Olimpiade IPS KISI-KISI SOAL OLIMPIADE IPS TERPADU TINGKAT SMP/SEDERAJAT A. GEOGRAFI 1.

KERAGAMAN BENTUK MUKA BUMI - Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen - Pengaruh Bentuk Muka Bumi terhadap Kehidupan 2. PETA OBJEK GEOGRAFI - Informasi Keruangan dari Peta, Atlas, dan Globe - Letak dan Nama (Toponimi) 3. KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUK DI INDONESIA - Kaitan Kondisi Alam dan Iklim dengan Kehidupan Penduduk - Kaitan Kondisi Hidrologis dengan Kehidupan Makhluk Hidup 4. ATMOSFER - Sifat Fisis Atmosfer - Cuaca dan Iklim 5. HIDROSFER - Siklus Air - Perairan Darat - Perairan Laut 6. KONDISI FISIK, WILAYAH, DAN PENDUDUK INDONESIA - Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadan Kondisi Alam dan Penduduk - Hubungan Letak Geografis dengan Perubahan Musim di Indonesia - Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia - Persebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya di Indonesia - Kondisi Penduduk Indonesia 7. PERMASALAHAN KEPENDUDUKAN DAN PENANGGULANGANNYA

PENYAKIT SOSIAL . KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA . PENYIMPANGAN SOSIAL DAN UPAYA PENCEGAHAN .Perilaku Menyimpang .Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial 2. SOSIOLOGI 1. . PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANGGULANGANNYA.Macam-macam Penyakit Sosial .Komposisi (Susunan) Penduduk .Kuantitas Penduduk Indonesi .Pentingnya Lingkungan Bagi Kehidupan 10.Permasalahan Kependudukan dan Cara Penanggulangannya 8.Upaya Pelestarian Lingkungan Hidupdalam Pembangunan Berkelanjutan . PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANGGULANGANNYA.Pentingnya Lingkungan Bagi Kehidupan 9..Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang . NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG .Hubungan Penyakit Sosial dengan Penyimpangan Sosial dalam Keluarga dan Masyarakat 3.Sosialisasi Sebagai Proses Pembentukan Kepribadian .Pengertian Penyakit Sosial .Interaksi Sebagai Proses Sosial .Pengertian Lingkungan .Upaya Pencegahan Penyimpangan Sosial . .Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang B.Upaya Pelestarian Lingkungan Hidupdalam Pembangunan Berkelanjutan .Pengertian Lingkungan .

Penyebab dan Faktor Terjadinya Perubahan Sosial dan Budaya 8.Ciri-ciri Pranata Sosial .Perbedaan dan Hubungan Perubahan Sosial dan Budaya . PERILAKU MASYARAKAT DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI ERA GLOBAL .Pengertian dan Fungsi Pranata Sosial . HUBUNGAN SOSIAL .Perilaku Manusia dalam Pemanfaatan Sumber Daya EkonomiUntuk Memenuhi Kebutuhan Untuk Memenuhi Kebutuhan .Pengendalian Sosial .Pengertian Hubungan Sosial . PENGENDALIAN PENYIMPANGAN SOSIAL . DAN PRINSIP EKONOMI .4.Upaya Pengendalian Penyimpangan Sosial 6. MOTIF. PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA .Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial dan Kebudayaan .Ilmu Ekonomi. PRANATA SOSIAL .Jenis-jenis Pranata Sosial 5.Hakikat Perubahan Sosial Budaya .Tindakan dan Motif Ekonomi . 2.Prinsip Ekonomi .Modernisasi dan Globalisasi .Dampak Modernisasi dan Globalisasi terhadap Perubahan Sosial dan Budaya C.Bentuk-bentuk Hubungan Sosial 7. TINDAKAN. MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI . EKONOMI 1.

HUBUNGAN KELANGKAAN SUMBER DAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA . KEGIATAN POKOK EKONOMI .Jenis Perusahaan Menurut Lapangan Usahanya .Koperasi sebagai Pelaku Ekonomi . POLA KEGIATAN EKONOMI .Rumah Tangga Keluarga sebagai Pelaku Ekonomi .Kegiatan Konsumsi .Ciri-Ciri Orang Kreatif .Masyarakat sebagai Pelaku Ekonomi . PELAKU EKONOMI .Pengertian Badan Usaha .Kegiatan Produksi .Kelangkaan .Kegiatan Ekonomi .Pengertian Kreativitas .3.Kepedulian Terhadap Sumber Daya yang Terbatas dalam Pemenuhan Kebutuhan 8.Negara sebagai Pelaku Ekonomi .Pengertian Perusahaan . PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA .Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk 4.Perusahaan sebagai Pelaku Ekonomi .Kewirausahaan 7. KREATIVITAS DALAM KEHIDUPAN EKONOMI .Peran Badan Usaha dalam Perekonomian Nasional 6.Kebutuhan Manusia .Kemandirian .Kegiatan Distribusi 5.

Lembaga Keuangan 15. PERDAGANGAN INTERNASIONAL .Harga Keseimbangan 14.Peranan Pemerintah dalam Menanggulangi Permasalahan Tenaga Kerja.Sistem Demokrasi Ekonomi . PASAR .Pengertian Pajak .Sistem Perpajakan di Indonesia 13.9. TERBENTUKNYA HARGA PASAR .Perdagangan Internasional . 11.Sistem Ekonomi . UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN .Penawaran Barang dan Jasa . PAJAK .Pengertian dan Fungsi Pasar . KETENAGAKERJAAN .Fungsi Pajak .Uang . PELAKU EKONOMI DALAM SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA .Angkatan Kerja dan Tenaga Kerja .Permasalahan tenaga kerja di Indonesia .Jenis-jenis Pajak .Permintaan Barang dan Jasa .Valuta Asing .Sektor Usaha Formal sebagai Pelaku Ekonomi 12.Bentuk-bentuk Pasar 10.

Proses Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia 3. MASA PRA AKSARA DI INDONESIA . Kebudayaan.Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia .Agama Buddha . PERKEMBANGAN PADA MASA HINDU-BUDHA .Perkembangan Masyarakat.Peran Indonesia dalam Perdagangan dan Pelayaran antara Asia dan Eropa .Agama Hindu . dan Pemerintahan pada Masa Kolonial Eropa 5.Pergerakan Kebangsaan Indonesia .Pengaruh Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia . PERISTIWA-PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DAN PROSES TERBENTUKNYA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA .Terbentuknya Kesadaran Nasional .Perkembangan Agama Nasrani 6. dan Pemerintahan pada Masa Islam di Indonesia .Peninggalan-Peninggalan Bercorak Islam di Indonesia 4.Perkembangan Masyarakat. Kebudayaan. PERKEMBANGAN DAN PENGARUH KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT . dan Kongres Perempuan Pertama 7.D.Peran Manifesto Politik 1925 Kongres Pemuda 1928.Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia . PERKEMBANGAN PADA MASA ISLAM DI INDONESIA .Perkembangan Kehidupan Masyarakat pada Zaman Pra Aksara 2. MASA KOLONIAL EROPA DI INDONESIA . SEJARAH 1.Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia .Peranan Pedagang dan Ulama dala Perkembangan Islam di Indonesia . TERBENTUKNYA KESADARAN NASIONAL DAN PERKEMBANGAN PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA .

Aktivitas Diplomasi Indonesia di Dunia Internasional untukMempertahankan Kemerdekaan Indonesia . USAHA PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA .Bentuk-Bentuk Perlawanan Rakyat dan Pergerakan Kebangsaan Indonesia Melalui MIAI. Ekonomi : 25 3.Faktor-Faktor yang Memaksa Belanda Keluar dari Indonesia 11. PERISTIWA-PERISTIWA EKONOMI DAN POLITIK INDONESIA PASCA PENGAKUAN KEMERDEKAAN . Gerakan Bawah Tanah.Peristiwa-peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 .Proses Kembali ke Negara Kesatuan RI (NKRI) .Perang Dunia II di Asia-Pasifik Serta Pendudukan MiliterJepang di Indonesia .Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Konflik AntaraIndonesia dan dengan Belanda .Berbagai Peristiwa yang Berhubungan dengan Pemilihan Umum I Tahun 1955 di Tingkat Pusat dan Daerah . PERANG DUNIA II .Pengaruh Kebijakan Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia . Sosiologi : 20 4.Proses Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia 8..Dampak Persoalan Hubungan Pusat-Daerahterhadap Kehidupan Politik Nasional dan Daerah Sampai Awal Tahun 1960-an Jumlah Soal 100 Soal 1.Pihak-Pihak yang Berperan dalam Perang Dunia II . PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA . Geografi : 30 2. Sejarah : 25 .Pembentukan BPUPKI dan PPKI .Persiapan Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan 9. Perjuangan Bersenjata 10.Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II .