TUGAS KOMPATIBILITAS ELEKTROMAGNETIK Jenis- jenis Kabel Transmisi

DISUSUN OLEH

Nama : Mukhlisah Yunus NIM : D41110254

TEKNIK ELEKTRO UNIVERSIVERSITAS HASANUDDIN TAHUN AJARAN 2011/2012

dapat dilihat pada tabel spesifikasi kabel transmisi sebagai berikut :  Copper Media • Copper media merupakan semua media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga • Orang biasanya menyebut dengan nama kabel • Data yang dikirim melalui kabel. Unshielded Twisted-Pair (UTP) 2. Twisted Pair Kabel Twisted pair (pasangan berpilin) adalah sebuah bentuk kabel di mana dua konduktor digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi interferensi atau meniadakan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel . Twisted Pair a.Media Transmisi Data Data-data pada jaringan dapat ditransmisikan melalui 3 media :  Copper media (media tembaga)  Optical Media (media optik)  Wireless Media (media tanpa kabel) Sebagai perbandingan untuk setiap media transmisi di atas. Kabel Coaxial 3. Kabel Fiber Optic 1. Shielded Twisted -Pair (STP) b. bentuknya adalah sinyal-sinyal listrik (tegangan atau arus) digital. Jenis-Jenis Kabel Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai transmisi data pada jaringan : 1.

lebih mudah putus. Kabel STP (Shielded Twisted Pair) . Kelemahan : Twisted-pair lebih tipis. dan crosstalk di antara pasangan kabel yang berdekatan. Twisted Pair terdiri dari dua jenis : mengalami gangguan a. Keunggulan : Keunggulan dari kabel twisted-pair adalah dampaknya terhadap jaringan secara keseluruhan: apabila sebagian kabel twisted-pair rusak. tidak seluruh jaringan terhenti.unshielded twisted pair (UTP) cables.dan lain sewaktu kabel terpuntir. sebagaimana yang mungkin terjadi pada coaxial.

Kabel STP tidak dapat dipakai dengan jarak lebih jauh sebagaimana media-media lain (seperti kabel coaxial) tanpa bantuan device penguat (repeater). (terdiri dari dua kawat tak terbungkus yang berpilin). UTP juga mensuport arsitekturarsitektur jaringan pada umumnya sehingga menjadi sangat popular. rentang terhadap efek interferensi elektris yang berasal dari media atau perangkat-perangkat di sekelilingnya. • Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. tidak mudah putus • Kekurangannya adalah susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding). ukurannya kecil.Biaya rata-rata per node: sedikit mahal dibadingkan UTP dan coaxial b. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) • Unshielded Twisted Pair adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga. jarak jangkauannya hanya 100m. proteksi jaringan dari interferensi-interferensi eksternal terjamin. . harganya lebih mahal dibanding UTP Data teknis : . mudah dipasang. yang tidak dilengkapi dengan shield internal.Kecepatan dan keluaran: 10-100 Mbps .Shielded twisted-pair atau STP adalah kabel pasangan berpilin yang memiliki perlindungan dari logam untuk melindungi kabel dari intereferensi elektromagnetik luar.

Biaya rata-rata per node: murah .Media dan ukuran: kecil .Panjang kabel maksimum yang diizinkan : 100m (pendek). Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2. • Kategori 3 (Cat-3). Digunakan pada koneksi telepon dan tidak direkomendasikan untuk transmisi data. sering digunakan pada sistem PBX dan sistem Alarm. .Data teknis : . • Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik. yaitu : • Kategori 1 (Cat-1). • Kategori 4 (Cat-4). diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps. juga harganya lebih murah dibanding media lain. Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps. Umumnya menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24 pin dengan range impedansi yang lebar. • Kategori 2 (Cat-2).Kecepatan dan keluaran: 10 – 100 Mbps . Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps. • Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah mudah diinstalasi/ mudah ukurannya kecil.dan jarak jangkauannya hanya 100m dipasang. Ada beberapa kategori untuk kabel Twisted Pair. • Kategori 5 (Cat-5). menggunakan konduktor padat sebanyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 O dan berfungsi hingga 16 MBps. Sering disebut kabel voice grade. Range impedansi yang lebar. dengan bandwidth maksimum 1 MBps.

(termasuk terminatornya). RG. Kabel Koaksial Kabel Coaxial adalah jenis kabel yang mampu mentransmisi pesan dalam bentuk data. Ada 2 jenis yaitu RG58 (10Base2) dan RG-8 (10Base5 ). I konektor (socket) dan BNC konektor. 2.Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m. Ada 3 jenis konektor pada kabel Coaxial. isolator dalam . dan isolator luar.6 . Kabel coaxial atau popular disebut “coax” terdiri atas konduktor silindris melingkar. gelombang suara. murah. Thinnet atau RG-58 (10Base2) Thicknet atau RG-8 (10Base5).59 RG. video dan multimedia. dan disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV. Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN. karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi. yang menggelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. yaitu T konektor. Kabel coaxial terdiri dari konduktor (kabel inti penghantar data). Dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar.

Memiliki ketahanan arus yang semakin kecil pada frekuensi yang lebih tinggi. Proteksi jaringan dari interferensi. Media dan ukuran konektor: medium. .interferensi eksternal terjamin. Untuk saat ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagi intuk instalasi jaringan. Keunggulan Kabel Koaksial:      Tidak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh diantara node network. Tidak mudah putus Murah Kekurangannya:     Susah pada saat instalasi/ pemasangan. Ukurannya besar Harganya lebih mahal dibanding twisted-pair. Biaya rata-rata per node: murah.Data teknis :    Kecepatan dan keluaran: 10 -100 Mbps.

Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic). Kabel ini dapat memproses sinyal analog maupun digital. Satu buah kabel fibre optic terdiri atas dua fiber : • Satu berfungsi untuk Transmit (Tx) dan satunya untuk Receive (Rx) • Sehingga komunikasi dengan fibre optic bisa terjadi dua arah secara bersama-sama (full duplex). . Fiber Optic Fiber Optic adalah jenis kabel yang menggunakan daya cahaya untuk mentransmisi data. 3. Optical Media • Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron). Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah).

merupakan lapisan tipis yang menyelimuti fiber core berfungsi untuk merefleksikan cahaya yang akan memantul keluar. • Bagian Selongsong (Cladding). bagian ini merupakan medium fisik utama yang mengangkut sinyal-sinyal data optical dari sumber ke device penerima. • • Strengthening fibers : terdiri atas beberapa komponen yang dapat menolong fiber dari benturan kasar dan daya tekan tak terduga selama instalasi Cable jacket : merupakan lapisan terluar dari keseluruhan badan kabel. plastik yang menyelimuti core dan ini diukur dalam micron dan memilki range 250 . balik kembali ke dalam bagian inti • Bagian Buffer/Coating. Penyangga coating sampai 900 micron. merupakan lapisan cladding.Fiber optik disusun menjadi tiga bagian. yaitu: • Bagian Inti (Core). Core berupa helai tunggal dari glass atau plastik yang kontinyu (dalam micron) merupakan bagian lintasan yang dilewati cahaya.

. • Single Mode Transmisi data melalui single mode hanya menggunakan satu lintasan cahaya yang merambat melalui serat. Metode semacam ini dapat menghindarkan ketidakakuratan yang dapat terjadi dalam penyaluran data.Transmisi serat optik dapat dilakukan melalui dua cara yaitu : • Multi Mode Pada jenis ini. suatu informasi (data) dibawa melalui beberapa lintasan cahaya yang dijalarkan melalui serat dari satu ujung ke ujung lainnya.

. Sinyal-sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan “refresh” atau “diperkuat”. (1 micron sekitar 1/250 tebal rambut manusia) Kabel multimode.Konektor Fibre Optic • ST Konektor biasanya dipakai untuk yang singlemode • SC konektor biasanya dipakai untuk yang multimode Tipe-tipe kabel fiber optic:    Kabel single mode. Keamanan fiber optic yang tinggi. sebuah serat tunggal dari fiber glass yang memiliki diameter 8.3 hingga 10 micron. kabel yang terdiri atas multi serat fiber glass. serta tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah. Plastic Optical Fiber merupakan kabel berbasis plastic terbaru yang memiliki performa familiar dengan kabel single Keunggulan :     Kecepatan transmisi yang tinggi hingga mencapai gigabits/sec. Kemampuannya yang baik dalam mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dalam jarak transmisi yang cukup jauh. . aman dari pengaruh interferensi sinyal radio. dengan kombinasi (range) diameter 50 hingga 100 micron. motor. maupun kabel-kabel yang berada di sekitarnya. Kabel-kabel fiber optic memakan biaya perawatan relative murah. membuat fiber optic lebih banyak   digunakan dalam infrastruktur perbankan atau perusahaan yang membutuhkan jaringan dengan tingkat keamanan yang tinggi. fiber optic aman digunakan dalam lingkungan yang mudah terbakar dan panas . Kelebihan lainnya.

• Kekurangan lainnya adalah cukup besarnya investasi yang diperlukan untuk pengadaan sumber daya manusia yang andal. . fiber optic juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan kabel tembaga. Kekurangan fiber optic yaitu : • Harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga. sehingga lebih menghemat tempat dalamruangan network data center di mana pun. Dalam hal ukuran. Tabel perbandingan jenis kabel. karena tingkat kesulitan implementasi dan deployment fiber optic yang cukup tinggi. Tabel Karakterisitik titik ke titik media terpadu.

. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.  Kabel NYM Kabel NYM memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu). tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus. kuning. Agar aman memakai kabel tipe ini. Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis. 3 atau 4.Beberapa Jenis Kabel Lainnya  Kabel NYA Kabel NYA berinti tunggal. Kode warna isolasi ada warna merah. namun tidak boleh ditanam. untuk instalasi luar/kabel udara. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat. sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). ada yang berinti 2. kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. berlapis bahan isolasi PVC. biru dan hitam. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus.

Digunakan untuk instalasi panelpanel yang memerlukan fleksibelitas yang tinggi. 3 atau 4. ada yang berinti 2. kabel NYAF  Kabel NYY Kabel NYY memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam). di dalam ruangan di dalam saluran-saluran dan pada tempat-tempat yang terbuka dimana perlindungan terhadap gangguan mekanis dibutuhkan. Kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah). Kabel NYAF Kabel NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. atau untuk tekanan rentangan yang tinggi selama dipasang dan dioperasikan. dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). .  Kabbel NYFGbY Kabel NYFGbY ini digunakan untuk instalasi bawah tanah. Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

mencapai ratusan meter. Kabel ACSR Kabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja.  Kabel ACAR Kabel ACAR yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran. untuk memberi sifat yang lebih baik. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201.  Kabel AAAC Kabel ini terbuat dari aluminium-magnesium-silicon campuran logam. sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR. dimana jarak antara menara/tiang berjauhan. untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik. keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide. . Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran transmisi tegangan tinggi. maka dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi. sehingga daya hantarnya lebih baik.

Ukuran / tegangan mak = 6 – 500 mm2 / 500 V Pemakaian = saluran diatas tanah dan penghantar pentanahan . disatukan. Kabel BC Kabel ini dipilin/stranded.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful