RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi : SMK

Negeri 4 Pandeglang : Matematika : X /2 : 1 : 2 x 45 menit : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor Kompetensi Dasar Indikator : Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan : 1. Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan. 2. Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.

I. Tujuan Pembelajaran : Setelah memahami kompetensi ini, diharapkan peserta didik dapat : 1. Peserta didik dapat membedakan kalimat berarti dan kalimat tidak berarti. 2. Peserta didik dapat membedakan pernyataan dan kalimat terbuka. 3. Peserta didik mampu menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.

II. Uraian Materi Pokok : a. Pengertian logika matematika. Logika matematika adalah metode atau teknik yang digunakan untuk meneliti ketepatan penalaran. Ketepatan penalaran adalah kemampuan untuk menarik konklusi (kesimpulan) yang tepat dari bukti-bukti yang ada. b. Kalimat berarti. Kalimat berarti adalah kalimat yang mempunyai arti.   Pernyataan (kalimat deklaratif) adalah kalimat yang mempunyai nilai benar saja atau salah saja, tidak dua-duanya pada saat yang sama. Bukan pernyataan (kalimat non deklaratif) adalah kalimat yang tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya.

c. Kegiatan Pembelajaran : a. 3. Kalimat terbuka. Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai hari ini dan memotivasi rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang akan dipelajarai.  Mengintruksikan kepada peserta didik kelompok tinggi untuk belajar sendiri dengan menggunakan buku-buku yang relevan dan mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang telah di sediakan. Peserta didik diminta untuk mengerjakan hasil jawaban di papan tulis kemudian menjelaskannya. Kalimat terbuka adalah kalimat yang mengandung peubah( variabel) dan apabila peubah diganti dengan suatu kosntanta dalam semestanya. 2. Kegiatan Inti 1. dan pelaksanaannya tetap di dalam kelas. pernyataan dan bukan pernyataan kepada peserta didik. . Eksplorasi  Guru memberikan penjelasan mengenai kalimat terbuka. Elaborasi   Guru menyajikan masalah matematika berupa soal mengenai materi. Kegiatan Awal 1. Mengingatkan peserta didik terhadap materi yang telah dipelajarai sebelumnya yang berkaitan dengan materi logika matematika. III. Dimulai dengan materi yang sederhana. akan menghasilkan suatu pernyataan. Mengelompokkan peserta didik sesuai dengan klasifikasi yang didapat dari aptitude testing. kalimat berarti. 2. b. Model Pembelajaran : Aptitude Treatment Interaction IV.

LKS Matematika SMA. c. Buku paket sekolah karangan Tuti Masrihani.3. pernyataan dan bukan pernyataan serta cara penyelesaiannya. 2. Konfirmasi  Peserta didik dibantu guru mengevaluasi jawaban dan mengkoreksi jika terdapat kesalahan. 2.Penilaian 1. V. 3. dkk. Matematika untuk SMK dan MAK Kelas X. Pandeglang. Afektif. Mei 2012 Guru Mata Pelajaran Peneliti Mengetahui. Matematika untuk kelas X Semester 1 Sekolah Menengah Atas 3. kalimat berarti. VI.Sc. Kognitif. Kegiatan Akhir  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi kalimat terbuka.  Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal latihan pekerjaan rumah ( PR ) yang telah dipilih oleh guru. Buku paket sekolah karangan Ir.M. Marthen Kanginan. Psikomotorik. Kepala Bidang Kurikulum .Alat dan Sumber Belajar 1.

5 adalah bilangan prima ganjil. Nilai kebenaran: BENAR 2. 5.Soal Periksa apakah kalimat-kalimat di bawah ini merupakan pernyataan atau bukan pernyataan. Jumlah besar sudut segiempat adalah 180°. Karena bisa ditentukan benar atau salahnya. Nilai kebenaran: SALAH 3. Cepat selesaikanlah latihan ini!  Bukan pernyataan. . 2.  Pernyataan. Nilai kebenaran: SALAH 5. Karena bisa ditentukan benar atau salahnya. Cepat selesaikanlah latihan ini! 4.  Pernyataan. Jumlah besar sudut segiempat adalah 180°. tentukanlah nilai kebenaraannya! 1. Jika termasuk pernyataan. 3.  Pernyataan. 5 adalah bilangan prima ganjil. Setiap bilangan ganjil habis dibagi 2. Karena merupakan kalimat perintah (tidak bisa ditentukan benar atau salahnya) 4. Benarkah Bali lebih terkenal dari Indonesia?  Bukan pernyataan. Karena bisa ditentukan benar atau salahnya. Karena merupakan kalimat tanya (tidak bisa ditentukan benar atau salahnya). Benarkah Bali lebih terkenal dari Indonesia? Jawaban 1. Setiap biangan ganjil habis dibagi 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful