Gelombang bunyi adalah gelombang membujur yang memerlukan medium dalam perambatannya.

Bunyi dihasilkan oleh getaran seperti getaran tala bunyi, getaran kon pembesar suara, getaran tali gitar atau turus udara dalam alat musik. Proses penghasilan bunyi yang disebabkan oleh getaran tala bunyi dan getaran kon pembesar suara. Apabila tala bunyi atau kon pembesar suara bergetar, lapisan udara di sekeliling akan bergetar dan tenaga bunyi merambat melaluinya dalam bentuk gelombang. Manfaat Gelombang Bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Sudah tentu sangat dibutuhkan oleh kita semua, sebagai manusia kita membutuhkan komunikasi dengan baik dan salah satunya dengan kita berbicara dan suara yang kita tangkap oleh telinga adalah salah satu manfaat gelombang bunyi. Beberapa manfaat gelombang bunyi dalam hal ini adalah pantulan gelombang bunyi adalah sebagai berikut:
1.

2. 3. 4. 5. 6. 7.

Dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut serta Lokasi dan jarak objek dalam air gelombang Bunyi yang digunakan adalah ultrasonik. Digunakan untuk mendeteksi janin dalam rahim, biasanya menggunakan bunyi infrasonik. Digunakan mendeteksi keretakan suatu logam dan lain-lain. Diciptakannya Pengeras Suara termasuk manfaat dari bunyi audiosonik. Digunakan utuk kita mendengar suara, musik dan untuk memperlancar komunikasi. Menentukan jarak dari sesuatu tempat. Pemecahan batu karang dalam usus.

CAHAYA
1. Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elekromagnetik

yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380– 750 nm. Pada bidang fisika, cahaya adalah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak.

Kedua definisi di atas adalah sifat yang ditunjukkan cahaya secara bersamaan sehingga disebut "dualisme gelombangpartikel". merupakan area riset yang penting pada fisika modern. Paket cahaya yang disebut spektrum kemudian dipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan sebagai warna. karena untuk melakukan aktvitas manusia perlu tahu tentang keadaan di sekelilingnya. Bidang studi cahaya dikenal dengan sebutan optika. Cahaya mempunyai 4 besaran dalam optika klasik:  Intensitas  Frekuensi atau panjang gelombang Dengan sifat optik geometris:  Refleksi Dan sifat optik fisis:  Interferensi  Difraksi  Dispersi  Polarisasi  Refraksi  Polarisasi  Fasa Manfaat Gelombang Cahaya dalam kehidupan sehari-hari Jika dunia ini tanpa cahaya? Akankah kamu dapat melakukan aktivitas? Tentu jawabnya tak mungkin ada aktivitas.Tanpa cahaya kamu tak pernah tahu dan tak pernah melihat apa sebenarnya yang ada di sekitarmu. Pernyataan tersebut adalah salah satu manfaat dari gelombang .2. Benda-benda untuk dapat terlihat harus memantulkan cahaya. Cahaya adalah paket partikel yang disebut foton.

digunakan untuk rontgen. 6. Digunakan sebagai satuan jarak antar benda-benda langit.Sepatu dan alat rumah tangga lainnya (menggunakan cahaya matahari). 9. Di bidang kedokteran salah satu manfaat gelombang cahaya 2. Tapi masih ada lagi manfaat gelombang cahaya yang lain antara lain: 1. 5. 3. Digunakan untuk kamera foto. Digunakan juga untuk menjemur pakaian. 7.cahaya. 8. Digunakan untuk berfotosintesis tumbuhan (Sinar Matahari). dll. Digunakan oleh tumbuhan dari energi cahaya menjadi energi kimia dalam proses sintesis makanan. 4. selulit. Digunakan untuk lampu dan alat penerangan lainnya. Digunakan sinar ultraviolet untuk menjaga kesehatan kulit(asalkan tidak terlalu panas). TUGAS FISIKA MANFAAT GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA . Digunakan untuk alat-alat kecantikan seperti sinar UV untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah.

Dani Al Mahkya 2.Oleh 1. Hamzah Abidin SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH 2009/2010 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful