Laboraturium Geokoputasi

Magellan GPS Data Transfer with ArcGIS
To send waypoints to GPSR from ArcGIS: Step 1: • Dalam ArcCatalog, Convert Datum dari Albers untuk NAD27 (atau apa pun yang Anda pilih datum yang didukung pada GPSR Anda) • Pilih "proyek" dari ArcToolbox untuk reproject fitur (Gambar 1). Gambar 1

• Pilih file masukan. diinginkan shp dan mengubah nama file output dan pilih output sistem koordinat yang kompatibel dengan GPSR tersebut.

Nama :Dedy Prasetyo Nim :111.100.019 Plug :4 Page 1

X dan y koordinat perlu ditugaskan untuk tabel atribut.019 Plug :4 Page 2 ... Nama :Dedy Prasetyo Nim :111.  Klik kanan pada lapisan bawah dan pilih "Buka Tabel Atribut"  Pada jendela tabel atribut pilih opsi dan klik ekspor (Gambar 3). Step 3: • Sekarang buka ArcMap dan menambahkan file yang baru diproyeksikan shp.Laboraturium Geokoputasi Step 2: • Setelah membuat file yang baru diproyeksikan shp.  Pilih "Add xy Koordinat" dari ArcToolbox (Gambar 2) Gambar 2  Kemudian pilih file yang baru diproyeksikan shp. untuk menetapkan koordinat.100.

Nama :Dedy Prasetyo Nim :111. akan ada dua file dengan ekstensi DBF. yang lain adalah file benar. Dbf format yang Step 4: • Sekarang buka Microsoft Excel  Klik file.100.Laboraturium Geokoputasi Gambar 3  Klik OK untuk mengekspor file. Dbf (Gambar 4). Pilih salah satu yang tidak memiliki jenis file xml. File tersebut akan disimpan sebagai..019 Plug :4 Page 3 . klik terbuka.

x dan koordinat y data harus ditampilkan (Gambar 5).019 Plug :4 Page 4 . Gambar 5 Nama :Dedy Prasetyo Nim :111.100.Laboraturium Geokoputasi Gambar 4 • Sekarang file terbuka.

terbuka dan terakhir nama lintang. (Ini akan menjadi file yang digunakan dalam program Topo Delorme dan kemudian ditransfer ke GPSR tersebut). Di bawah ini yang semua nilai lintang. Mengetahui kapasitas GPSR Anda. jadi hanya mengisi sel dengan Bendera "default Merah ". Pada kolom C adalah nama-nama titik arah. Dalam kolom B ada nilai-nilai bujur. dan waypoint ketika mengubah ke file txt.100. bujur. Gambar 6 • Gunakan gambar di atas untuk melayani sebagai template. yang jenis ikon tidak benar-benar penting karena akan meng-upload ke GPSR.Laboraturium Geokoputasi Step 5: • Sekarang buka dokumen baru di Excel sementara meninggalkan file dbf terbuka.txt" juga dapat didownload dari web.1000 waypoint.. ke dalam file Excel baru. dan kolom D adalah jenis icon yang digunakan dalam peta Delorme. lihat link di halaman satu. File template "Template_Delorme_txt.  Dalam dokumen Excel mengisi sel berikut (Figure6). Nama :Dedy Prasetyo Nim :111. • • Penting untuk menyesuaikan sel angka penting karena angka dapat dijatuhkan Dengan salinan DBF file. Dalam menulis sel A1 "BEGIN SIMBOL".019 Plug :4 Page 5 . unit yang paling dapat menyimpan hingga 500 .

Laboraturium Geokoputasi • • Pastikan untuk menyertakan "END" pada akhir kolom A. Nama :Dedy Prasetyo Nim :111. dalam contoh ini telah menggunakan NAD27 (Gambar 8). Di bawah datum ada tiga kemungkinan. Selanjutnya. Gambar 7 Step 6: • Buka Delorme Topo USA Program.  Pertama memverifikasi bahwa peta Delorme berada di datum yang benar dengan memilih "menampilkan peta".100. klik "Save As" dan pada "save as type" pilih "Text (Tab delimited)" (Figure7).019 Plug :4 Page 6 . lalu "unit".

100. Sebuah jendela akan muncul. (Gambar 10). buka file txt yang disimpan di Excel.019 Plug :4 Page 7 . Nama :Dedy Prasetyo Nim :111.Laboraturium Geokoputasi Gambar 8 • Select “Draw” then select “file” (Figure 9) Gambar 9 • Berikutnya pilih "Import" di kanan bawah..

Hubungkan GPS ke komputer melalui port serial atau USB dan mengkonfigurasi GPS untuk bekerja dengan Delorme Topo Amerika Serikat.019 Plug :4 Page 8 . (Bagian ini bervariasi tergantung pada jenis GPS dan tidak tercakup di sini.Laboraturium Geokoputasi Gambar 10 • Step 7: • waypoints akan muncul pada peta.) o Pilih tab GPS dan kemudian pilih pertukaran (Gambar 11) Nama :Dedy Prasetyo Nim :111.100.

fitur ini menambah angka di depan nama titik arah dan mungkin membingungkan ketika mencari titik arah di GPSR Anda. Hapus tanda centang pada kotak yang memberikan prefiks ke titik arah.100. Untuk mengirim waypoints untuk ArcGIS dari GPSR: Metode yang dibahas di sini sangat mirip dengan yang di atas.Laboraturium Geokoputasi Gambar 11 • Pada jendela berikutnya pilih "mengirim objek ke perangkat" dan pilih "menarik file".019 Plug :4 Page 9 . Anda harus dapat melihat titik arah di GPSR tersebut. Jika semua berjalan lancar. tetapi dalam urutan terbalik dan dengan beberapa perbedaan. Lalu klik "kirim ke perangkat". Kemudian klik "berikutnya". Halaman berikutnya dalam "menarik file" pastikan file yang sesuai terdaftar. Langkah 1: • Buka Delorme Topo USA Program Nama :Dedy Prasetyo Nim :111.

 Klik membuka dan mencari file txt. (IV)  Sementara meninggalkan file Excel saat membuka membuat dokumen baru. pilih titik arah dan kemudian pilih "data pengguna peta titik arah"  Klik next. Copy dan paste sesuai. Pastikan Langkah 2: • Buka Microsoft Excel. Pastikan jenis file "All Files" atau Excel tidak akan dapat melihatnya. pilih "imbang" tab. Kemudian klik "selesai".019 Plug :4 Page 10 . (Gambar 12). Kemudian klik "file" di sudut kiri bawah. dan Anda mungkin perlu untuk memperbaiki hal ini sebelum menyimpan sebagai dbf.  Setelah memilih file.  Perhatikan bahwa koordinat lintang dan bujur mungkin tidak mengandung angka cukup signifikan.100. kemudian klik "terima dari perangkat".  Dalam dokumen baru dalam jenis sel A1 "POINT_Y" untuk sel B1 "POINT_X" dan untuk sel C1 "PLOTKEY" The PLOTKEY adalah ID waypoint. untuk memilih datum yang diinginkan saat menyimpan! Nama :Dedy Prasetyo Nim :111. pastikan untuk nama file.  Di bawah "menerima dari perangkat" untuk jenis objek. Txt ke folder yang diinginkan. Di bawah "pembatas" cek "koma". Pilih "delimted" lalu klik next.  ekspor Selanjutnya klik di sisi kanan bawah menu. Simpan file. Setelah waypoints telah di-download.. Kemudian klik "berikutnya".  waypoint ini harus ditampilkan pada peta. Excel akan bertanya bagaimana untuk membaca teks.Laboraturium Geokoputasi  Unduh waypoint dengan memilih tab GPS kemudian mengklik "pertukaran".

Laboraturium Geokoputasi Gambar 12 • Setelah mengedit dokumen baru klik "save as" dan berikan nama file dan di bawah "save as type" pastikan untuk memilih "DBF 4 (dBASE IV)".100. Catatan Anda harus menutup program Excel untuk mendapatkan fungsi ini untuk bekerja. • langkah 3:  Buka ArcCatalog  Cari DBF4 file.. Kemudian pilih "Dari Tabel XY" Lihat gambar di bawah ini. klik kanan dan pilih "Create Kelas Fitur". Nama :Dedy Prasetyo Nim :111.019 Plug :4 Page 11 .

019 Plug :4 Page 12 .100.Laboraturium Geokoputasi  Selanjutnya pilih POINT_X untuk "Lapangan X" kemudian pilih POINT_Y untuk "Lapangan Y":  Pastikan nama file output yang diinginkan Nama :Dedy Prasetyo Nim :111.

019 Plug :4 Page 13 .100.  poin harus ditampilkan! Nama :Dedy Prasetyo Nim :111..Laboraturium Geokoputasi  Klik ok (ini akan menyimpan titik arah ke file shp.) Langkah 4: • Buka ArcMap  Klik ikon add layer "" dan pilih file yang baru dibuat shp.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful