Written by Ihsan Zakian

PERTEMUAN KE-1. Pengenalan Adobe Photoshop
Adobe Photoshop 7.0 Multimedia PPI 1-2

Adobe Photoshop merupakan software yang dikhususkan untuk membuat tampilan desain, khususnya desain foto, dengan software ini foto yang terlihat kurang dapat dimodifikasi menjadi lebih bagus, bahkan bisa menggabungkan beberapa foto yang terpisah, software ini biasa digunakan untuk mendesain foster, sampul buku, pamflet, dll. Selain Adobe Photoshop, masih banyak software yang dapat digunakan untuk membuat desain seperti Adobe Ilustrator, Macromedia Firework, Corel Draw dan lain sebagainya. Tetapi kebanyakan para profesional designer lebih suka menggunakan Adobe Photoshop sebagai software standar designer, karena hasil yang bagus. Pada Kursus ini hanya diperkenalkan dasar-dasar penggunaan Photoshop, dengan dasar tersebut pengguna dapat lebih memperdalam seluk beluk dan desain program dengan menguliknya sendiri, karena mendesain adalah pekerjaan yang menggunakan feel, dan kreativitas individu.

Sekilas Toolbox dan kegunaannya masing-masing pada Adobe Photoshop 7.0 :
Toolboox Nama
Rectangular Marquee Tool Move Tool Lasso Tol Magic Wand Tool Crop Tool Slice Tool Airbrush Tool Paintbrush Tool Clone Stamp Tool History Brush Tool Eraser Tool Paint Bucket Tool Blur Tool Text Type Tool Pen Tool Rectangle Tool Notes Tool Eye Dropper Tool Hand Tool Zoom Tool Edit In Standart Mode Mode Windows Jump

Fungsi
Untuk memotong, membuat dan mewarnai image. Untuk menggeser image. Untuk meyeleksi objek dalam bentuk lurus. Untuk menyeleksi objek dengan mengikuti warna pada objek. Untuk memotong kanvas sesuai ukuran yang kita inginkan. Untuk membuat seleksi potong pada objek sesuai kebutuhan. Untuk membuat objek dengan menentukan source pattern. Untuk membuat objek warna dengan efek blur. Untuk memanipulasi objek dengan menyamakan bentuk dan warna objek. Untuk Untuk menghapus objek Untuk memberi warna Untuk membuat efek blur Untuk membuat objek teks. Untuk membuat objek garis lurus yang dapat diubah bentuk garis tersebut sebelum menjadi objek utuh. Untuk membuat objek kotak yang dapat diubah bentuk garis tersebut sebelum menjadi objek utuh. Untuk membuat teks sebagai catatan singkat. Untuk mengambil warna tetentu Untuk menggeser Kanvas Untuk memperbesar dan mengecilkan kanvas Untuk menentukan pengeditan dalam model standar Untuk tampilan windows dengan Standar Windows, Full Screen dengan menu bar dan Full screen tanpa menu bar Untuk pindah antara Adobe Photoshop dengan Adobe Image Ready
Halaman 1

transparent = warna background yang diinginkan. untuk hitam putih pilih Grayscale) White. ubah kembali ukuran kanvasnya. dan tuliskan MEMBUKA FILE GAMBAR Pilih menu File Open. (Canvas=Tempat menggambar). dan Help. contoh: cari di drive D folder Gambar klik file gambar pajagalan. sub menu Layers jika di ceklist akan terlihat layernya jika dihilangkan window layernya akan hilang. Option. Klik Menu Filter Stylize Embos lihat perubahan gambarnya. Select. Menu Window yang paling sering digunakan Toolbar. contoh pada menu File terdapat sub menu New=membuat file baru. pada background. Layer. kemudian cari gambar ingin di buka. contoh jika pada sub menu tool di hilangkan ceklistnya maka tool bar akan menghilang. color. Silakan coba semua Menu Filter. Tumpahkan warna pada kanvas (tempat menggambar) oleh paint bucket tool nama penggambar menggunakan Paintbrush Tool dengan warna yang berbeda. Simpan Hasil Kerja File kembali dan bisa di edit oleh photoshop. Pada Menu Image terdapat Menu Canvas size=ukuran kertas untuk menggambar. Height= 5 inches. Pada Menu Image Width=3 Inches. Canvas Size. Edit. menu yang ada adalah File. Save As Pilih Format PSD agar bisa dibuka Halaman 2 . Open=membuka file yang sudah ada. jika di ceklist akan kembali terlihat. dengan menggeser tombol bawahnya. Rotate Canvas=Memutar Canvas. Menu Filter untuk memformat (merubah) jenis desain sesuai yang diinginkan. kembalikan ke asal dengan menekan Ctrl+Alt+Z. Image. background color. Mode=RGB Color. coba Filter Texture Mozaic Tiles. Menu window Berfungsi untuk mengeluarkan/menyembunyikan window yang terdapat pada program. Di dalam menu tersebut terdapat sub-sub menu. MEMBUAT FILE BARU Pilih menu File New Name = Nama File Preset Size = ukuran kanvas yang baku (bisa dipilih) Width = ukuran lebar kanvas (bisa dirubah) Height = ukuran tinggi kanvas ( bisa dirubah) Mode = tipe warna yang akan digunakan (untuk berwarna pilih RGB. Buka File Ducky. MEMINDAHKAN FILE GAMBAR KE KANVAS Buat File baru dengan ukuran Width=5 inches.jpeg. Window. Filter. navigator. View.0 Multimedia PPI 1-2 Seperti halnya pada program windows yang lain Photoshop juga memiliki menu-menu untuk mempermudah penggunaan program. Drag (tarik dengan menekan Mouse) gambar Bebek ke area kerja ( Kanvas) dengan menggunakan Move Tool Simpan gambar Bebek tepat di tengah. Layer. Height=3 Inches. Jika gambar kurang kelihatan perbesar menggunakan Navigator. Exit=keluar dari program.MENU Adobe Photoshop 7.tif di drive D folder Gambar Folder Sample.

0 Multimedia PPI 1-2 MEMOTONG DAN MEMASANG GAMBAR Buat File Baru. klik menu Edit Transform. kemudian tarik titik pada kotak perbesar/perkecil gambar sambil menekan shift supaya proporsi gambar tidak berubah.jpeg di drive D folder Gambar Apply. Pilih menu File New.PERTEMUAN KE-2 Buka File Dune. jika kotak perbesar/perkecil gambar tidak keluar. lihat windows Layer Klik 2 kali tulisan Layer 1 ganti dengan Gurun. Folder Sample. Klik kanan pilih Brush 13. . pastikan di Option show Free bounding box-nya di ceklist. Bersihkan gambar kepalanya dengan penghapus (Eraser Tool) gambarnya dan Pasangkan di kepala Bebek. Width=21 cm. Buka File Ducky. kemudian tekan Move Tool Buka File Old Image. Height=21 cm. Perkecil Buat tegak kapala Manusia menggunakan Move Tool dengan menarik bentuk lengkung diujung gambar Halaman 3 .tif di drive D folder Gambar Adobe Photoshop 7. Lingkari gambar kepalanya dengan Lasso Tool Kanvas. Ganti Nama Layernya dari Layer 1 Menjadi .tif di drive D folder Gambar Pada Window Layer ganti Tulisan Layer 1 dengan Bebek. Drag ke dalam kanvas. klik Move Tool . Hapus background putih pada gambar bebek dengan Lasso Tool tekan delete . kemudian drag dengan Move Tool ke dalam Manusia. drag ke dalam kanvas. tutup kembali file aslinya. Folder Sample. Folder Sample. kelilingi gambar dengan Lasso kemudian Setelah semua background gambar bebek hilang perkecil gambarnya. Mode=RGB Color.

Buat File Baru.0 Multimedia PPI 1-2 Perhalus ujung-ujungnya menggunakan Smudge Tool Penggabungan Gambar kuncinya pada LAYER. Height=24 cm. Pilih menu File Buka File Ranch House.Adobe Photoshop 7. Folder Sample. yang berwarna hijau menggunakan Magic Wand Tool Halaman 4 . gambar terlihat seperti dibawah. Gabungan gambar yang kita buat dapat disimpan dalam file gambar biasa yang berformat JPEG.jpg di drive D folder Gambar Buka File Old Image. beri nama Layer Baju. Folder Sample. beri nama layer Rumah. drag ke kanvas. Width=20 cm. Hilangakan dahulu seleksinya dengan klik Rectangular Marquee Tool sesuaikan ukuran Baju dengan gambar belakang.jpg di drive D folder Gambar Seleksi gambar tubuh menggunakan Polygonal Lasso bawah. sedang gambar manusia dibelakangnya.psd di drive D folder Gambar . Tekan File Save As. Mode=Grayschale Folder Sample. beri nama Sendiri. Sekarang coba geser Layer Bebek ke atas Layer Manusia dengan cara menDrag layer bebek ke atas layer Manusia. Tekan OK. Gambar kepala ada di depan gambar bebek disebabkan layer manusia ada di atas Layer Bebek. kembalikan layer bebek kebawah layer manusia dengan cara mendrag. Menggunakan Move Tool Buka File Eagle. PERTEMUAN KE-3 MEMBUAT GAMBAR MANUSIA ELANG New. Contoh: Zaidan_2. kemudian delete sehingga didapatkan gambar seperti di . Gambar bebek jadi ada didepan. Pilih Formatnya JPEG. seleksi dengan mengklik background gambar elang kemudian delete. drag ke kanvas.

Tutup kembali gambar elang aslinya dan JANGAN DI SAVE. buat gambar elang menjadi tegak menggunakan Move Tool kemudian Apply. klik kembali Move Tool Sembunyikan tubuh elang ke belakang baju dengan cara drag Layer Baju di atas Layer Elang. Tutupi baju dengan bulu elang sehingga seolah-olah gambar menyatu. Caranya kita akan mengklone (Menjiplak) gambar bulu dari Layer Elang dan dipasangakan di Layer Baju. beri nama Layer Elang. dengan memutar ujung gambar elang. pilih Layer Elang. Kemudian Pilih Layer Baju dan gesekan pada Baju sehingga bulu menutupi sisi baju. Halaman 5 . rubah option yang ada diatasnya Pilih window Layer rubah opacity menjadi 70%. . Adobe Photoshop 7. pilih Clone Stamp Tool tekan Tombol Alt pada keyboard sampai keluar tanda target klik Bulu Elang sambil. tulisan menjadi agak transparan. Bold. klik Menu Edit Transform Flip Horizontal. ukuran tulisan 48 Pt. Pilih Layer Elang.drag gambar elang yang sudah dihapus backgroundnya ke dalam kanvas. Beri tulisan dibawahnya MANUSIA ELANG dengan menggunakan Text Tool Jenis Tulisan Tahoma.0 Multimedia PPI 1-2 Gambar elang akan kita rubah supaya menoleh ke arah berlawanan.

Jenis Huruf Tahoma. ukuran huruf 24 pt. Halaman 6 . klik kiri Blending Option Ceklist dan sorot Drop shadow rubah distance nya menjadi 13.. tulisan rapat kanan. Klik kanan Layer manusia Elang. bentuk Regular. dan ceklist Bevel and Embose.0 Multimedia PPI 1-2 Tulisan tersebut akan kita Embose (terlihat Menonjol) dan diberikan bayangan. Tulisan akan terlihat seperti dibawah Di sebelah kanan atas tuliskan Desain Oleh …… Kelas …….Adobe Photoshop 7.

Tekan OK. drag kedalam kanvas. Pilih menu File New. simpan Layernya dibawah Folder Nature. Folder Nature. Edit Folder Nature. beri nama Manusia Elang spasi Nama Save kembali program rubah ke format JPEG. }memperbesar ukuran brush.jpg di drive D folder Gambar gambar gunung.53 cm. PERTEMUAN KE-4 Buat File Baru. Width=25. Mode=RGB Folder Nature.Adobe Photoshop 7. Tekan File Sendiri. drag ke kanvas sehingga gambar telaga menutupi Buka File Gunung5.0 Multimedia PPI 1-2 Simpan Hasil Kerja File Save As Pilih Format PSD. drag kedalam kanvas. bersihkan gambar disamping pohon yang tersisa hanya gambar pohon dan bukit.58 cm. Layernya beri nama Ombak. Pilih Formatnya JPEG. Transform Flip Horizontal.. sehingga yang didapat gambar bagian bawahnya saja. Layernya beri nama Pohon. Layer beri nama Telaga. drag ke kanvas.jpg di drive D folder Gambar gambarnya dibalikan ke arah berlawanan. Contoh: Manusia_Elang_Zaidan_3. perkecil gambar pohonnya. Buka File Ombak1. Height=17. Gambarnya buat jadi Wallpaper. berinama sendiri Contoh: Zaidan_3 Save As. simpan disebelah kanan atas. Layer berinama Gunung.jpg di drive D folder Gambar Buka File Pohon.jpg di drive D folder Gambar Buka File Telaga. Halaman 7 . untuk memperbesar/memperkecil penghapus bisa menggunakan tombol kurawal. { memperkecil ukuran brush. Pada gambar telaga hapus bagian atasnya menggunakan Eraser Tool klik kanan pilih ukuran brush 200. layer Telaga. kemudian hapus gambar sebelah kanannya.

Save kembali program rubah ke format JPEG. Adobe Photoshop 7. .. buka menu Filter Render Lens Flare. Jenis huruf Tahoma. klik Text Style . Jenis Bold. Tekan OK. turunkan semua windows. berinama sendiri Contoh: Zaidan_4 Save As. ukuran 14 pt. cari tempat menyimpan file gambar yang telah di buat. Brightness 138%. Disebelah kiri bawah tulis Desain Oleh …… Kelas ……. beri effek bayangan dan emboss. klik kanan pada wallpaper Background klik properti. dengan warna #0F1B57.0 Multimedia PPI 1-2 Pada kolam beri tulisan Rihlah Tarbiyyah menggunakan Text Tool . Buat gambarnya jadi wallpaper. Tekan File Contoh: Rihlah_Zaidan_4. Pilih Formatnya JPEG.. pilih Simpan Hasil Kerja File Save As Pilih Format PSD. menggunakan Warna #174F96. klik layer gunung beri efek filter cahaya pada gunung. beri nama Rihlah spasi Nama Sendiri. opacity 42%.Layernya simpan di bawah layer Telaga. beri efek Outer Glow. kemudian pilih Halaman 8 . Bold. klika kanan pada layer Tulisan pilih Blending option. cheklist Drop Shadow dan Bevel and Emboss. klik kanan layer text Blending Option. pilih Ok. ukuran 24 pt. Jenis huruf Tahoma. Browse. Ok. Lens type 35 mm Prime. cheklist Outer Glow.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful