konsep keperawatan

BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Konsep merupakan suatu ide di mana terdapat suatu kesan yang abstrak yang dapat diorganisir menjadi simbul - simbul yang nyata; sedangkan konsep keperawatan merupakan ide untuk menyusun suatu kerangka konseptual atau model keperawatan. Teori ini sendiri merupakan sekelompok konsep yang membentuk sebuah pola yang nyata atau suatu pernyataan yang menjelaskan suatu proses, peristiwa, atau kejadian yang didasari oleh fakta-fakta yang telah diobservasi, tetapi kurang absolut (kurang adanya bukti) secara langsung. Teori keperawatan digunakan untuk menyusun suatu model konsep dalam keperawatan, sehingga model keperawatan tersebut mengandung arti aplikasi dari struktur keperawatan itu sendiri yang memungkinkan perawat untuk mengaplikasikan ilmu yang pernah di dapat di tempat mereka bekerja dalam batas kewenangan sebagai seorang perawat. Model konsep keperawatan ini diguna-kan dalam menentukan model praktek keperawatan yang akan diterapkan sesuai kondisi dan situasi tempat perawat tersebut bekerja. Mengingat dalam model praktek keperawatan mengandung komponen dasar seperti: adanya keyakinan dan nilai yang mendasari sebuah model, adanya tujuan praktek yang ingin dicapai dalam memberikan pelayanan ataupun asuhan keperawatan terhadap ke- butuhan semua pasien, serta adanya pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan oleh perawat dalam mencapai tujuan yang ditetapkan sesuai kebutuhan pasien. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka perlunya mempelajari Teori dan Model Konsep Keperawatan yang telah ada sebagai salah satu kunci dalam mengembangkan ilmu dan praktek, serta profesi keperawatan di Indonesia.

Apa pengertian keperawatan? 2. C. Rumusan masalah Berdasarkan judul dapat dirumuskan masalah-masalah sebagai berikut: 1. Apa pengertian teori dan model keperawatan? 3. Tujuan Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar pembaca (khususnya mahasiswa keperawatan) mampu menghubungkan antara konsep / ilmu dengan segala pemikiran dan tingkah lakunya dalam merancang atau menyusun suatu rencana asuhan keperawatan yang dibutuhkan oleh pasien dan keluarga sesuai kasus secara teori dengan benar. Apa karakteristik dari teori keperawatan? 4. Mengetahui model keperawatan .B.

pdf b. Mencantumkan beberapa variable yang berhubungan dengan permasalahan yang saya bahas. http://afiyahhidayati. a.wordpress.ac. http://ners.BAB II METODOLOGI Metodologi adalah cara yang digunakan dalam pengumpulan data-data yang bersifat objektif dari berbagai sumber.com/search. Dalam penyususnan makalah ini saya menggunakan metode sebagai berikut : A. Metode telaah internet Metode internet adalah metode yang digunakan dalam mengumpulkan data atau informasiyang berhubungan dengan materi yang dilakukan dengan browsing dan searching.id/materikuliah/3a.unair. dimana permasalahan tersebut sedang dicari permasalahannya.com/2009/02/14/teori-dan-model-konseptual-keperawatan/ c. http://searchpdf.php?search=konsep%20model%20keperawatan .%20KONSEP-TEORI-MODEL.

menjelaskan. B.BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN A. Pengertian Keperawatan adalah suatu fungsi yang unik dari perawat untuk menolong klien yang sakit atau sehat dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan meningkatkan kemampuan. melihat fenomena purposive dengan merancang khusus antar-hubungan antara konsep untuk tujuan menggambarkan. menjelaskan. Teori keperawatan berperan dalam membedakan keperawatan dengan disiplin ilmu lain dan bertujuan untuk menggambarkan.1978). dan mengontrol hasil asuhan atau pelayanan keperawatan yang dilakukan. Model konseptual keperawatan memperlihatkan petunjuk bagi organisasi dimana perawat mendapatkan informasi agar mereka peka terhadap apa yang terjadi pada suatu saat dengan apa yang terjadi pada suatu saat juga dan tahu apa yang harus perawat kerjakan. hubungan. memperkirakan. pertama dengan tujuan untuk membuat profesi keperawatan diakui dan kemudian dengan tujuan memberikan perawatan kepada pasien sebagai profesional. Model konseptual keperawatan merupakan suatu cara untuk memandang situasi dan kondisi pekerjaan yang melibatkan perawat di dalamnya. pengetahuan dan kemandirian pasien secara rasional. Sebagai usaha menguraikan dan menjelaskan berbagai fenomena dalam keperawatan (dikutip dari Taylor c.com) Teori keperawatan menurut sevens (1984) adalah. Sebagai usaha menguraikan dan menjelaskan berbagai fenomena dalam keperawatan (dikutip dari Taylor c.com) Teori Florence Nightingale's Penekanan Tujuan Legacy of Fokus pada menyusui dan hubungan . menjelaskan. sehingga pasien dapat sembuh atau meninggal dengan tenang.wordpress. dan asumsi atau proposisi yang berasal dari model keperawatan atau dari disiplin lain dan proyek sistematis. Teori-Teori tentang Keperawatan Kebutuhan-dasar pengetahuan untuk membimbing praktek keperawatan profesional telah direalisasikan pada paruh pertama abad kedua puluh dan bekerja teoritis banyak telah disumbangkan oleh perawat sejak itu.com/2009/02/14/teori-dan-model-konseptualkeperawatan/) Contoh teori-teori keperawatan: (http://currentnursing. memperkirakan. dan mengontrol hasil asuhan atau pelayanan keperawatan yang dilakukan. memprediksi. Sebuah teori keperawatan adalah serangkaian konsep. Sebuah teori adalah sekelompok konsep terkait yang mengusulkan tindakan bahwa praktek panduan. definisi. (http://currentnursing. Teori keperawatan menurut sevens (1984) adl. (http://afiyahhidayati. dkk/1989). Teori keperawatan berperan dalam membedakan keperawatan dengan disiplin ilmu lain dan bertujuan untuk menggambarkan.Definisi ini merupakan awal terpisahnya ilmu keperawatan dan medik dasar (VIRGINIA HENDERSON. kekuatan. dkk/1989).

kemungkinan mengatasi kemungkinan dengan orang untuk dan lain. Core model Asuhan keperawatan adalah seseorang diarahkan cinta diri. Cure. Lydia E. Merawat menciptakan . Patricia Benner's Primacy of caring Kepedulian adalah pusat esensi keperawatan Ini set up yang penting. Mengidentifikasi 14 kebutuhan dasar manusia yang asuhan keperawatan didasarkan. koneksi dan menghubungkan kepedulian terhadap kemungkinan untuk memberi dan menerima bantuan Dijelaskan sistematis lima tahapan . memungkinkan kepedulian. Hall :Care.caring lingkungan pasien.  Virginia Henderson's Nursing Definition of Pasien membutuhkan bantuan untuk mencapai kemerdekaan. Ernestine Wiedenbach: The helping Perawat harus mengidentifikasi pasien art of clinical nursing kebutuhan-untuk-bantuan 'oleh:    Observasi Memahami perilaku klien Mengidentifikasi ketidaknyamanan penyebab  Menentukan apakah klien dapat memecahkan masalah atau membutuhkan bantuan. Ini menciptakan kemungkinan untuk saling menolong.

penelitian dan pengajaran. peran dan fungsi) Mo del keperawatan dapat diaplikasikan dalam dalam kegiatan praktik. artinya dilakukan melalui penelitian. artinya dapat digunakan pada masalah yang sederhana maupun masalah kesehatan yang kompleks sesuai dengan situasi praktek. c.perolehan keterampilan dalam praktek keperawatan . Profesi untuk wanita dengan tujuan menemukan dan . Keperawatan dan peran perawat (tujuan/sasaran. 3. yaitu : 1. mahir dan ahli. 3. 5. Keperawatan bersifat sederhana dan umum. oleh karena itu model harus diperkenalkan kepada perawat atau calon perawat guna memperkuat profesi keperawatan khususnya dalam mengkoreksi pemikiran yang salah tentang profesi keperawatan seperti : perawat sebagai pembantu dokter.pemula. 2. Definisi keperawatan adl. Karakteristik Teori Keperawatan Merupakan hubungan konsep-konsep keperawatan yang spesifik seperti hubungan antara : Manusia Masyarakat Kesehatan Keperawatan Keperawatan bersifat ilmiah. pemula lanjut. C. 2. 1. D. Gambaran Model Konseptual Keperawatan Hampir semua model keperawatan yang diaplikasikan dalam praktik keperawatan professional menggambarkan empat jenis konsep yang sama. Keperawatan menjadi pedoman dan berperan dalam memperbaiki kualitas praktek keperawatan. Orang yang menerima asuhan keperawatan. Keperawatan berperan dalam memperkaya / mengembangkan Body of Knowledge. b. Gambaran model konseptual keperawatan Florence Nightingale: a. Lingkungan(masyarakat). a. oleh karena itu model harus diperkenalkan kepada perawat atau calon perawat guna memperkuat profesi keperawatan khususnya dalam mengkoreksi pemikiran yang salah tentang profesi keperawatan seperti : perawat sebagai pembantu dokter. 1. kompeten. artinya dapat digunakan secara rasional yang jelas dan dikembangkan cara berpikir yang logis. 4. 4. d.. Kesehatan.

e. dan cedera. Alasan tindakan keperawatan Pendekatan yang dilakukan untuk memenuhi 14 komponen dari keperawatan. mencegah infeksi. Ningtingale menegaskan bahwa keperawatan adl. emosional. Konsep sehat adl. d. Bagian eksternal yang mempengaruhi kesehatan dan sakitnya seseorang. Myra Estrin Levine a. c. sosial. Konsep individu Keadaan biologi dimana tidak dapat dipisahkan antara pikiran dan jasmani. d. f. intelektual. memulihkan dari sakit. . keinginan dan pengetahuan. e. b. Konsep individu adl. Tujuan tindakan keperawatan adl. Virginia Henderson a. c. b. Konsep lingkungan adl.menggunakan hukum alam dalam pembangunan kesehatan dan pelayanan kesehatan. 3. melakukan pendidikan kesehatan serta mengendalikan lingkungan c. dan spiritual yang lengkap dan berpotensi. Alasan tindakan keperawatan yakni Menempatkan manusia pada kondisi yang terbaik secara alami untuk menyembuhkan atau meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit dan luka. Konsep lingkungan Tidak terdefinisi dengan jelas. Definisi keperawatan Interaksi manusia yang berdasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah yang digunakan dalam proses keperawatan. Memelihara. Definisi keperawatan Bantuan yang diberikan kepada individu baik dalam keadaan sehat maupun sakit dalam kegiatannya untuk mencapai keadaan sehat atau sembuh dari penyakit sehingga ia mempunyai kekuatan. Merupakan kesatuan fisik. Keadaan bebas dari penyakit dan dapat menggunakan kekuatannya secara penuh. 2. Konsep individu Interaksi dari individu yang bersifat kompleks antara lingkungan interna dan eksterna yang mengubah adaptasi. Konsep sehat Kemampuan fungsi independent dalam hubungannya dengan 14 komponen. dapat berupa tindakan positif maupun negative. seseorang mendorong perawat untuk beradaptasi. Ilmu dan kiat yang memerlukan pendidikan formal untuk merawat orang yang sakit. b. Alasan tindakan keperawatan Perawatan individu yang bersifat holistic untuk setiap kebutuhan seseorang.

tentunya dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan.BAB IV KESIMPULAN DAN PENUTUP A. Semoga laporan ilmiah ini dapat berguna dan barmanfaat untuk semua orang. B. Penutup Demikianlah makalah yang saya buat. Terima kasih. Kesimpulan Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Keperawatan adalah suatu tindakan yang dilakukan berdasarkan konsep. maka dari itu saya mohon kritik dan saran yang bersifat membangun. dan model keperawatan tertentu kepada pasien yang bertujuan untuk memecahkan masalah si pasien/ problem solving. . teori.

unair.ac.php?search=konsep%20model%20keperawatan .pdf http://afiyahhidayati.id/materikuliah/3a.%20KONSEP-TEORI-MODEL.com/2009/02/14/teori-dan-model-konseptual-keperawatan/ http://searchpdf.DAFTAR PUSTAKA http://ners.com/search.wordpress.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful