1. Jenis-jenis Meeting Adapun jenis-jenis Meeting adalah sebagai berikut: a.

Investigasi Meeting Pertemuan yang dilakukan untuk melakukan wawancara atau pertemuan antara penyidik dan perwakilan. b. Work Meeting Pertemuan yang menghasilkan sebuah produk yaitu berupa keputusan. c. Staff Meeting Pertemuan yang dilakukan oleh manajer dan karyawannya dalam suatu perusahaan d. Team Meeting Pertemuan yang dilakukan oleh rekan-rekan bekerja pada berbagai aspek dari proyek tim. e. Ad-Hoc Meeting Pertemuan yang disebut dengan tujuan khusus. f. Management Meeting Pertemuan yang dilakukan antar manajer. g. Board Meeting Pertemuan yang dilakuakan oleh direksi dalam suatu perusahaan. h. One-on-one meeting Pertemuan yang dilakuakan antar individu. i. Off-site Meeting j. Kickoff Meeting

Pre-bid Meeting Pertemuan berbagai pesaing atau konduktor untuk memeriksa sebuah lokasi kerja untuk proyek masa depan. yang dihadiri dalam seminar tersebut para pakar bidang pemasaran. Pengertian Seminar Kata seminar berasal dari Kata Latin yaitu “semin” yang artinya benih. Diskusi panel dibawakan oleb 3 .Pertemuan pertama dengan tim proyek dan klien proyek untuk membahas peran setian anggota tim. ulasan. yang kemudian kata seminar memiliki arti “tempat benih-benih kebijaksanaan. expert. Adapaun pemeran dalam Diskusi Panel ini adalah sebagai berikut : moderator. dan audience. participant. Pengertian Diskusi Panel Diskusi Panel (Panel Discussion) atau disebut juga Forum Discussion atau disebut juga Round Table Discussion yang artinya suatu bentuk diskusi yang dipentaskan dihadapan sejumlah partisipan yang membahas suatu topic yang menjadi perhatian umum dengan tujuan untuk memahami/mengerti suatu masalah dari berbagai sudut pandang dan menstimulir partisipan agar mengarahkan perhatiannya terhadap masalah tersebut. dan pembahasan sehingga menghasilkan pemahaman tentang suatu masalah atau topic tersebut. Sebagai contohnya seminar mengenai pemasaran suatu produk. 3. panelist. . k.6 orang yang dianggap ahli yang dipimpin oleh seorang moderator. Jadi seminar adalah suatu pertemuan yang membahas suatu topic atau masalah yang khusus secara ilmiah di bawah pimpinan orang yang ahli dan berwenang dalam bidang tersebut yang menghasilkan sebuah pencetus ide/keputusan yang jika tepat dapat ditindak lanjuti dan jika tidak dapat digunakan bahan pemikiran dan acuan berfikir di masa yang akan datang. sementara para peserta yang mengikuti seminar berperan untuk menyampaikan pertanyaan. 2.

istilah Talkshow ini biasa disebut Chat Show. Di Inggris sendiri. dibawah pimpinan seorang moderator. 5. Dalam acara Talkshow tersebut dapat . Simposium dipimpin oleh seorang ketua yang bertugas mengatur jalannya diskusi. Pendengar bertanya dan para ahli menjawab dengan tujuan mereorganisasikan pembahasan dan pengertian tentang aspek-aspek sesuatu pokok masalah. mobil. Talkshow juga menghadirkan tamu berkelompok yang ingin mempelajari berbagai pengalaman hebat. Pembicara dalam simposium terdiri dari pembicara (pembahas utama) dan penyanggah (pemrasaran banding). Pengertian Talkshow adalah sebuah program televisi atau radio dimana seseorang ataupun group berkumpul bersama untuk mendiskusikan berbagai hal topik dengan suasana santai tapi serius. ataupun ditempat lain. Pengertian Lokakarya/Workshop Lokakarya dalam bahasa inggris disebut juga dengan workshop adalah suatu pertemuan ilmiah kecil antara para ahli (pakar) untuk membahas masalah praktis atau yang bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya dan dalam lokakarya menghasilkan suatu produk yang dapat digunakan oleh peserta lokakarya tersebut. Acara Talkshow ini biasanya diikuti dengan menerima telepon dari para pendengar/penonton yang berada di rumah.4. 6. yang dipandu oleh seorang moderator. Pendengar diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat setelah pembahas utama dan penyanggah selesai berbicara. Pengertian Talkshow Istilah Talkshow adalah aksen dari bahasa inggris di Amerika. Pengertian Simposium Simposium merupakan pertemuan terbuka dengan beberapa pembicara yang menyampaikan pidato singkat mengenai aspek yang berbeda tetapi saling berkaitan tentang suatu masalah.

sedang sarasehan lebih sederhana dan “cair. 8. Gathering secara luas diartikan sebagai pertemuan sekelompok orang yang mempunyai kesamaan. Istilah sederhananya bisa dikatakan “kumpul-kumpul” atau silaturahmi. tetapi sering kali di Indonesia Gathering menjadi ajang penjualan produk. keahlian. Menurut pengamatan penulis. pekerjaan. baik kesamaan visi. Sarasehan adalah bentuk sederhana dari seminar yang secara harafiah arti kedua kata tersebut sama. kebutuhan. Seminar bersifat formal dan kaku. dll.menghasilkan sebuah pemikiran-pemikiran baru tentang sesuatu hal dan dapat saling berbagi pengalaman. Gathering artinya sekumpulan orang-orang atau kelompok yang bergabung untuk membina relasi lebih dekat lagi. Pengertian Sarasehan Sarasehan adalah suatu pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat para ahli mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu dengan poin-poin penting namun tidak memiliki agenda yang cukup jelas. Pengertian Gathering Gathering diambil dari bahasa Inggris yang memiliki arti berkumpul. 7. Dengan diadakannya sebuah gathering tertentu akan dapat membina kekeluargaan/hubungan yang lebih baik. Secara umum Gathering biasanya diadakan untuk meningkatkan esprit de corps suatu kelompok atau Up grade ilmu.” . yang berbeda hanyalah bentuk pelaksanaannya.

Gathering.Perbedaaan dari Seminar. Talkshow. Berupa ide/keputusan yang biasanya berisi tuntutan yang kemungkinan akan ditindaklnjuti atau tidak Hasil Masih berupa ide/keputusan yang masih bisa ditindaklanjuti/dikembangkan Berupa kesimpulan dari beberapa topic yang dibicarakan - Simposium Diskusi Panel Loka karya/workshop Berupa produk yang dapat digunakan oleh peserta lokakarya Gathering Sarasehan . Diskusi Panel. Berupa terbinanya hubungan yang baik. dan Sarasering Tujuan/topik Seminar Untuk membahas masalah/topic khusus secara ilmiah Untuk menyampaikan suatu masalah atau aspek yang saling berkaitan melalui pidato singkat Untuk memahami/mengerti suatu masalah dari berbagai sudut pandang dan mengarahkan perhatian partisipan terhadap suatu masalah Untuk membahas masalah praktis atau yang bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya. Talkshow Untuk mendiskusikan berbagai hal topik dengan suasana santai Untuk melakukan pertemuan di dunia nyata agar hubungan relasi mereka lebih dekat Untuk mendengarkan pendapat para ahli mengenai suatu masalah Berupa sebuah pemikiran-pemikiran baru tentang sesuatu hal dan dapat saling berbagi pengalaman. Simposium. Lokakarya/Workshop.

ws/pengertian-talkshow/.---------.artikata.me/files/KONFERENSISEMINARSIMPOSIUMNEGOSIASI.Definisi Sarasehan.Ada yang tau tentang Gathering. diakses pada tanggal 22-02-2012 --------.html.html? zx=7edb44decd556c2c. http://bp3iptrisakti16.html.----------. Panel. Simposium.blogspot.seminar.answers. Diakses pada tanggal 22-02-12 ----------. Diskusi Panel.musyawarah.simposium. Rapat dan Lokakarya.aspx?id=19288. http://matakuliahseminar. dan http://fransjudea.Pengertian Diskusi http://dafarien.org/wiki/Meeting.wapsite.kolokium) Waladil Habibi.com/question/index? qid=20080919054609AAgE85m.blogspot.com/News/DisplayNews.html.Pengertian talkshow.com/2011/02/tugas-mandiripengertiandiskusiseminars.sarasehan. dan Kolokium. Simposium.com/arti-428057-sarasehan.----------.Pengertian Diskusi.com/2010/01/perbedaan-seminar-simposium-diskusi.com/2011/12/pengertian-seminar-diskusi-simposium.Tugas Mandiri Pengertian (diskusi.com/2009/10/pengertian-seminardiskusisimposium-dan.blogspot.Meeting.wikipedia.---------. http://www. diakses --------. http://ferdy-pharm. diakses pada tanggal 22-02-12 ---------. diakses pada tanggal 22-02-12 ---------. http://id. Diakses pada tanggal 23-02-12 ---------. Simposium. http://www.Perbedaan Seminar.DAFTAR PUSTAKA ---------.Merencanakan Sebuah Seminar Sederhana.lokakarya. pada tanggal 22-02-2012 Kolokium. http://en.html diakses pada tanggal 22-02-2012 ----------.-----------.hendra.-----------.yahoo.-----------. diakses pada tanggal 22-02-2012 --------.----------. diakses pada tanggal 22-02-2012 .blogspot.----------. http://www.Pengertian Seminar Diskusi. diakses pada tanggal 23-02-12 ---------.wikimu.---------.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful