peristiwa. Kaitannya dengan pembentukan konsep IPS.Fakta (Factum. atau kejadian nyata masa lampau. kejadian nyata sekarang. Kejadian. maka fakta dapat dikatakan sebagai objek. . Tindakan) Fakta adalah kejadian. objek atau gejala-gejala yang sudah atau dapat dibenarkan oleh indera.

baik konkrit maupun abstrak .Suatu pengertian yang disimpulkan dari sekumpulan fakta yang memiliki ciri-ciri yang sama Konsep itu tidak lain adalah pengertian yang tergambar dalam pikiran yang mencitrakan suatu benda atau suatu gagasan.

asam Bentuk : bulat. dll Nilai atribut : Warna : merah. dll Rasa : manis.Ada contoh Ada ciri-ciri/atribut Ada nilai atribut Contoh : Buah-buahan Ciri dasar : Warna. . dll. kuning. lonjong. bentuk. hijau. 1 ons. dst. Berat : ½ ons. rasa.

Merupakan paduan dari dua atau lebih dari konsep-konsep Contoh: Makin besar sebuah keluarga. maka makin besar biaya yang dikeluarkan Setiap masyarakat memiliki kebudayaan masing-masing. .

dapat membentuk teori Pentingnya teori adalah mampu menjelaskan tentang kejadian. hukum. dan dapat pula memperkirakan atau meramalkan sesuatu kejadian .Konsep dan generalisasi yang berupa prinsip. dalil. pernyataan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dapat ditelusuri sejak zaman Yunani kuno Yang dikenal pada masa itu hanyalah filsafat. antara lain filsafat alam dan filsafat sosial Filsafat dapat dikatakan merupakan induk atau sumber dari berbagai macam ilmu pengetahuan .

sosiologi. terdiri dari. meliputi. geografi. Ilmu-ilmu budaya (humanities). antropologi.Ilmu-ilmu alamiah (natural sciences). ilmu bahasa. ilmu politik. fisika. sejarah. . psikologi. kimia. kesusasteraan. astronomi Ilmu-ilmu social (social sciences). meliputi . ilmu ekonomi. biologi. kesenian.

Ilmu-Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kehidupan bersama Cabang-cabang ilmu-ilmu sosial itu yang menjadi bahan kajian dan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial .

dan demikian seterusnya secara bertahap serta berkesinambungan .Mempelajari kehidupan manusia dalam hubungan atau interaksinya dengan lingkungan alam dan sosial Beberapa konsep yang dipelajari dalam geografi diantaranya: lokasi. sungai. posisi dan tempat Pada tingkat SD. konsep dasar itu dapat kita mulai dari arah (mata angin). jarak. gunung. peta perbedaan waktu.

dokumen. baik berupa peristiwa. kronologi. tahap-tahap peradaban. evolusi dan revolusi . pengalaman kolektif maupun riwayat masa lampau tersebut Konsep-konsep dasar dalam sejarah meliputi waktu. peta. ruang.Sejarah mempelajari tingkah laku (aktivitas) manusia pada masa lampau. alur peristiwa.

kegiatan ekonomi dan sistem ekonomi.Ekonomi mempelajari bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup mereka Konsep-konsep dasar ekonomi antara lain sumber daya. dll . barang dan jasa. kelangkaan.

Sosiologi mempelajari interaksi antar warga masyarakat Konsep-konsep dasarnya meliputi interaksi social. patologi sosial. perlapisan sosial. perubahan sosial. kelompok sosial. sosialisasi. mobilisasi sosial. modernisasi. . proses sosial. dll.

Antropologi mempelajari kehidupan masyarakat tradisional Konsep-konsep dasar dari antropologi meliputi kebudayaan. tradisi. bahasa. pengetahuan. seni. norma. lembaga. ilmu. lambang. dll . teknologi.

republik. wilayah.Politik mempelajari bagaimana penyelenggaraan negara dilaksanakan supaya tujuan bernegara dapat dicapai Konsep-konsep dasarnya meliputi antara lain kekuasaan. cabinet. . DPA. dll. demokrasi. otoriter. kepemimpinan. Negara. kedaulatan rakyat. undang-undang. MA. DPR. monarki.

Psikologi sosial mempelajari proses kejiwaan dan perilaku sosial manusia sebagai mahluk sosial Konsep dasar Psikologi sosial meliputi emosi terhadap objek social. kepribadian. perhatian. dll . minat. motivasi. kesadaran. penghayatan. harga diri. kemauan. kecerdasan dalam menanggapi persoalan sosial. sikap mental.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful