P. 1
Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

1.0

|Views: 4,887|Likes:
Published by Wikarso Fahri
Jika Anda menggunakan komputer hanya memerlukan 1% energi dari menghitung menggunakan kalkukator.
Jika Anda menghitung menggunakan kalkulator, Anda membutuhkan waktu 24 jam. Bayangkan, jika Anda menghitung menggunakan komputer cukup dengan waktu 5 menit.
Created by Wikarso
Jika Anda menggunakan komputer hanya memerlukan 1% energi dari menghitung menggunakan kalkukator.
Jika Anda menghitung menggunakan kalkulator, Anda membutuhkan waktu 24 jam. Bayangkan, jika Anda menghitung menggunakan komputer cukup dengan waktu 5 menit.
Created by Wikarso

More info:

Published by: Wikarso Fahri on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/07/2013

pdf

text

original

Cara Dahsyat!

Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit
Created © by Wikarso

Profil:
Mail to : wikarso@gmail.com Add as Friend : http://www.facebook.com/wikarso Follow me : http://twitter.com/wikarso Visit to : http://wikarso.blogspot.com Go to : http://wikarso.blogdetik.com Publish on : http://scribd.com/wikarso/documents

Menambahkan Video ke Dalam Microsoft PowerPoint

Baca juga yang ini:

Menulis Simbol dan Rumus di Microsoft Word

Mudah Membuat Surat Menggunakan Microsoft Office

Kepada para pembaca DIPERBOLEHKAN untuk mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini dengan syarat : 1. Bukan untuk tujuan komersil 2. Artikel dikutip utuh tanpa ada penambahan atau pengurangan, ataupun digabungkan dengan tulisan yang lain yang bukan berasal dari Wikarso 3. Setiap naskah kutipan harus menyebutkan sumber (judul, halaman, dll)

N

O

M

O

R

015-04-06042012

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit
Menulis rapor, itulah pekerjaan yang rutin dilakukan seorang guru menjelang laporan hasil belajar peserta didik. Tak bisa dipungkiri, pekerjaan ini melelahkan dan menyita banyak waktu. Karena dalam pengerjaannya melakukan perhitungan yang banyak. Kesemuanya membutuhkan konsentrasi penuh supaya tidak terjadi kesalahan. Dalam melakukan perhitungan nilai rapor, banyak sekali metode yang ditempuh. Metode ini seperti perhitungan langsung, kalkulator bahkan menggunakan komputer. Bagi guru yang tidak menguasai komputer mungkin menggunakan kalkulator adalah cara yang mudah. Namun, bagi yang telah telanjur mengenal komputer tentu ingin tahu bagaimana melakukan perhitungan nilai rapor menggunakan komputer. Dan cara ini adalah cara yang LEBIH MUDAH dari kalkulator. Karena komputer memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kalkulator. Komputer mampu melakukan perhitungan sampai 3Gb per detik, sedangkan kalkulator hanya 10 Kb per detik. Komputer menyimpan data apa yang Anda tuliskan, kalkulator tidak bisa menyimpan apa yang dituliskan. Sehingga berapapun angka yang Anda tuliskan akan hilang. Komputer mampu melakukan perhitungan sekaligus dari beberapa data, sedangkan kalkulator mampu menghitung beberapa angka dari sebuah perhitungan. Itulah beberapa keunggulan komputer dari kalkulator. Dan insya Allah  masih banyak yang lain. Dan marilah kita bandingkan melakukan perhitungan menggunakan kalkulator dengan komputer. Jika Anda menghitung menggunakan kalkulator, data yang dituliskan akan hilang. Maka bagaimana Anda yakin bahwa yang telah dituliskan itu benar! Bagaimana pula Anda menentukan rangking dari teratas sampai terendah? Jika Anda menggunakan kalkulator, Anda harus mengingat-ingat nilai yang telah Anda lewati untuk menentukan nilai tertinggi dan terendahnya? Lalu bagaimana jika Anda lupa?

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Created by Wikarso| 2

Jika Anda menghitung menggunakan kalkulator, maka berapa digit yang Anda harus ketik? PERHITUNGAAN RATA-RATA NILAI ULANGAN HARIAN Alat yang digunakan
1Kalkulator

Ketik ...+...+...+...+...=...:5=... =AVERAGE(A10:A20)

1 siswa 8 digit 17 digit

1 kelas (40 siswa) 320 digit 17 digit

20 kelas 6400 digit 17 digit

Komputer

Ini baru satu perhitungan. Bagaimana jika ditambah perhitungan yang lain? Jika Anda menggunakan komputer hanya memerlukan 1% energi dari menghitung menggunakan kalkukator. Jika Anda menghitung menggunakan kalkulator, Anda membutuhkan waktu 24 jam. Bayangkan, jika Anda menghitung menggunakan komputer cukup dengan waktu 5 menit. 2 Dari hal ini, akan memperlihatkan kita akan kebesaran Allah  yang telah menciptakan manusia dan komputer. Mahasuci Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Waktu dan energi yang semestinya kita gunakan untuk melakukan perhitungan menggunakan kalkulator bisa kita gunakan untuk beribadah kepada -Nya. Pertanyaannya... Saya tidak bisa komputer? Saya sudah berumur dan gaptek? Apakah komputer cocok buat saya? Jika Anda merasa belum bisa mengoperasikan komputer, marilah kita belajar menggunakannya. Jika masih merasa malu melakukannya di depan umum, maka lakukanlah di tempat sepi. Buanglah persepsi bahwa komputer itu susah digunakan. Buang jauh-jauh bahwa komputer adalah barang modern yang orang tua tidak sanggup menguasainya. Yakinlah, dengan menggunakan komputer Anda akan lebih maju. Sehingga apapun perasaan Anda ketika menggunakannya, bayangkan sebuah kemudahan di depan Anda. Percayalah, keberhasilan tidak akan tercapai tanpa mencoba. Nasi tidak akan masuk ke mulut tanpa alat yang mengantarnya. Maka, tidak ada salahnya kita mencoba.

Langkah Persiapan 1. Buatlah sebuah dokumen di Microsoft Excel. Isi nilai seperti pada gambar berikut. 3

1 2 3

Digit angka tidak dihitung karena termasuk menginputkan teks ke dalam komputer, bukan perhitungan. Bukan termasuk proses input data. 5 menit adalah waktu yang bisa dicapai dalam proses perhitungan. Cara pembuatan file seperti ini bisa dipelajari di berbagai referensi.

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Created by Wikarso| 3

2. 3. 4.

Jika nilai remidi pada nilai ulangan harian, letakkan di kolom ulangan. Yaitu dengan mengganti nilai dengan nilai hasil remidi. Perhatikan tidak ada karakter yang memenuhi sel4 kosong antara nilai. Jika ada maka hapuslah. Jika nilai tidak ada, maka tulislah nilai dengan angka 0 (nol).

Melakukan Perhitungan Materi Menghitung ratarata ulangan harian Langkah Detail 1. Letakkan pointer 5 di sel M8. 2. Tuliskan =AVERAGE(C8:L8), tekan Enter.

3. Hasilnya berupa angka. Namun, jika hasilnya seperti ini #####, berarti panjang kolom kurang lebar atau perlu
4

5

Sel adalah perpaduan antara baris dan kolom. Baris dilambangkan dengan angka sedangkan kolom dilambangkan dengan huruf alfabet. Sel berarti satu kotak dalam Microsoft Excel. Alamat sel dimulai dengan nama kolom kemudian letak baris. Misalnya A1, B7, M10, dan sebagainya. Pointer adalah penunjuk yang digerakkan menggunakan mouse (sebagai penanda gerakan mouse) di komputer. Bentuknya bisa berupa +, , dll.

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Created by Wikarso| 4

pengaturan desimal. Untuk melakukan pengaturan desimal (menghilangkan angka di belakang koma), letakkan kembali pointer di sel M8, klik Decrease Decimal di tab6 Home beberapa kali sampai tidak ada angka di belakang koma.

Menggandakan rumus menggunakan Copy

Selanjutnya mengganda kan rumus nomor berikutnya. 1. Letakkan pointer di sel yang sudah terdapat rumus di dalamnya (hasil perhitungan), yaitu di sel M8. 2. Klik ikon Copy di tab Home.

3. Blok sel rata-rata ulangan harian untuk nomor siswa nomor 2 sampai terakhir, dalam hal ini sel M9-M17. Klik ikon Paste di tab Home.

6

Tab (tabulasi); lembaran jendela/ papan. Tab terletak di atas. Tab Microsoft Excel terdiri dai Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Created by Wikarso| 5

Menghitung ratarata tugas

Hampir sama seperti cara menghitung rata-rata nilai ulangan harian. Tapi range 7-nya tidak sama. 1. Letakkan pointer di sel R8. 2. Tuliskan =AVERAGE(N8:Q8), tekan Enter.

Review Menggandakan rumus menggunakan Autofill

Jika hasilnya berupa #####, lihatlah cara di atas. Cara ini adalah cara kedua untuk menggunakan rumus. Jika pembaca lebih senang menggunakan cara pertama, maka silahkan pembaca melihat kembali cara di atas dan melewati cara ini. 1. Letakkan pointer di sel R8 kembali. 2. Letakkan kursor di atas ‘kotak kecil kanan bawah’ dari sel. Sehingga bentuk kursor berubah menjadi seperti ini +. Drag8 sampai batas nomor 10 (sel R17).

7 8

Range adalah daerah hasil. Dilambangkan dengan alamat sel seperti M6:K12. Drag; tekan dan geser. Drag dengan cara menekan tombol kiri mouse. Dalam keadaan ditekan, geser sampai tempat yang dinginkan kemudian lepaskan.

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Created by Wikarso| 6

Menghitung ratarata nilai harian

Nilai harian diperoleh dari :
 Rata  rata UH  Rata  rata Tugas 2

Dalam kasus ini, maka kita menggunakan perpaduan rumus aritmatika Microsoft Excel 1. Letakkan pointer di sel S8. 2. Tuliskan =(M8+R8)/2, tekan Enter. M8 adalah Rata-rata Ulangan Harian sedangkan R8 adalah Rata-rata Tugas.

Review

 Jika hasilnya berupa #####, maka lihatlah cara sebelumnya.  Copy rumus ke nomor selanjutnya menggunakan cara sebelumnya. Kolom D diperoleh dari rumus =2A+B+C Keterangan : A (Rata-rata nilai harian), B (nilai mid semester) dan C (nilai semester). 1. Letakkan pointer di sel V8. 2. Tuliskan =(2*S8)+T8+U8, tekan Enter. S8 adalah nilai dari A, T8 dari B, dan U8 dari C.

Menghitung kolom D

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Created by Wikarso| 7

Menghitung nilai rapor

Nilai rapor di peroleh dari kolom D dibagi 4 1. Letakkan pointer di sel W8. 2. Tuliskan =V8:4, tekan Enter. V8 adalah letak nilai untuk D.

Review

 Jika hasilnya berupa #####, maka lihatlah cara sebelumnya.  Copy rumus ke nomor selanjutnya menggunakan cara sebelumnya. Perhitungan ini dengan menghitung secara vertikal. Tuliskan di sel C18 =MAX(C8:C17), C19 =MIN(C8:C17), dan C20 =AVERAGE(C8:C17). C18 untuk nilai tertinggi, C19 untuk nilai terendah, dan C20 untuk rata-rata.

Menghitung nilai tertinggi, nilai terendah dan ratarata

Menggandakan rumus sekaligus

Sebetulnya cara ini sama seperti cara mengganda kan rumus di atas, namun cara ini lebih praktis karena dilakukan sekaligus. 1. Blok9 sel C18-C20. Caranya letakkan pointer di sel C8, kemudian tekan tombol Shift + tombol panah ke bawah sampai sel C20, lepaskan.

9

Blok; memilih/ menyorot. Blok sel berarti memilih beberapa sel.

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Created by Wikarso| 8

2. Letakkan kursor di atas ‘kotak hitam kanan bawah’ dari hasil blok. Drag ke kanan sampai kolom W.

Review Merangking nilai

Jika ada sel yang hasilnya berupa #####, lihatlah cara di atas. Merangking disini adalah mengurutkan data berdasarkan suatu nilai. Dalam hal ini mengurutkan data berdasarkan JUMLAH NILAI. 1. Blok sel A8-X17. Caranya letakkan pointer di sel A8, tekan Shift +  (tombol panah ke kanan) sampai sel X8 kemudian tekan ↓ (tombol panah ke bawah) sampai sel X17 dalam keadaan tekan Shift.

2. Pindah ke tab Data, klik ikon Sort. Hilangkan tanda cek (v) pada My data has headers. Tentukan kolom yang akan dijadikan acuan pengurutan, dalam hal ini kolom JUMLAH yang terletak di kolom V. Pilih Column V di Sort by. Tentukan pula metode pengurutan 10 di Order, pilih Largest to Smallest (pengurutan dari nilai terbesar ke nilai terkecil). Klik OK.

10

Di Microsoft Excel mengenal 2 macam pengurutan, yaitu Sort Ascending (mengurutkan data dari nilai terkecil ke nilai terbesar. Jika data yang diurutkan berupa angka, maka bertuliskan Smallest to Largest dan jika berupa huruf alfabet, maka bertuliskan A to Z) dan Sort Descending (mengurutkan data dari terbesar ke terkecil. Jika data yang diurutkan berupa angka, maka bertuliskan Largest to Smallest dan jika berupa huruf alfabet, maka bertuliskan Z to A). Berdasarkan fungsinya, Sort Descending adalah kebalikan dari Sort Ascending.

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

Created by Wikarso| 9

3. Selanjutnya berilah angka 1, 2, 3 di sel X8, X9, X10 dan seterusnya berurutan ke bawah di kolom RANGKING.

4. Data yang ditampilkan adalah berdasarkan urutan nilai tertinggi ke nilai terendah. Nah, selanjutnya mengembalikan kembali data berdasarkan nomor urut. Blok sel A8-X17 (lihat cara di atas). 5. Klik ikon Sort di tab Data. Hilangkan tanda cek (v) pada My data has headers. Pilih Column A (kolom NO) di Sort by dan Smallest to Largest di Order. Klik OK.

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

C r e a t e d b y W i k a r s o | 10

Melakukan perhitungan beberapa kelas sekaligus

Dalam melakukan perhitungan dimana yang dihitung terdiri dari beberapa kelas (dimana satu kelas dangan kelas lain di dalam sheet yang berbeda) maka cara yang dilakukan adalah:  Menggandakan rumus di sheet yang telah dihitung dan meletakkanya di sheet (kelas) yang lain dengan memperhatikan letak sel.  Memblok/ memilih semua sheet (kelas) yang akan dihitung, baru melakukan perhitungan.  Memblok/ memilih beberapa sheet yang belum dihitung dan sel yang telah dihitung, dimana sel yang telah dihitung menjadi acuan utama perhitungan, kemudian mengeditnya (tekan F2, kemudian Enter). Catatan: Langkah ini bisa dilakukan dengan syarat sheet yang akan dihitung memiliki letak dan format yang sama. Cara menghitung beberapa kelas sekaligus dengan cara mengeditnya. 1. Pilih beberapa sheet lain dengan cara tekan tombol Crtl + memilih sheet lain (sheet 7B, 7C, dan seterusnya). 2. Jika telah terpilih semua, klik kembali ke sheet pertama 7A.

3. Letakkan pointer di sel yang akan dihitung, sel M8 (rata-rata ulangan harian). 4. Tekan tombol F2, kemudian tekan tombol Enter.

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

C r e a t e d b y W i k a r s o | 11

5. Lakukan hal yang sama (langkah nomor 4) pada sel lain (lihat perhitungan dari awal).

Hasil akhir seperti berikut:

Tegal, 14 Jumadil Awwal 1433 H Wikarso

Cara Dahsyat! Menghitung Nilai Rapor Dalam 5 Menit

C r e a t e d b y W i k a r s o | 12

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->