P. 1
Makalah CPU ( Central Processing Unit)

Makalah CPU ( Central Processing Unit)

|Views: 3,004|Likes:
Published by susila10
Sejarah Perkembangan Processor, Generasi Processor, Kegunaan/Fungsi CPU, Jenis jenis Processor/CPU, dan Operasi/Cara kerja CPU
Sejarah Perkembangan Processor, Generasi Processor, Kegunaan/Fungsi CPU, Jenis jenis Processor/CPU, dan Operasi/Cara kerja CPU

More info:

Published by: susila10 on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2015

pdf

text

original

MAKALAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER “ CPU ( CENTRAL PROCESSING UNIT) “

OLEH:

Nama : I Made Oka Susila NIM : 1115051001 Kelas : II A

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA MARET 2012

KATA PENGANTAR
“Om Swastyastu, ” Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nyalah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “CPU (Central Processing Unit)” tepat pada waktunya. Dalam pembuatan makalah ini, penulis telah banyak mendapat bantuan dari

berbagai pihak berupa moral maupun material. Oleh karena itu, sudah sepatutnya melalui kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah

membantu dalam penyelesaian makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapakan krik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang memerlukan. Akhir kata penulis haturkan parama santi.

“Om, Santhi, Santhi, Santhi, Om”

Singaraja, Maret 2012

Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ......................................................................................................... i DAFTAR ISI ....................................................................................................................... ii BAB I PENDAHULUAN ................................................................................................... 1 1.1 Latar Belakang ....................................................................................................... 1 1.2 Rumusan Masalah .................................................................................................. 2 1.3 Tujuan ..................................................................................................................... 2 1.4 Manfaat ................................................................................................................... 2 BAB II PEMBAHASAN ..................................................................................................... 3 2.1 Sejarah Perkembangan Processor .......................................................................... 3 2.2 Generasi Processor ................................................................................................ 4 2.3 Kegunaan/Fungsi CPU .......................................................................................... 4 2.4 Jenis jenis Processor/CPU ..................................................................................... 5 2.5 Operasi/Cara kerja CPU ........................................................................................ 7 BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan............................................................................................................16 DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Dewasa ini computer sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang

terutama bagi kalangan mahasiswa dan professional. Perkembangan computer sebenarnya tidak seimbang antara ketiga elemen dasar computer yaitu CPU atau prosesor, memory, dan I/O modul. I/O modul adalah elemen yang paling lambat dalam perkembangannnya karena para pengembangnya yang juga sedikit.

Sedangkan memori tidak mengalami perkembangan sepesat perkembangan dari CPU (prosesor) sendiri.

Memori yang ada di pasaran pada saat ini yang paling banyak adalah DDR2 yang merupakan penyempurnaan dari RAM. Kecepatan dari memori DDR2 masih kalah dengan kecepatan dari CPU. Perbandingannya bahkan bisa mencapai sepuluh kali lipat. CPU bisa beroperasi pada orde gigahertz sementara memori hanya mampu beroperasi pada orde megahertz. Perkembangan memori memang lambat, hal ini disebabkan mahalnya komponen-komponen pada memori.

Selain itu para pengembang cenderung untuk lebih mengembangkan dan bereksplorasi pada CPU. Saat makalh ini ditulis, di pasaran sudah ada prosesor dengan kecepatan yang sangat tinggi yaitu prosesor core 2 quad yang merupakan produksi dari perusahaan Intel.

Prosesor

ini

memiliki

kelebihan

dalam

hal

kecepatan

bekerja

jika

dibandingkan dengan prosesor sebelumnya. Selain itu, prosesor ini juga lebih hemat dalam konsumsi daya sehingga jika diterpkan pada notebook bisa

menghemat baterei sehingga umur pemakaian notebook lebih lama. Di samping itu, prosesor ini juga tidak cepat panas sehingga bisa digunakan untuk bekerja ekstra time.

Aplikasi dari computer kebanyakan adalah dalam hal grafis dan database. Semakin bagus prosesornya maka akan semakin baik pula kinerja dari computer

1.2

Rumusan Masalah 1.2.1 Bagaimana perkembangan sejarah processor ? 1.2.2 Apa saja generasi processor ? 1.2.3 Apa saja kegunaan dan fungsi CPU ? 1.2.4 Apa saja jenis jenis processor/CPU ? 1.2.5 Bagaimana cara kerja CPU ?

1.3

Tujuan 1.3.1 Dapat menjelaskan perembangan processor. 1.3.2 Dapat menjelaskan apa saja generasi processor. 1.3.3 Dapat menjelaskan kegunaan dan fungsi CPU. 1.3.4 Dapat menyebutkan jenis jenis processor. 1.3.5 Dapat menjelaskan cara kerja CPU.

1.4

Manfaat 1.4.1 Bagi Pembaca Pembaca jadi dapat lebih mengerti mengenai sejarah perkembangan processor, apa saja generasi processor terdahulu, dan juga bisa lebih memahami kegunaan dan fungsi CPU. 1.4.2 Bagi Penulis Dalam menyelesaikan makalah ini, penulis juga dapat sekalian mempelajari dan mendapat pengetahuan yang lengkap mengenai CPU. Bagaimana system kerjanya dan apa saja jenis jenis processor itu.

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Perkembangan Processor

2.1.1 Perkembangan Processor Dari Generasi Ke Generasi PC didesain berdasar generasi-generasi CPU yang berbeda. Intel bukan satu-satunya perusahaan yang membuat CPU, meskipun yang menjadi pelopor diantara yang lain. Pada tiap generasi yang mendominasi adalah chip-chip Intel, tetapi pada generasi kelima terdapat beberapa pilihan selain chip Intel. Processor merupakan bagian sangat penting dari sebuah komputer, yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Tanpa processor komputer hanyalah sebuah mesin dungu yang tak bisa apa-apa. Processor yang kita pakai saat ini sudah sangat cepat sekali. Tentu saja untuk mencapai kecepatan sampai saat ini processor tersebut mengalami perkembangan. Nah berikut perkembangan processor mulai dari generasi 4004 microprocessor yang di pakai pada mesin penghitung Busicom sampai dengan intel Quad-core Xeon. Perkembangan processor diawali oleh processor intel pada saat itu hanya satu satunya microprocessor yang ada. Tetapi pada saat ini sudah banyak beredar processor dari produsen yang lain, sehingga user sudah bisa mendapatkan processor yang beragam.

2.1.2 Microprocessor 4004 (1971) Processor di awali pada tahun 1971 dimana intel mengeluarkan processor pertamanya yang di pakai pada mesin penghitung buscom. Ini adalah penemuan yang memulai memasukan system cerdas kedalam mesin. Processor ini dinamakan microprocessor 4004. Chip intel 4004 ini mengawali perkembangan CPU dengan mempelopori peletakan seluruh komponen mesin hitung dalam satu IC. Pada saat ini IC mengerjakan satu tugas saja.

2.1.3 Microprocessor 8008 (1972) Pada tahun 1972 intel mengeluarkan microprocessor 8008 yang berkecepatan hitung 2 kali lipat dari MP sebelumnya. MP ini adalah mp 8 bit pertama. Mp ini juga di desain untuk mengerjakan satu pekerjaan saja.

2.1.4 Microprocessor 8080 (1974) Pada tahun 1974 intel kembali mengeluarkan mp terbaru dengan seri 8080. Pada seri ini intel melakukan perubahan dari mp multivoltage menjadi triple voltage, teknologi yang di pakai NMOS, lebih cepat dari seri sebelumnya yang memakai teknologi PMOS. Mp ini adalah otak pertama bagi komputer yang bernama altair.Pada saat ini pengalamatan memory sudah sampai 64 kilobyte. Kecepatanya sampai 10X mp sebelumnya. Tahun ini juga muncul mp dari produsen lain seperti MC6800 dari Motorola -1974, Z80 dari Zilog -1976 (merupakan dua rival berat), dan prosessor2 lain seri 6500 buatan MOST, Rockwell, Hyundai, WDC, NCR dst.

2.2 Generasi

2.2.1 Generasi 1 (Processor 8088 dan 8086) Processor 8086 (1978) merupakan CPU 16 bit pertama Intel yang menggunakan bus sistem 16 bit. Tetapi perangkat keras 16 bit seperti motherboard saat itu terlalu mahal, dimana komputer mikro 8 bit merupakan standart. Pada 1979 Intel merancang ulang CPU sehingga sesuai dengan perangkat keras 8 bit yang ada. PC pertama (1981) mempunyai CPU 8088 ini. 8088 merupakan CPU 16 bit, tetapi hanya secara internal. Lebar bus data eksternal hanya 8 bit yang memberi kompatibelan dengan perangkat keras yang ada. Sesungguhnya 8088 merupakan CPU 16/8 bit. Secara logika prosesor ini dapat diberi nama 8086SX. 8086 merupakan CPU pertama yang benar-benar 16 bit di keluarga ini.

2.2.2 Generasi 2 Processor 80286 286 (1982) juga merupakan prosessor 16 bit. Prosessor ini mempunyai kemajuan yang relatif besar dibanding chip-chip generasi pertama. Frekuensi clock ditingkatkan, tetapi perbaikan yang utama ialah optimasi penanganan perintah. 286 menghasilkan kerja lebih banyak tiap tik clock daripada 8088/8086. Pada kecepatan awal (6 MHz) berunjuk kerja empat kali lebih baik dari 8086 pada 4.77 MHz. Belakangan diperkenalkan dengan kecepatan clock 8,10,dan 12 MHz yang digunakan pada IBM PC-AT (1984). Pembaharuan yang lain ialah kemampuan untuk bekerja pada protected mode/mode perlindungan – mode kerja baru dengan “24 bit virtual address mode”/mode pengalamatan virtual 24 bit, yang menegaskan arah perpindahan dari DOS ke Windows dan multitasking. Tetapi anda tidak dapat berganti dari protected kembali ke real mode / mode riil tanpa mere-boot PC, dan sistem operasi yang menggunakan hal ini hanyalah OS/2 saat itu.

2.3 Kegunaan/Fungsi CPU CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai. 2.4 Jenis – jenis Processor/CPU

Tentang Berbagai Jenis Prosesor Ada banyak prosesor yang berbeda di pasar. Namun, hanya ada beberapa yang harus Anda pertimbangkan pembelian. Apakah Anda membeli komputer dari rak, membangunnya dari awal, atau upgrade CPU Anda, Anda harus menempatkan beberapa waktu dan pemikiran di mana prosesor untuk membeli. Pilihan yang Anda buat hari ini akan mempengaruhi kecepatan komputer Anda dan fungsi untuk tahun yang akan datang.

2.4.1 Jenis Ada dua produsen utama mikroprosesor komputer. Intel dan Advanced Micro Devices (AMD) memimpin pasar dalam hal kecepatan dan kualitas. CPU Intel desktop termasuk Celeron, Pentium, dan Core. prosesor desktop AMD termasuk Sempron, Athlon, dan Phenom. Intel membuat Celeron M, Pentium M, dan prosesor Core mobile untuk notebook. AMD membuat versi seluler dari Sempron dan Athlon, serta prosesor Turion mobile yang datang di Ultra dan versi Dual-Core. Kedua perusahaan membuat kedua prosesor single-core dan multi-core.

2.4.2 Fitur Setiap prosesor memiliki clock speed yang diukur dalam gigahertz (GHz). Juga, sebuah prosesor memiliki front side bus yang menghubungkan dengan random access memory sistem (RAM.) CPU juga biasanya memiliki dua atau tiga tingkat cache. Cache adalah jenis memori yang cepat yang berfungsi sebagai penyangga antara RAM dan prosesor. jenis socket ini prosesor menentukan motherboard dapat diinstal pada.

2.4.3 Fungsi Mikroprosesor adalah sebuah chip silikon yang berisi jutaan transistor mikroskopis. Chip ini berfungsi sebagai otak komputer. Ini proses instruksi atau operasi yang terkandung dalam program komputer yang dapat dieksekusi. Alih-alih mengambil instruksi langsung off dari hard drive, prosesor mengambil instruksi dari memori. Hal ini sangat meningkatkan kecepatan komputer.

2.4.4 Pertimbangan Jika Anda berpikir tentang upgrade prosesor Anda sendiri, Anda harus memeriksa spesifikasi motherboard Anda terlebih dahulu. CPU Anda menginstal harus memiliki ukuran soket sama dengan slot pada motherboard. Juga, ketika anda menginstal sebuah prosesor baru, Anda mungkin perlu memasang heat sink dan kipas. Hal ini karena prosesor cepat menghasilkan panas lebih dari yang lambat. Jika Anda gagal untuk melindungi CPU baru Anda dari panas ini, Anda mungkin berakhir mengganti prosesor.

2.4.5 Ukuran Ketika datang ke prosesor, hal ukuran. Apakah Anda membeli komputer baru atau upgrade lama Anda, Anda harus mendapatkan prosesor tercepat Anda mampu. Hal ini karena

prosesor akan menjadi usang sangat cepat. Memilih prosesor 3,6 GHz selama hari 2 GHz bisa membeli Anda beberapa tahun waktu komputasi murah. Periksa juga kecepatan front side bus (FSB) ketika membeli komputer baru Anda atau CPU. Sebuah front side bus 800 MHz atau lebih besar sangat penting untuk kecepatan proses cepat. Cache prosesor juga penting. Pastikan memiliki setidaknya 1 MB cache tingkat terakhir jika memenuhi kebutuhan komputasi anda adalah rata-rata. Jika Anda seorang gamer ekstrim atau jika Anda menjalankan program intensif grafis, mendapatkan prosesor dengan cache terbesar yang sesuai anggaran Anda. Ada dapat ratusan dolar perbedaan „antara prosesor termurah dan yang paling mahal. Namun, investasi hanya sedikit uang ekstra bisa mendapatkan prosesor jauh lebih baik.

2.4.6 Manfaat Mendapatkan prosesor dengan, dual core triple, atau quad dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kekuatan pemrosesan dari komputer Anda. Ini seperti memiliki dua, tiga, atau empat prosesor terpisah yang diinstal pada komputer Anda pada satu waktu. Prosesor ini bekerja sama untuk membuat multitask komputer Anda lebih cepat dan dengan efisiensi yang lebih besar. Mendapatkan CPU dengan bus front side yang lebih besar dapat meningkatkan kemampuan prosesor untuk berkomunikasi dengan RAM, yang akan meningkatkan kecepatan komputer Anda secara keseluruhan.

2.5 Operasi/Cara Kerja Prosesor (CPU disebut, untuk Central Processing Unit) adalah sebuah sirkuit elektronik yang beroperasi pada kecepatan suatu berkat clock internal untuk sebuah kristal kuarsa yang, ketika mengalami sebuah kismis listrik, kirim pulsa, yang disebut “puncak”. Clock speed (juga disebut siklus), sesuai dengan jumlah pulsa per detik, ditulis dalam Hertz (Hz). Dengan demikian, komputer 200 MHz memiliki jam yang mengirimkan pulsa 200.000.000 per detik. Jam frekuensi umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem (FSB, Front-Side Bus), yang berarti kelipatan dari motherboard frekuensi. Dengan setiap puncak jam, prosesor melakukan tindakan yang sesuai untuk sebuah instruksi atau bagian daripadanya. mengukur yang disebut CPI (Siklus Per Instruksi) memberikan representasi dari rata-rata jumlah siklus clock yang diperlukan untuk microprocessor untuk mengeksekusi instruksi. Sebuah microprocessorâ € ™ daya sehingga dapat dicirikan dengan jumlah instruksi per detik yang ia mampu memproses CPI. MIPS

(juta instruksi per detik) adalah satuan yang digunakan dan sesuai untuk prosesor dibagi dengan frekuensi. 2.5.1 Petunjuk Sebuah instruksi adalah operasi dasar yang prosesor dapat menyelesaikan. Instruksi disimpan dalam memori utama, menunggu untuk diproses oleh prosesor. Sebuah instruksi memiliki dua bidang:
 

kode operasi, yang merupakan tindakan yang prosesor harus mengeksekusi; kode operan, yang mendefinisikan parameter dari tindakan. Kode operan tergantung pada operasi.Hal ini dapat data atau alamat memori.

Kode OperasiOperand Lapangan Jumlah bit dalam sebuah instruksi bervariasi menurut jenis data (antara 1 dan 4 byte 8-bit). Instruksi dapat dikelompokkan berdasarkan kategori, di mana yang utama adalah:
 

Memory Access: mengakses memori atau mentransfer data antara register. Operasi Aritmatika: operasi seperti penambahan, pengurangan divisi atau kelipatannya.

 

Logika Operasi: operasi seperti DAN, ATAU, TIDAK, TIDAK EKSKLUSIF, dll Pengendalian: urutan kontrol, koneksi kondisional, dll

2.5.2 Register Ketika prosesor mengeksekusi instruksi, data disimpan sementara dalam kecil, lokasi memori lokal, 16, 32 atau 64 bit 8 disebut register. Tergantung pada jenis prosesor, jumlah keseluruhan dari register dapat bervariasi dari sekitar sepuluh sampai ratusan. Register utama adalah:
 

register akumulator (ACC), yang menyimpan hasil operasi aritmatika dan logika; register status (PSW, Processor Status Word), yang memegang status indikator sistem (membawa digit, overflow, dll);

 

register instruksi (RI), yang berisi instruksi saat ini sedang diproses; counter ordinal (OC atau PC untuk Program Counter), yang berisi alamat dari instruksi berikutnya untuk proses;

register buffer, yang menyimpan data sementara dari memori.

2.5.3 Memori Cache Memori cache (juga disebut memori buffer) yang memori lokal yang mengurangi waktu tunggu untuk informasi yang tersimpan dalam RAM (Random Access

Memory). Akibatnya,

komputer memori

utamalebih

lambat

dibandingkan

dengan

prosesor. Namun demikian, jenis memori yang lebih cepat, tetapi yang memiliki biaya yang sangat meningkat. Solusinya adalah karena itu untuk menyertakan jenis ini dekat memori lokal untuk prosesor dan untuk sementara menyimpan data primer untuk diproses di dalamnya.Model komputer terbaru memiliki tingkat yang berbeda dari memori cache:

Tingkat satu cache memori (disebut Cache L1, untuk Level 1 Cache) secara langsung terintegrasi ke dalam prosesor. Hal ini dibagi menjadi dua bagian:
o

bagian pertama adalah cache instruksi, yang berisi petunjuk dari RAM yang telah diterjemahkan saat mereka datang di pipa.

o

bagian kedua adalah data cache, yang berisi data dari RAM dan data terakhir digunakan selama operasi prosesor.

Level 1 cache dapat diakses dengan sangat cepat. Akses pendekatan waktu tunggu yang dari register prosesor internal.

Tingkat dua cache memori (disebut L2 Cache, untuk Level 2 Cache) terletak dalam kasus bersama dengan prosesor (dalam chip). Level dua cache perantara antara prosesor, dengan cache internal, dan RAM. Hal ini dapat diakses lebih cepat daripada RAM, tetapi kurang cepat dari cache satu tingkat.

Tingkat tiga cache memori (disebut L3 Cache, untuk Level 3 Cache) terletak pada motherboard.

Semua tingkat cache mengurangi waktu latency berbagai jenis memori saat memproses atau mentransfer informasi. Sementara bekerja prosesor, tingkat satu pengendali cache dapat antarmuka dengan kontroler dua tingkat untuk mentransfer informasi tanpa menghambat prosesor. Selain itu, dua antarmuka level cache dengan RAM (tingkat tiga cache) untuk memungkinkan transfer tanpa menghalangi operasi prosesor normal.

2.5.4 Sinyal Kontrol Sinyal kontrol adalah sinyal elektronik yang mengatur berbagai unit prosesor berpartisipasi dalam pelaksanaan sebuah instruksi. sinyal kontrol dikirim menggunakan elemen yang disebut sebuahsequencer. Misalnya, Baca / Tulis sinyal memungkinkan memori yang akan diberitahu bahwa prosesor ingin membaca atau menulis informasi.

2.5.5 Unit Fungsional Prosesor terdiri dari sekelompok unit terkait (atau kontrol unit). Mikroprosesor arsitektur sangat bervariasi dari satu desain yang lain, namun unsur utama dari sebuah mikroprosesor adalah sebagai berikut:

Sebuah unit kontrol yang menghubungkan data yang masuk, decode, dan mengirimkannya ke unit eksekusi: Unit kontrol terdiri dari unsur-unsur berikut:
o

sequencer (atau monitor dan unit logika) yang mensinkronisasikan eksekusi instruksi dengan kecepatan clock. Hal ini juga mengirim sinyal kontrol;

o o 

ordinal counter yang berisi alamat dari instruksi saat ini sedang dijalankan; instruksi register yang berisi instruksi berikut.

Sebuah unit eksekusi (atau unit pengolahan) yang menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya oleh unit instruksi. Unit eksekusi terbuat dari unsur-unsur berikut:
o

Dan unit aritmatika logika (ALU ditulis). ALU melakukan perhitungan aritmatika dasar dan fungsi logika (AND, OR, EXCLUSIVE OR, dll);

o

Unit titik mengambang (ditulis FPU) yang melakukan perhitungan yang kompleks parsial yang tidak dapat dilakukan oleh unit aritmatika dan logika.

o o 

Status mendaftar; akumulator Register.

Sebuah bus unit manajemen (atau input-output unit) yang mengelola aliran informasi yang masuk dan keluar dan bahwa antarmuka dengan sistem RAM ;

Diagram di bawah ini memberikan representasi yang disederhanakan dari unsur-unsur yang membentuk prosesor (layout fisik dari elemen-elemen berbeda dari tata letak yang sebenarnya mereka):

2.5.6 Transistor Untuk memproses informasi, mikroprosesor memiliki sekelompok instruksi, yang disebut “instruksi set”,dimungkinkan oleh sirkuit elektronik. Lebih tepatnya, set instruksi dibuat dengan bantuan semikonduktor, “sirkuit kecil” switch yang menggunakan efek transistor, ditemukan pada tahun 1947 oleh John Barden, Walter H. Brattain dan William Shockley yang menerima Hadiah Nobel pada tahun 1956 untuk itu.

Sebuah transistor

(kontraksi resistor

transfer)

adalah

komponen

semi-konduktor

elektronik yang memiliki tiga elektroda dan mampu memodifikasi saat melewatinya menggunakan salah satu elektroda nya (disebut kontrol elektroda). Ini disebut sebagai “komponen aktif”, berbeda dengan “komponen pasif”, seperti resistensi atau kapasitor yang hanya memiliki dua elektroda (disebut sebagai “bipolar”). A MOS (logam, oksida, silikon) transistor adalah jenis yang paling umum dari transistor digunakan untuk merancang sirkuit terpadu. MOS transistor memiliki dua dibebankan area negatif, masing-masing disebutsumber (yang memiliki muatan nol hampir)

dan mengeringkan (yang memiliki muatan 5V), dipisahkan dengan yang dikenakan daerah positif, disebut substrat). substrat memiliki kontrol elektroda dilapis,

disebut gerbang, yang memungkinkan biaya yang akan diterapkan pada substrat. Ketika tidak ada muatan pada elektroda kontrol, tindakan substrat yang bermuatan positif sebagai penghalang dan mencegah gerakan elektron dari sumber mengeringkan. Namun, ketika charge diterapkan ke pintu gerbang, muatan positif substrat adalah ditolak dan saluran komunikasi yang bermuatan negatif dibuka antara sumber dan sia-sia. Transistor karena itu bertindak sebagai saklar diprogram, berkat kontrol elektroda. Ketika charge diterapkan ke elektroda kontrol, ia bertindak sebagai interrupter tertutup dan, ketika ada tanpa dikenakan biaya, itu bertindak sebagai interrupter terbuka.

2.5.7 Sirkuit Terpadu Setelah digabungkan, transistor dapat membuat sirkuit logika, yang, jika digabungkan, prosesor bentuk.Sirkuit terpadu pertama tanggal kembali ke 1958 dan dibangun oleh Texas Instruments. MOS transistor sehingga menjadi irisan dari silikon (wafer disebut) yang diperoleh setelah beberapa proses. Ini irisan silikon dipotong menjadi elemen-elemen segi empat membentuk “sirkuit”. Sirkuit kemudian ditempatkan dalam kasus-kasus dengan konektor input-output dan jumlah dari bagian-bagian membuat sebuah “sirkuit terpadu”. The kecilnya dari ukiran, ditulis dalam mikron (mikrometer, Âμmtertulis) mendefinisikan jumlah transistor per unit permukaan. Ada dapat jutaan transistor pada satu prosesor tunggal. Hukum Moore’s, ditulis pada tahun 1965 oleh Gordon E. Moore, pendiri Intel, memprediksikan bahwa kinerja prosesor (dengan perluasan dari jumlah transistor terintegrasi dalam silikon) akan berlipat ganda setiap dua belas bulan. Hukum ini telah

direvisi pada tahun 1975, membawa jumlah bulan sampai dengan 18. Moorea € ™ s Hukum masih terbukti hari ini. Karena kasus persegi panjang berisi input-output pin yang menyerupai kaki, istilah “elektronik” kutudigunakan dalam bahasa Prancis untuk merujuk ke sirkuit terpadu.

2.5.8 Keluarga Setiap jenis prosesor telah menetapkan instruksi sendiri. Prosesor dikelompokkan ke dalam keluarga berikut, sesuai dengan set instruksi yang unik:

80×86: “x” mewakili keluarga. Sebutkan Oleh karena itu dibuat untuk 386, 486, 586, 686, dll

     

ARM IA-64 MIPS Motorola 6800 PowerPC SPARC…

Hal ini menjelaskan mengapa program diproduksi untuk jenis prosesor tertentu hanya dapat bekerja langsung pada sistem dengan jenis lain prosesor jika ada instruksi terjemahan, emulasi yang disebut.Istilah “emulator” digunakan untuk merujuk pada program melakukan terjemahan ini.

BAB III PENUTUP

Sebuah computer digital terdiri dari dari system prosesor (CPU), memory, dan Input/Output yang saling berhubungan. Ketiga elemen tersebut dihubungkan oleh suatu jalur yang disebut dengan bus.

Pada computer ada dua memori yaitu main memory dan secondary memory. Main mamory contohnya adalah ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). Ada beberapa jenis ROM yaitu PROM, EPROM, dan EEPROM. Contoh dari RAM adalah SRAM, DRAM, SDRAM, DDR1, DDR2, dll.

Bagian utama dari CPU adalah control unit, Arithmatic and Logic Unit (ALU), dan register. Control unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua device yang ada pada system computer. ALU bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika dan perbandingan logika. Sedangkan register digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang akan diproses oleh CPU.

Bus adalah suatu sirkuit yang merupakan jalur yang menghubungkan antara ketiga bagian utama computer. Ada tiga bus dalam computer yaitu data bus, address bus, dan control bus. Data bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi data dan instruksi. Address bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi alamat di main memory untuk data dan instruksi yang akan diambil atau disimpan. Control bus adalah bus yang digunakan untuk mengirimkan sinyal sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya informasi yang dikirimkan dari satu device ke device yang lain

DAFTAR PUSTAKA

Tanenbaum, Andrew S.. Organisasi Komputer Terstruktur. 2001. Salemba Teknika. Jakarta.

www.google.co.id

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->