekanisme theory.jembatan. semua benda bebas tidak mempunyai harga pasar/harga tukar. pelabuhan. alat pemuas kebutuhan manusia yang pada umumnya penyediannya dilakukan oleh pemerintah dengan pertimbangan bahwa untuk barang atau jasa tersebut. aggregate economic analysis. semua benda ekonomi menggunakan harga pasar/harta tukar. tingkat pemenuhan kebutuhan masyarakat akan barang tersebut tendensinya kurang memadai. kecuali kalau secara kesplisit dinyatakan sebaliknya. catatan : dalarn buku ini perhatian kita hanya terbatas kepada barang pribadi atau 'private goods'saja. economic goods Ceteris Paribus. yang dapat berupa barang. public goods * BarangSubstitusi. jasa atau sumber daya. seperti misalnyajalan umum. macroeconomics. = bagian dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perekonomian sebagai suatu keseluruhan. relatif terbatas. lawan 'barang pribadi' ialah 'barang publik'. 163 . = * Benda Bebas. (lihat BARANG PUBLIK). other things being equal Ekonomi Makro. alat pemuas kebutuhan manusia. sedangkan teori mengenai 'barang publik'adalah di luar ruang lingkup buku ini. kalau masalah penyediaannya diserahkan kepada sektor swasta melalui mekanisme pasar. = private goods * = alat pemuas kebutuhan manusia yang pada umumnya mengenai masalah penyediaannya diserahkan sepenuhnya kepada sektor swasta melalui mekanisme pasar. elastisitas silang antara yang substitusi cukup berarti dan mempunyai tanda positif. alat pemuas kebutuhan manusia yang tersedianya dalarn perekonomian jauh lebih besar daripada kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi dengan menggunakan alatalat pemuas kebutuhan tersebut.

keadaan ini dijumpai misalnya dalam kasus pengkonsumsian dua barang yang mempunyai hubungan substitusi sempuma di mana garis anggaran pengeluarannya berimpit dengan garis kurva tak-acuh yang dimilikinya. = teori ekonomi mikro. kurva permintaan atau kuvra penawaran yang berbentuk garis lurus dan sejajar dengan sumbu kuantitas adalah elastik sempuma. keadaan seperti ini terjadi pada harga pasar dan kuantitas seperti yang ditunjukkan oleh titik potong kurva permintaan pasar dengan kurva penawaran pasar. elasticity * 164 . market equilibrium = * = keadaan pasar di mana tidak dijumpai adanya kecenderungan perubahan harga atau perubahan kuantitas barang atau jasa yang diperjual-belikan.Ekonomi Mikro. perilaku pelaku-pelaku Ekulibrium. * dengan pendekatan kurva tak -acuh keadaan ini dicapai pada kombinasi barang konsumsi yang ditunjukkan oleh titik singgung kurva tak -acuh pada garis anggaran pengeluaran konsumen. Ekulibrium Konsumen. unstable equilibrium * Elastik. equalibrium = keadaan di mana tidak dijumpai kecenderungan untuk berubah. elastic = * = Elastisitas. salah satu macam tolok ukur untuk mengukur derajat intensitas hubungan sebabakibat antar variabel yang satu dengan variabel yang lain. price bagian dari eilmu ekonomi yang khusus mempelajari ekonomi. angka elastisitas permintaan atau penawaran yang nilainya sebesar tidak terhingga. rumus umum elastisitas : Ekulibrium Yang Tidak Stabil. Ekulibrium Pasar. microeconomics. microeconomic theory. consumer equilibrium = pola kegiatan konsumsi seorang konsumen di mana tidak dijumpai adanya kecenderungan untuk berubah. theory (dalam artian yang luas). * keadaan ini dijumpai apabila dengan pendapatannya yang jumlahnya tertentu konsumen telah menemukan kombinasi konsumsi yang mendatangkan kepuasan maksimum baginya. (dalam teori konsumen) keadaan pola kegiatan konsumsi seorang konsumen di mana dengan penghasilannya yang tertentu konsumen menemukan lebih dari satu kombinasi barang konsumsi yang mendatangkan tingkat kepuasan maksimum.

income elasticity of demand = * Elastisitas Titik. angka elastisitas permintaan atau penawaran yang nilai absolutnya sarna dengan satu. demand function = . 165 Elastisitas Pendapatan Kurva Permintaan. price elasticity of supply = derajat intensitas reaksi produsen dalam bentuk perubahan jumlab barang yang ditawarkan terbadap perubahan barga satuan barang tersebut. Elastisitas Barga Kurva Penawaran. persamaan fungsi yang menunjukkan bubungan antara jumlah-jumlah suatu barang per satuan waktu yang seorang konsumen atau sekelompok konsumen ingin dan sanggup untuk membelinya pada berbagai kemungkinan nilai daripada satu variabel penentu atau lebib di mana paling sedikit satu variabel penentunya bukan variabel barga satuan barang tersebut. di mana: Elastisitas Jarak. rumus dasar elastisitas barga E=--h Elastisitas Barga Kurva Permintaan. point elasticity = Elastisitas Tunggal.di mana: E: koefisien atau angka elastisitas Vt : nilai variabel tergantung Vb : nilai variabel bebas. Sebaliknya untuk pasangan barang yang mempunyai sifat substitusi angka elastisitas silangnya bertanda positif. derajat intensitas reaksi pembelilkonsumen dalam bentuk perubaban jumlah barang yang diminta terbadap perubahan barga satuan barang tersebut. price elasticity of demand = * tillZ MIzlHz Eh: elastisitas barga Z : jumlah barang Z yang diminta Hz : barga satuan barang Z. derajat intensitas reaksi produsen dalam bentuk perubahan jumlah barang yang diminta terbadap perubahan barga satuan barang terse but. untuk pasangan barang yang mempunyai bubungan komplementer. elastisitas silangnya bertanda negatif. unitary elasticity = Fungsi Permintaan. angka elastisitas yang data untuk menurunkannya berasal dari satu titik kedudukan pada sebuah kurva permintaan atau sebuah kurva penawaran. arcb elasticity = angka elastisitas yang data untuk menurunkannya diambil dari dua titik kedudukan yang berjauban pada sebuah kurva permintaan atau sebuah kurva penawaran.

contoh pasangan barang yang mempunyai hubungan substitusi sempurna ialah film berisi 24 garnbar dan film berisi 36 gambar. economic principle = Hukum Guna Batas Yang Semakin menurun. kepuasan total. Garis yang menunjukkan kombinasi atribut yang dihasilkan dari berbagai kemungkinan pengkonsumsian barang atau jasa untuk memenuhi suatu jenis kebutuhan. kepuasan batas = jumlah tarnbahan kepuasan total sebagai akibat daripada bertambahnya satu unit barang yang sarna yang dikonsumsi.Guna Batas. * * Hukum Ekonomi. mulai tingkat konsumsi tertentu akan semakin rendah besarnya tambahan kepuasan yang diperoleh konsumen dari tambahan satuan barang yang sarna yang dikonsumsinya. hukum Gossen I = hukum ekonomi yang menyebutkan bahwa semakin banyak jumlah suatu barang dikonsumsi oleh seorang konsumen. seorang konsumen dari Garis Depan Atribut. guna atau tingkat kepuasan tidak dapat diukur akan tetapi dapat diperbandingkan. average utility Guna Total. the law of diminishing marginal utility. kurva tak-acuh sepasang barang yang mempunyai hubungan substitusi sempurna berbentuk garis lurus. hukum ekonomi yang menyebutkan bahwa konsumen akan memperoleh jumlah Hukum Kesamaan Marginal. hukum Gossen I = 166 . equimarginal principle. economic law. ordinal utility = = = Guna Rata-rata. total utility Hubungan Substitusi = hubungan antara dua barang konsumsi dengan tingkat substitusi batas yang tingginya tetap. jumlah seluruh kepuasan atau gun a yang diperoleh pengkonsumsian sejumlah satuan barang yang sarna. hasil bagi kepuasan total dengan jumlah satuan barang yang dikonsumsi. Kurva yang menunjukkan berbagai kombinasi atributy seorang konsumen yang maksimum dapat diperolehnya dari masing-masing alternatif pemenuhan suatu jenis kebutuhan. keajegan perilaku ekonomi pelaku-pelaku ekonomi atau keajegan hubungan sebab akibat antara variabel-variabel ekonomi. kesimpulan teoritik. marginal utility. efficiency frontier = Garis Kombinasi Atribut = Guna Ordinal.

kurva permintaan atau kurva penawaran yang berbentuk garis lurus dan sejajar dengan sumbu harga dikatakan inelastik sempuma. dua barang atau lebih yang tinggi substitusi batasnya di antara barang-barang tersebut sebesar DOl. Sercie = * Kegiatan Ekonomi. bentuk kurva tak-acuh seorang konsumen untuk dua buah barang yang mempunyai hubungan komplementer sempuma berupa dua buah garis lurus yang masingmasing sejajar dengan sumbu kuantitasnya masing-masing dan iuga membentuk sudut tegak lurus. the law of demand = Umu Ekonomi. inelastic = * Jasa. kegiatan konsumsi. yang dapat dikategorikan sebagai kegiatan ekonomi antara lain ialah : kegiatan produksi. kegiatan investasi dan kegiatan distribusi. economic activity = * Komplementer Sempurna. 167 Hukum Permintaan.kepuasan yang maksimal dari penggunaan alat pemuas kebutuhan yang tertentu jumlahnya apabila konsumen berhasil menyamakan guna batas semua satuan terakhir alat-alat pemuas kebutuhan tersebut dari setiap macam pemenuhan kebutuhannya. angka elastisitas permintaan atau penawaran yang nilainya sebesar DOl. dengan tujuan untuk memperpendek kalimat. ilmu yang mempelajari bagaimana manusia dalam usaha memenuhi kebutuhannya mengadakan pemilihan di antara berbagai altematif pemakaian atas alat -alat pemuas kebutuhan yang tersedianya relatif terbatas. Oleh karena itu. alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak berwujud dalam buku ini hampir semua uraian yang berlaku untuk 'barang' berlaku pula untuk 'jasa'. perbuatan manusia yang baik secara lang sung maupun secara tidak langsung menyangkut penggunaan benda-benda ekonomi. Hukum Penawaran. hukum ekonomi yang menyebutkan bahwa semakin rendah harga suatu barang semakin banyak barang tersebut diminta oleh seorang konsumen atau oleh masyarakat. dalam buku ini penggunaan sebutan 'barang' selalu diartikan 'barang dan ataujasa'. pasangan barang komplementer sempurna = * . the law of supply = hukum ekonomi yang menyebutkan bahwa semakin tinggi harga suatu barang semakin banyak kuantitas barang tersebut yang ditawarkan oleh seorang produsen atau oleh seluruh produsen yang ada dalam masyarakat. economics = Inelastik.

Lihat 'atribut' sebuah kuadran atau bidang di mana termuat rangkaian kurva-kurva tak-acuh seorang konsumen. consumption = Kurva Engel. kurva permintaan akan suatu barang yang bentuknya sejalan dengan 'hukum permintaan'. Engel curve = kurva yang menunjukkan jumlah-jumlah barang atau jasa konsumsi per satuan waktu yang seorang konsumen ingin dan sanggup untuk membelinya pada berbagai kemungkinan penghasilan yang diperolehnya. indifference curve kurva yang menghubungkan berbagai kemungkinan kombinasi dua barang atau lebih yang memberikan tingkat kepuasan yang sarna bagi seorang konsumen yang mengkonsumsinya. = Lancaster. income-comsumption curve = kurva yang menghubungkan titik-titik ekuilibrium konsumen pada berbagai pendapatan konsumen yang digarnbarkan pada medan tak -acuh konsumen. yaitu semakin rendah harga satuan barang. yaitu semakin tinggi harga satuan barang bersangkutan semakin besar kuantitas barang yang seorang produsen atau sekelompok atau seluruh produsen ingin dan sanggup untuk menghasilkan dan menjualnya.* contoh pasangan barang komplementer sempurna ialah sepatu kanan dan sepatu kiri. consumer's indifference system = 168 . Penemu teori konsumen dengan pendekatan atribut.Tak-Aeuh. semakin besar kuantitas barang terse but yang seorang konsumen atau masyarakat ingin membelinya. price-consumption curve kurva yang menghubungkan titik-titik ekuilibrium konsumen pada medan tak-acuh seorang konsumen pada berbagai kemungkinan harga satuan barang tersebut. Kurva Konsumsi-Harga. 'kegiatan konsumsi' adalah kegiatan ekonomi yang berupa memakai atau menggunakan barang atau jasa konsumsi dengan tujuan terpenuhinya kebutuhan hidup mereka. Kurva Penawaran Berbentuk Normal = Kurva Permintaan Berbentuk Normal = Kurva Tak-Acuh. = Kurva Konsumsi Pendapatan. kurva penawaran akan suatu barang yang sejalan dengan 'hukum penawaran'. Kelvin Lancaster = Medan. indifference map. Konsumsi.

kurva yang merupakan gabungan antara dua atau lebih kurva penawaran individual. tabel penawaran. kurva penawaran pasar merupakan salah satu bentuk kurva penawaran koletif. (4) bebas keluar-masuk industry (5) sumber daya mempunyai mobilitas yang tinggi. collective supply curve = * Penawaran Pasar. perfect competition = Penawaran. competitive market = Pasar Persaingan Murni. individual firm's supply curve = Penawaran Kolektif. mobility = * sifat mudah bergerak menyesuaikan diri dengan keadaan. (3) barang yang dijual-belikan homogen. supply curve. pure competition = Pasar Persaingan Sempurna. (Lihat PASAR PERSAINGAN MURNI). atau secara fungsional dari satu macam pekerjaan ke macam pekerjaan yang lain. skedul penawaran. kurva penawaran individual. supply schedule = kurva/garis/tabel yang menunjukkan hubungan antara jumlah-jumlah suatu barang per satuan waktuan yang seorang produsen atau sekelompok produsen ingin dan sanggup untuk memprodusir dan menjualnya pada berbagai kemungkinan harga satuan barang tersebut. suatu bentuk pasar kompetitif di mana di samping syarat-syarat untuk pasar persaingan mumi semuanya dipenuhi. kurva penawaran kolektif. bentuk pasar di mana baik jumlah pembeli maupun jumlah penjualnya adalah sedemikian banyak sehingga tidak seorang pembeli ataupun seorang produsen dapat mempengaruhi harga pasar barang tersebut. kurva penawaranpasar. kurva penawaran pasar merupakan hasil penjumlahan secara horisontalldari segi 169 Penawaran Individual. Pasar Kompetitif. kurva penawaran. syarat tambahan berupa dimilikinya 'pengetahuan sempuma' baik oleh para pembeli maupun juga oleh para penjual harus pula dipenuhi. suatu bentuk pasar kompetitif di mana dipenuhi syarat : (1) banyak pembeli. market demand curve kurva yang menunjukkan hubungan antarajumlah-jumlah suatu barang yang semua produsen yang terjangkau dalam suatu pasar ingin dan sanggup untuk menghasiikan dan menjualnya pada berbagai kemungkinan harga satuan barang tersebut. contoh : sumber daya manusia dinyatakan mempunyai mobilitias yang tinggi apabila sumber daya tersebut mudah dipindahkan secara geografis dari daerah satu ke daerah lain. kurva yang menunjukkan hubungan antarajumlah-jumlah suatu barang per satuan waktu yang seorang produsen ingin dan sanggup untuk menjualnya pada berbagai kemungkinan harga satuan barang tersebut.Mobilltas. = * . (2) banyak penjual. garis penawaran.

skedul permintaan. suatu barang yang diminta oleh konsumen sebagai akibat berubahnya barga relatif barang pada tingkat pendapatan nominal yang sarna. pengaruh harga berbentuk dari dua unsur. 170 . penjabaran pengaruhbargake dalarn unsurpengaruh pendapatan dan unsurpengarub substitusi yang menggunakan anggapan dasar bahwa pendapatan nyata konsumen dianggap tidak berubah apabila kombinasi barang konsumsi yang diarnbil konsumen sebelumnya terjadi perubahan harga.kuantitasnya dari semua kurva penawaran produsen individual yang terjangkau oleh pasar barang tersebut. kurva permintaan. Pengaruh Barga Dengan Penjabaran Slutsky = Pengaruh Pendapatan. substitution effect = Pennintaan. di mana perubahan pendapatan kosnumen tersebut merupakan akibat daripada berubahnya barga barang tadi dengan memperbitungkan bahwa harga relatif barang tersebut tidak mengalarni perubahan. perubahan kuantitas. dan (b) penjabaran Slutsky. yaitu: (a) penjabaran Hicks. 'pengaruh harga' merupakan pengaruh total perubahan harga suatu barang terhadap pengkonsumsian barang dari seorang konsumen dengan pendapatan nominal yang tetap yang digarnbarkan pada medan tak-acuh yang dimilikinya. penjabaran pengarub barga ke dalarn unsur pengarub pendapatan dan pengarub substitusi di mana perubahan kombinasi barang-barang konsumsi di sepanjang kurva tak-acuh yang sarna dianggap tidak ada perubahan dalam pendapatan nyata. Pengaruh Barga. demand scbedule = kurvalbaris/tabel yang menunjukkan hubungan antara jumlah-jumlah suatu barang yang seorang konsumen atau masyarakat ingin dan sanggup untuk membelinya per satuan waktu pada berbagai kemungkinan barga satuan barang tersebut. garis permintaan. perubahan kuantitas suatu barang yang diminta oleh seorang konsumen sebagai akibat daripada berubahnya pendapatan nyata konsumen. income effect = Pendapatan Pendapatan Perubahan Barga. Pengaruh Barga Dengan Penjabaran Hicks. demand curve. ada dua macarn penjabaran pengaruh 'harga total'. = * * = dalarn analisis perilaku konsumen. perubahan kuantitas suatu barang yang diminta oleh seorang konsumen sebagai akibat daripada berubahnya pendapatan nyata konsumen. price effect. tidak mengalarni perubahan. tabel permintaan. = Pengaruh Substitusi. yaitu unsur pengaruh pendapatan dan unsur pengaruh substitusi.

Untuk 'fungsi permintaan' lihat FUNGSI PERMINTAAN. akan tetapi harganya. kurva permintaan konsumen individual. 'asumsi rasionalitas' merupakan asumsi yang mengendalikan semua pelaku ekonomi bersikap rasional. collective demand curve = * Permintaan Pasar. Permintaan Individual. (b) guna waktu atau time utility. kurva permintaan kolektif. penjumlahan yang dimaksud di atas ialah penjumlahan kuantitasnya dan bukan penjumlahan harganya. kurva yang merupakan gabungan antara dua atau lebih kurva permintaan individual. yang dijumlahkan bukan kuantitasnya.* 'kurva pennintaan' tidak sarnadengan 'fungsi pennintaan'. Permintaan Kolektif. untuk barang pribadi atau'private goods'. nilai ekonomi yang dihasilkan oleh kegiatan produksi dapat berupa : (a) guna bentuk atau form utility. 'kegiatan produksi' ialah kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan atau meningkatkan nilai ekonomi alat pemuas kebutuhan manusia dengan jalan mengkombinasikan berbagai sumber daya sesuai dengan hasil produksi yang ingin dihasilkan. individual consumer's demand curve = kurva yang menunjukkan hubungan antara berbagaijumlah suatu barang per satuan waktu yang seorang konsumen ingin dan sanggup membelinya pada berbagai kemungkinan harga satuan barang tersebut. kurva permintaan pasar. kurva yang menunjukkan hubungan antara jumlah-jumlah suatu barang atau jasa per satuan waktu yang masyarakat ingin dan sanggup membelinya pada berbagai kemungkinan harga satuan barang tersebut. production = * Rasionalitas. (c) guna temp at atau place utility dan (e) guna milik atau possession utility. 'kurva permintaan pasar' merupakan hasil penjumlahan semua kurva permintaan konsumen individual akan barang yang sarna yang terjangkau oleh pasar barang tersebut. market demand curve = * * * Produksi. untuk barang publik adalah sebaliknya. kurva permintaan pasar merupakan salah satu bentuk kurva pennintaan kolektif. rationality = * * 171 . asumsi ini dalarn teori konsumen terjelma dalarn pengendalian konsumen senantiasa berusaha memaksimumkan kepuasan. (Akan tetapi pembicaraan tentang barang publik adalah di luar ruang-lingkup buku ini). asumsi ini dalarn teori produsen terjelma dalarn pengandaian produsen senantiasa berusaha memaksimumkan keuntungan.

consumer theory = bagian dari ekonomi mikro yang khusus mempelajari perilaku ekonomi rumah tangga konsumen. marginal rate of substution = angka yang menunjukkan perbandingan antara perubahanjumlah barang konsumsi yang satu dengan perubahan jumlah konsumsi barang konsumsi yang lain yang dibutuhkan agar supaya kepuasan total yang diperoleh konsumen tidak mengalami perubahan. Tfngkat Substitusi Batas. Teori Konsumen. saturation point of consumption = tingkat konsumsi suatu barang atau jasa seorang konsumen yang telah mencapai kepuasan total tertinggi. garis anggaran yang disusun dalam bentuk tabel (lihat GARIS ANGGARAN KONSUMEN). seperti halnya dengan 'utiI' dalam literatur ekonomi berbahasa Inggris. Teori Harga. Teori Distribusi Pendapatan. Titik Jenuh Konsumsi.Sakep. pemakai dan harga pasar sumber-sumber daya. theory of the firm = bagian dari ekonomi mikro yang khusus mempelajari perilaku rumah tangga perusahaan. util * = 'sakep' merupakan singkatan 'satuan kepuasan'. yang dalam buku ini dipakai sebagai satuan untuk mengukur kepuasan. theory of resource allocation = bagian dari ekonomi mikro yang khusus mempelajari perilaku pemilik. price theory (dalam artian yang sempit) = bagian dari ekonomi mikro yang khusus mempelajari perilaku harga pasar barangbarang dan jasa. * 172 . titikjenuh konsumsi tercapai pada tingkat konsumsi dengan guna batas sebesar nol. consumer's budget table Teori Badan Usaha. Kepuasan sendiri sebetulnya tidak dapat diukur. Tabel Anggaran Konsumen. income distribution theory. Apabila titik jenuh ini dilampaui maka kepuasan total yang diperoleh konsumen akan menurun.

a 173 . b 7. a 10.. b 18.~~ ! !I KUNCI JAWABAN: I.___________________ _. b 3. a 19. c 14. d 16. d 15. c 5. c 6. c 20. c 11. d 9. d 17. c 4. c 8.e 2. d 12. c 13.