Periode 1945-1949 Dalam kurun waktu 1945-1949, UUD 1945 tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya karena

Indonesia sedang disibukkan dengan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Maklumat Wakil Presiden Nomor X pada tanggal 16 Oktober 1945 memutuskan bahwa KNIP diserahu kekuasaan legislatif, karena MPR dan DPR belum terbentuk. Tanggal 14 November 1945 dibentuk Kabinet Parlementer yang pertama, sehingga peristiwa ini merupakan penyimpangan UUD 1945. ( http://pormadi.wordpress.com/2007/10/01/nilai-nilai-pancasila-dan-uud-1945/) Keluarnya Maklumat Wakil Presiden Nomor X ( b a c a : e k s ) t a n g g a l 1 6 O k t o b e r 1 9 4 5 ya n g m e n g u b a h f u n g s i K N I P d a r i pembantu menjadi badan yang diserahi kekuasaan legislatif danikut serta menetapkan GBHN sebelum terbentuknya MPR, DPR,dan DPA. Hal ini bertentangan dengan UUD 1945 pasal 4 aturan p e r a l i h a n y a n g b e r b u n y i ” S e b e l u m M P R , D P R , d a n D P A terbentuk, segala kekuasaan dilaksanakan oleh Presiden dengan bantuan sebuah komite nasional” http://www.scribd.com/doc/26644715/Konstitusi-Yang-Pernah-Berlaku-diIndonesia latar belakang keluarnya maklumat nomor x itu sesuai yang ditulis oleh George McT. Kahin didalam nasionalism dan revolutionin Indonesia karena tokoh-tokoh muda seperti Sjahrir menganggap pemerintah berdasarkan UUD 1945 tak ubahnyaseperti pemerintah fasis sehingga mereka mendorong digantinya system pemerintahan melalui desakan KNIP kepada pemerintah untuk mengeluarkan Maklumat.maklumat nomor X 1945 adalah maklumat yang ditanda tangani oleh wakil presiden tanggal 16 oktober 1945 yang berisi “penindakberlakuan”.isi UUD 1945 tentang kedudukan komite Nasional Indonesia Pusat(KNIP) dari yang menurut UUD 1945 sebagai pembantu presiden menjadi Parlemen. Seperti diketahui menurut aturan peralihan UUD 1945,sebelum MPR, DPR, dan DPA terentuk kekuasaannyadilakukan ileh Presiden yang dibantu oleh Komite Nasional. Dengan demikian KNIP adalah pembantu presiden, tetapi oleh maklumat nomor X KNIP dijadikan parlemen dan bersamaan dengan itu dibentuklah badan pekerja KNIP. Demokrasi liberal (atau demokrasi konstitusional) adalah sistem politik yang melindungi secara konstitusional hak-hak individu dari kekuasaan pemerintah.[1] Dalam demokrasi liberal, keputusan-keputusan mayoritas (dari proses perwakilan atau langsung) diberlakukan pada sebagian besar bidang-bidang kebijakan pemerintah yang tunduk pada pembatasan-pembatasan agar keputusan pemerintah tidak melanggar kemerdekaan dan hak-hak individu seperti tercantum dalam konstitusi.[2] Demokrasi liberal pertama kali dikemukakan pada Abad Pencerahan oleh penggagas teori kontrak sosial seperti Thomas Hobbes, John Locke, dan

Berbeda dengan sistem presidensiil. Dalam presidensiil. Demokrasi liberal dipakai untuk menjelaskan sistem politik dan demokrasi barat di Amerika Serikat. paling tidak bahwa beberapa harus menikmatinya dengan biaya orang lain. Adam Smith.com/baca/2010/08/07/demokrasi-liberal-di-indonesia-kebebasanbagi-minoritas. Spanyol). Kanada. Perancis) atau monarki konstitusional (Britania Raya. Dalam hal ini parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana menteri dan parlemen pun dapat menjatuhkan pemerintahan. Konstitusi yang dipakai dapat berupa republik (Amerika Serikat. presiden berwenang terhadap jalannya pemerintahan. Para filsuf seperti Locke. yang berwenang terhadap jalannya pemerintahan. Namun.[3] http://persma. Ciri-ciri pemerintahan parlemen yaitu: . Dalam hal ini misalnya mempercayai bahwa keharmonisan sosial dan kemajuan dapat disesuaikan dengan pesan yang luas bagi kehidupan privat melebihi negara ataupun otoritas lainnya. dan dalam beberapa hal. di mana sistem parlemen dapat memiliki seorang presiden dan seorang perdana menteri. Britania Raya. Mereka percaya bahwa kebebasan individu adalah sebuah tujuan akhir bagi manusia dan tidak ada yang seharusnya dapat dikurangi dari hal tersebut oleh yang lainnya. yaitu dengan cara mengeluarkan semacam mosi tidak percaya.html Sistem parlementer adalah sebuah sistem pemerintahan di mana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Pada zaman sekarang demokrasi konstitusional umumnya dibanding-bandingkan dengan demokrasi langsung atau demokrasi partisipasi. Semasa Perang Dingin.Jean-Jacques Rousseau. Demokrasi liberal dipakai oleh negara yang menganut sistem presidensial (Amerika Serikat). kaum minoritas yang memiliki hal (kebebasan) tersebut telah mendapatkannya dengan mengeksploitasi sebagian besar yang tidak mendapatkan hal tersebut. namun dalam sistem parlementer presiden hanya menjadi simbol kepala negara saja.wikipedia. Kebebasan yang dicari manusia sendiri berbeda-beda dan tergantung pada kondisi sosial dan ekonomi yang ada di sekitar mereka. http://id. India. dengan optimis melihat asal-usul manusia dan memiliki sebuah kepercayaan mengenai kemungkinan dalam mengharmonisasikan kepentingan-kepentingan manusia. sistem parlementer (sistem Westminster: Britania Raya dan Negara-Negara Persemakmuran) atau sistem semipresidensial (Perancis).org/wiki/Demokrasi_liberal Liberalisme menekankan kebebasan. istilah demokrasi liberal bertolak belakang dengan komunisme ala Republik Rakyat. Mill.

Kabinet bertanggung jawab kepada parlemen dan dapat bertahan sepanjang mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen. Ia hanya berperan sebgai symbol kedaulatan dan keutuhan negara. Kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Anggota parlemen terdiri atas orang-orang dari partai politik yang memenangkan pemiihan umum.wikipedia. Kekuasaan eksekutif presiden ditunjuk oleh legislatif sedangkan raja diseleksi berdasarkan undang-undang. http://id. 2. diadakan pemilihan umum lagi untuk membentukan parlemen baru. kekuasaan eksekutif berada pada perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Perdana menteri memiliki hak prerogratif (hak istimewa) untuk mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri yang memimpin departemen dan non-departemen. Kepala negara tidak memiliki kekuasaan pemerintahan. Dalam sistem ini. Pemerintah atau kabinet terdiri dari atas para menteri dan perdana menteri sebagai pemimpin kabinet. Kekuasaan eksekutif dapat dijatuhkan oleh legislatif.gudangmateri. Kekuasaan eksekutif bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif.org/wiki/Sistem_parlementer Adapun ciri-ciri dari sistem pemerintahan parlementer dapat anda simak antara lain: 1.html . Perdana menteri dipilih oleh parlemen untuk melaksakan kekuasaan eksekutif. http://www. sedangkan kepala negara adalah presiden dalam negara republik atau raja/sultan dalam negara monarki. Anggota kabinet umumnya berasal dari parlemen.com/2011/04/sistem-pemerintahan-parlementer. Selanjutnya. Partai politik yang menang dalam pemilihan umum memiliki peluang besar menjadi mayoritas dan memiliki kekuasaan besar di parlemen.      Dikepalai oleh seorang perdana menteri sebagai kepala pemerintahan sedangkan kepala negara dikepalai oleh presiden/raja. 5. Kepala negara tidak sekaligus sebagai kepala pemerintahan. Badan legislatif atau parlemen adalah satu-satunya badan yang anggotanya dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Hal ini berarti bahwa sewaktuwaktu parlemen dapat menjatuhkan kabinet jika mayoritas anggota parlemen menyampaikan mosi tidak percaya kepada kabinet. Menteri-menteri hanya bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif. 3. Parlemen memiliki kekuasaan besar sebagai badan perwakilan dan lembaga legislatif. 6. 4. Sebagai imbangan parlemen dapat menjatuhkan kabinet maka presiden atau raja atas saran dari perdana menteri dapat membubarkan parlemen.

diri sendiri. BPK. Ide-ide yang paling baik akan diterima. Menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional 10. dan negara ataupun orang lain 9. Demokrasi Pancasila merupakan kompetisi berbagai ide dan cara untuk menyelesaikan masalah. terutama dalam lembaga-lembaga negara. DPR atau lainnya 4. Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi konstitusional dengan mekanisme kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan negara dan penyelengaraan pemerintahan berdasarkan konstitusi yaitu Undang-undang Dasar 1945[4]. bukan berdasarkan suara terbanyak.Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat tanpa oposisi [1] dalam doktrin Manipol USDEK disebut pula sebagai demokrasi terpimpin merupakan demokrasi yang berada dibawah komando Pemimpin Besar Revolusi kemudian dalam doktrin repelita yang berada dibawah pimpinan komando Bapak Pembangunan arah rencana pembangunan daripada suara terbanyak dalam setiap usaha pemecahan masalah atau pengambilan keputusan. Pemerintahan berdasarkan hukum. masyarakat. Peradilan yang merdeka berarti badan peradilan (kehakiman) merupakan badan yang merdeka.[4] Prinsip Demokrasi Pancasila Prinsip pokok demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut[3]: 1. Sebagai demokrasi pancasila terikat dengan UUD 1945 dan pelaksanaannya harus sesuai dengan UUD 1945. Ciri demokrasi Pancasila[3]:       pemerintah dijalankan berdasarkan konstitusi adanya pemilu secara berkesinambungan adanya peran-peran kelompok kepentingan adanya penghargaan atas HAM serta perlindungan hak minoritas. Perlindungan terhadap hak asasi manusia 2. dalam penjelasan UUD 1945 dikatakan[3]: . Pelaksanaan Pemilihan Umum 6. adanya partai politik dan organisasi sosial politik karena berfungsi untuk menyalurkan aspirasi rakyat 5. artinya terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan kekuasaan lain contoh Presiden. Keseimbangan antara hak dan kewajiban 8. Pengambilan keputusan atas dasar musyawarah 3. Kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut UndangUndang Dasar (pasal 1 ayat 2 UUD 1945) 7.[2] Prinsip dalam demokrasi Pancasila sedikit berbeda dengan prinsip demokrasi secara universal[3]. Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan YME.

a. http://id.wikipedia. Indonesia ialah negara berdasarkan hukum (rechtstaat) dan tidak berdasarkan kekuasaan belaka (machtstaat) b. Kekuasaan yang tertinggi berada di tangan rakyat. Pemerintah berdasar atas sistem konstitusi (hukum dasar) tidak bersifat absolutisme (kekuasaan tidak terbatas) c.org/wiki/Demokrasi_Pancasila .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful