Bab X

Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya

Sumber: Dokumen Penerbit

Sebelum berangkat sekolah sebaiknya periksa dahulu pakaianmu! Kamu dapat menggunakan cermin untuk melihat penampilanmu. Apakah kamu melihat bayangan tubuhmu di cermin? Apakah kamu masih dapat melihat bayangan tubuhmu jika ruangan itu gelap?

Pada bab ini kamu akan mempelajari materi berikut. • Sifat-sifat cahaya • Pemanfaatan sifat-sifat cahaya dalam karya sederhana

IPA Kelas V SD/MI

109

Membuktikan Arah Perambatan Cahaya 1. sebelum mempelajari materi pada bab ini. perhatikan peta konsep berikut! Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya Sifat-Sifat Cahaya Pemanfaatan Sifat-Sifat Cahaya dalam Karya Sederhana Merambat lurus Dapat dipantulkan Dapat dibiaskan Dapat diuraikan Periskop Kaleidoskop Lup Cahaya sangat bermanfaat bagi kehidupan. Ketiga karton ditegakkan dengan kayu penjepit. Cahaya Merambat Lurus Saat berjalan di kegelapan. Ketika senter kamu nyalakan. lilin. Namun. Cahaya membuat dunia ini terang benderang. 110 Bab X Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya . 2. Sediakan 3 lembar karton tebal dengan ukuran sama besar. Benarkah cahaya merambat lurus? Kamu dapat membuktikan sifat cahaya ini dengan melakukan kegiatan berikut.Kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah mempelajari materi pada bab ini. Sifat-Sifat Cahaya Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. 4. Bagaimana cahaya dapat membantu kita dalam melihat suatu benda? Marilah kita mencari jawabannya dalam bab ini! A. kamu memerlukan senter. Sifat-sifat cahaya banyak manfaatnya bagi kehidupan. 3 kayu penjepit. Usahakan ketiga lubang itu dalam satu garis lurus! Sebuah lilin yang menyala diletakkan di belakang karton yang ketiga. bagaimana arah rambatan cahaya yang keluar dari senter tersebut? Cahaya dari lampu senter arah rambatannya menurut garis lurus. dan korek api! Pada tiap-tiap karton dibuat lubang kecil tepat di tengahnya. Apa sajakah sifat-sifat cahaya itu? 1. 3. Cahaya membuat kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita.

tripleks. Posisi Lubang-Lubang Terlihat Dalam satu garis lurus Tidak dalam satu garis lurus .. lampu. 9. Apabila dikenai cahaya. Cobalah kamu soroti jendela kaca dengan Benda tidak tembus cahaya lampu senter! Cahaya lampu senter dapat menembus kaca. dan tembok. ..5. dan kertas. Sementara itu.. kumpulkan laporan itu kepada bapak atau ibu guru! Simpan alat-alat yang kamu gunakan dalam percobaan ini agar sewaktu-waktu dapat digunakan kembali! Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam laboratorium bersama gurumu! Berdasarkan dapat tidaknya memancarkan cahaya. Tidak Terlihat .. karton. Contoh benda sumber cahaya yaitu Matahari.. benda gelap tidak dapat memancarkan cahaya.. kayu.. Lihatlah cahaya lilin dari depan karton yang paling dekat dengan mata! Dapatkah kamu melihat cahaya lilin itu? Karton 3 Karton 2 Karton 1 6. apabila dikenai cahaya akan membentuk bayangan bukan? Bagaimana dengan benda selain kaca? Lakukan kegiatan berikut! IPA Kelas V SD/MI 111 . . Contoh benda tembus Sumber: Dokumen Penerbit cahaya yaitu kaca. Contoh benda gelap yaitu batu. benda dibedakan menjadi benda tidak tembus cahaya dan benda tembus cahaya. benda dikelompokkan menjadi benda sumber cahaya dan benda gelap. b. Benda tidak tembus cahaya tidak dapat meneruskan cahaya yang mengenainya. Keterangan: Berilah tanda ✔ di kolom Cahaya Lilin sesuai dengan hasil pengamatanmu! 8.. dan nyala api. Contoh benda tidak tembus cahaya yaitu kertas. Susunlah laporan kegiatan ini beserta kesimpulan! Selanjutnya. Sementara itu.. kayu... benda tembus cahaya dapat meneruskan cahaya yang mengenainya.. 7. Benda sumber cahaya dapat memancarkan cahaya. a. Salah satu karton digeser ke kanan atau ke kiri sehingga ketiga lubang tidak dalam satu garis lurus. Dapatkah kamu melihat cahaya lilin? Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel seperti berikut! Cahaya Lilin No. benda ini akan membentuk bayangan. Berdasarkan dapat tidaknya meneruskan cahaya.

Benda yang tidak tembus cahaya. Benda yang tembus cahaya. b. cermin kamu akan melihat bayanganmu di dalam cermin. Benda gelap. 3. Pemantulan baur terjadi apabila cahaya mengenai permukaan yang kasar atau tidak rata. Berdasarkan bentuk permukaannya ada cermin datar dan cermin lengkung. Sementara itu. Cermin Datar Cermin datar yaitu cermin yang permukaan bidang Bagian pantulnya datar dan tidak melengkung. Bayangan anak di awal bab ini terjadi karena pemantulan teratur. yaitu cermin cembung dan cermin cekung. Gelas bening berisi air keruh Diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai hal-hal berikut! a. cahaya lampu senter itu dipantulkan. Gelas bening berisi air sirop c. Gelas bening b. Cermin lengkung ada dua macam. pemantulan teratur terjadi jika cahaya mengenai permukaan yang rata. Permukaan yang mempunyai sifat Pemantulan baur Pemantulan teratur seperti ini misalnya cermin. Kertas tipis e. Nyala api f. Benda sumber cahaya. Cermin merupakan salah satu benda yang memantulkan cahaya. 2. ujilah setiap benda itu menggunakan lampu senter! Catatlah hasil diskusi dalam buku kerjamu! 2. Jika kamu mengalami kesulitan. Kertas karton g. Cahaya Dapat Dipantulkan Coba ambil sentermu! Nyalakan lampu senter itu dan arahkan ke cermin! Apa yang kamu lihat? Setelah mengenai permukaan cermin. c. licin. d. Pada saat bercermin. Coba carilah letak cahaya pantulan lampu senter itu! Pemantulan cahaya ada dua jenis yaitu pemantulan baur (pemantulan difus) dan pemantulan teratur. Tripleks h. Cahaya a. Perhatikan daftar benda di bawah ini! a. Pada pemantulan ini. Kaca bening d. sinar pantul arahnya tidak beraturan. dan mengilap. Pada pemantulan (difus) ini sinar pantul memiliki arah yang teratur. Cermin datar biasa belakang kamu gunakan untuk bercermin. Matahari i.1. Bagaimana bayangan dirimu pada cermin itu? Samakah Cermin Datar 112 Bab X Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya .

2) Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin. 5. Artinya. 3. Cermin Cembung Cermin cembung yaitu cermin yang permukaan bidang pantulnya melengkung ke arah luar. 5) Bayangan bersifat semu atau maya. sambil memperagakan kegiatan itu! 4. 2. dan kertas! Berdirilah menghadap cermin sehingga kamu dapat melihat wajahmu di cermin! Tulislah namamu pada kertas. pensil. 1) Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda. Misalnya tangan kirimu akan menjadi tangan kanan bayanganmu. 4) Bayangan tegak seperti bendanya. Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam laboratorium bersama gurumu! Dari kegiatan tersebut kamu mengetahui bahwa bayangan pada cermin datar mempunyai sifat-sifat berikut. b. tegak. dan lebih kecil (diperkecil) daripada benda yang sesungguhnya. kemudian tempelkan kertas tersebut di dahimu! Lihatlah ke arah cermin! Dapatkah kamu membaca namamu yang tertulis di kertas itu? Mengapa demikian? Apa sifat bayangan yang dapat kamu amati dari peristiwa ini? Cermati bayangan dirimu di cermin! Bandingkan ukuran bayangan dengan dirimu sebenarnya! Sama atau berbeda? Apa sifat bayangan yang dapat kamu amati dari peristiwa ini? Tulislah laporan dan kesimpulan dari kegiatan ini! Sampaikan laporanmu di depan kelas. 3) Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Sediakan cermin datar yang cukup besar.bentuk bayanganmu dengan dirimu yang sebenarnya? Cobalah untuk mengetahuinya melalui kegiatan berikut! Mengenal Sifat Bayangan pada Cermin Datar 1. bayangan dapat dilihat dalam cermin. Cermin cembung biasa digunakan untuk spion pada kendaraan bermotor. tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar. Bayangan pada cermin cembung bersifat maya. Cahaya Bagian belakang cermin Cermin cembung IPA Kelas V SD/MI 113 .

sama besar. Bagaimana ukuran bayangan itu? (diperbesar. Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam laboratorium bersama gurumu! 114 Bab X Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya . Simpan kembali alat-alat yang kamu gunakan dalam percobaan ini! 3. bayangan benda bersifat tegak. dan semu (maya). Cermin Cekung Cermin cekung yaitu cermin Cahaya Reflektor yang bidang pantulnya melengkung ke arah dalam. Cermin cekung Bagian belakang biasanya digunakan sebagai cermin reflektor pada lampu mobil dan lampu senter. Kamu telah mempelajari sifat bayangan pada cermin cembung dan cermin cekung. lebih besar. Perhatikan bayangan wajahmu dalam sendok sayur tersebut! a. Bagaimana ukuran bayangan dibandingkan ukuran benda aslinya? 6. bayangan benda bersifat nyata (sejati) dan terbalik. Sifat bayangan benda yang dibentuk oleh cermin cekung Cermin cekung Reflektor pada senter sangat bergantung pada letak benda terhadap cermin. Sediakan penggaris. 2. Tegak atau terbalikkah bayangan wajahmu dalam sendok sayur itu? b. dan sendok sayur dari logam stainless steel ! Peganglah sendok sayur dengan satu tangan secara vertikal dengan bagian belakang kepala sendok berjarak ± 30 cm dari wajahmu! Perhatikan bayangan wajahmu dalam sendok sayur tersebut! a. 4. pensil. Menentukan Sifat Bayangan pada Cermin Cembung dan Cermin Cekung 1. 2) Jika benda jauh dari cermin cekung. Tegak atau terbalikkah bayangan wajahmu dalam sendok sayur itu? b.c. Apakah sifat bayangan yang dapat kamu amati dari kegiatan ini? Baliklah sendok sayur tersebut sehingga bagian dalam kepala sendok berjarak kirakira 30 cm dari wajahmu! 5. Tulislah laporan dan kesimpulan dari kegiatan di atas! Kumpulkan laporan itu kepada bapak atau ibu guru! 7. 1) Jika benda dekat dengan cermin cekung. atau diperkecil) c. Kamu dapat membuktikan sifat-sifat bayangan tersebut dengan melakukan kegiatan berikut.

cahaya tersebut akan dibelokkan. Pembiasan cahaya sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya cahaya merambat dari udara ke air. cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal. Catatan: n = garis normal i = sudut datang r = sudut bias Skema pembiasan cahaya Apabila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat. dan air! Taruhlah mangkuk plastik di atas meja. Perhatikan skema pembiasan cahaya berikut! n Garis normal Sinar datang Udara Air Garis normal r Bidang bias O r Air i Udara O Bidang bias n Sinar bias i Sinar datang Sinar bias (a) Sinar dibiaskan mendekati garis normal (i > r ). Peristiwa pembelokan arah rambatan cahaya setelah melewati medium rambatan yang berbeda disebut pembiasan. Coba kamu lakukan kegiatan berikut agar kamu lebih memahami peristiwa pembiasan cahaya! Sumber: Dokumen Penerbit Pensil tampak patah dalam air jernih Menunjukkan Pembiasan Cahaya 1.3. Sediakan mangkuk plastik. apabila cahaya merambat dari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang rapat. uang logam. Misalnya cahaya merambat dari air ke udara. cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Gejala pembiasan juga dapat dilihat pada pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air. Misalnya dasar kolam terlihat lebih dangkal daripada kedalaman sebenarnya. (b) Sinar dibiaskan menjauhi garis normal (i < r ). kemudian letakkan uang logam di dalamnya! Pandanglah bibir mangkuk segaris dengan pinggiran uang logam! Usahakan uang logam sedikit terlihat oleh mata! Terlihatkah uang itu? Lihat gambar A! IPA Kelas V SD/MI 115 . 2. Sebaliknya. 3. Pensil tersebut akan tampak patah. Cahaya Dapat Dibiaskan Apabila cahaya merambat melalui dua zat yang kerapatannya berbeda.

sebenarnya cahaya matahari tersusun atas banyak cahaya berwarna. 5. dan hijau (H)! 116 Bab X Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya . biru (B). kuning (K). jingga (J). Cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih. Bagaimana membuktikan bahwa warna-warna tersebut dapat menyusun warna putih? Lakukan kegiatan berikut! Mengamati Beberapa Kombinasi Warna dengan Cakram Warna 1. Cahaya matahari diuraikan oleh titik-titik air di awan sehingga terbentuk warna-warna pelangi. Bagilah lingkaran (I) menjadi 6 bagian dan warnailah tiap-tiap bagian dengan warna yang berbeda yaitu merah (M). Sediakan kertas karton. Cahaya Dapat Diuraikan Pelangi terjadi karena peristiwa penguraian cahaya (dispersi). Tahan posisi pandanganmu! Mintalah bantuan temanmu untuk menuangkan air jernih ke dalam mangkuk (lihat gambar B)! Amati apa yang terjadi! Terlihatkah uang logam itu? Buatlah laporan dari kegiatan ini dan kumpulkan kepada bapak atau ibu guru! A B 7. dan ungu (U)! Bagilah lingkaran (II) menjadi empat bagian dan warnailah dengan warna yang berbeda. 6. Bersihkan dan simpan alat-alat yang kamu gunakan dalam percobaan ini agar tidak mengotori mejamu! Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam laboratorium bersama gurumu! 4. Dispersi merupakan penguraian cahaya putih menjadi berbagai cahaya berwarna. 4.4. hijau (H). spidol berbagai warna. yaitu: merah (M). dan pensil! Buatlah 2 buah lingkaran dari kertas karton dengan garis tengah 12 cm! M U B H J M K K B H 3. biru (B). Namun. kuning (K). 2.

8. Dispersi cahaya pada balon air B. Mari bersama-sama mencobanya! 1.5. kemudian dipantulkan menuju mata pengamat di dalam kapal selam. Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam laboratorium bersama gurumu! Kamu juga dapat mengamati peristiwa dispersi cahaya pada balon air. buktikan dengan membuat periskop sederhana berikut! Sumber: de.org/witi/U-Boot Awak kapal selam mengamati keadaan di permukaan laut menggunakan periskop IPA Kelas V SD/MI 117 .wikipedia. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Ayo. di antaranya periskop. Putarlah sekencang-kencangnnya kedua lingkaran tersebut seperti memutar gasing! Amatilah warna pada kedua lingkaran saat keduanya berputar kencang! Adakah perbedaan warna pada kedua lingkaran tersebut? Tulislah laporan dan kesimpulan dari kegiatan di atas! Bacakan laporan kelompokmu sambil mendemonstrasikan kegiatan itu sekali lagi! Simpan alat-alat yang kamu gunakan dalam percobaan ini! Cakram warna yang telah kamu buat sewaktu-waktu dapat digunakan kembali. Jika air sabun ditiup di bawah sinar matahari. Lubangilah kedua lingkaran pada titik tengahnya. kaleidoskop. Kamu dapat membuat alat-alat tersebut secara sederhana. 7. lalu masukkan pensil sebagai poros! Permukaan kertas yang diberi warna dihadapkan ke atas. Pemanfaatan Sifat-Sifat Cahaya dalam Karya Sederhana Tentunya kamu telah mengenal sifat-sifat cahaya. 6. 9. kamu akan melihat berbagai macam warna berkilauan pada permukaan balon air tersebut. Periskop menerapkan sifat cahaya yang berupa pemantulan. dan lup. Cahaya dari atas permukaan laut ditangkap oleh suatu cermin. bukan? Sifat-sifat cahaya tersebut dapat dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai macam alat. Periskop Awak kapal selam yang berada di kedalaman laut dapat mengamati permukaan laut menggunakan periskop. Kamu dapat menggunakan air sabun untuk membuat balon air.

teleskop dapat digunakan untuk mengamati bintang. simpan pisau silet di tempat yang aman! 15 cm Ditoreh dengan pisau 30 cm 12 cm Dua buah cermin datar Langkah 1 Toreh bagian sisi atas dan bawah sesuai lebar cermin! Langkah 2 Mengamati Bintang Teleskop memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan periskop. Adanya pembiasan itu membuat objek yang jauh terlihat sangat dekat. Teleskop memiliki dua lensa yang dapat membiaskan cahaya. Setahun kemudian.Coba ikuti langkah-langkah pembuatan periskop berikut ini! Jika kamu sudah selesai membuat periskop. 10 cm 15 cm Kardus Pisau silet Lubang 1 Lubang 2 Cermin saling berhadapan Langkah 3 Buat dua lubang yang persis berhadapan dengan tiap-tiap cermin! Pasang cermin saling berhadapan! Langkah 4 Langkah 5 Letakkan benda yang diamati di depan lubang 1! Benda tersebut dapat kamu lihat melalui lubang 2. Setelah disempurnakan. Cobalah kalian buat periskop dengan ukuran kardus yang berbeda! Buatlah juga perbedaan jarak kedua cermin pada prinsip tersebut! Bandingkan periskop-periskop itu untuk mengamati benda-benda di sekitarmu! Mana yang hasilnya lebih bagus? Periskop 1 Periskop 2 Periskop 3 118 Bab X Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya . Galileo Galilei menyempurnakan teleskop itu. Teleskop pertama dibuat pada tahun 1608 oleh orang Belanda bernama Hans Lippershey.

Lup berfungsi membantu mata untuk melihat bendabenda kecil agar tampak besar dan jelas. simpan kembali alat-alat yang kamu gunakan! Sumber: Dokumen Penerbit Lup atau kaca pembesar IPA Kelas V SD/MI 119 . Ayo. Lup Lup merupakan alat optik yang sangat sederhana. Pola-pola ini diperoleh karena bayangan benda-benda dalam kaleidoskop mengalami pemantulan berkali-kali. Mari kita mulai membuat kaleidoskop bersama-sama! Jika sudah selesai membuat kaleidoskop.2. Alat ini berupa lensa cembung. kita coba membuat alat lup sederhana! Jika kamu sudah selesai membuat lup. jumlah benda terlihat lebih banyak daripada benda aslinya. simpan kembali alat-alat yang telah kamu gunakan! Potongan kertas HVS Gunting Potongan kertas mas warna-warni Plastik bening Lem Langkah 1 Bagilah kertas yang mengilap menjadi 4 bagian yang sama! Batasi keempat bagian dengan tanda garis putus-putus menggunakan pensil! Langkah 2 Kertas yang mengilap • Tutuplah salah satu ujung prisma dengan kertas HVS! • Masukkan potongan-potongan kertas mas warna-warni dalam prisma! • Tutuplah ujung prisma yang masih terbuka dengan plastik bening! Langkah 3 Langkah 4 Lipat kertas menurut garis putus-putus. kamu dapat membuat aneka macam pola yang mengagumkan. menjadi bentuk prisma segitiga! Bagian kertas yang mengilap di dalam! Langkah 5 Lihatlah melalui lubang prisma yang hanya tertutup plastik bening! Ketuk-ketuk kaleidoskopmu dengan jari! Apa yang terjadi? Coba kalian buat kaleidoskop dengan kertas yang bagian dalamnya tidak mengilap! Bandingkan dengan kaleidoskop sebelumnya! Kaleidoskop mana yang hasilnya lebih bagus? 3. Kaleidoskop Kaleidoskop adalah mainan yang dibuat menggunakan cermin. Dengan alat ini. Kamu pun dapat membuat lup sendiri. Dengan demikian.

a. kaleidoskop. dapat dipantulkan d. 2. Cermin cekung: 1) maya. tegak. dapat dibiaskan b.Lubang Kertas karton Plastik transparan/ selotip bening Langkah 1 Air Gunting Lubangi bagian tengah kertas karton dengan diameter 1 cm! Langkah 2 Langkah 3 Kertas Plastik Teteskan sedikit air di atas plastik transparan tepat di lubang karton! Tempelkan plastik atau selotif untuk menutupi lubang karton! Langkah 4 Letakkan benda di bawah lubang kertas karton! Kamu akan melihat penampakan benda yang lebih besar dari benda sesungguhnya. dan sama besar. Alat-alat yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya di antaranya periskop. Cermin datar: maya. Sifat-sifat cahaya: a. Cermin cembung: maya. 2) nyata. b. dan diperkecil. dapat didispersikan Sifat-sifat bayangan pada cermin sebagai berikut. 1. merambat lurus c. tegak. 3. 120 Bab X Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya . dan lup. tegak. terbalik (jika benda jauh dari cermin cekung). dan diperbesar (jika benda dekat dengan cermin cekung). c.

cahaya tersebut akan dibiaskan dengan arah . Ayo. a. a. tegak. dan diperbesar d. . sejajar garis normal d. prisma 11. elang dapat melihat ikan di dalam air b. . terbalik. . kaca jendela tipis b. cermin cekung d. sampainya cahaya matahari di permukaan bumi 8. . memilih! 1. . . lensa cembung 5. Alat ini biasa digunakan oleh tukang reparasi jam untuk melihat bagian mesin jam yang rusak. a. bayangan lebih kecil daripada benda aslinya 6. teropong d. Di antara benda berikut yang digunakan untuk membuat periskop yaitu . Alat yang dimaksud yaitu . mendekati garis normal c. a. . . kertas c. terbentuknya bayangan oleh cermin d. benda memancarkan cahaya 3. . terbalik. . terbentuknya pelangi pada saat hujan 2.A. . Peristiwa yang merupakan bukti cahaya merambat lurus yaitu . lup 121 IPA Kelas V SD/MI . berlawanan arah dengan garis normal 9. nyata. a. menjauhi garis normal b. . . . Peristiwa yang menunjukkan adanya dispersi cahaya yaitu . Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung yaitu . mikroskop b. cermin cekung d. . . . dan sama besar 7. tripleks d. Apabila cahaya merambat dari udara ke air. bayangan pada cermin c. kayu 4. cahaya dapat melewati kaca d. bayangan bersifat nyata c. . cermin datar b. Kita dapat melihat benda di balik kaca jendela. . . pensil dalam air terlihat patah d. a. . dan diperkecil b. pelangi 10. . Peristiwa yang merupakan akibat pembiasan cahaya yaitu . air jernih b. . jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin b. nyata. Di antara jenis benda berikut yang biasa digunakan untuk bercermin yaitu . dan diperkecil c. . memantulnya cahaya pada cermin b. Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar mempunyai sifat . . a. . karena . cermin datar b. a. . . maya. terbentuknya warna pada gelembung sabun b. cermin cembung c. a. a. . maya. rambatan cahaya matahari yang lurus ketika melewati genting kaca c. kaca jendela mengilap c. cahaya menembus benda bening d. dasar sungai yang airnya jernih tampak lebih dangkal daripada yang sebenarnya c. . cermin cembung c. bayangan terbalik d. periskop c. tegak. . Di bawah ini yang termasuk benda tembus cahaya yaitu . a. . .

. menjawab! 1. Pada periskop semakin jauh jarak kedua cermin. potongan plastik d. . lensa cembung B. a. . kertas tulis 14. . tidak dapat digunakan 15. Ayo. Apa manfaat cermin datar pada periskop? 5. 4. cahaya dapat didispersikan 13. Sebutkan warna-warna cahaya penyusun cahaya putih! 3. a. 3. tidak terbentuk bayangan c. Pada kaleidoskop yang berfungsi menjadi cermin yaitu . . . plastik bening b. . cahaya dapat dibiaskan d. . Salah satu benda yang memantulkan cahaya. bayangan semakin kabur d. a. cermin cekung d. 5. Alat yang menggandakan bayangan benda. . cermin cembung c. Mengapa kaca spion kendaraan bermotor dibuat dari cermin cembung? 4. Bayangan semu. . 122 Bab X Sifat-Sifat Cahaya dan Pemanfaatannya . Lup sederhana pada dasarnya yaitu . bayangan semakin jelas b. 2. a. Peristiwa dispersi di alam. cermin datar b. maka . kertas yang mengilap c. cahaya merambat lurus b.12. Bagaimana prinsip kerja kaleidoskop? Bagaimana kesanmu mempelajari bab ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Isilah kotak-kotak yang kosong berikut! Namun. Sebutkan pembagian benda berdasarkan kemampuannya memancarkan cahaya beserta contohnya! 2. Pemantulan tidak teratur. . fotokopilah terlebih dahulu lembar ini sebelum mengerjakannya! 1. Salah satu sifat cahaya yang dimanfaatkan dalam pembuatan kaleidoskop yaitu . . cahaya dapat dipantulkan c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful