Asal Mula Ilmu Pengetahuan dalam Islam

Disusun Oleh : Nama : CECEP ISA ANSORI NIM : 12111400 Prodi : Sastra Jepang

Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (SITBA) INVADA Jalan. Brigjen Darsono No.20, By Pass (Cideng) Cirebon Telp. (0231) 3388321, 209669 Hompage: www.stibainvada.ac.id email: stibainvada@gmail.com

KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah swt atas rahmat. 3. dan. Orang tua saya yang tidak henti-hentinya memberikan nasihat yang sangat berharga. baik berupa moril maupun materil penulis panjatkan doa. Syuhada. Wali. Ibu Dosen Siti Fatimah yang tidak bosan-bosannya mengajari dan membimbing penulis. Shalawat dan salam penulis haturkan kepada baginda nabi Muhammad SAW beserta anak-anak. dan orang-orang salih. Oktober 2011 Penulis . Cirebon. Untuk itu penulis menucapkan terimakasih yang mendalam kepada: 1. yang telah memberi dukungan penuh kepada penulis. keluarga dan sahabatnya serata para Nabi. Teman-teman mahasiswa yang tidak dapat penulis sebutkan satupersatu. 2. sehingga penulis dapat menyelasikan makalah ini. bantuan dan bimbingan dari semua pihak. semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda dan penulis berharap Makalah ini dapat bermanfaat dan berkah bagi penulis dan pembaca. Akhirnya atas jasa dan bantuan semua pihak. Amien. taufik dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Asal Mula Ilmu Pengetahuan Dalam Islam”. Penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini tidak dapat terselesaikan tanpa adanya dukungan.

...................... 2...............................................Latar Belakang Masalah ............................................. DAFTAR ISI ........Asal Mula Ilmu Pengetahuan dalam Islam .................... ..................................................................................................................................... Pembatasan dan Perumusan Masalah ...................................................................................................DAFTAR ISI Hal.............................................................................................................................. B...................... KATA PENGANTAR ....................................................................... BAB II LANDASAN TEORI A........................................................................... BAB I PENDAHULUAN............................ 1....

Melihat dari fenomena tersebut. Al-Qur'an dan Fiqh. tentunya akan sangat sulit untuk mencapai tujuan pendidikan keagamaan dengan baik yang ada dalam kurikulum mata pelajaran dengan waktu yang singkat. Implementasi menurut Mclaughlin (dalam mann.1 Pembatasan Masalah Untuk memperjelas dan mempermudah pokok permasalahan dalam penulisan makalah ini. Latar Belakang Masalah Pendidikan di Universitas STIBA INVADA sangat didominasi pada pelajaran yang bersifat produktif dalam pembelajaran. Dalam kehidupan nyata. Pembatasan dan Perumusan Masalah 1. pelaksanaan14. 1. penulis membatasi masalah sebagai berikut: Impelementasi secara sederhana adalah pelaksanaan atau penerapan. Akidah dan Akhlak. padahal si anak tidak hanya di tuntut untuk mendapatkan materi tentang apa itu pendidikan agama islam serta rinciannya. yang terkadang kaum tua sendiri banyak memberikan contoh yang kurang baik. Implementasi yang penulis maksud adalah bukan sekedar aktivitas tetapi suatu kegiatan yang terencana dan dilakukan secara sungguh-sungguh berdasarkan acuan norma tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan. karena luasnya masalah pendidikan agama Islam yang meliputi: Ibadah.BAB I PENDAHULUAN 1. 2. manusia akan lebih banyak mendapatkan pendidikan melalui dunia nonformal. tapi justru yang paling utama adalah bagaimana cara pengaplikasiannya dalam kehidupan bermasyarakat.2 Perumusan Masalah . 1 Implementasi berasal dari bahasa Inggris yang berarti pelaksanaan13. atau lebih pada pemberian contoh dari kaum yang lebih tua. Implementasi merupakan aktivitas yang saling menyesuaikan. sedangkan dalam kamus ilmiah populer yang berarti penerapan. 1978). maka alokasi waktu tersebut jauh dari cukup karena pembelajaran tentang agama menuntut adanya praktik ketika kita bermasyarakat. sedangkan pelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas tersebut sangat minim serta alokasi waktu yang diberikan hanya 2 jam.

Setelah penulis membatasi masalah tersebut. penulis memutuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam di Universitas STIBA INVADA? .

Sehingga tentang kewajiban mengambil ilmu dari keduanya. Dalam hal ini Allah SWT berfirman: .BAB II LANDASAN TEORI A. dan terbebas dari segala vested interest apapun. dan Sesungguhnya kamu sebelum (kami mewahyukan) nya adalah Termasuk orang-orang yang belum mengetahui. Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab. disampaikan Allah SWT melalui berbagai perintah untuk memikirkan ayat-ayat-Nya. Ini adalah ayat-ayat kitab (Al Quran) yang nyata (dari Allah). 3. laam. agar kamu memahaminya. Al-Qur’an dan Sunnah Sebagaimana firman-firman Allah SWT yang telah dilampirkan dalam Al-Qur’an. Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran ini kepadamu. sehingga terjaga dari kesalahan. Allah telah memerintahkan hamba-Nya untuk menjadikan al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber pertama ilmu pengetahuan. 2. Asal Mula Ilmu Pengetahuan dalam Islam 1. Yusuf :1-3) Serta menjadikan Nabi SAW sebagai pemimpin dalam segala hal. Allah SWT berfirman:                                Yang artinya : 1. (QS. Alif. karena ia diturunkan dari Yang Maha Berilmu dan Yang Maha Adil. raa. Hal ini dikarenakan keduanya adalah langsung dari sisi Allah SWT dan dalam pengawasannya.

Dari perkembangan inilah para ilmuan mencoba mengadakan sebuah peneletian besar-besaran mulai dari sejarah kehidupan. Allah telah berfirman di dalam Al Qur'an: .” (QS Al-Ahzab:21). sebagaimana seluruh alam semesta. sampai penelitian mengenai ruang angkasa beserta isi alam semesta. Para ilmuwan sekarang dapat melihat pembentukan bintang-bintang baru dari peninggalan 'gumpalan asap' semacam itu.1 Asal Mula Terciptanya Alam Semesta Ilmu pengetahuan modern. Weinberg. baik yang berdasarkan pengamatan maupun berupa teori dan lain sebagainya. a Modern View of the Origin of the Universe.                  Yang artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah. kehidupan di bumi. Dari ayat-ayat di atas dapat disimpulkan bahwa sumber dari Ilmu Pengetahuan adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah. 1.). baik yang berdasarkan pengamatan maupun berupa teori. Ilmu Astronomi. kaum-kaum terdahulu secara terperinci memperluas isi dari kandungan-kandungan AlQur’an dan As-Sunnah sehingga menghasilkan berbagai macam Ilmu Pengetahuan seperti Ilmu Pengetahuan Modern. ilmu astronomi. The First Three Minutes. Bintang-bintang yang berkilauan yang kita lihat di malam hari. Allah menjadikannya sebagai wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan menugaskannya untuk menyiarkan kandungan-kandungan isi Al-Qur’an kepada umatnya untuk diketahui. asal mula adanya manusia. hal. dengan jelas menunjukkan bahwa pada suatu saat seluruh alam semesta masih berupa 'gumpalan asap' (yaitu komposisi gas yang sangat rapat dan tak tembus pandang. 94105. Tahun ke tahun Ilmu Pengetahuan mulai berkembang pesat. Hal ini merupakan sebuah prinsip yang tak diragukan lagi menurut standar astronomi modern. dulunya berupa materi 'asap' semacam itu.

diantara ayat-ayat yang telah dibuktikan oleh pengetahuan modern seperti[1] : Ayat tentang asal mula alam semesta dari kabut/nebula (QS 41/11)." Ia juga berkata: "Seseorang yang tidak mengetahui apapun tentang fisika inti 14 abad yang lalu. bulan. tidak akan pernah bisa mengetahui. bahwa dulunya bumi dan langit berasal dari hal yang satu. planet. Allah telah berfirman:           Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu. melalui pemikirannya sendiri.      Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap. Ayat tentang urutan penciptaan (QS 79/28-30): Kegelapan (nebula dari kumpulan H dan He yang bergerak pelan). Mainz." Allah SWT telah memerintahkan manusia untuk memikirkan alam semesta (QS 3/190-192) dan mengambil berbagai hukum serta manfaat darinya. (Al Anbiya. 41: 11) Karena bumi dan langit di atasnya (matahari. bintang. galaksi dan lain-lain) terbentuk dari 'gumpalan asap' yang sama.. Kemudian mereka berpisah dan terbentuk dari 'asap' yang homogen ini. Alfred Kroner adalah salah satu ahli ilmu bumi terkemuka. maka dapat ditarik kesimpulan bahwa matahari dan bumi dahulu merupakan satu kesatuan. Jerman. Ia berkata: "Jika menilik tempat asal Muhammad. Inilah kenyataannya.. 21:30) Dr. kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Johannes Gutenberg University. Ia adalah Profesor geologi dan Kepala Departemen Geologi pada Institute of Geosciences. . menurut saya. karena para ilmuwan saja baru mengetahui hal ini dalam beberapa tahun yang lalu melalui berbagai cara yang rumit dan dengan teknologi mutakhir. (Al Fushshiilat. Saya pikir sangat tidak mungkin jika ia bisa mengetahui sesuatu semisal asal mula alam semesta dari materi yang satu.

vesicules seminates (membuat cairan yang . Ayat tentang penciptaan manusia dari air mani yang merupakan campuran (QS 76/2). mani merupakan campuran dari 4 kelenjar. Ayat tentang bahwa awal kehidupan dari air (QS 21/30). Ayat bahwa bintang-bintang merupakan sumber panas yang tinggi (QS 86/3). Ayat bahwa angin sebagai mediasi dalam proses penyerbukan (pollen) tumbuhan (QS 15/22). Ayat tentang gaya tarik antar planet (QS 55/7). Ayat tentang proses terjadinya air susu yang bermula dari makanan (farts) lalu diserap oleh darah (dam) lalu ke kelenjar air susu (QS 16/66). Ayat tentang jenis-jenis awan. baru mengakibatkan adanya kehidupan (tumbuhan). Ayat bahwa pada tumbuhan terdapat pasangan bunga jantan (etamine) dan bunga betina (ovules) yang menghasilkan perkawinan (QS 13/3). Ayat bahwa planet berada pada sistem tata surya terdekat (sama’ ad-dunya) (QS 37/6). Ayat bahwa matahari dan bulan memiliki waktu orbit yang berbeda2 (QS 55/5) dan garis edar sendiri2 yang tetap (QS 36/40). Ayat tentang teori ekspansi kosmos (QS 51/47). testicules (membuat spermatozoid). Ayat tentang revolusi bumi mengedari matahari (QS 27/88). matahari sebagai contoh tingkat panasnya mencapai 6000 derajat C. Ayat yang membedakan antara planet sebagai pemantul cahaya (nur/kaukab) dengan matahari sebagai sumber cahaya (siraj) (QS 71/16). panas turun menimbulkan kondensasi baru membentuk air. Ayat tentang akan sampainya manusia (astronaut) ke ruang angkasa (in bedakan dengan lau) dengan ilmu pengetahuan (sulthan) (QS 55/33). Ayat tentang tekanan udara rendah di angkasa (QS 6/125). Ayat bahwa bumi ini bulat (kawwara-yukawwiru) dan melakukan rotasi (QS 39/5). proses penciptaan hujan es dan salju (QS 24/43). perlu dicatat bahwa peredaran darah baru ditemukan oleh Harvey 10 abad setelah wafatnya nabi Muhammad SAW.Adanya sumber cahaya akibat medan magnetik yang menghasilkan panas radiasi termonuklir (bintang dan matahari) pembakaran atom H menjadi He lalu menjadi C lalu menjadi O baru terbentuknya benda padat dan logam seperti planet (bumi).

Cooper & Mary (pemberi cairan yang melekat dan lendir). dan sebagainya. dibungkus oleh tulang dalam misenhyme (‘idhama). Ayat tentang proses penciptaan manusia melalui mani (nuthfah). tulang tersebut dibalut oleh otot dan daging (lahma) (QS 23/14). Shalih. 3. prostrate (pemberi warna dan bau). maka perhatikanlah kaum Nuh. zygote yang melekat (‘alaqah).2 2. 4. Ayat bahwa zyangote dikokohkan tempatnya dalam rahim (QS 22/5). Diri manusia Allah SWT memerintahkan agar manusia memperhatikan tentang proses penciptaannya. Sejarah Allah SWT memerintahkan manusia agar melihat kebenaran wahyu-Nya melalui lembar-lembar sejarah (QS 12/111). Hud. Jika manusia masih ragu akan kebenaran wahyu-Nya dan akan datangnya hari pembalasan. 1. B. . Fir’aun.bersama mani). dengan tumbuhnya villis yang seperti akar yang menempel pada rahim. baik secara fisiologis / fisik (QS 86/5) maupun psikologis / jiwa manusia tersebut (QS 91/7-10). yang kesemuanya keberadaannya dibenarkan dalam sejarah hingga saat ini. segumpal daging/embryo (mudhghah).