ABU LAHAB Abu Lahab adalah salah seorang paman Nabi Muhammad SAW.

Nama aslinya Abdul Uzza bin Abdul Muthalib, nama panggilanya Abu Uthaibah. Dinamakan Lahab karena wajahnya yang sangat bercahaya dan tampan. Abu Lahab dan dibantu istrerinya yang bernama Urwah bin Harb bin Umayah menentang ajaran islam. Uwah bin Harb mendapat julukan Ummul Jammil karena wajahnya cantik. Melihat Nabi Mammad dihina Abu Lahab, Abu Thalib marah dan berkata bahwa dirinya akan selalu membela dan akan selalu melindungi keponakannya itu. Abu Lahab selalu mengikuti kemana saja Nabi Muhammad SAW berda’wah untuk menganggu dan menghalanginya. Di akherat kelak Abu Lahab dan isteriya dimasukan di neraka. Isterinya yang membantu melakukan kekufuran, fitnah, pembangkangan.

ABU JAHAL Abu Jahal adalah tokoh utama dari Bani Makhdum suku Quraisy. Abu Jahal nama aslinya Amr bin Hisyam bin Umar bin Makhdum,nama panggilannya adalah Abul Hakam atau Amr Abul Hakam dan nama ejekannya adalah Abu Jahal (Bapak Bodoh). Abu Jahal adalah pelopor dan pemmimpin dari kelompok yang bertugas mengancam para bangsawan yang masuk islam.Abu Jahal selalu menentang ajaran Nabi Muhammad SAW. Seperti ketika sujud diselimuti kulit unta yang busuk. Paman Nabi yang pernah melindungi Nabi Muhammad adalah Hamzah. Pernah suatu ketika Abu Jahal bertemu Rasulullah SAW. Dia mencacimaki dan melecehkan Rasulullah,tapi Rasulullah SAW diam saja. Abu Jahal termasuk panglima perang pasukan Kafir Quraisy yang ditangan pemuda Anshar yaitu dibunuh oleh Muads bin Amir bin Jumuh dan Muadz bin Afra’ serta dihabisi oleh Abdullah bin Mas’ud.

Karena kepandaian Musailamah dalam berbicara dan memalsukan Al Qur’an banyak penduduk yang terpedaya. 3. Nabi-nabi palsu selain Musailamah Al Kadzab yaitu: 1. Thulaihah Bin Kuwalid dari Bani Asad. Dia berasal dari Bani Hanifah di Yamamah. Musailamah adalah golongan yang berakhlak tercela. yaitu: 1. Musailamah muncul dari golongan ke 2 yaitu yang tidak puas terhadap ajaran Islam. Al Aswad al Ansi dari Yaman. Al Muhajir bin Abi Umayah memerangi Al Aswad Al Ansi . Ikramah bin Abi Jahl dan Syurrahubail bin Hasanah memerangi Musailamah. Golongan yang salah dalam menafsirkan arti Al Qur’an tentang Zakat. Kolifah Abu Bakar mengirimkan panglima perang untuk mengalahkan Musailah yaitu : 1. Golongan orang-orang yang tidak puas terhadap ajaran Islam. Kholid bin Walid yang ditugaskan memerangi Thulaihah bin Kuwalid 2. Sajah Tamimiyah dari Bani Tamim istri Musailamah. 3. 2.MUSAILAMAH AL KADZAB Di awal pemerintahan Kolifah Abu Bakar Ash-Shiddiq muncul tiga golongan yang ingin memisahkan diri dari Islam. Golongan orang-orang yang murtad. 2. dan mengaku dirinya Nabi Allah setelah Nabi Muhammad SAW. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful