P. 1
Budidaya-Semut-Rangrang

Budidaya-Semut-Rangrang

|Views: 1,227|Likes:
Published by Sony Adhi Wirawan

More info:

Published by: Sony Adhi Wirawan on Apr 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

MENGENAL SEMUT RANG-RANG

Kroto adalah nama yang diberikan orang Jawa untuk campuran larva dan pupa semut penganyam Asia (terutama Oecophylla smaragdina). Campuran ini terkenal di kalangan pencinta burung dan nelayan di Indonesia, karena larva semut populer sebagai umpan ikan, dan juga sebagai makanan tambahan untuk meningkatkan ketrampilan burung-burung pedendang. Para penggemar burung memberi kroto yang kaya protein dan vitamin untuk burung peliharaannya, demi kepuasan mereka mendengarkan kicauan burung yang merdu, atau waktu mereka menyiapkan burungburungnya untuk mengikuti lomba burung pedendang. Biasanya, jenis pohon yang disukai semut rangrang antara lain rambutan, mangga, dan jambu. Semut ini juga senang membuat sarang di pohon jati, sukun, dan mengkudu. Ukuran sarang cenderung mengikuti ukuran daun. Untuk mencari kroto diperlukan piranti khusus, yang bisa dibuat sendiri. Piranti ini terdiri atas bambu sebagai penyangga dan alat penjaring. Ukuran penyangga cukup berpengaruh terhadap hasil. Makin tinggi ukurannya, makin besar pula hasil yang diperoleh. Alat penjaring terbuat dari kain kasa yang dibentuk seperti kerucut. Alat penjaring digantungkan pada penyangga, dengan menggunakan tali rafia, pada ketiga bagian sisinya. Alat penjaring juga dapat diganti dengan besek, yang bagian tengahnya dibuat runcing. Kroto diambil dengan menggunakan bambu yang ujungnya dipasangi besek tersebut. Ujung yang runcing berfungsi untuk menusuk sarang semut, sehingga telur-telurnya jatuh di besek. Lubang tusukan yang kecil ini secara alamiah akan ditutup oleh telur-telur semut rangrang yang akan dihasilkan beberapa hari kemudian. Biasanya, pemanenan di tempat yang sama baru dapat diulangi satu bulan kemudian. Manfaat Ekonomi Selama ini pasokan pasar burung atau toko yang menjual pakan burung hanya menggantungkan dari pengumpul kroto yang berasal dari tangkapan alam. Kita tahu alam tidak setiap saat menyediakan kroto apalagi saat musim penghujan. Kehidupan semut rangrang memang identik dengan kehidupan masyarakat perdesaan. Bagi sebagian orang, kroto dari semut rangrang merupakan sumber penghasilan baru dan dianggap sebagai salah satu cara bagi masyarakat miskin untuk memperoleh penghasilan tambahan. Sebuah penghasilan yang bisa diperoleh secara cuma-cuma dan tanpa mengganggu waktu dan kegiatan bertani mereka. Dengan cara yang praktis dan mudah saja mereka bisa mendapatkan kroto semut rangrang tersebut.

bila dibandingkan dengan yang tidak memelihara semut. Saat ini. Di Australia. bubidaya semut rangrang di perkebunan. para kicau mania memberi kroto yang kaya protein dan vitamin untuk burung peliharaannya.. tanah dan air. bisa tiap hari atau dua hari sekali. harga yang sangatlah menggiurkan tentunya.50% dari jumlah uang yang dikeluarkan untuk pembelian bahan kimia. Selain itu.000. Vietnam.000. petani yang memelihara semut rangrang hanya menghabiskan 25. demi kepuasan mereka mendengarkan kicauan burung yang merdu. petani dapat mengurangi penggunaan bahan kimia yang merupakan sumber polusi udara. ada juga yang pemberian kroto hanya dilakukan menjelang turun lomba saja.Kroto Kroto adalah telur dari semut rang-rang (Oecophylla smaragdina) yang banyak digemari oleh burung-burung pemakan serangga. dengan memanfaatkan semut rangrang secara maksimal. Yang terlihat jelas tentunya manfaat ekonomi. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Delta Mekong. kualitas dan hasil panen mete lebih tinggi pada tanaman yang dihuni semut rangrang dan tanpa menggunakan bahan kimia bila dibandingkan dengan kebun yang menggunakan bahan kimia untuk mengendalikan hamanya. Semut rangrang juga tidak hanya bermanfaat pada tanaman buah-buahan. atau waktu mereka menyiapkan burungburungnya untuk mengikuti lomba. juga dapat mengasilkan buah organik. burung-burung dan lebah akan mendatangi kebun dan memberikan keuntungan tambahan.-/Kg. secara umum kroto diberikan hanya 1 sendok bisa pagi atau sore. karena mereka juga mengambil manfaat semut rangrang untuk menjaga kebun buah-buahannya. tentunya banyak manfaat yang dapat dirasakan. biasanya hanya para petani buah-buahan yang tertarik membudidayakannya. karena kroto mengandung protein tinggi yang relatif mudah dicerna sehingga sebagian besar kicau mania merekomendasikan pemberian kroto walaupun dengan porsi yang berbedabeda. Kebun anda akan menjadi lebih alami.-/Kg sampai dengan Rp 150. sehingga rata-rata hasil panennya tetap memberikan pendapatan bersih yang lebih tinggi. Selain itu. Jika anda tertarik pada kegiatan pembudidayaan. . Kroto diberikan agar burung menjadi lebih sehat sehingga rajin bunyi. Harga kroto berkisar antara Rp 50. antara lain sebagai predator dan parasitoid yang dapat membantu melindungi kebun.

Di masa mendatang akan ada mekanisme pelabelan (ekolabel) dan struktur pemasaran yang diakui untuk buah organik. Semut ini memiliki cara hidup yang khas. Hal itu pula yang menyebabkan mengapa mereka tidak membuat sarang di dalam tanah. antarnegara. Semut itu menyukai udara segar sehingga tidak mungkin ditemukan di dalam rumah. sehingga buah organik memperoleh harga pasar yang lebih tinggi. mereka dapat melakukan banyak hal. Yang kedua adalah semut jantan. Cina). Selain perilakunya yang khas dalam membuat sarang. anda dapat mulai meningkatkan ketrampilan dalam menumbuhkan buah-buahan organik yang bermutu tinggi. Dengan kerja sama dan organiasi yang baik serta disiplin. Klasifikasi berdasarkan warna bukan cara yang tepat digunakan untuk membandingkan spesies semut pada suatu negara. Dalam tiap-tiap koloni yang terdiri dari satu atau beberapa sarang. melainkan pada pohon. atau lebih spesifik Oecophylla smaragdina untuk semut rangrang yang ada di Asia. dapat ditemukan satu atau beberapa ekor ratu semut. Di laboratorium semut . para ahli memberikan nama Oecophylla. biasanya tubuhnya lebih kecil daripada ratu semut. tubuh semut rangrang lebih besar dan perilakunya lebih agresif daripada semut lainnya. berwarna kehitam-hitaman dan hidupnya singkat. semut merah (Thailand) dan semut hijau (Australia). ia mati. misalnya semut kuning (Vietnam. Ratu semut mudah dikenali karena tubuhnya lebih besar. Hewan ini hidup dalam kelompok sosial di mana pekerjaan dibagi sesuai dengan tipe individunya (kastanya). yaitu yang pertama adalah ratu semut. Semut ini mempunyai nama berbeda-beda. Masyarakat semut dari yang beranggotakan beberapa ekor hingga yang beranggotakan beberapa sarang dinamakan koloni.Saat ini pandangan orang terhadap buah organik telah berubah. berwarna hijau hingga coklat dengan perut besar dan menghasilkan banyak telur. Setelah mengawini ratu. Ratu Semut Semut rangrang mempunyai kehidupan sosial seperti halnya semut pada umumnya. yaitu merajut daun-daun pada pohon untuk membuat sarang. Meskipun anda belum memiliki cukup sarana dan tempat. Untuk membedakan dengan semut lain. Dalam satu koloni terdapat beberapa tipe individu. dan Oecophylla longinoda untuk semut rangrang yang ada di Afrika. apalagi antarbenua.

yaitu protein dan gula. Dan yang terakhir adalah semut prajurit merupakan anggota yang paling banyak jumlahnya alam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Kemudian yang ketiga adalah semut pekerja. ketika membangun sarang. misalnya ngengat yang aktif pada malam hari maupun yang bersembunyi di bawah daun pada siang hari. Mereka tinggal di dalam sarang dan merawat semut-semut muda. Makanan semut sangat beragam. hampir 70% makanannya adalah protein. Tak seekor semut pun yang meninggalkan kelompoknya. Yang mengagumkan. semut pekerja adalah semut betina yang mandul. Yang terakhir. namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar. serta membangun sarang. ternyata semut ini memiliki perilaku yang layak ditiru oleh manusia. semut rangrang mencari daun-daun muda yang dihuni oleh serangga penghasil embun madu dan memasukkannya ke dalam sarang. Semut itu memang memiliki kebiasaan menggigit manusia yang datang mendekati sarangnya atau lintasannya. Untuk mendapatkan gula. Rangrang dikenal berani menyerang organisme lain yang mengganggu meskipun ukuran tubuhnya 100 kali lebih besar dari mereka. Selain itu semut ini juga sangatlah lincah dan dapat berlarian ke atas dan ke bawah pohon sepanjang hari. tikus dan serangga. Sarangnya akan dibersihkan dari barang-barang yang tidak berguna. semua anggota kelompok dapat mengetahui apabila terjadi sesuatu dalam kelompoknya dan mereka akan langsung melakukan pembagian tugas. ayam. Mereka memangsa berbagai jenis hama. Selain itu semut ini suka dengan kebersihan. semut tersebut juga dikenal cerdas. diantaranya adalah pemberani. Semut rangrang aktif mencari makanan dan membawanya ke dalam sarang untuk seluruh anggota sarang tersebut. Tidak seperti semut lain. Apabila ada aktivitas yang harus dilakukan secara berkelompok. Mereka akan membuangnya keluar sarang. Embun madu tersebut diperlukan sebagai energi tambahan pada periode awal pembuatan sarang. Cobalah amati bila mereka sedang membangun sarang. mengumpulkan dan membawa makanan untuk semua anggota koloninya. akan menganggap semut . Dalam waktu singkat. semut rangrang memerlukan makanan tambahan berupa gula sebanyak 30% makanannya. semut jenis ini lebih menyukai protein. Mereka menjaga sarang dari serangan pengacau. Protein dapat ditemukan pada daging. semut rangrang lebih suka mencari cadangan gula seperti embun madu (yang dikeluarkan oleh serangga pengisap cairan tanaman) atau nektar. maka semua akan berperan serta dalam aktivitas tersebut. Maka. Disiplin Koloni semut rangrang juga sangat disiplin. Orang yang belum mengetahui manfaatnya.jantan hanya dapat hidup selama 1 minggu. Kelompok semut rangrang membangun sistem komunikasi di antara mereka dengan mengeluarkan aroma dan sentuhan tertentu. apa yang harus dilakukan. Selain butuh protein. semut pekerja dapat hidup beberapa bulan tepatnya sekitar 45 hari sedangkan Ratu Semut dapat hidup paling lama yaitu bisa setahun lebih jika lingkungan mendukung. ikan.

Demikian pula. semut rangrang yang cukup ditakuti keberadaannya ini ternyata bermanfaat juga. dan serangga-serangga pemakan buah. Manfaat semut rangrang untuk tanaman telah dikenal di banyak negara. Buah yang dihasilkan menjadi lebih menarik dan lebih segar.rangrang sebagai suatu masalah. Semut ini dapat mengendalikan sebagian besar hama pada tanaman jeruk dan mete. Populasi semut rangrang yang tinggi dapat mengurangi permasalahan hama tungau. Semut rangrang dapat membunuh hama tanaman yang menyebabkan tanaman para petani itu tumbuh dengan baik. Bukankah itu sesuatu yang mengagumkan? . ulat pemakan daun. semut rangrang dapat mengganggu. Jika diamati dengan seksama. si merah ini ternyata memiliki kelebihan tersendiri. semut itu cukup berguna sebagai pembasmi dan pengendali hama tanaman. sehingga meningkatkan mutu dan jumlah hasil panen. mempunyai pengalaman mengenai bagaimana semut rangrang dapat meningkatkan kualitas buah. Siapa sangka. Dan jangan salah. padahal sebenarnya gigitan semut itu tidak begitu sakit dan rasa sakit tersebut cepat menghilang. Semut rangrang diketahui juga dapat melindungi Eucalyptus dan pohon-pohon kayu lainnya. Semut rangrang juga dapat menghalangi serangan tikus. pengorok daun dan penyakit ’greening” pada kebun jeruk. Bagi para petani. menghalangi atau memangsa berbagai jenis hama seperti kepik hijau. petanipetani di Delta Mekong (Vietnam) dan di Kalimantan Timur (Indonesia). melindungi tanaman kelapa dan coklat dari serangan kepik.

Sekarang kita siap untuk memulai materi bagaimana beternak semut rangrang. Gunting taman/pisau/arit . Ember besar/ember untuk mencuci 2. Mencari Sarang Semut Rangrang Kita bisa mencari sarang semut rangrang dari alam. milik teman dll. Bisa pohon milik kita sendiri. Intinya setelah kita mengetahui ada sarang semut maka kita harus mempersiapkan alat-alat untuk mengambil sarang semut dari pohon. Alat yang biasanya diperlukan antara lain: 1. Materi atau bahan ajar semut rangrang dibagi menjadi 5 (lima) yaitu: 1. Pemanenan Kroto 5. Ranting tanaman jambu mete yang tidak terserang ulat karena digunakan sebagai tempat tinggal (sarang) semut rangrang. 1. milik tetangga kita. Mencari dan membuat sarang 2. Makanan semut 3. Penjualan MATERI I : MENCARI DAN MEMBUAT SARANG Materi ini berisi tentang bagaimana kita mencari/medapatkan sarang semut rangrang dan membuat/ mempersiapkan sarang untuk tempat tinggal semut.Gambar 7. yaitu kita mengambil dari pohon yang sudah ada sarang semut rangrang. Mengembangkan koloni 4.

bamboo. kemudian sarang ini akan kita masukkan kedalam “rumah yang baru”.3. Membuat Sarang Setelah sarang kita ambil dari pohon dan ditempatkan dalam ember. 2. Tangga 5. kita persiapkan dulu alat-alat yang diperlukan. Daun-daunan sebagai tempat adaptasi di lingkungan yang baru . Satelah sarang kita tampung didalam ember. Adapun peralatan yang dipakai adalah sebagi berikut: 1. paralon.kaleng dan lainlain. Ember kita lumuri sebelah dalamnya dengan tepung tapiokaatau tepung kanji. sehinga kita bisa mengambil secara utuh sarang tersebut beserta semut-semutnya. Sarung tangan kita pakai. Sarang kita tampung di dalam ember yang sebelumnya sebelah dalamnya sudah kita lumuri dengan tepung tapioca/kanji. Tepung tapioca atau kanji 7. sehingga jika kita potong ranting/dahannya tidak langsung jatuh ketanah. Maksudnya supaya semut yang sudah masuk kedalam ember tidak bisa keluar karena licin. kalau sudah membeli dari peternak semut maka kita tak perlu susah-susah menjalankan materi ini. galah sebelah ujungnya kita kasih pisau untuk memotong ranting yang ada di sekitar sarang. Sarung tangan Prosesnya sebagai berikut. proses selanjutnya adalah menempatkan sarang kedalam tempat yang baru dalam hal ini adalah bisa toples. Proses ini ada jika kita mencari dari alam. Sarang semut yang masih berada diatas pohon kita ambil dengan cara memotong ranting/dahan dimana semut bersarang. Tangga diperlukan jika letaknya sarang tinggi. Tali kita ikatkan pada ranting dimana semut itu membuat sarang. Tali 6. Cutter/pisau untuk membuat lobang di ujung toples 3. Galah 4. Toples plastic baru/bekas atau yang sejenis 2.

PERHATIAN : Agar Semut tidak bisa pergi dari toples/kandang baru maka usahakan agar lokasi sarang terisolasi dari dunia luar dengan cara dibatasi air pada alas yang digunakan. Kemudian kita buat juga tutup lobangnya dari kertas Koran atau bahan-bahan lain. lalu rontokan telur yang jatuh di ember kita masukkan kedalam alas toples. Kemudian daundaunanyang ada telur semutnya kita rontokkan telur-telur semut tersebut bersama semut yang ada.Kemudian tutup toples dengan tutup yang sudah dibuat. atau berada disebelah samping. Gunanya agar setelah semut dimasukan toples dan beradaptasi (biasanya 2 – 3 jam setelah dimasukkan) tutup ini kita buka. Meja/rak 7.lihat gambar. Lobang ini letaknya bisa diatas/ujung toples. disekitar lobang kita beri semacam penutup dari kertas Koran atau kertas semen. LOBANG PINTU SARANG SEMUT/TOPLES MEJA/PAPAN . Taruh ditempat teduh dan biarkan selama 2 – 3 jam agar semut beradabtasi/menyesuaikan diri dengan tempat yang baru. Lihat gambar. Air Prosesnya kita awali dengan membuat lobang pada toples yang akan kita gunakan untuk rumah semut yang baru. Kertas Koran/semen untuk menutup sebelah atas toples. lalu di lakban/selotip agar awet. atau sekitar lobang 5. Besar lobang adalag berdiameter 2 cm berbentuk lingkaran. Lakban/selotip 6. Setelah lobang di toples kita buat.4.

semut akan mengangkut makanannya sendiri masuk kedalam lubang sarang. jika sudah habis baru diberikan makanan yang baru. • Pakan atau makanan diletakkan di luar sarang. Biasanya koloni kecil akan menghabiskan 1 ekor jangkrik dalam waktu 4 hari. Serangga-serangga lain PERHATIAN : • Waktu pemberian pakan disesuaikan dengan kemampuan semut menghabiskan makanan sebelumnya. MATERI II : MAKANAN SEMUT RANGRANG Seperti yang telah dijelaskan di halaman sebelumnya bahwa semut rangrang makanannya berupa 70% adalah berupa protein. Untuk kebutuhan protein dapat diambilkan dari : 1. karena semut bisa menyebrang ke tempat lain yang jaraknya kurang dari itu. dan 30% adalah gula. Jangan memasukkan . Cacing tanah 4. Belalang 3. Jangkrik 2.TELUR MANGKOK AIR DAN SEMUT Usahakan agar jarak meja dengan benda-benda lain minimal 20 cm.

kalau di luar lobang jika tidak dikehendaki semut maka akan dibuang keluar/kebawah. Karena akan membuat semut kaget dan kacau. Usahakan agar selalu tersedia gula. 2. yaitu dicampur sengan sedikit air. atau sudah nyaman ditinggali oleh semut akan lebih cepat berproduksi telur jika jumlah semut cukup banyak. Untuk memperbanyak jumlah warga sarang semut ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut: 1. Setelah itu baru dikasih kembali. Letakkan di tempat khusus agar bisa diminum oleh semut. Menambahkan semut-semut baru 3. Untuk itu diperlukan peralatan khusus untuk membantu pelaksanaan. Biasanya habis selama 4 hari. Menunggu hingga semut berkembang biak sendiri. MATERI III. Biarkan semut menghabiskan gula. Menambah sarang baru dan isinya Hal ini perlu kehati-hatian dalam pelaksanaannya. karena jika keliru maka bukan sarang semut/koloni yang bertambah banyak malah berkurang karena mereka akan saling serang. Untuk pemberian makanan berupa jangkrik dan belalang yang mempunyai kaki loncat maka lebih baik dipotong/patahkan dulu agar tidak melompat ketika ditaruh dalam papan semut. Sedangkan kebutuhan gula bisa diambil dari gula pasir sebanyak ½ sendok the yang di tabur dipapan semutAtau bias juga dengan memakai cairan gula. Untuk Mempercepat semut mengkonsumsi gula bisa dibuat dalam bentuk cair. .• • • • makanan langsung kedalam lobang sarang. MENGEMBANGKAN KOLONI Sarang semut yang sudah jadi.

sampai koloni mempunyai cukup banyak semut dan telur yang dihasilkan juga cukup banyak. Hal ini karena jumlah mereka cukup banyak. 2. maka kita tinggal mengambilnya dan memasukkan kedalam ember yang sudah dilumuri tepung tapioca/kanji di sebelah dalamnya sehingga semut tidka bisa pergi karena licin. Yaitu kita memancing keluar sebagian semut yang ada disarang dengan memberikan makanan yang diletakkan di luar sarang. Jembatan biasanya berupa kayu atau bamboo kecil. Sehingga banyak semut yang keluar untuk membawa masuk makanan pancingan tersebut. Lihat gambar. Caranya. Mengambil dari sarang semut lain. Ini yang paling mudah dilakukan namun untuk samapi siap panen harus menungu setidaknya 4 – 5 bulan. Menungu hingga semut berkembang biak sendiri. JEMBATAN PENGHUBUNG SRG BARU SARANG LAMA . Untuk memperoleh semut baru diantaranya menggunakan cara. yang panjangnya disesuaikan dengan jarak yang akan dihubungkan.1. Menambahkan semut-semut baru Jika kita mempunyai banyak semut baru maka pekerjaan rumah tangga semut akan lebih mudah dikerjakan semut. dengan memasukkan kawanan semut baru ini kedalam toples/tempat khusus kemudian kita buatkan jembatan antara sarang lama dengan yang baru ini. a.

MATERI IV. kita bisa menambah sarang dengan memancing semut kedalam rumah yang baru dengan cara kita pindahkan sebagian kroto yang ada di sarang lama sebagian ke sarang yang baru. maka jembatan segera diambil. c. b. Menambah dengan membeli kroto Waktu kita membeli kroto biasanya ada semut-semut yang juga ikut terbawa. PEMANENAN KROTO Kapan pemanenan kroto yang paling bagus ? Pertanyaan ini yang sering ditanyakan oleh para peserta Diklat. Sudah cukup banyak kroto Hal ini dapat diamati jika toples sudah banyak terlihat telur yang menempel. Biasanya sebagian semut akan tinggal di sarang baru yang sudah ada krotonya. Tapi hati-hati dengan kebersihan kroto yg kita beli karena bisa cepat basi/busuk. Yaitu dengan mengambil kroto dengan tempatnya jika dirasa semut-semut sudah berpindah seluruhnya. Kroto dapat dipanen jika : 1. Semut ini bisa kita masukkan kedalam koloni kita yang sudah terbentuk.PERHATIAN: Jika setelah diberi jembatan ternyata koloni semut tidak mau hidup dalam satu koloni dengan ditandai banyak semut yang mati. Dengan cara seperti diatas. Hanya jangan sampai semut yang sudah kita pelihara pindah ke lokasi dimana kroto kita tempatkan. Memancing membuat sarang dengan kroto Setelah sarang pertama cukup banyak kroto. Dan dicari cara yang lain. .

Sampai telur/kroto tinggal sedikit. sehingga walaupun ada persediaan yang tidak terlalu banyak. Sarung tangan 3. Karena kondisi tertentu Misalnya kita mau pindah rumah. Kita ketuk dengan tangan toples/sarang semut. uang yang didapat cukup lumayan.5 Cm 2. Kawat kasa/saringan dengan ukuran lobang 0. kemudian kita taruh diatas saringan/kawat kasa. Daripada merepotkan bisa juga kita jual krotonya. Kita buka tutup bawah toples. sedangkan semut sebagian tersangkut di saringan. Dan jika di angkat sudah cukup berat.2. SARANG SEMUT SARINGAN . 2. selisihnya adalah telur/kroto ). 3. Lihat gambar. Jika harga dipasaran cukup tinggi Karena kondisi tertentu harga telur dipasar bisa cukup tinggi. sehingga semut dan kroto berjatuhan. Kroto akan jatuh kebawah ke dalam nampan.(bisa ditimbang waktu awal berapa kg dan setelah sekian waktu berapa kilo. Bagaimana cara memanennya ? Ini juga pertanyaan yang banyak peserta bertanya ? Sebelum memanen kroto alat-alat yang diperlukan adalah : 1. biarkan saja yang masih menempel. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kroto yang menempel di dinding dalamnya. Nampan/baki untuk menampung kroto Cara memanen : 1. Kita siapkan toples/paralon/bamboo sarang semut yang sudah siap untuk dipanen. mau tak mau peliharaan kita harus kita bawa. ratu dan semut kita bawa.

supaya bisa berproduksi lagi. .Ayah satu anak itu mengungkapkan. tungu sebentar sekitar 2 – 3 menit. "Setelah keluar bulu halus diselingi umpan jangkrik yang di Rembang juga termasuk sulit didapatkan. Ada lagi metode/cara yang mungkin lebih efektif. Tutup dg kain handuk. merawat anakan yang baru menetas menuju proses perkembangan juga membutuhkan modal besar. Masukkan kembali semut-semut yang masih menempel di saringan atau nampan. Sale Kab. PENJUALAN Adi Supriyanto (40) warga RT 1/RW 4 Desa/Kec. • • • • • Kroto yang masih bercampur semut ditaruh diatas kertas Koran atau nampan. Karena hanya diberi makan kroto (telur semut merah) yang kadang harus dibeli dari luar kota.NAMPAN / BAKI 3. Masukkan kembali kedalam toples semut yg menempel di kain handuk Lakukan sampai kroto bersih dari semut MATERI V." sergahnya. yaitu dengan menggunakan kain handuk bekas. Tarik dan angkat pelan2 maka semut akan menempel dikain handuk.Rembang menekuni usaha berternak dan menangkarkan burung kicauan jenis Murai Batu Medan.

Peternak burung wallet 4. Akan tetapi larva kroto hidup hanya bisa disimpan hidup selama dua-tiga hari. Jalur pemasaran biasanya para pengumpul kroto menjual krotonya ke pedagang. Keuntungannya adalah kroto cepat terdistribusi dan harganyapun lebih mahal. Kroto kering ini bisa disimpan selama enam bulan. tetapi harga jualnya hanya setengah harga larva hidup. Akhirnya kita ke materi yang paling penting. yaitu penjualan. Cukup datang ke kios penjual pakan burung kami yakin kroto anda akan terbeli. Pemancing kolam/laut 3. kemudain dari pedagang kroto ini akan dijual lagi ke pengecer kecil. ada juga yang menjual kroto yang dikeringkan oleh para pengumpul. Kroto atau telur semut rangrang banyak diminati terutama: 1.Menjual kroto tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Karena dia adalah .Menjual kroto yang larva nya masih hidup berharga lebih tinggi daripada kroto yang sudah dikeringkan. Pedagang makanan burung Dari empat jenis peminat kroto atau telur semut rangrang yang paling cepat kita jumpai adalah yang nomor 4 yaitu pedagang makanan burung. Apa gunanya kita bisa berproduksi kalo tidak bisa menjualnya. Nah kalau mau untung besar maka jalur ini bisa kita perpendek dengan menjual kroto kita langsung ke pengecer. Peternak/pemelihara burung berkicau 2. Di samping itu juga para konsumen produk ini tergolong kelas menengah ke atas sehinggakeberadaannya akandiburu berapapun harga yang di tawarkan. Karena sampai saat ini jumlah permintaan produk yang satu ini masihtinggi dan keberadaannya belum bisadigantikan oleh produk lain.

APABILA ADA YANG BELUM PAHAM/PERTANYAAN SILAHKAN KONTAK KE 0274 6848602 atau 082136712513 DAPAT JUGA VIA E MAIL / YM chasiapro@gmail. Hobiis penggemar serangga 5. Lebih baik kita panennya sedikit demi sedikit darpada satu kali dalam jumlah besar.mata rantai utama perdagangan kroto yaitu yang menghubungkan antara pencari kroto/peternak kroto dengan konsumen pemakai . Jika ternyata mereka bersedia untuk ikut menjual maka besok pagi kita panen sehingga tetap segar/fresh. 3.id Materi Selanjutnya : TATACARA PENEMPATAN SEMUT KEDALAM TOPLES .com // chasia234@yahoo. Perkebunan cacao/coklat dan Jeruk 2. Agar kroto kita tetap segar ketika dijual ialah dengan carasebagai berikut: 1. Kita menawarkan dulu ke pedagang apakah dia mau membeli /pedagang makanan burung 2. Selain itu kita juga bisa menjual koloni semut/sarang semut untuk: 1. Pengusir Tikus 3. Alat Praktek Laboratorium Biologi 4.co. Semoga berguna untuk semua. Sebagai Hiburan dan Obat Stress Demikian materi Ternak semut rangrang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->