P. 1
Metoda Konstruksi

Metoda Konstruksi

|Views: 186|Likes:
Published by Irawin

More info:

Published by: Irawin on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2013

pdf

text

original

METODA KONSTRUKSI PONDASI TIANG PANCANG PADA JEMBATAN

OLEH : ELI HERMANTO GULTOM (07 172 010) JURUSAN TEKNIK SIPIL-FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS PADANG

dapat didefinisikan sebagai suatu struktur yang dibangun dengan tujuan untuk menjadi pondasi dasar dari sebuah bangunan atau konstruksi tertentu ELI HERMANTO GULTOM (07 172 010) .UMUM Secara umum tiang pancang digunakan untuk konstruksi jembatan.dan gedung.

Theodolite Alat untuk mengukur sudut vertikal dan horizontal dari suatu titik sehingga diketahui dari tempat ketempat lain dan juga untuk mengukur sumbu / as bangunan ELI HERMANTO GULTOM (07 172 010) .PERALATAN YANG DIGUNAKAN 1.

Water pass Alat ukur yang digunakan untuk menentukan / mengukur elevasi. Hammer berfungsi sebagai palu untuk memukul tiang pancang agar masuk dalam tanah . terbagi atas : • Drop Hammer • Single Acting Hammer • Double Acting Hammer . 3.PERALATAN YANG DIGUNAKAN 2.

PERALATAN YANG DIGUNAKAN Drop Hammer ELI HERMANTO GULTOM .

Tahapan Pelaksanaan • Pengaturan Posisi Floating Crane Pengaturan dilakukan dengan memutar mesin lir yang terdapat di sisi kiri dan kanan floating crane. ELI HERMANTO GULTO . • Pengangkatan Tiang Pancang Pengangkatan tiang pancang dilakukan dengan menggunakan crane pancang dengan melilitkan sling baja ke salah satu ujung tiang pancang.

Tahapan Pelaksanaan • Penyetelan Tiang Pancang Dibutuhkan 2 orang surveyor untuk mengatur posisi tiang pancang sesuai titik koordinat yang telah direncanakan. ELI HERMANTO GULTO . Salah satu surveyor bertugas untuk melihat ketepatan koordinat pemasangan tiang pancang dengan posisi berada di depan tiang dan lainnya bertugas untuk melihat kemiringan tiang dengan posisi di samping tiang.

Pada saat piston diangkat lalu dijatuhkan terjadi pembakaran yang mengakibatkan piston terangkat ke atas. ELI HERMANTO GULTO .Tahapan Pelaksanaan • Pemukulan pada Tiang Pancang Pemukulan tiang pancang menggunakan diesel hammer K 35 dimana sistem kerja hammer menggunakan sistem injection.

kemudian diatasnya ditaruh tiang pancang kedua diatas kepala tiang sehingga tiang pancang kedua ini duduk diatasnya dan sisi-sisi pelat sambung kedua tiang berhimpit dan menempel menjadi satu. .Tahapan Pelaksanaan • Penyambungan Tiang Pancang Proses penyambungan dimulai setelah tiang pancang pertama diposisikan pada tempatnya.

Setelah semua permukaan dibersihkan dilas sekeliling sehingga las berbentuk V seluruhnya akan terisi dengan bahan isian.Tahapan Pelaksanaan • Pengelasan Tiang Pancang Dalam proses penyambungan dilakukan dengan menggunakan las busur listrik dan elektroda las sebagai bahan pengikat sambungan. ELI HERMANTO GULTO . Terakhir tempat sambungan tiang pancang ditutup dengan material epoxy untuk mencegah korosi pelat sambungan.

Tahapan Pelaksanaan • Pengambilan Calendring Pengambilan Calendring di ambil di setiap titik pada tiang pancang terakhir dengan menggunakan kertas milimeter. ELI HERMANTO GULTO . Data diambil tiap 10 kali pukulan. dan dilihat berapa penurunan yang terjadi.

Tahapan Pelaksanaan • Pemotongan Tiang Pancang Bertujuan untuk meratakan tiang pancang sesuai elevasi yang telah ditentukan. Pemotongan/cut level tiang pancang pada 15cm diatas elevasi dasar pilecap jembatan causeway. Pekerjaan pemotongan tiang pancang dilakukan setelah pemasangan klem pancang dan profil WF yang digunakan sebagai perancah untuk pijakan pekerja. ELI HERMANTO GULTO .

Pengaturan Posisi atau Kedudukan Dari Crane ELI HERMANTO GULTO .

Pengangkatan Tiang Pancang ELI HERMANTO GULTO .

Pemukulan tiang pancang beton ELI HERMANTO GULTOM .

Penyetelan Tiang Pancang ELI HERMANTO GULTO .

Pengambilan Calendering ELI HERMANTO GULTOM .

TERIMA KASIH ELI HERMANTO GULTOM (07 172 010) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->