Paku Sarang Burung

Asplenium nidus Linn. Nama umum
Indonesia: Paku sarang burung, kadaka (Sunda) Pilipina: Pakpak-lauin Jepang: Ootaniwatari

Paku Sarang Burung
(Asplenium nidus Linn)

Paku Sarang Burung

Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Divisi: Pteridophyta (paku-pakuan) Kelas: Pteridopsida Sub Kelas: Polypoditae Ordo: Polypodiales Famili: Aspleniaceae Genus: Asplenium Spesies: Asplenium nidus Linn. Kerabat Dekat Paku Pandan, Paku Alai, Paku Tamaga

suplir tidak menghasilkan bunga dalam daur hidupnya. Sorus merupakan kluster-kluster di sisi bawah daun pada bagian tepi. berwarna hitam mengkilap. tetapi cenderung membulat. Kerajaan: Plantae Divisi: Pteridophyta Kelas: Pteridopsida Ordo: Pteridales Famili: Pteridaceae (Adiantaceae) Genus: Adiantum . famili Adiantaceae. kadang-kadang bersisik halus ketika dewasa. Akarnya serabut dan tumbuh dari rizoma. Daunnya tidak berbentuk memanjang. Sebagai tumbuhan paku-pakuan. Tangkai entalnya khas. Suplir memiliki penampilan yang jelas berbeda dari jenis paku-pakuan lain.Paku Suplir Suplir adalah sebutan awam bagi segolongan tumbuhan yang termasuk dalam genus Adiantum. Perbanyakan generatif suplir dilakukan dengan spora yang terletak pada sisi bawah daun bagian tepi tanaman yang sudah dewasa. Sebagaimana paku-pakuan lain. daun tumbuh dari rizoma dalam bentuk melingkar ke dalam (bahasa Jawa mlungker) seperti tangkai biola (disebut circinate vernation) dan perlahan-lahan membuka. Spora terlindungi oleh sporangium yang dilindungi oleh indusium.

andinum . Kesemuanya merupakan epifit dengan penampilan yang unik karena memiliki dua tipe daun dengan fungsi dan bentuk jelas berbeda. Anakan yang tumbuh dapat dipisah dari induknya secara hati-hati dan ditempelkan pada tempat lain. coronarium P. superbum P. P.PAKU TANDUK RUSA Paku tanduk rusa (Platycerium) adalah suatu marga tumbuhan paku dengan lebih kurang 18 jenis. Paku yang juga biasa disebut simbar menjangan ini dapat dijumpai tumbuh liar di semua daerah tropika dunia. elephantotis P. ditempel di pohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada taman. Kegunaan Tumbuhan hias yang biasa dipelihara orang di pekarangan rumah.

Rumput Kipas.Paku Rane Selaginella doederleinii Hieron Nama umum Indonesia: Paku rane. Paku Rane Halus. Rane. Paku Rane Lumut . cakar ayam Cina: shi shang bai Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Divisi: Lycopodiophyta Kelas: Lycopodiopsida Ordo: Selaginellales Famili: Selaginellaceae Genus: Selaginella Spesies: Selaginella doederleinii Hieron Kerabat Dekat Rane. Paku Rane Biru. Paku Lumut.

Di kawasan Asia Tenggara (Indonesia termasuk di dalamnya) hanya dijumpai satu spesies alami saja. E. atau suatu kelas dari Pteridophyta. tataropongan dalam bahasa Sunda. dan petongan dalam bahasa Jawa. debile[1]. Anggota-anggotanya dapat dijumpai di seluruh dunia kecuali Antartika. . yang dikenal sebagai rumput betung dalam bahasa Melayu. Hasil analisis molekular menunjukkan kedekatan hubungan dengan Marattiopsida[2].Paku ekor kuda Nama paku ekor kuda merujuk pada segolongan kecil tumbuhan (sekitar 20 spesies) yang umumnya terna kecil dan semua masuk dalam genus Equisetum (dari equus yang berarti "kuda" dan setum yang berarti "rambut tebal" dalam bahasa Latin). sebagai Equisetopsida (atau Sphenopsida). sebagai Equisetophyta (atau Sphenophyta). Kalangan taksonomi masih memperdebatkan apakah kelompok ekor kuda merupakan divisio tersendiri. ramosissimum subsp.

PAKU TIANG .

Paku Picis .

.

Tumbuhan ini dapat ditemukan di hampir semua daerah tropik dan subtropis di Asia dan Pasifik. Tumbuhan ini mudah dikenal karena peletakan daunnya yang menyirip berjajar dua dan tangkainya bercabang mendua (dikotom). .Paku Resam Resam atau rasam (Dicranopteris linearis syn. Gleichenia linearis) merupakan jenis paku yang besar yang biasa tumbuh pada tebing-tebing di tepi jalan di pegunungan. Resam dikenal sebagai tumbuhan invasif di beberapa tempat karena mendominasi permukaan tanah menyebabkan tumbuhan lain terhambat pertumbuhannya. Habitatnya adalah tebing teduh dan lembab mulai pada ketinggian 200m hingga 1500m di atas permukaan laut.

Namun demikian. paku laut (Acrostichum aureum) dan paku rawa tidak termasuk bangsa ini walaupun hidup di air. . baik mengapung atau tumbuh di tempat tergenang. Semua paku air bersifat heterospor: menghasilkan dua macam spora yang berbeda ukuran dan kelaminnya.Paku Air Paku air merupakan nama sekelompok paku-pakuan berukuran kecil yang termasuk dalam bangsa Salviniales (dulu dinamakan Hydropteridales) yang kesemuanya hidup berasosiasi dengan air. Ordo ini terdiri dari dua suku: Marsileaceae (paku air berakar) dan Salviniaceae (paku air mengapung).