PEDOMAN TEKNIS

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
PERGURUAN TINGGI KOPERTIS WILAYAH VII JAWA TIMUR TAHUN 2009

Disusun Oleh : KOORDINASI PERGURUAN TINGGI SWASTA WILAYAH VII JAWA TIMUR

Untuk keperluan memberikan pedoman yang lebih konkrit tentang pelaksanaan PMW ini Kopertis Wilayah VII Jawa Timur menerbitkan Pedoman Teknis sebagai acuan pelaksanaan PMW bagi perguruan tinggi Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Amin Surabaya. Perbedaan tersebut semata-mata dimaksudkan untuk memperluas kesempatan perguruan tinggi Kopertis Wilayah VII dalam mengembangkan program kewirausahaan bagi mahasiswa sehingga diharapkan dapat membantu percepatan kemandirian bangsa.Pengantar Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) melalui Kopertis Wilayah VII Jawa Timur tahun 2009 merupakan program baru yang diluncurkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kelembagaan. Kopertis Wilayah VII Jawa Timur berusaha ikut membantu mendorong berkembangnya kewirausahaan di lingkungan perguruan tinggi. Ada sedikit perbedaan antara Pedoman Teknis ini dengan Pedoman PMW yang diluncurkan Dit. Maret 2009 Kopertis Wilayah VII Jawa Timur . Kelembagaan Dirjen Dikti. sikap dan keterampilan di bidang kewirausahaan perguruan tinggi dan mahasiswanya. Semoga program ini dapat membawa manfaat yang besar bagi kemajuan mahasiswa dan perguruan tinggi Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. perbankan danunsur-unsur lain yang relevan dengan program ini diharapkan makin memperkuat perkembangan program kewirausahaan di lingkungan perguruan tinggi Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Keterlibatan unsure UKM. namun baru tahun ini dapat dilaksanakan. Besar harapan kita program semacam ini di waktu mendatang makin diperbesar untuk mempercepat perkembangan pengetahuan. Untuk itu dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya program ini untuk kemajuan mahasiswa dan perguruan tinggi Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.

Kewirausahaan adalah semangat. Lebih dari 80 persen sarjana memilih bekerja sebagai buruh atau karyawan. Menumbuhkan motivasi mental berwirausaha di kalangan mahasiswa 2. kreatif. Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri. bermotivasi untuk meraih suatu cita-cita. Selama kurun waktu 2004-2007 pengangguran sarjana mencapai lebih dari 50 persen jika dibandingkan dengan program lulusan diploma I/II dan akademi/diploma III.8% sampai dengan 11% dari total penduduk yang masuk kategori angkatan kerja. dan hanya sekitar 6 persen yang bekerja sendiri. . menerapkan cara kerja. mampu bekerja keras. sadar akan jati dirinya. pantang menyerah. Adalah sebuah kenyataan bahwa sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi adalah lebih sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan pekerjaan (job creator). dan perilaku kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari. B. TUJUAN Tujuan dilaksanakannya Program Mahasiswa Wirausaha ini adalah untuk : 1. berani mengambil resiko dengan perhitungan. dll. inovatif.PEDOMAN TEKNIS PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA PERGURUAN TINGGI KOPERTIS WILAYAH VII JAWA TIMUR TAHUN 2009 A. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) adalah salah satu dari sekian program dan kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional untuk memfasilitasi para mahasiswa memulai berwirausaha dengan basis ilmu pengetahuan. Masalah pengangguran termasuk yang berpendidikan tinggi akan berdampak negatif terhadap stabilitas sosial dan kemasyarakatan. menciptakan. LATAR BELAKANG Hasil survey yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa jumlah angka pengangguran berada pada kisaran 10. PMW merupakan bagian dan sistem pendidkan di Perguruan Tinggi sehingga harus terintegrasi dengan pendidikan dan program kewirausahaan yang sudah ada seperti: Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). sikap. Menyaipkan mahasiswa untuk berani mandiri menciptakan pekerjaan dan bukan lagi pencari kerja. teknologi dan produk baru yang lebih baik dan atau memperoleh keuntuungan yang lebih besar. Coop. KKU. Hal ini ditenggarai karena system pendidikan yang diterapkan selama ini lebih terfokus pada percepatan lulusan bukan pada luludan yang bisa menciptakan pekerjaan dan yang mampu menunbuhkembangkan jiwa kewirausahaan.

2. untuk Program S1 telah menyelesaikan kuliah 4 semester atau minimal telah menempuh 80 SKS dan untuk mahasiswa program Diploma dan politeknik telah menyelesaikan kuliah 3 semester atau minimal telah menempuh 60 SKS. 4. Tidak sedang melakukan pelanggaran terhadap peraturan-peraturan Dirjen Dikti 6. Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi 5. pasar dan keterampilan. RUANG LINGKUP KEGIATAN 1. . 7. Tiap PT dapat mengusulkan maksimum 5 kelompok. Karakteristik usaha yang dikembangkan tergolong : usaha mikro baik di bidang produksi barang dan jasa baru atau mengembangkan yang sudah ada. termasuk dana pendamping yang diperlukan. Pengalaman menyelenggarakan program-program kewirausahaan. Komitmen pimpinan perguruan tinggi untuk mendukung pelaksanaan PMW dalam bentuk dana pendamping dibuktikan dengan surat pernyataan kesediaan pimpinan perguruan tinggi untuk memberikan dukungan teknis dan non teknis. Tidak dalam status sengketa dengan penyelenggara. Jenis usaha bebas sesuai minat. Terdiri dari mahasiswa.berperilaku pemimpin dan memiliki visi ke depan. 3. dan atau pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan pemberdayaan usaha kecil-mikro. tanggap terhadap saran dan kritik. KRITERIA INSTITUSI PENGUSUL PERGURUAN TINGGI DENGAN : 1. Ada pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dan magang. khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan. Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) minimal 80% 3. 5. Keanggotaan kelompok: a. PESERTA PMW Kriteria yang ditetapkan oleh PT bagi kelompok mahasiswa : 1. Meningkatkan kecakapan dan keterampilan para mahasiswa khususnya sense of business. E. memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial. serta penyusunan rencana bisnis. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan. C. 2. Membangun jejaring bisnis antarpelaku bisnis. dukungan permodalan dan pendampingan usaha oleh dosen pendamping dan pembina dari UKM D. 3. teknologi dan seni 6. 4. Akreditasi Institusi oleh BAN PT minimal B atau Akreditasi Program Studi dari anggota tim yang diusulkan minimal B.

Lulus seleksi yang meliputi minat. c. kebijakan. Sarana dan prasarana yang disediakan untuk mendukung program tersebut. KRITERIA UKM MITRA PENGUSUL 1. Mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang hasil akhirnya berupa Rencana Bisnis (Business Plan) 4. tujuan. Kegiatan dilaksanakan dalam jangka waktu maksimum 1 (satu) tahun fiskal F. Mengajukan Rencana Bisnis kepada perguruan tingginya 5. Sumber daya manusia yang tersedia seperti Dosen atau praktisi yang kualifikasi pendidikan dan pengalamannya relevan dengan bidang kewirausahaan yang akan dilaksanakan (dibuktikan dengan Curriculum Vitae) yang diketahui oleh pejabat yang bertanggung jawab dalam bidang ketenagaan perguruan tinggi setempat. keterkaitan program kewirausahaan dengan program kemahasiswaan lain. PKM Kewirausahaan. Organisasi yang bertanggung jawab dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa dan pengoraganisasiannya. Komitmen Institusi yang tercermin dari hasil evaluasi diri yang menjelaskan tentang arah. 2. Mempunyai Dosen Pendamping dan Pembina UKM tempat magang 9. Program lain sejenis yang mendukung (misal adanya matakuliah kewirausahaan. KRITERIA PENILAIAN PROPOSAL PT PENGUSUL 1. b. minimal sudah berdiri 5 tahun dan usahanya telah berkembang G.b. d. Membuat laporan kemajuan dan pelaksanaan usaha yang dilaksanakannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku 8. . dan sumber daya yang dimiliki yang mendukung rencana yang diusulkan. Melaksanakan kegiatan bisnis sesuai dengan rencana bisnis yang telah disetujui 6. program vucer dan sejenisnya). kegiatan pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan pembinaan usaha kecil. UKM yang telah mapan. motivasi berwirausaha dan softskills yang lain. Melaksanakan magang di UKM yang relevan dengan rencana usaha yang akan dilaksanakannya kurang lebih 3 bulan 3. Relevan dengan konsep usaha yang dikembangkan 2. Pengusul dapat menjelaskan ketersediaan fasilitas dan SDM pendukung seperti: a. dan program pengembangan kewirausahaan mahasiswa. Bertanggungjawab atas penggunaan dana untuk kegiatan wirausaha yang dilaksanakannya 7. Seleksi dilakukan oleh tim yang professional yang ditetapkan oleh PT.

SISTEMATIKA PROPOSAL Halaman Judul Halaman Pengesahan Executive Summary (Ringkasan Eksekutif. 6. 3. dan penanggung jawab kegiatan.e. Tujuan 2. Kejelasan mekanisme rancangan program yang meliputi latar belakang. pengalaman-pengalaman yang terkait dengan pengembangan program kewirausahaan) 3. Akses UKM) BAB II RANCANGAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (maksimal 20 halaman) 1. dan MOU dengan UKM yang diusulkan terlibat dalam program yang diusulkan (dilengkapi dengan profil UKM) 2. Misi. Organisasi pelaksanaan kegiatan . 4. ketaatan terhadap azas penyelenggaraan perguruan tinggi. Kejelasan indicator Umum Keberhasilan : lihat panduan. Kerjasama yang dilakukan dengan UKM. sumber daya yang dibutuhkan. Keberlanjutan 8. Arah Program Pengembangan Kewirausahaan 4. 5. Kejelasan mekanisme pelaksanaan kegiatan di tingkat institusi yang meliputi organisasi pelaksanaan kegiatan. Sumber Daya Pendukung (sarana/prasarana. Penanggung Jawab Kegiatan BAB III PENGORGANISASIAN PROGRAM (maksimal 5 halaman) 1. Organisasi Pengembangan Kewirausahaan 5. Fakultas dan Program Studi (jelaskan secara ringkas tentang Profil Prodi yang meliputi : ijin operasional. SDM. 5. Epsbed. keberlanjutan. indicator keberhasilan. mekanisme dan rancangan aktivitas. jenjang akreditasi. rasional tujuan. mekanisme koordinasi dan mekanisme monitoring di tingkat institusi PT. 1 halaman) BAB I INFORMASI UMUM (maksimal 5 halaman) 1. Visi. kejelasan dan kelayakan Anggaran. jadwal pelaksanaan. 4. yang tercermin dari pengalokasian penggunaan anggaran dan kelayakannya dengan kegiatan yang dilakukan. Latar Belakang Program yang diusulkan mekanisme dan Rancangan Aktivitas Jadwal Pelaksanaan Indikator Keberhasilan Sumber daya yang dibutuhkan (termasuk ketersediaan dosen pendamping dan UKM Mitra) 7. H. Relevansi program yang diusulkan dalam mendukung pengembangan kewirausahaan pada perguruan tinggi pengususl 3. 6. 2.

termasuk dana pendamping yang diperlukan. Diharapkan pelaksanaannya melekat pada lembaga (unit kerja) di institusi yang bersangkutan yang tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) mengelola ) perencanaan. Lembaga atau unit kerja ini dapat bersifat . 55 Surabaya. pengawasan dan evaluasi) dan mengembangkan (penelitian dan pengembangan) program-program pendidikan kewirausahaan. selambat-lambatnya tanggal 25 Maret 2009 pukul 16. Proposal diterima di Sub Bagian Kemahasiswaan Kopertis Wilayah VII Jawa timur Jl. pelaksanaan. Format Usulan : a. Dicetak pada kertas A-4 ukuran 70 gram dengan format seperti pada lampiran d.2. MOU UKM mitra dan Profil UKM 5. dan tidak dalam status sengketa dengan penyelenggara 4. Kertajaya Indah Timur No. ketikan ukuran 1 spasi dan antar alinea 2 spasi b. Riwayat Hidup dosen pendamping dan Pembina dari UKM 6. tidak sedang melakukan pelanggaran terhadap peraturan-peraturan Dirjen Dikti. minimal 80% 3. Warna Cover Biru Muda c. FORMAT PROPOSAL DAN BATAS WAKTU PENGUSULAN 1. MONITORING DAN EVALUASI Monitoring dan evalusi dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut : 1. pengorganisasian. Surat Pernyataan Pimpinan Perguruan Tinggi yang berisi : dukungan teknis dan non teknis. Tim PMW (personalia pelaksana/mahasiswa) I. Monitoring dan evaluasi (Monev) internal PT. ukuran 12. Mekanisme monitoring dan evaluasi internal BAB IV RANCANGAN ANGGARAN (maksimal 2 halaman) LAMPIRAN-LAMPIRAN 1.00 WIB J. Mekanisme koordiansi 3. Sertifikat Akreditasi Institusi atau Prodi yang diusulkan 2. Epsbed terakhir semester Genap 2007/2008. Dicetak rangkap 5 dan dilengkapi dengan softcopy dalam CD 2. Diketik dengan Font style Times New Roman. PENGUMUMAN Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 31 Maret 2009 melalui website Kopertis Wilayah VII dan surat pemberitahuan ke perguruan tinggi pemenang K.

00. Pelatihan Kewirausahaan Seleksi Rencana Bisnis (Business Plan) Pendampingan oleh Mentor Perguruan Tinggi (+ 9 bulan) Pendampingan usaha oleh UKM (+ 9 Bulan) Penyediaan modal kerja untuk memulai bisnis (start-up business) (70%) N. b. Terjalin kerjasama dengan PT dengan UKM dan Pemda yang berkelanjutan M. meliputi antara Sosialisasi program kepada mahasiswa dan UKM Seleksi mahasiswa Seleksi UKM Mitra Lokakarya – lokakarya Monitoring (selama dan pasca magang) Kesekretariatan (ATK) Evaluasi pelaksanaan program. Pengelolaan program oleh Perguruan Tinggi (10%).000. yang mekanismenya dilakukan melalui kunjungan ke Perguruan Tinggi pelaksana PMW L. f.formal structural ataupun fungsional yang bertanggung jawab langsung kepada pimpinan perguruan tinggi. 3. Monitoring eksternal dilakukan oleh Kopertis Wialayah VII. meliputi : a. c. d.000. b. c. Pedoman umum penggunaan dana yang diberikan pada PT dialokasi untuk tiga kegiatan pokok dengan rincian sebagai berikut : 1. Pendidikan dan pelatihan Kewirausahaan serta Magang (20%). LUARAN 1. PEMBIAYAAN Tiap kelompok (3-5 orang) disediakan Rp. d. WAKTU PELAKSANAAN . 20. lain : a. Terbentuk atau berkembangnya lembaga di PT yang memiliki kajian kewirausahaan 5. Laporan akhir pelaksanaan dalam bentuk hardcopy 2 eksemplar dan softcopy (CD) 6. g. Terbentuknya Unit usaha komersial kelompok mahasiswa 2. Bertumbuh kembangnya budaya kewirausahaan perguruan tinggi 4. Adanya Produk dan Jasa barang komersial yang terjual dan menghasilkan 3. e. 2. 2.

2. 5. Pelaksanaan program Usaha dan Pendampingan ) 6-9 bulan) RANCANGAN JADWAL PMW KEGIATAN PMW BAGI KOPERTIS DAN PERGURUAN TINGGI NO. PEMBEKALAN PMW Pembekalan/Pelatihan mahasiswa oleh PT Penyusunan Rencana Bisnis oleh Mahasiswa Pengusulan Rencana Bisnis Mhs ke PT Mahasiswa Magang di UKM Penetapan mahasiswa PMW (SELEKSI TERPADU) C. Persiapan program (1-2 bulan) 2. 1. 3. TAHAP PERSIAPAN: Sosialisasi oleh Kopertis Pengusulan PMW oleh PT ke Kopertis Seleksi dan Penetapan PT pengusul PMW Seleksi mahasiswa peserta PMW oleh PT Penyiapan Tim dan Materi Pembekalan oleh PT B. 5. 1. 1. 2. 3. 3. 4. 2.1. Pembekalan program (2-3 bulan) 3. 4. 4. KEGIATAN 3 WAKTU PELAKSANAAN BULAN KE 4 5 6 7 8 9 10 11 12 A. PELAKSANAAN Pencairan modal Pelaksanaan usaha (PMW) oleh mahasiswa Monitoring dan Evaluasi Pelaporan .

Kejelasan indicator TOTAL NILAI . Sarana Prasarana 2. Mekanisme dan rancangan aktivitas 2. Kelayakan Program 3. Kelengkapan cakupan indicator 2. Kelayakan pencapaian indikator 20 20 4. 1. Program dan Pengalaman PT dalam bidang kewirausahaan 2.FORMAT PENILAIAN PROPOSAL NO. Ketersediaan fasilitas dan SDM pendukung 1. Komitmen Pimpinan PT 1. Kualitas dosen pendamping dan pembina dari UKM 1. ASPEK Kesiapan Rencana Pelaksana Kejelasan Mekanisme Pelaksanaan INDIKATOR PENILAIAN 1. Akses UKM 3. 30 3. Pengorganisasian N BOBOT NILAI AKHIR 30 2.

Contoh Cover Dan Halaman Pengesahan PROPOSAL PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA PT ………………………………………………… JUDUL Koordinator Program : …………………………… Kopertis Wilayah VII JAWA TIMUR Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2009 .

6. 5. 4. Telepon/Fax/E-mail i. Jabatan Struktural e. Nama Lengkap b. . Alamat Kantor h. Alamat Rumah j. Telp/Fax/Email 3. Fakultas/Jurusan g. Jumlah Biaya yang diajukan ke Dikti/Kopertis b. 2. Jenis Kelamin c. Judul Proposal Koordinator Program : : : a. Golongan Pangkat dan NIP d. Jabatan Fungsional f. Koordinator Program.Contoh Halaman Pengesahan HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA 1. Dana Perguruan Tinggi c. Jangka Waktu : : : : : : : : : : : : (nama dan identitas kelompok mahasiswa Kelompok yang diusulkan Jumlah UKM yang terlibat Biaya Pengembangan terdapat dalam lampiran) a.. … Maret 2009 Ketua Program Studi. Dana UKM Jumlah : : : ……………….

(………………………..……) (…………………………………) . Pimpinan PT (……………………….) Mengetahui.…….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful