P. 1
Teori Arus Listrik

Teori Arus Listrik

|Views: 261|Likes:

More info:

Published by: Hendra Yustritua Hutabarat on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2014

pdf

text

original

Oleh .

.Pengertian Arus Listrik Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir dalam suatu penghantar per satuan waktu.

Secara matematis dinyatakan sebagai : Q I  t Q= muatan listrik (Coulomb) t = waktu (detik) I = Kuat arus listrik (Coulomb /detik atau Ampere) .

Arus listrik di dalam suatu rangkaian hanya dapat mengalir di dalam suatu rangkaian tertutup. Diagram Rangkaian .

Aliran muatan listrik dalam suatu rangkaian dapat dianalogikan (diumpakan) seperti aliran air. .

+) Potensial tinggi Potensial rendah .Arah aliran elektron dari potensial rendah (kutub . Arah arus listrik (sesuai konvensi) dari potensial tinggi (kutub ke potensial rendah ( kutub .) ke potensial tinggi ( kutub + ).).

Mengukur kuat arus listrik • Alat untuk mengukur kuat arus listrik adalah amperemeter atau ammeter. ke Diagram Rangkaian . • Amperemeter disusun seri dengan komponen yang akan diukur kuat arusnya.

Saklar dan Sekering Saklar adalah alat untuk menyambung atau memutus aliran arus listrik. Diagram Rangkaian .

Sekering adalah alat untuk membatasi kuat arus listrik maksimum yang mengalir. ground arus sekering netral isolator penjepit .

maka pada ujung – ujung penghantar itu harus selalu ada beda potensial. Beberapa macam sumber tegangan antara lain : . Alat yang dapat mengadakan selisih atau beda potensial disebut sumber tegangan atau sumber arus listrik.Sumber Tegangan    Supaya arus listrik dapat terus mengalir dalam suatu penghantar.

• Elemen Primer ( Sumber tegangan yang tidak dapat “diisi ulang) 1. terdiri dari komponen : - + Batang tembaga Lempeng seng Larutan asam sulfat encer Prinsip Kerja . Elemen Volta.

5 V Prinsip Kerja .2. Elemen Kering ( batu baterai ) Beda potensial = 1.

Pada saat akku diisi ulang terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia Prinsip Kerja .Elemen Sekunder ( dapat “diisi” kembali )  Akkumulator (aki ) Bagia n– bagia n dari aki Pada saat aki digunakan terjadi perubahan energi kimia menjadi energi listrik.

Diagram Komponen .Mengukur Beda Potensial ( tegangan listrik ) • Alat pengukur tegangan listrik adalah voltmeter • Voltmeter dipasang paralel dengan komponen yang akan diukur beda potensialnya.

Mengukur arus listrik dan beda potensial Diagram Rangkaian .

Yogyakarta 55751 ( Belakang Tower Telkomsel Pajangan ) HP : 08121569622.com . Pajangan. Sendangsari. E-mail : arif_kristanta@yahoo.Dapatkan media pembelajaran Fisika yang lainnya di : Arif Kristanta Kamijoro. Bantul.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->