112-SL3C TI -35 03

• • •

Ryan Rachmadian 112110093 Randy Pradana 112110094 Vita Ardiana Sari 112110095 Gilang Ramadhan 112110096

ubah .Pendahuluan  GLB itu tidak mempunyai percepatan dan kecepatannya kostan  GLBB mempunyai percepatan dengan kecepatan benda berubah .

Tujuan Praktikum  Mempelajari GLB dan GLBB menggunakan pesawat Attwood.  Menentukan momen inersia roda katrol pada pesawat Attwood. .

Katrol dan Tali 3. Penjepit Beban 6. Landasan Akhir Jangka Sorong Stopwatch Neraca Lengkap . Penyangkut Beban 7. Beban Tambahan 5. Tiang Berskala 2.Alat dan Bahan     Pesawat Attwood Lengkap : 1. Dua (2) Beban bermassa 4.

Bila penjepit P dilepas. 5. 4. Letakkan Beban sedemikian rupa. 2. m2 dan m3 akan bergerak dipercepat antara AB dan selanjutnya bergerak lurus beraturan antara BC. m2. Catat waktu yang diperlukan untuk derak antara BC. Catat kedudukan penyangkut beban B dan Meja C (Pada tabel yang disediakan). 6. 3. m3. setelah beban tambahan tersangkut di B. Selama periode satu proses ini.Langkah Kerja (GLB) 1. Ulangi Percobaan 3 dan 4 dengan mengubah-ubah kedudukan landasan C (ingat ketebalan beban m2). . janganlah mengubah-ubah jarak AB dan BC. Timbang beban m1.

Ulangi percobaan GLBB-1 sampai GLBB-4 dengan menggunakan beban m3 lain. Bila beban m1 dilepas. 5. maka m2 dan m3 akan melakukan gerak lurus berubah berturan antara A dan B. . Catatlah waktu yang diperlukan untuk gerak antara A dan B. 3. 2. 4.Langkah Kerja (GLBB) 1. Ulangi percobaan GLBB-2 sampai GLBB-3 beberapa kali dengan merubah kedudukan B. Aturlah kembali letak beban seperti percobaan GLB-4 Catatlah kedudukan A dan B (Pada tabel yang disediakan).

Data Percobaan Gerak Lurus Beraturan (GLB) .

.

.

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) massa tambahan satu .

.

.

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) massa tambahan dua .

.

.

Jelaskan pengaruhnya pada percepatan dan kecepatan benda! . 2. Lakukan analisa apakah gerak tersebut benar-benar beraturan mengingat ketelitian alat-alat yang anda gunakan! Jelaskan kekurangan-kekurangan yang ada pada percobaan yang dilakukan dan jelaskan pula pengaruhnya dalam percobaan! Jika beban tambahan ditambah lagi. 3.Analisis 1.

Bagaimana pengaruh perubahan massa beban terhadap nilai momen inersia! 7. Dari hasil pengamatan anda apakah hukum newton II benar-benar berlaku? Jelaskan jawaban anda.Analisis 4. 5. Jelaskan pengaruh momen inersia pada percobaan anda! 6. Adakah cara yang lain untuk menentukan nilai momen inersia katrol? .

maka hal itu bisa diabaikan. . Banyak peristiwa yang sangat terikat dengan prinsip ini.Kesimpulan Pada praktikum ini dibuktikan bahwa perbedaan mendasar antara GLB dan GLBB adalah adanya percepatan atau tidak. Kemudian momen inersia juga memengaruhi kecepatan katrol. tapi karena semakin kecil.