Laporan Tentang Wisata Bahari Lamongan

I. Pendahuluan i. Sejarah WBL WBL di bangun pada tanggal 14 November dan diresmikan oleh Bupati Lamongan H.Masyfuk,S.H. Lokasi tempat wisata ini di Jalan Raya Daendels Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.Tempat wisata seluas 17 hektare itu dulunya adalah Pantai Tanjung Kodok.Pantai ini di jadikan Tanjung Kodok oleh 2 investor dari Singapore dan Malang.Meka adalah pendiri Jatim Park I (Batu). Obyek wisata ini dikelola oleh PT Bumi Lamongan Sejati, sebuah perusahaan patungan Pemkab Lamongan dengan PT Bunga Wangsa Sejati.Dari situlah kemudian Pantai Tanjung Kodok menjadi WBL. Dulunya, Pantai Tanjung Kodok sepi pengunjung.Kini, daerah itu berubah menjadi ramai dikunjungi para wisatawan.

I. Kajian Teori i. Pantai dan Biota Kawasan wisata ini sepintas memiliki konsep tak jauh beda dengan Pantai Ancol – Jakarta. Bedanya Pantai Ancol adalah warna lautnya yang lebih biru. Biota laut di sana sungguh banyak.Ada ikan teri yang menjadi tangkapan para nelayan di sana, dan batu karang berbentuk katak yang menjadi dasar penamaan Pantai Tanjung Kodok.

Pasir pantai yang berbutir halus dan berwarna putih kecoklatan juga bisa digunakan untuk berbagai permainan maupun olahraga pantai.Di sekitar pasir juga banyak ditanam pohon kelapa yang membuat tempat tersebut lebih bernuansa pantai dengan wahana permainan yang tak kalah seru.

ii. Lingkungan Biotik dan Abiotik

Tanjung Kodok mempunyai pemandangan pantai dan laut yang sangat indah dengan aneka batu karang yang mempesona dan menarik. Pada pagi hari kita bisa melihat nelayan yang sedang memancing dan menjaring ikan di tepi laut. Saat senja hari kita dimanjakan dengan indahnya pesona laut pada saat matahari tenggelam.Pada malam hari mungkin akan banyak nelayan pergi melaut mencari ikan.Jenis ikan yang di tangkap para nelayan rata-rata adalah jenis ikan teri.

banyak pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar sana.Yang satu di tempat parkir.Selain itu. Petugas. Metode i. . Waktu : 11.Mereka melayani pengunjung dengan sabar.yang satu lagi ada di dekat Anjungan Wali Songo.Antara lain stand makanan. Para pengunjung selalu membuang sampah pada tempatnya. Observasi • Lingkungan Alam Sekitar WBL Lingkungan alam di sekitar WBL bersih sekali.Namun. Mereka bisa menghabiskan banyak uang untuk kepentingan kesenangan. • Budaya Masyarakat (Pengunjung.stand minuman. Cara dan Prosedur: a.II. Petugas Petugas di sana sangat disiplin. Di sana juga di sediakan musholla untuk sholat pengunjung yang beragama islam.Jika ada itu hanya sampah daun yang berguguran.dan es krim. Para pengunjung juga mengunjungi hamper semua tempat meskipun harus berbasahbasah.Kerajinan tangan khas lamongan di sana menunjukkan bahwa masyarakat sekitar sana punya kerajinan yang akan dipromosikan untuk pengenalan kota lamongan yang lebih mendalam. Masyarakat sekitar WBL banyak yang membuka stand di lingkungan WBL.Mereka juga senang berfoto di areal WBL.00 iii.Ada 2 musholla di sana.stand kerajinan tangan khas lamongan.Kadang mereka memberi petunjuk kepada pengunjung yang tidak tahu arah.laut di sana tidak tercemar oleh limbah. Membuat para pengunjung betah berada di sana.30 – 16. mereka juga menjaga kebersihan WBL.dan Masyarakat) di Sekitar WBL Budaya pengunjung di sana seperti pengunjung kebanyakan.Tempat parkir yang luas juga disediakan agar pengunjung tidak perlu jauh-jauh mencari tempat parkir. Kelestarian alam di sana selalu di jaga baik oleh para wisatawan maupun para petugas di sana. Tempat: Wisata Bahari Lamongan (WBL) ii.Tidak banyak sampah berceceran. Selain itu.

Tempat yang jadi wahana permainan air di batasi oleh tembok pendek sehingga ombaknya tidak terlalu besar dan membahayakan pengunjung.Keadaan alamnya yang sangat indah mampu memikat hati para pengunjungnya.Sedangkan di sana tidak ada tumbuhan bakau sama sekali. Sehingga jalan-jalan di WBL tidak terkesan membuat capek pengunjungnya walaupun ada banyak wahana.Salah satu batu karang yang menarik perhatian saya dan menjadi dasar penamaan tempat ini adalah karang berbentuk kodok. Pembahasan a. Dampak Biota Laut Terhadap didirikannya WBL Dampak biota laut terhadap didirikannya WBL adalah semakin terjaganya kelestarian biota tersebut. Salah satunya adalah batu karang dan ikan-ikan yang lucu.• Biota Laut Biota laut di sana banyak sekali. b. dampak terhadap ekosistem laut WBL) III. Saran kami adalah menambah tempat-tempat umum seperti warung makanan dan WC. .anak ikan dan tidak mengmbil ikan-ikan langka yang ada di sana.Ikan-ikan di sana juga banyak. Kesimpulan WBL adalah suatu tempat wisata di mana ada banyak wahana permainan di dalamnya.Petugas WBL telah memberi batasan agar pengunjung tidak mengganggu kehidupan biota laut di sana.Karang-karang yang lain berukuran kecil.Sedangkan yang lain adalah tebing-tebing. IV. Penutup a. • Karang dan Tumbuhan Bakau Karang paling besar di sana adalah karang berbentuk kodok. Perekonomian berkembang pesat akibat pendirian tempat wisata ini.Karena area pantai terendah digunakan untuk wahana permainan. Kritik dan Saran Kritik kami adalah area antara satu wahana dengan wahana yang lain agak berjauhan .Mereka tidak menangkap anak.Para nelayan pun seakan turut menjaga biota di sana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful